Home » , , , » SENJA DI PANTAI LOSARI

SENJA DI PANTAI LOSARI

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Januari 06, 2010 | 1/06/2010

PANTAI LOSARI
Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

Dahulu, pantai ini dikenal dengan pusat makanan laut dan ikan bakar di malam hari (karena para penjual dan pedagang hanya beroperasi pada malam hari), serta disebut-sebut sebagai warung terpanjang di dunia (karena warung-warung tenda berjejer di sepanjang pantai yang panjangnya kurang lebih satu kilometer).

Salah satu penganan khas Makassar yang dijajak di warung-warung tenda itu adalah pisang epe (pisang mentah yang dibakar, kemudian dibuat pipih, dan dicampur dengan air gula merah. Paling enak dimakan saat masih hangat).

Saat ini warung-warung tenda yang menjajakan makanan laut tersebut telah dipindahkan pada sebuah tempat di depan rumah jabatan Walikota Makassar yang juga masih berada di sekitar Pantai Losari.

PANTAI LAGUNA
Menjelang senja keindahan pantai akan terasa ditambah hembusan angin sepoi-sepoi terasa makin menyejukkan manakala keindahan alam menghilangkan kepenatan.

Keindahan ini akan makin sempurna takkala prosesi terbenamnya matahari dapat disaksikan secara utuh. Jadi jika suatu saat Anda berkunjung ke Makassar, pastikan jangan sampai Anda tidak berkunjung ke pantai Losari yang indah dan termasyur di kata orang.

Sebagai landmark kota Makassar, banyak orang memiliki kenangan indah bersama pantai ini. Tak kurang mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri saat mencanangkan revitalisasi Pantai Losari,11September 2004 bertutur,”"Sejak saya kecil, Pantai Losari merupakan pantai yang sangat indah untuk melihat sunset. Ketika tinggal di Makassar atas undangan almarhum Bapak Jenderal M Jusuf ketika masih menjadi Panglima Kodam Hasanuddin, hampir setiap hari saya diajak ke Pantai Losari.

Aktifitas Losari Minggu pagi dapat juga saksikan, biasa pagi hari Losari dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga, jogging, senam,maupun bermain ski, bersantai sambil menikmati udara pagi ditemani sarapan pagi di sepanjang bibir Jalan Penghibur dapat juga Anda nikmati.

Hanya dengan merogoh kocek cukup Rp4.000 hingga Rp6.000 per porsi,berbagai aneka masakan dan minuman tradisional dengan cita rasa yang sederhana nan nikmat dapat di nikmati, seperti, bubur ayam,bubur kacang ijo,soto ayam, gado-gado, coto makassar, somay, pempek Palembang, pisang epe,hot dot dan burger.

Anda juga dapat menyewa perahu mini berbentuk bebek sambil mengarungi bibir pantai dengan sewa Rp 15.000 per jam. Jadi, jika suatu saat Anda berkunjung ke Makassar, pastikan jangan sampai tidak berkunjung ke pantai Losari sebagai landmark dari Makassar

Setelah puas menikmati indahnya Sunset yang perlahan terbenam di balik cakrawala Pantai Losari Anda dapat menikmati pusat jajanan di Butta Angin ammiri di Pantai Laguna,hanya dengan berjalan kaki 5 menit dari Losari.

Ratusan Gerobak dengan berbagai menu makanan dan minuman ciri khas kota ’Daeng’ dapat Anda temukan di sana. Mulai sop konro, coto Makassar, sop saudara, pallubasa,pallu mara dan ikan bakar, pisang epe, es pisang ijo, pallubutung, sari laut, bakso, nasi goreng, mi-mian dan capcai. Harganya pun cukup terjangkau, berkisar antara Rp 3.500 hingga Rp 12.500 per porsi.

Kendati menawarkan beragam makanan, namun menurut sejumlah pedagang kaki lima yang menjajakan makanan di sepanjang pantai laguna, makanan yang paling banyak diminati pengunjung adalah Pisang epe atau kata orang bule Banana Press menjadi andalan.

Kue khas terdiri dari bahan dasarnya pisang kepok mengkal yang dibakar, lalu dilumuri gula merah yang telah dicairkan dan di campur kelapa parut.

Jadi tak lengkap rasanya ke Makassar bahkan Sulawesi Selatan jika Anda tidak menikmati wisata kulinernya di Pantai Laguna,utamanya menikmati cita rasa dari Pisang Epe Kota Daeng.

Share this article :

81 comments:

  1. Salam Takzim
    Izin Absen pertama dulu kang Awan
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  2. Salam Takzim
    Selanjutnya minta izin absen yang kedua kang
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  3. salam takzim
    Masih dengan permohonan izin ke tiga dalam Absen kang
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  4. Salam Takzim
    Kata istri saya, di pantai ini banyak sajian makanan laut juga ya kang, waktu itu istri saya diundang oleh saudaranya di makassar.
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  5. Salam hangat kanda jadi rindu MAkassar dan segala kehangatan serta keleatan jajanannya adasih di pinrang tapi tidak sama dengan yang asli dim makassar kenapa yah mungkin mereka punya resep rahasia

    BalasHapus
  6. bagaimana kabarnya kanda sehatkan semoga selalu dibawah Lindungan Allah Sekeluarga

    BalasHapus
  7. Wah pisang epe? jadi pengen tau rasanya.. pengen ke makassar :D

    BalasHapus
  8. I Miss this town, I miss the beach...

    BalasHapus
  9. yang jelas makassar emang kereennn hehe...

    BalasHapus
  10. Selamat kanda Alexanya tambah langsing tuh mudah-mudahan tembuh dibawah 100

    BalasHapus
  11. ada bang, coba cek urutan no. 38 dri atas...
    mohon maaf klo acak2an... males benahinnya :D

    BalasHapus
  12. Pisang Epe' di pantai Losari. Kekhasan Makassar salah satunya di sini.

    BalasHapus
  13. aku jD inget dLu w'tu aku ke pantai asyk bnget smpe2 soLat magrib ma isya trlupakan..

    BalasHapus
  14. Pengen makan pisang epe sambil menikmati sunset. Romantis kali, ya?

    BalasHapus
  15. Belum pernah ke sana...sering lihat hanya lewat televisi dan baca artikel di sini...tempat yang romantis nih....jadi pengen ke sana

    BalasHapus
  16. keren juga liat sunset disana kayanya.. tapi jauh bgt sih..

    BalasHapus
  17. Sayang dulu ke makassar cuma transit doang di airport ndak sempet nikmati pantai losari.
    Tapi soal sop konro alhamdulillah dah nyoba...

    BalasHapus
  18. berkunjung sob
    Pantai losari di makasar yaahh...?kirain losari yang di cirebon..

    BalasHapus
  19. mantap ni pak.......pisang epe makassar yahuiiiiiiiiiiiiii............................

    BalasHapus
  20. huaa.. jadi kangen sm Makasar. Buat semuah yg komen disini, hayukk ke Makasar. Makasar itu kota masa depan loh..
    dan Losari selalu menjadi tempat yg selalu memanggilku kembali ke Makasar. ngangenin :)

    BalasHapus
  21. dengar pisang epe jadi pengen makan ni

    BalasHapus
  22. keren pantainya.. pengen deh ke sana.. heuheuehue.. tapi jauhnya ampun DJ..

    BalasHapus
  23. pantai losari memang perlu dilestarikan....kapan kapan aku mampir lagi ke pantai losari soale aku dah lama gak kesana

    BalasHapus
  24. pantai losari memang perlu dilestarikan....kapan kapan aku mampir lagi ke pantai losari soale aku dah lama gak kesana

    BalasHapus
  25. Duuh, jd pengen ke sana tuh mas...ajak2 sy y mas, hehe

    BalasHapus
  26. Pantai yg sangat indah dengan hidangan yang lezat..
    Kapan alkatro bisa nyampe disana..
    Ade Najwa dah pernah piknik ke Pantai Losari belum ya, Mas..

    BalasHapus
  27. Ngeliat sunset sambil makan pisang epe..wah mantap kayaknya. Tapi belum ngerasain pisang epe nih pak, kalau di Jakarta beli dimana ya...?

    BalasHapus
  28. salam sobat,
    menarik sekali membaca tentang makasar, banyak media di negara saya sedang promosikan kota makasar. kata mereka disana sangat bersih dan indah. saya dan teman-teman akan berkunjung pada februari nanti....

    terima kasih sobat, semoga info begini diteruskan. semoga sehat2 dan tetap semangat.

    BalasHapus
  29. Balik lagi..Sandal saya ketinggalan Mas..halah..
    Maksudnya Blog Link 'FATAMORGANA' saya pasang
    Di 'My Friends Banner and Link' Makasih Daeng.. kaburr

    BalasHapus
  30. terima kasih pak iwan sudah donlod selamat berjalan jalan menemukan jalur baru yaaa ehehe

    BalasHapus
  31. pak iwan ternyata jumlah komentarnya udah 9175 nihh!!?? ckckckckc.. mantaaabbb baru sadar..

    BalasHapus
  32. Selama ini baru tahu pantai Losari dari lagunya Elvy Sukaesih yang berjudul Sumpah Benang Emas ( dasar dangdut mania, hehehee) Makin penasaran dengan iming-iming pisang epe. Kalau pantai Losari sudah bisa dipasatikan adanya di Sulawesi sono, apa pisang epe ini juga hanya beredar di sono? glek! ngiler dot com

    BalasHapus
  33. Sip ulasan wisatanya, semoga semakin banyak yang berkunjung dan dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar yang utama!

    BalasHapus
  34. jadi pengen lihat makasar secara lebih dekat dan melihat pantai losarinya. kapan ya mimpi itu terwujud???

    BalasHapus
  35. Paling enak dipantai bersama anak-anak menikmati ramai-ramai pisang ape menunggu tenggelamnya matahari, sayangnya masih dalam bayangan, kapan ya nyatanya!

    BalasHapus
  36. Aduh.. jauh banget dimakasar...

    kapan yah bisa kesana??

    BalasHapus
  37. haaaaaaaaaaa itu Losari yang kudatangi kemaren
    asiiiik...

    jadi makan pisang epe lagi

    BalasHapus
  38. Baru saja saya menikmati kue epe kiriman dari menantuku yang berasal dari makasar,mau bikin sendiri belum semapt hehe...

    *Pisang EPE benar2 nikmat ya bang,saya jadi ketagihan hehe

    Udah beberapa hari ini internat lagi kurang bersahabat ya,menghambat untuk silaturrahmi ke sahabt blogger,walau bisa berkunjung ketempat lain tapi belum tentu bisa berkunjung kesini dan sebaliknya,jadi mohon maaf ya bang bila saya sering telat...

    BalasHapus
  39. wow nongkrong di sambil makan banana pres aka pisang epek!!! enak!

    BalasHapus
  40. aku belom pernah ke makasar
    liat potonya jadi pengin ke sana

    BalasHapus
  41. ya ampun itu pantai losarinya kayanya keren deh pak..

    jadi pingiiiiin..^_^

    pasirnya putih ato hitam yaw??

    BalasHapus
  42. Kapan ya bisa jalan2 ke Makassar? Ah..mau ke Jakarta aja ga jadi2... Tp akan kuingat2 kalo ke Makassar pasti ke Pantai Losari.

    BalasHapus
  43. lagi pengen banget ke pantai :(

    BalasHapus
  44. Waaa pengen ke pantai lagi, terakhir tahun kemarin di bali,,, huhuu.. mantaabb subhanallah keindahan yang diciptakan Allah untuk manusia.....

    BalasHapus
  45. cool pics,
    nice post :)

    have a nice day.

    BalasHapus
  46. Aduh Bang Iwan jadi pengen main ke Losari nih setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  47. wah, keuren bang potonya..
    infonya juga nggak kalah mantabh.. jadi pengen dateng kesana neh.. hehe..

    BalasHapus
  48. pengen ke sana...
    tapi belum punya uang hehe

    BalasHapus
  49. Review tentang Kota Losari Keren Kang, gak kalah sama review yg di buat kang Munir.. Oia mksh buat apresiasinya ya kang..

    Senang bisa kenal dan bersahabat dengan akang..

    BalasHapus
  50. Pantai Losari... owh,, jadi inget masa kecil..
    Mo nanya bang Pantai Jalaria masih berfungsi sebagai tempat wisatakah?

    BalasHapus
  51. wah ,kapan saya bisa ke sana ya?

    BalasHapus
  52. bagus... huks :( pengin kesana...

    BalasHapus
  53. saya jadi kangen dengan pantai losari, rasanya ingin menikmati lagi senja di pantai ini........Indah dan sangat indah..

    BalasHapus
  54. Salam Takzim
    Selamat pagi kang, seperti biasa nih nyari sesuatu yang hangat

    BalasHapus
  55. eh dapat pisang Epe, asyik.. masih hangat lagi

    BalasHapus
  56. Terima kasih ah, pisang Epe langsung disantap kang
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  57. kapan ketemu di makasar ya pak?

    BalasHapus
  58. Ada lagi pisang epe dengan rasa durian...
    Setelah puas di Losari jangan lupa jalan-jalan di Jalan Nusantara.... hehehehe.
    Atau sebaiknya pergi ke Pantai Akarena di waktu sore, mungkin lebih hening daripada Losari yang berada di pinggir jalan.

    BalasHapus
  59. mamp[ir di pagi hari ya bang... pengen liat senja di losari di pagi hari...

    BalasHapus
  60. link abang sudah sya pasang, maaf bang...sebenarnya dari dulu link abang sudah terpasang cuma mungkin terhapus sewaktu blog saya bermasalah...hal ini sudah sya beritahukan kepada para sahabat2 blogger dengan membuat postingan tentang hal ini postingan tersebut berjudul blog ku dialihkan... untuk itu dengan segala kerendahan hati saya meminta maaf kepada abang, ini bukan suatu kesengajaan...
    dan sekarang link abang sudak saya pasang...di daftar link teks sahabat abjad F

    BalasHapus
  61. waaaahhh dah lama banget nggak ke sana... kangen...

    BalasHapus
  62. keren nih pantainya....... kapan y Rizky bisa main kesana

    BalasHapus
  63. sungguh pemandangan yg sangat cantik mas ^_^

    kapan ya jalan2 ke sana ,
    dan penasaran jg sama pisang epe nya setelah tadi melihat gambarnya di blog ateh hemm...ngilerrrr

    BalasHapus
  64. kapan ya saya bisa main ke makasaar..??

    sibuk terus nih di jogja, hehehe

    BalasHapus
  65. Pantainya indah... Selama ini cukup sering mendengar namanya disebut-sebut, ternyata emang bener-2 indah.
    Aku pengen bisa kesana...

    BalasHapus
  66. Ya Allah Kappankah aku bisa menikmati indahnya Pantai Losari?

    Terharu hatiku...
    menangis jiwaku...
    Aku ingin ke PAntai Losari.

    BalasHapus
  67. kalau ke pantai losari boleh gak main kerumahnya kak amri?
    wah pasti lebih senang jika berjalan-jalan sama keluarga.

    semoga Allah Swt mengabulkan permohonanku.

    BalasHapus
  68. keren, indah, apa lagi ya.???

    subhanallah. memang indah bumi kita

    BalasHapus
  69. Jadi ingat seseorang nan jauh disana deh.. :(

    BalasHapus
  70. semoga suatu saat nanti aku bisa berkunjung ke Makasar ya bang Iwan... keep update dengan pariwisata di Sulsel, pasti banyak banget yg menarik! :)

    btw, aku dah review blog ini di Alexa, makasih juga atas review bang Iwan sebelumnya.

    salam

    BalasHapus
  71. blm pernah ke Makassar nih.. moga dalam waktu dekat terwujud.. nama pantainya mirip sama nama daerah di jakarta, lokasari.. :)

    BalasHapus
  72. pantainya keren banget
    kapan-kapan klo ada uang lebih berkunjung ke sini

    BalasHapus
  73. aku suka banget dengan senja
    jauh dari kebisingan
    hehehe
    enag pokokna
    :D

    BalasHapus
  74. senja yang indah
    jadi pingin kepantai juga
    hahhaha
    :D

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger