Home » , , , » WikiLeaks, OpenLeaks dan IndoLeaks

WikiLeaks, OpenLeaks dan IndoLeaks

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Desember 11, 2010 | 12/11/2010


Yang namanya leaks lagi jadi bahan pembicaraan di dunia maya. Di tengah sorotan kontroversi WikiLeaks yang mengungkap informasi rahasia diplomatik AS, Lantaran tak sepakat dengan cara-cara Julian Assange, beberapa staf Wikileaks memilih untuk hengkang dan membuat situs tandingan bernama Openleaks. Situs tandingan ini rencananya akan diluncurkan pekan depan.

Di negeri kita pun muncul situs serupa berbahasa Indonesia dengan nama Indoleaks. Dilihat dari cara menyajikannya, situs web ini kelihatannya mencoba meniru WikiLeaks

Dalam pengantarnya disebutkan, Indoleaks berusaha memilah dan memilih dokumen yang seharusnya diketahui publik, dari ratusan koleksi Indoleaks. Semua dokumen di Indoleaks disajikan secara verbatim, apa adanya dan diklaim masih orisinal dari tangan pertama>

Indoleaks juga memberi kesempatan kepada publik yang akan mengirimkan dokumen rahasia untuk dipublikasikan pengirimnya. Namun, dengan syarat dokumen harus orisinal, tanpa ada opini pengirim di dalamnya. Indoleaks akan menyebutkan sumber dokumen adalah anonim. Dokumen yang dipublikasikan adalah dokumen yang memiliki kepentingan publik. Indoleaks.org tidak memublikasikan informasi yang terkait dengan rekening bank, medical record, dan rahasia pribadi lainnya.

Dilihat dari informasi whois, situs yang digunakan Indoleaks dibuat pada 7 Desember 2010 dan alamat internetnya didaftarkan hingga 7 Desember 2011 melalui PT Ardh Global Indonesia, salah satu penyedia hosting di Indonesia. Nama pemilik akun maupun identitas lainnya disembunyikan dengan memanfaatkan Privacyprotect.org. Artikel pertama ditulis tanggal 9 Desember 2010 dan kemungkinan baru diaktifkan hari ini.

"Per 10 Desember 2010, yang diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, Indoleaks mempublikasikan dokumen pertama. Sebuah dokumen yang berisi catatan ilmiah mengenai Lumpur Lapindo," tulis Indoleaks. Sampai Jumat siang sudah beberapa dokumen diungkap, seperti kajian lumpur Lapindo, MOU Rahasia Pemerintah RI-Microsoft, dan transkrip diskusi Soeharto, Richard Nixon, dan Henry Kissinger tahun 1970.

Sejauh ini dokumen-dokumen yang diungkap bukanlah dokumen yang baru menjadi sorotan publik. Dokumen-dokumen tersebut sudah lama beredar di internet. Nah, apakah kira-kira Indoleaks sanggup mengungkap informasi-informasi rahasia lainnya. Kita tunggu saja!





laptop gratis
Share this article :

19 comments:

  1. semoga berguna bagi masyarakat umum

    BalasHapus
  2. latah atau inspirasi? yang penting ga bikin masyarakat resah.

    BalasHapus
  3. mengungkap kebenaran atau cari popularitas, moga-moga banyak manfaatnya dibanding mudharatnya

    BalasHapus
  4. Sepakat apa yang dikatakan reborn, asal gak bikin resah si gak masalah..

    BalasHapus
  5. Wikileaks msh jalan
    openleaks saingannya
    indoleaks btw situs kok kaya blog ye, salam kenal

    BalasHapus
  6. Semasih objektif dan substantif mengungkap kebenaran, indoleaks ini seyogyanya kita support.
    Tq sharingnya :)

    BalasHapus
  7. Di Indonesia baru Demam Leak Bang...

    BalasHapus
  8. selamat pagi...

    semoga gak menyusahkan aja,,,

    BalasHapus
  9. wa baru tau ni...Thax infonya... mampir ya...

    BalasHapus
  10. Nice article, thanks for share
    grammar

    BalasHapus
  11. kunjungan perdana...

    seiring banyakx yang senang akan kehadiran leaks2 ini, banyak puLA yang mencibir daeng. apalagi indo punya, soalnya, banyak rahasia2 yang dipublish keluar itu sudah menjadi "rahasia umum" alias sdh basi. bukan lagi berita baru. hm,....
    salam hangat, bangauputih di makassar ^_^

    BalasHapus
  12. yang penting benar beritanya

    BalasHapus
  13. semoga saja informasi yg ditampilkan akurat & dapat dipertanggungjawabkan, serta tidak memiliki latar belakang demi kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu.

    BalasHapus
  14. iya, dokumennya kayaknya udah agak basi ya...
    harusnya benar benar dokumen yang baru dan menggebrak gitu

    BalasHapus
  15. Kayaknya memang kelahiran Indoleaks memanfaatkan heboh WikiLeaks tapi gpp asal dokumen2nya memang orisinil, bukan rekayasa untuk memfitnah orang/kelompok lain.

    BalasHapus
  16. aku malah nemukan ini :
    http://www.beritaterkini.asia/2010/12/wikileaks-indoleaks-balileak.html

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger