Home » , » Anugerah Konstitusi Guru PKn Terbaik Nasional 2010

Anugerah Konstitusi Guru PKn Terbaik Nasional 2010

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, November 26, 2010 | 11/26/2010

Photobucket


Puncak “Anugerah Konstitusi bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Terbaik Nasional 2010” kerjasama Mahkamah Konstitusi (MK) dengan Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama disiarkan melalui TVOne, Kamis (25/11) pukul 22.30 dalam acara “Untukmu Guru” dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional. Terpilih sembilan guru dari tiga tingkatan yakni SD dan MI, SMP dan MTs, SMA dan MA.

Kesembilan guru yang menerima Anugerah Konstitusi tersebut adalah Muhammad Abrar Usman, S.Pd.(SD Negeri 179 Mattiro Bulu, Sulsel), Supriyadi, S.Pd. (MI Negeri I, Malang, Jatim), Ida Ayu Ketut Sumedia, S.Pd. (SD Negeri Semapura Tengah, Bali), Ida Novrida, S.Pd. (MTs Trenggalek, Jatim), Sutiono, S.Pd. (SMP Negeri 3 Kebon Kramat, Jateng), Dra. Irma Eliati M.Pd. (Mts Negeri I, Sumut), Drs. Andar Rujito (SMA Negeri I Teladan, Yogyakarta), Drs. Kusmin, M.Pd. (SMA Negeri I Salatiga, Jateng), Ngadimin, S.Pd. (SMA Negeri Cahaya Madani, Banten).

Ketua MK Mahfud MD yang hadir dalam acara itu, menyatakan kekhawatirannya bila masyarakat Indonesia tidak hidup dalam kesadaran berkonstitusi. Oleh sebab itulah, MK bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama, sudah tiga tahun berturut-turut sejak 2008 menyelenggarakan pemberian anugerah bagi para guru PKn untuk tingkat nasional.

“Kami berharap, agar guru-guru yang menerima anugerah konstitusi maupun yang menjadi finalis, saat pulang ke daerah masing-masing bisa membangun kesadaran berkonstitusi di lingkungan sekolah masing-masing,” tegas Mahfud. pada acara yang dihadiri Wakil Ketua MK Achmad Sodiki, Hakim Konstitusi Akil Mochtar dan M. Alim, Sekjen MK Janedjri M. Gaffar, serta sejumlah pejabat negara, termasuk para Dirjen di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama, maupun para hadirin lainnya.

Sementara Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh mengatakan acara “Anugerah Konstitusi bagi Guru PKn Terbaik Nasional 2010” merupakan hal yang sangat luar biasa karena bagaimanapun Indonesia tetap memerlukan para perintis yang sangat gigih dalam urusan mengajar, termasuk sebagai guru PKn.

“Guru itu memiliki tiga tugas utama bagi murid-muridnya. Pertama, mengajarkan ilmu. Kedua, membentuk karakter. Ketiga, menanamkan cita-cita,” imbuh Muhammad Nuh.

Sedangkan Menteri Agama, Surya Dharma Ali mengucapkan selamat kepada para guru PKn yang menerima Anugerah Konstitusi 2010. Menurutnya, acara tersebut sangat positif dan membangkitkan semangat sadar berkonstitusi bagi madrasah-madrasah, dengan menambah terus akselerasi mereka untuk tetap memiliki semangat sadar berkonstitusi.

“Sejak awal, murid-murid di madrasah sudah diajarkan berbagai hukum agama, jadi tinggal ditambah dengan materi pendidikan hukum negara,” ungkap Surya Dharma Ali.

Pemberian “Anugerah Konstitusi bagi Guru PKn Terbaik Nasional 2010” diputuskan berdasarkan penilaian Dewan Juri yang terdiri atas Prof. Dr. Saldi Isra, Prof. Dr. Yuliandri, Dr. Kurniawarman, Dr. Zainal Arifin Mochtar, Dr. Ni’matulhuda SH.MH., Dr. Marwanmas SH.MH., Iwan Satriawan SH.MH., Winarno Yudo SH.MH., Dr. I Gusti Ayu Ketut Rahmi Handayani SH.MH, Dra. Endang Rohayati MM, Dr. M. Jafar Msi, Dr. Unifah Rosidi M.Pd., Drs. Kidup Supriyadi M.Pd., Drs. H. Unang Rahmat MA, serta Dr. Ainur Rofiq.

laptop gratis


Rangkaian kegiatan Penilaian dimulai dengan ujian tertulis untuk memilih siapa diantara para guru PKn yang layak menerima Anugerah Konstitusi Tingkat Nasional 2010. Ujian tertulis ini dilakukan oleh para peserta selaku guru PKn, yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan konstitusi dari masing-masing peserta.

”Hasil ujian tertulis tersebut akan menjadi 30% dari keseluruhan nilai. Sedangkan 70% nya akan dinilai dari presentasi para peserta,” ungkap Saldi Isra.

Pada hari kedua, Selasa (22/11) dilakukan presentasi oleh para peserta. Dalam presentasi itu, ada hal-hal yang menjadi kriteria penilaian juri, antara lain aspek penguasaan materi dan artikulasi gagasan, penampilan, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, presentasi para peserta dinilai oleh lima orang juri, diakumulasi, lalu dibagi lima. ”Kemudian, nilai total yang sudah dibagi lima tersebut, akan menjadi 70% dari nilai penentuan siapa peserta yang akan menerima Anugerah Konstitusi Bagi Guru PKn Tingkat 2010,” tandas Saldi Isra, yang juga menyampaikan bahwa pengumuman pemenang ”Final Anugerah Konstitusi Bagi Guru PKn Tingkat Nasional 2010” yang disiarkan di studio TVOne, semalam,Kamis (25/11).

Gagasan adanya Anugerah Konstitusi (Constitutional Awards) diberikan kepada para guru dilatarbelakangi adanya kewenangan dan kewajiban MK sebagai pengawal Konstitusi (guardian of the constitution) dan penjaga hak konstitusional warga negara (guardian of citizen human rights).

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK) Janedjri M. Gaffar ketika menjadi narasumber dalam acara TVOne, “Apa Kabar Indonesia Pagi”, Kamis (25/11), di Gedung Wisma Nusantara. Dalam acara yang dipandu oleh Indy Rachmawaty, dihadiri pula oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan Nasional Baedowi dan salah satu finalis penerima Anugerah Konstitusi Muhammad Abrar Usman, S.Pd.

Photobucket

Sebuah kebahagiaan tersendiri bagi kami sekeluarga karena yang berhasil menjadi Juara I kategori Guru PKn SD tak lain adalah Adik kami tercinta Muhammad Abrar Usman, S.Pd.

Source : http://www.mahkamahkonstitusi.go.id

Share this article :

19 comments:

  1. Salahsatu anugerah yang menghargai para guru..salut...

    BalasHapus
  2. Semoga dilanjutkan untuk tahun berikutnya

    BalasHapus
  3. sealamt kepada adiknya .. :)


    hidup selselllll :)

    siang bang

    tetap lah menjadi guu yang mendidik bukan hanya mengajar

    BalasHapus
  4. iya, aku juga melihat langsung di tipi acaranya. trenyuh hatiku... bangga dng kiprah para guru.

    BalasHapus
  5. Buat para guru yang tidak menjadi nominator, tidak apa2 bu/pak sebab pengabdian dan dedikasi anda untuk mencerdaskan generasi-generasi penerus bangsa ini telah mendapatkan penghargaan tertinggi di hati sanubari rakyat Indonesia

    BalasHapus
  6. wah kalo guru PPKN nya mbak alya saya pasti semangat...hehe

    BalasHapus
  7. selamat buat semua guru. setiap guru pasti mempunyai prestasinya masing-masing. semoga ilmunya bisa benar-benar dimanfaatkan oleh para murid.

    BalasHapus
  8. aku nggak bisa ol bang lagi pelatihan di tempat terpencil tak ada wifi

    BalasHapus
  9. Sudah patut diberi penghargaan untuk sosok pendidik yang tak mengenal lelah untuk mengabdi pada negeri ini.

    BalasHapus
  10. tenkyu for ur nice info... :-)
    i like ur post... :-)

    BalasHapus
  11. semoga guru2 ini, walaupun kehidupan dunianya tidak sebaik pejabat... tapi nanti di akhirat mendapat tempat yg terbaik!
    dan para pejabat yg korup itu mendapat neraka! *lho...* hehehe

    BalasHapus
  12. selamat atas keberhasilan adiknya pak..!!

    Hebat..!!

    BalasHapus
  13. selamat atas keberhasilan adiknya pak..!!

    Hebat..!!

    BalasHapus
  14. kemaren hari guru ya?
    guru mempunyai jasa yang besar ya,
    tapi ntuk menjadi guru yang baik tudaklah mudah, dan tidak semua guru itu adalah guru yang baik.
    Bali Villas Bali Villa

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah,,, selamat buat adik bang Iwan,, Salute..!!
    tentu menjadi prestasi yang amat membanggakan ya bang,, :)
    semoga semakin menebar ilmu yang bermanfaat..

    BTW, lebih mirip ke bang munir yak?? hehe...
    salam saya untuk bang abrar,, :)

    BalasHapus
  16. Anugerah harus jadi Pemicu Semangat untuk mereka-mereka yang belum dapat Penghargaan..jadi Guru yang bisa di tiru dan di gugu..

    BalasHapus
  17. Wah.. Bapak Kusmin guru saya dulu dapat juara 2... Salut buat beliau... emang beliau hebat banget... :)

    BalasHapus
  18. Guru.ku Pak Supriyadi :D

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger