Home » , , , , » Memaknai Hari Raya Idul Adha

Memaknai Hari Raya Idul Adha

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, November 15, 2010 | 11/15/2010


idul adha Pictures, Images and Photos


Jutaan umat muslim, hari-hari ini telah berkumpul di wilayah kota suci Mekkah. Mereka datang ke sana sebagai memenuhi panggilan Allah SWT. untuk melaksanakan ibadah haji. Mereka berpakaian seragam putih-putih, datang dari segenap pelosok dunia, berbeda-beda warna kulitnya, bahasanya, kebangsaannya dan status sosialnya (QS. Al-Haj,22:27).

Sejak mereka meninggalkan tanah air menuju Mekkah, segala atribut keduniaan telah mereka tinggalkan. Apakah itu atribut yang berupa pakaian kedinasan, bintang kehormatan, gelar kesarjanaan dan lain sebagainya.

Di sana tak ada lagi diskripsi kerena perbedaan golongan, jenis, pangkat, suku ataupun status sosial. Yang ada hanyalah pertujukan secara komunal kebersamaan dan yang memegang peranan dalam pertunjukan ini adalah masing-masing pelaksana ibadah haji tersebut. Setiap orang diantara mereka dipandang sama.

Suasana klimaks dan puncak pelaksanaan ritual dan seremonial ibadah haji ini, adalah pada tanggal 9 Dzul-Hijjah yang bertepatan pada hari ini, ketika mereka melakukan wukuf di padang Arafah.

Sementara kita yang berada di tanah air yang tidak berkesempatan untuk melaksanakan ibadah Haji, juga diberikan peluang untuk memperbanyak ibadah yakni pada hari ini disunatkan berpuasa, yang disebut Puasa Arafah.

Ummul Mu’minin Aisyah ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada suatu hari yang Allah lebih banyak membebaskan seorang hamba dari api neraka melainkan hari Arafah. Sesungguhnya Allah mendekat dan berbangga dihadapan para malaikatNya seraya berkata, “Apa yang mereka inginkan? ( tentu Aku kabulkan) (HR Muslim 1348).

Agama mengajarkan bahwa semua ibadah hendaknya dilakukan semata-mata ikhlas karena Allah (QS Al-An’am, 6:162-163). Tak terkecuali ibadah haji dan ibadah Qurban yang akan kita laksanakan pada tanggal 10 Zulhijjah besok. Karena hanya dengan niat yang terikhlaslah, akan terjamin kemurnian ibadah yang akan membawa pelaksanaannya dekat kepada Allah. Tanpa adanya keikhalsan hati, mustahil ibadah akan diterima Allah (QS Al-Bayyinah, 98:5)

Dalam kaitan dengan ibadah qurban, Allah menegaskan bahwa daging hewan yang diqurbankan itu tidak akan sampai kepada-Nya hanyalah ketaqwaan pelaksana qurban itu (QS Al-Haj, 22:37). Jadi Allah tidak mengharapkan daging dan darah hewan qurban itu, tetapi mental ketaqwaan ini tidak akan tumbuh di hati yang bersih dan ikhlas.

Ibadah qurban mempunyai hikmah untuk membersihkan hati agar menjadi lahan yang subur untuk tumbuhnya iman dan taqwa. Dengan demikian, dimensi keikhlasan sudah seharusnya menjadi landasan setiap amal perbuatan manusia, agar manusia mengorientasikan kehidupannya semata-mata untuk mencapai ridha Allah SWT. Dengan ikhlas beramal, berarti seseorang membebaskan dirinya dari segala bentuk rasa pamrih, agar amal yang diperbuat tidak bernilai semu dan bersifat palsu. Dengan keikhlasan, seseorang dapat mewujudkan amal sejati.

Kesejatian setiap amal diukur dari sikap keikhlasan yang melandasinya. Dan kesediaan berqurban yang dilandasi rasa keikhlasan semata-mata, dapat mengurangi atau mengekang sifat keserakahan dan ketamakan manusia untuk berlaku serakah dan tamak, namun kecenderungan itu dapat dieliminir dengan membangkitkan kesadarannya agar bersedia berqurban untuk sesamanya.

Kesediaan berqurban mencerminkan adanya pengakuan akan hak-hak orang lain, yang seterusnya dapat menumbuhkan rasa solidaritas sosial yang tinggi.

Semoga amalan kita bertambah dari tahun yang telah lalu dan dosa kita diampunkan oleh Allah SWT. Mari kita gunakan segala peluang yang ada demi menambah bekal akhirat kita sebelum bertemu dengan-Nya di hari yang tidak ada pertolongan lain selain mereka yang menemui-Nya dalam keadaan hati yang bersih dan selamat daripada kekotoran dosa dan noda.



laptop gratis



Selamat Hari Raya Idul Adha, Mohon Maaf atas segala kekhilafan.
Share this article :

23 comments:

  1. Nggak terasa ya kang, dah mau idul adha lagi. Mudah-mudahan kita semua diberi kesempatan untuk menunaikan rukun islam ke 5 ini ya,kang...Amien...Amien...Ya Rabbal Alamin.

    BalasHapus
  2. Untuk doa di akhir paragraf, saya yg hina ini berkata:
    AMINNNNNNN YA RABB. IJABAHLAH DOA YG TULUS IKHLAS INI.

    ^___^

    BalasHapus
  3. nice post,,http://zodiaks.blogspot.com/2010/11/puisi-patah-hati-karena-cinta.html

    BalasHapus
  4. nice post,,http://zodiaks.blogspot.com/2010/11/puisi-patah-hati-karena-cinta.html

    BalasHapus
  5. met idul adha!!! aduh, akhirnya mampir ke sini jugag

    BalasHapus
  6. Yang penting hatinya sob. Biar amalnya lancar . . .


    Salam.

    BalasHapus
  7. selamat hari raya juga mas,,,,

    BalasHapus
  8. alahamdulillah..
    akirnya bsk qt mrayakan ari raya ied adha y mas..

    BalasHapus
  9. Selamat Hari Raya Idul Adha Bang

    BalasHapus
  10. Semoga hari raya kali ini bisa memberikan kita berkah yang lebih dari Allah SWT. amin yang berkurban berkurbanlah sesuai kemampuan dan keikhlasan saudara. semoga bisa menjadikan kita lebih baik kedepannya amin. Yang liburan coba kunjungi blog kami di http://7og4nk.blogspot.com siapa tau tempat kami bisa menjadi agenda liburan anda.

    BalasHapus
  11. minal aidin wal faidzin pak

    BalasHapus
  12. selamat hari raya juga... :)

    BalasHapus
  13. Ami....n Ya Allah !

    Sukses selalu.

    Salam ~~~ "ejawantah's Blog"

    BalasHapus
  14. Selamat hari Raya Idul Adha

    BalasHapus
  15. Berkoban yg ihklas...serahkan ke panitia...bagikan daging kekpada yg berhak...pembagian jg harus proffesional...klo tidak akan terjadi rebutan yg malah menimbulkan korban manuasia

    BalasHapus
  16. semoga Idul Adha tahun ini membawa keberkahan bagi kita semua.

    BalasHapus
  17. met hari raya idul adha.. :)

    nice post..
    amien..amien..

    BalasHapus
  18. selamat hari raye Aidil adha yer bang Iwan:)

    BalasHapus
  19. Alangkah bahagianya mereka yang sudah bisa melaksanakan Ibadah Haji... kapan a bisa seperti mereka?
    hick2.. :((

    BalasHapus
  20. semoga Idul Adha tahun ini membawa keberkahan bagi kita semua. amiin...

    BalasHapus
  21. Semoga kita jumpa dengan hari Raya berikutnya

    BalasHapus
  22. terima kasih atas penjelasannya, semoga yang dapat melaksanakan qurban ibadahnya diterima oleh Allah SWT

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger