Home » , , , , » Pak Beye dan Istananya | Tetralogi Sisi lain SBY

Pak Beye dan Istananya | Tetralogi Sisi lain SBY

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Agustus 07, 2010 | 8/07/2010

Pak Beye dan Istananya


Pak Beye dan Istananya, sebuah buku yang patut dibaca mahasiswa yang sedang belajar politik pencitraan dan yang ingin mengetahui seluk beluk pencitraan, hal ini diungkap oleh Effendi Gazzali di TV One. Yah, sebuah buku dari seorang wartawan kompas Wisnu Nugroho , beliau juga adalah seorang blogger yang aktif menulis di blog kompasiana.

Sebelumnya ada buku Gurita Cikeas yang juga menelisik kehidupan SBY. Kali ini buku Pak Beye dan Istananya karya mas Inu. Buku Pak Beye dan Istananya ini menyajikan berbagai hal ringan, yang terkadang dianggap remeh-temeh dan tidak penting, namun disajikan dalam sebuah jalinan cerita yang menarik. Misalnya kejelian mas Inu yang melihat adanya perubahan di wajah SBY, yakni tidak adanya lagi tahi lalat di dahi kanan orang nomor satu di Indonesia itu.

Kisah lainnya mungkin tak Anda duga, bahwa door stop di Kantor Presiden hanyalah rekayasa. Pertanyaan dari wartawan dan jawaban Presiden juga sudah disiapkan oleh staf-stafnya. Ada pula kisah jeli mas Inu mengamati mobil sedan Bentley yang biasa dipakai Ibu Ani Yudhoyono untuk promo Indonesia Pintar ke seluruh Indonesia.

Pak Beye dan Istananya adalah buku pertama sisi lain dari SBY, rencananya dalam format tetralogi. Buku lainnya adalah Pak Beye dan Politiknya, Pak Beye dan Keluarganya, serta Pak Beye dan Kerabatnya. Satu buku lagi mengupas khusus mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yakni lbhcplbhbq. Seluruh tulisan dalam tetralogi Pak Beye dan satu buku yang lebih tipis mengenai Jusuf Kalla, merupakan hasil postingan Mas Inu, demikian Wisnu Nugroho biasa dipanggil merujuk inisialnya sebagai jurnalis, di social blog Kompasiana.

Mungkin pembaca ada yang bertanya, mengapa Wisnu harus menggunakan sapaan ”Pak Beye” kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono? Mengapa bukan Pak SBY, SBY, Pak Sus, Pak Susilo, Pak Bambang, Pak Yudhoyono, Bapak Presiden, atau Pak Presiden?

Wisnu punya cerita menarik di balik nomenklatur ”Pak Beye” ini, sapaan yang tidak pernah populer, baik dalam keseharian Susilo Bambang Yudhoyono (selanjutnya SBY saja) sebagai Presiden RI maupun tatkala SBY sedang menarik perhatian massa pada dua kali masa kampanye lalu. Media massa arus utama (mainstream) pun tidak pernah menulis ”Pak Beye” untuk berita seringan dan seakrab apa pun. Bahkan, harian Kompas sendiri, tempat Wisnu bekerja, tidak pernah menggunakan panggilan ”Pak Beye”! Wisnu menjelaskan soal asal usul nama Pak Beye dalam sebuah posting-an bertanggal 30 September 2008 dengan
judul Dari Mana Pak Beye Berasal?.

Buku yang dibandrol Rp.40.800 itu terdiri atas 6 BAB punya gereget dicatat secara rinci, dibagikan secara jenaka dan kadang nakal. Karena rinci, cerita jenaka dan nakal seputar Istana tersusun runut, jelas, dan bernilai sejarah. Bersiaplah tersenyum-senyum. Berikut Judul setiap BAB :

BAB 1 TUNGGANGAN ISTANA
  1. Kisah Audi Baru di Istana
  2. Rolls-Royce di Istana
  3. Rolls-Royce Siapa?
  4. Lexus Menghilang dari Istana
  5. Kembalinya Lexus ke Istana
  6. Bentley di Istana
  7. B 1 Fox di Istana
  8. Old n New di Istana (Mercedes-Benz)
  9. Kijang
  10. Kendaraan
  11. Indonesia Sejahtera
  12. Beberapa
  13. Romeo India Satu: Banjir
  14. Armada Banjir Pak Beye
  15. Mikrolet dan Metromini di Istana
BAB 2 ORANG PENTING
  1. Mencari Cesare Paciotti
  2. Misteri di Istana (Super HL-2)
  3. Misteri di Istana (Pak Marsillam)
  4. Misteri di Istana (Pak Tanto)
  5. Misteri di Istana (Kolonel Azis)
  6. Ternyata Cuma Pak Sekjen
  7. Ananda dan Moreno pada Hari-H
  8. Kakek ke Istana
  9. Kegiatan Puan-puan di Istana
  10. Melihat Pak Beye Gak Pede
  11. Keakraban Terakhir
BAB 3 ORANG YANG TERLUPAKAN
  1. Air Putih Bekal menuju Istana
  2. Yang Bekerja dalam Senyap di Istana
  3. Penjaga Selera Pak Beye
  4. Kepelintir, Serahkan kepada Pak Apiaw
  5. Misteri di Istana (Mas Iswahyudi)
  6. Duka di Bawah Pohon Bungur Besar
  7. Terkulai Saat Pak Beye Pidato
BAB 4 ANTARA PENTING DAN GENTING
  1. Meredupnya Sorot Kamera
  2. Kikuk di Tangga Istana Negara
  3. Old n New di Istana (Politik BBM)
  4. BBM Telah Turun, Ibu-ibu
  5. Obama dan Bunga Mawar di Istana Merdeka
  6. Dilarang Telanjang di Istana
  7. Tentang Seruan Itu
  8. ”Open House” di Tahun Politik
  9. Semua Tertawa di Istana
  10. Teror di Bawah Pohon Bodhi
  11. Tradisi Penguasa Jawa di Istana Negara
  12. Jangan Cium Tangan
BAB 5 PERNIK-PERNIK PAK BEYE
  1. Soto Ayam Kegemaran Pak Beye
  2. Pak Beye dan Koleksi Batik Birunya
  3. HP Pak Beye dan Pak Kalla
  4. ”Lapangan Golf” Pak Beye
  5. Old n New di Istana (Tahi Lalat)
  6. Ukuran Kasur Pak Beye
  7. Misteri di Istana (Malam Jumat)
  8. Anjing dan Superpuma di Istana
BAB 6 ISTANA PUNYA CERITA
  1. Melihat Istana Merdeka dari Dalam
  2. Yang Berubah (Istana)
  3. Yang Ganjil di Istana
  4. Mendata Kekayaan Istana
  5. Ki Hujan
  6. Memangkas Beringin di Istana
  7. Menyedot ”Cubluk” Istana
  8. Patung tanpa Busana di Istana
  9. Kasatmata di Istana
Istana Semasa Pak Beye
Biodata
Sepertinya, hanya dengan melihat judulnya saja Buku ini menjadi Bacaan yang Wajib dimiliki.



Source :
http://www.inibuku.com

Share this article :

25 comments:

  1. Terimakasih Bang Iwan atas refrensi bukunya.

    Sejenak tafakur dalam kehingan……..
    Memaknai arti hidup dalam seraingkaian khilaf dan dosa…..
    Lisan kadang tak terjaga,….
    Jannikadang terabaikan,……
    Hati kadang berprasangka,….
    Sikap kadang menyakitkan,…..
    Harapan ini akan menjadi indah…..
    Jika maaf & silahturrahim ada diantara kita.
    Selamat menempuh bulan suci Ramadhan 1431 Hijriah.
    Mohon maaf lahir dan batin.
    Semoga Allah selalu memberikan
    Taufiq, Hidayah, Maghfirah dan Ridho-Nya untuk kita semua.
    Amiiiii….n !

    BalasHapus
  2. wow seru seperti mata-mata pak SBY, seolah-olah mengenal betul pak SBY

    BalasHapus
  3. Asisten Pak Beye, Kang Antaresa...

    BalasHapus
  4. Bagus mana dg buku karya Dino Patti Djalal, Bang...?

    BalasHapus
  5. saya tertarik dengan buku ini, pas banget dapet referensi lagi setelah tadi malam ntn di tv one :D

    salam :D

    BalasHapus
  6. nunggu e-booknya keluar dulu gan :D

    BalasHapus
  7. Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin!

    BalasHapus
  8. Untuk semuanya Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin!

    BalasHapus
  9. Ada yg punya bukunya kah? boleh pinjem dunk?ckckckkckkc

    BalasHapus
  10. aku nggak sanggup lagi baca yang berat-berat bang sukanya humor dan cerpen

    BalasHapus
  11. Referensi bacaan yang cukup menarik bang iwan... Dah lama tak mampir keblog iwan, blog saya yang lama,paswordnya lupa mas (he...he...) dan karena kesibukan ngak pernah update...

    BalasHapus
  12. wehh mantap mas..boleh nih dibaca.....tapi ga usah beli minjem aja haha
    :)

    BalasHapus
  13. Sepertinya menarik juga tuk dibaca :)

    BalasHapus
  14. baru tahu aku...
    terima kasih bang..
    salam kenal..

    BalasHapus
  15. pengen juga baca. bisa jadi buku sejarah ntar

    BalasHapus
  16. wah mau juga koleksi buku yang satu ni...
    kayaknya menarik untuk menilik pak sby...

    BalasHapus
  17. wah thanks neh info review bukunya...

    BalasHapus
  18. salam sobat
    bukunya lengkap bacaannya mengenai politik dan istana pak SBY.
    menarik untuk dibaca, nanti kalau mudik coba cari buku ini.
    selamat menyambut bulan suci ramadhan
    mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  19. meski saya sudah tidak kuliah lagi, tp saya penasaran ingin baca bukunya

    BalasHapus
  20. Pasti menarik untuk dibaca buku ini. Kisah pemimpin negara bagus dibaca sebagai motivasi untuk kita lebih berjaya.

    BalasHapus
  21. Jadi pingin baca isi keseluruhannya kayak apaan tuh. Wah pasti keren banget ya....

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger