Home » , , , » Inilah Julian Assange, Pemimpin Redaksi Wikileaks

Inilah Julian Assange, Pemimpin Redaksi Wikileaks

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Desember 09, 2010 | 12/09/2010


Julian Paul Assange adalah seorang jurnalis asal Australia yang dikenal sebagai pendiri dan juru bicara WikiLeaks, situs yang mempublikasikan dokumen rahasia pemerintah dan beberapa institusi. Sebagian besar pendidikan pada masa kecilnya dilakukan di rumah. Orang tuanya menjalankan tur teater sehingga mereka hidup berpindah-pindah. Pada usia 14 tahun, Assange diketahui telah berpindah rumah sebanyak 37 kali.

Bagi para penggemarnya, Julian Assange adalah seorang pejuang kebenaran yang gagah berani. Bagi para pengkritiknya, dia adalah pencari publisitas yang telah membahayakan jiwa banyak orang dengan menyajikan informasi peka ke ranah publik. Menurut orang-orang yang pernah bekerja dengannya, Assange penuh semangat, ambisius, dan sangat cerdas, dengan kemampuan luar biasa untuk memecahkan kode-kode komputer.

Dia telah tinggal di beberapa negara. Dia mengatakan akan terus berpindah-pindah untuk menangani Wikileaks dari lokasi yang berubah-ubah. Dia bisa lama tidak makan dan memusatkan perhatian kepada pekerjaan dengan hanya sedikit tidur, demikian menurut Raffi Khatchadourian, reporter majalah New Yorker yang selama beberapa pekan bepergian dengannya, seperti disebutkan dalam profil yang disiapkan BBC News.

"Dia menciptakan atmosfer di sekelilingnya, yang membuat orang-orang yang dekat dengannya ingin mengurusnya untuk membantu dia terus bekerja," kata Khatchadourian. "Ini mungkin karena karismanya."

Julian Paul Assange lahir di Townsville, Queensland, Australia, tahun 1971, dari orangtua yang menjalankan sebuah kelompok teater keliling sehingga sering berpindah-pindah.

Dia meninggalkan rumah kala berusia 16 tahun dan pada usia 18 tahun mempunyai seorang putra. Dia dan pacarnya kemudian berebut hak pengasuhan anak.

Tahun 1992, Assange ditangkap polisi federal Australia dan mengaku bersalah atas 24 tuduhan kegiatan hacking dan dibebaskan dengan denda 2.100 dollar Australia.

Dia sempat belajar fisika dan matematika di Universitas Melbourne walau tidak sampai mendapat gelar.

Assange memulai Wikileaks-yang tidak ada hubungannya dengan Wikipedia-tahun 2006 bersama sekelompok orang dengan pikiran serupa membocorkan dokumen-dokumen rahasia untuk memerangi korupsi pemerintah dan korporasi.

Dia duduk dalam badan penasihat dengan sembilan anggota dan, walau tak mau disebut sebagai "pendiri", keputusan menerbitkan dokumen ke situs itu ada di tangannya.

Pembocoran dokumen mengenai Irak, Afganistan, dan Iran membuatnya dianggap berbahaya bagi pemerintah tertentu. Itu salah satu alasan dia terus berpindah-pindah.


laptop gratis

Pada tahun 2008, Assange memenangkan Economist Censorship Index Award, sebuah penghargaan yang diberikan majalah "Economist" yang dikelola oleh keluarga perbankan Rothschild. Di tahun 2009, Assange dianugerahi Amnesty International Media Award atas usahanya mengekspos pembunuhan ekstra yudisial di Kenya melalui penyelidikan Tangisan Darah - Pembunuhan dan Penghilangan Ekstra Yudisial (The Cry of Blood - Extra Judicial Killings and Disappearances). Pada April 2010, Assange menerima Sam Adams Annual Award, suatu penghargaan terhadap integritas dalam ilmu pengetahuan.

Bahkan seperti yang dilangsir Zee News, Rabu (8/12), sumber misterius yang juga merupakan pejabat dengan posisi penting di Pemerintahan Rusia ini mengatakan bahwa hal yang telah dilakukan oleh Assange dengan membeberkan rahasia Amerika Serikat dengan menjunjung nama jurnalistik adalah hal yang brilian. Sehingga Pendiri situs Wikileaks Julian Assange dinilai pantas menerima bantuan dan bahkan menjadi kandidat potensial untuk menerima penghargaan nobel...
Dirangkum dari berbagai sumber.
Share this article :

4 comments:

  1. orang paling berani sedunia salut deh

    BalasHapus
  2. Hebat banget sihhh, pinter!!!! coba aja?

    BalasHapus
  3. Yang namanya jurnalis, ya begitu. Sikap avonturirnya medok. Dan sensasinya bisa apa saja bahkan ketika yang dia lakukan mengguncang dunia, .... kita liat aja endingnya seperti apa?? Atau kita latah bikin sensasi?? Ayoo...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger