Home » , , » Sulawesi Barat Diusulkan Jadi Alternatif Ibukota RI

Sulawesi Barat Diusulkan Jadi Alternatif Ibukota RI

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, September 21, 2010 | 9/21/2010

Sulawesi Barat
Wilayah di Sulawesi Barat (Sulbar) diusulkan menjadi alternatif Ibu Kota Negara menggantikan Jakarta. Pasalnya, provinsi termuda di Tanah Air itu dinilai secara geografis berada di poros tengah nusantara.

Sulawesi Barat adalah provinsi pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi yang dibentuk pada 5 Oktober 2004 ini berdasarkan UU No 26 Tahun 2004. Ibukotanya ialah Mamuju. Luas wilayah sekitar 16,796.19 km². dan terdiri dari Suku Mandar (49,15%), Toraja (13,95%), Bugis (10,79%), Jawa (5,38%), Makassar (1,59%) dan lainnya (19,15%).

"Dari sisi geografis, Sulbar paling ideal sebab berada di tengah sehingga semua wilayah nusantara akan makin dekat dari Ibu Kota," kata Ketua Umum Kadinda (Kamar Dagang dan Industri Daerah) Sulbar Harrywarganegara, Rabu (15/9)

Menurut Harry, posisi strategis lainnya Sulbar persis berada di Selat Makassar yang dapat menghubungkan Indonesia dengan berbagai negara industri seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Hongkong.

Dia mengatakan bahwa untuk mencari pengganti Jakarta, sebaiknya pemerintah tidak hanya berfokus ke Kawasan Barat Indonesia, sebab masih banyak kota-kota dan wilayah di Indonesia bagian tengah yang strategis dijadikan alternatif.

"Sebaiknya dicari wilayah-wilayah yang masih dalam tahap membangun. Supaya ada pemerataan ke wilayah-wilayah itu seperti Sulbar yang mempunyai Ibu Kota Mamuju," tegas Harry.

Dari jumlah penduduk, Jakarta terbesar keempat dunia, mencapai 10 juta jiwa pada malam hari menjejali lahan hanya seluas 661,52 kilometer persegi.

Dari sisi wilayah metropolitan (Jabotabek), kota ini berpenduduk sekitar 23 juta jiwa dan merupakan metropolitan terbesar di Indonesia atau urutan keenam dunia.

Selain itu, Harry mengatakan, kian carut-marutnya wajah Ibukota membuktikan pembangunan industri di daerah tidak berjalan dengan baik.

"Ini disebabkan daya saing daerah sangat lemah, sementara Jakarta tidak ada saingannya. Rata-rata industri baru dibangun di sekitar Jakarta," tambah Harry.

Source : tvOne


Share this article :

27 comments:

  1. Kalau jadi betul nantinya saya sering dunk mampir kesana,terima kasih kang informasi NKRI yang bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Wah..setuju kalau Mamuju jadi ibukota!

    BalasHapus
  3. yang penting tidak memadati pulau jawa dan bali lagi, saya rasa, okeh! Setuju!

    BalasHapus
  4. boleh juga dipertimbangkan..

    BalasHapus
  5. biar merata pembangunan di negeri ini...

    BalasHapus
  6. kalau memang benar-benar terealisasi menjadi ibu kota, semoga sulbar makin maju karena memiliki letak geografis yang strategis. dan saya berharap pulau Jawa dapat teratasi masalah kepadatan penduduk khususnya Jakarta. Hidup Indonesia.Terimakasih infonya.

    BalasHapus
  7. tapi kok jauh banget yah :(
    rada susah kayaknya mindahin ibukota
    tapi kalo ngeliat jakarta sekarang emang miris banget

    BalasHapus
  8. ke mana ja deh
    yang penting bukan Jakarta lagi

    BalasHapus
  9. Semoga Bang cepat terealisir

    BalasHapus
  10. Semoga saja bukan angan-angan para elite politik,,tapi harus dilaksanakan

    BalasHapus
  11. Dan saya berharap pulau Jawa dapat teratasi masalah kepadatan penduduk khususnya Jakarta.

    BalasHapus
  12. Terima kasih informasinya. Semoga cepat terealisasi.

    BalasHapus
  13. Wah, makin jauh dari rumah saya, tuh...

    BalasHapus
  14. mana mana sih sangat berpotensi untuk menjadi ibukota...
    Lombok pun juga kepengin jadi ibukota negara... :)

    BalasHapus
  15. semua wilayah bisa berpotensi jadi ibu kota, yang penting bagaimana cara mengatur kota itu biar tertata dengan baik dalam segala bidang

    BalasHapus
  16. saya setuju si, jika ibukota dipindah. tapi asal dipindah jauh, jangan hanya pindah ke seberang, atau tetangganya. seperti jogja! cacad lah sultan ntu. harusnya kalo pindah, ya kayak gini, ke sulbar, dll. pokoknya jangan hanya di jawa, atau di sumatra yg relatif dekat dgn jakarta. kalo mo pindah jauh2 sekalian, biar efek pemerataan pembangunan juga isa jalan. siapa tau, dengan sulbar jadi ibukota, propinsi2 kayak sulteng, maluku, dan papua lebih terkontrol...tq

    BalasHapus
  17. Weh...
    Berarti kalau mau ke ibukota, saya harus menempuh perjalanan jauh...

    BalasHapus
  18. waduw jauh banget kalo sampe ibukotanya di sana. mending jogjakarta aja deh ato ga ya tetep di jakarta :p hihihiiii.

    BalasHapus
  19. Dan saya berharap pulau Jawa dapat teratasi masalah kepadatan penduduk khususnya Jakarta.

    BalasHapus
  20. memang mungkin dah saatnya ibu kota harus dipindahkan, di jakarta sudah gak nyaman lagi, dimana2 macet, apa lagi belum lama ini juga diberitakan, kontur tanah sekitar jakarta , gak bagus krn mulai tergerus air laut, disamping itu juga biar pembangunan merata , jangan hanya di jawa saja .
    salam

    BalasHapus
  21. jadi bagus tuh dekat tempat kerja saya pasti jadisering ke ibukota

    BalasHapus
  22. template barunya mantap kanda ringan banget dari wp lagi

    BalasHapus
  23. wah bagus tuu klou itu emang terjadi...ibu kota indonesia pindah ke sulawesi...mantap.thanks infonya...

    BalasHapus
  24. wah bakal bersaing dengan palangka raya dong !! sebagai orang jawa saya sepakat kalau ibu kota di pindah keluar jawa, biar lebih merata pembangunannya

    BalasHapus
  25. aku cuma nawarin,,,klo kalimantan ga bisa ga usah ada ibu kota aja..

    BalasHapus
  26. Kalau memang menjadi Benara Benara terealisasi IBU-kota, Makin Semogo Maju Karena yang memiliki Sulba Geografie letak Strategis.

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger