Home » , , » Hari Halloween Bersama Scooby Doo

Hari Halloween Bersama Scooby Doo

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Oktober 31, 2010 | 10/31/2010






Halloween -Logo Google hari ini kembali dengan tampilan lain sesuai dengan momen yang diperingatinya.

Tanggal 31 Oktober, merupakan tradisi di mana anak-anak di negara-negara berbahasa Inggris berpakaian aneh menyerupai setan, berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga untuk meminta permen dengan berkata “trick or treat”,identik dengan kostum menarik dan camilan manis. Kalau gak diberi maka jendela atau rumahnya bakal diusili dengan dicoret-coret pakai sabun.

Sungguh sebuah tradisi yang tidak sopan dan tidak memberikan pembelajaran bagi anak-anak.

Perayaan Halloween hadir dengan simbol buah labu diukir yang diberi lampu. Orang-orang merayakannya dengan memakai kostum beraneka warna. Ada yang memakai baju bajak laut, baju nenek sihir, baju zombie, dll.

Halloween berasal dari festival Samhain (dari bahasa Irlandia Kuno samain) yang dirayakan orang Kelt zaman kuno. Festival Samhain merupakan perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan orang Gael, dan kadang-kadang disebut "Tahun Baru Kelt". Orang Kelt yang menganut paganisme secara turun temurun menggunakan kesempatan festival untuk menyembelih hewan ternak dan menimbun makanan untuk persiapan musim dingin.

Bangsa Gael kuno percaya bahwa tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan dunia orang hidup menjadi terbuka. Orang mati membahayakan orang hidup dengan membawa penyakit dan merusak hasil panen. Sewaktu merayakan festival, orang Gael menyalakan api unggun untuk membakar tulang-tulang dari hewan yang mereka sembelih. Orang Gael mengenakan kostum dan topeng untuk berpura-pura sebagai arwah jahat atau berusaha berdamai dengan mereka.

Halloween merupakan kependekan dari All Hallows' Even (eve dan even sama-sama berarti petang/malam) yang berarti malam sebelum hari raya All Hallow yang sekarang disebut Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Holy Day). Huruf "n" di akhir kata Halloween berasal dari kata even.

Pada zaman dulu, tanggal 1 November dipakai sebagai hari festival keagaamaan di berbagai tradisi paganisme Eropa hingga Paus Gregorius III dan Paus Gregorius IV memindahkan perayaan All Saints' Day menurut kalender santo dari tanggal 13 Mei ke tanggal 1 November. Tanggal 13 Mei dulunya dirayakan sebagai hari raya paganisme untuk festival Lemuria.

Dalam beberapa artikel yang pernah saya baca, terdapat pernyataan kontroversial yang berbunyi: “Pada malam Halloween, orang-orang yang biasanya taat terhadap hukum, merusak rumah-rumah tetangga mereka.

“Dalam beberapa kasus, orang-orang ini menebar ketakutan, khususnya bagi kaum manula. Merayakan Halloween berarti kita berada di pihak setan dan segala perbuatannya.”


Bagaimana pendapat anda?????

laptop gratis


Lalu kenapa Google Merayakan Halloween bersama Scooby Doo ?, Ada yang tahu jawabannya? Silahkan Share di kotak komentar.
Share this article :

5 comments:

  1. Jadikan saya yang pertamaxxxxx.
    Salam kenal.
    http://dapatpikiran.blogspot.com
    Itulah blog saya.

    BalasHapus
  2. Saya mendengar sebatas mendengar dan kaget juga ketika google ikut merayakannya ... penasaran tapi belum menemukan jawaban yang pasti.
    “Pada malam Halloween, orang-orang yang biasanya taat terhadap hukum, merusak rumah-rumah tetangga mereka" kata2 ini cukup mengagetkan .. dan semoga tidak tertular lah ..
    Trims atas infonya Bang.
    Salam :)

    BalasHapus
  3. ah,,,, kebiasaan buruk.... gak usah diikutin...... x_x

    BalasHapus
  4. dulu saya suka nonton scooby waktu SD ^^

    BalasHapus
  5. nilai-nilai positif diterima yang negatif disaring dan dibuang saja, mantap postingannya bang

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger