Home » , » Crop Circles Bantul | Video Pembuatan Crop Circles

Crop Circles Bantul | Video Pembuatan Crop Circles

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Januari 26, 2011 | 1/26/2011

Crop Circles Bantul


Kehebohan Fenomena crop circles atau yang sebelumnya disebut-sebut sebagai jejak UFO, kembali muncul di wilayah Bantul Yogyakarta, setelah sebelumnya di temukan di Sleman.

Lokasi baru crop circles tersebut juga berada di tengah lahan sawah, tepatnya di Kecamatan Piungan, Kabupaten Bantul, DIY. Sejak kemarin, warga berduyun-duyun datang ke lokasi untuk melihat fenomena unik tersebut dan tentunya tidak ketinggalan para pemburu berita.

Di bagian lain, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (Lapan) sudah meninjau lokasi keberadan crop circles di Desa Jogotirto, Barebah, Sleman, DIY, Selasa (25/1) sore. Mereka datang untuk mengindentifikasi fenomena tersebut.

Kepala Penelitian dan Pengembangan Lapan Sri Kaloka, yang juga bertugas sebagai Ketua Tim Investigasi, mengatakan, crop circles tersebut bukan terjadi karena kedatangan alien (makhluk asing). Crop circles itu murni buatan manusia. Hal tersebut ditandai dengan arah tangkai padi yang rusak, searah jarum jam.

"Arah rebahan tangkai padi tersebut karena ditekan dari atas sampai bawah. Pola bangunnya juga tidak simetris, ada yang lebar, ada yang sempit dan tidak beraturan,...

Thomas Djamaluddin, seorang Astronom dari LAPAN, menyatakan bahwa Crop circles tidak disebabkan oleh UFO melainkan buatan manusia sebagai sebuah karya seni, komersial, maupun hanya lelucon yang kreatif, jika mau andapun juga bisa membuatnya.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat crop circles sendiri (copy dari Blog kang Alwi).

1. Menentukan ladang atau lahan yang diperlukan, ini sangat penting mengingat seni membuat crop circles ini membutuhkan lahan yang sangatlah besar. Selain itu tentu penting memilih lahan yang bisa dilihat banyak orang.

2. Membuat rencana desain lingkaran tanaman menggunakan peta skala besar untuk menjamin akses bagi Anda dan audiens Anda. Siapkan plot desain garis lurus atau melingkar. Tandai di peta arah Anda akan meratakannya, untuk menghindari tanda-tanda dari bagian yang mencurigakan, diperlukan pembuat lingkaran berpengalaman sehingga dapat menghindari merusak desain dengan meninggalkan garis-garis seperti mesin pemotong rumput.

3. Setelah di lapangan, gunakan pengukuran ke tempat yang tepat dengan spidol pada desain mini yang anda buat. Teman Anda dapat membantu untuk menandakan tempat, membuat perhitungan tiap sisi bagian lahannya, dan meletakkan tali untuk menandai area datar.

4. Membuat garis konstruksi dengan meletakkan tali untuk menguraikan ke gambar yang dibuat. Setelah menandai garis dengan tali, kemudian meratakan lingkaran pada titik-titik persimpangan. Untuk menciptakan gambar yang sempurna biasanya dibuat garis tali segitiga sama sisi, dan menciptakan lingkaran dipipihkan di sudut-sudut segitiga.

5. Membentuk gambar dengan meratakan tanaman. Setelah setiap sudut terbentuk dengan tali, saatnya kreasi seni dibuat. Ada dua cara dapat dilakukan, pertama dengan Plank Flattening, yaitu menggunakan papan bertali, untuk meratakan dengan memegang tali lalu tekan ke depan dan ke bawah dengan tetap satu kaki di papan.

Cara lainnya bisa menggunakan roller, alat bantu ini biasanya disediakan di toko material dengan alat yang dimodifikasi.

Berikuit adalah Video Cara Pembuatan Crop Circles :


Mungkin ada diantara kita yang mau mencoba? siapa tahu bisa jadi terkenal. Namun yang perlu diingat.... " Jangan pernah membuatnya tanpa seizin petani pemilik lahan......


Share this article :

12 comments:

  1. pertamax ..
    ternyata mudah bikin crop circle ..

    jadi pengen bikin ..

    BalasHapus
  2. ternyata gitu ya caranya bikin crop circle

    BalasHapus
  3. memang perlu diluruskan seperti ini jangan banyak rumor lagi yang berkembang

    BalasHapus
  4. Cukup unik untuk menarik banyak perhatian, semoga saja hal seperti ini kelak tidak disalah mengertikan dan si pelaku bis adiseret ke meja hijau karena menyebarkan 'hoax' berita UFO dan sejenisnya.

    Seneng udah bisa mampir kesini, salam hangat dari negeri 1001 malam :D

    BalasHapus
  5. Krain crop circles bneran... dtunggu info2 unik laennya..

    BalasHapus
  6. Salam Takzim
    wah hebat bang
    sekedarr menikmati tulisan bang Iwan dan kang Alwi sekalian mau ngucapin met tahun baru bang maap baru bisa sekarang, semoga sukses ya bang salam untuk keluarga di SOPENG
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  7. itu petaninya dikasih ganti rugi ga ya ...?

    BalasHapus
  8. berita terbaru yang saya baca katanya crop circles itu dibuat oleh para mahasiswa UGM. Jadi yang mana yg benar nih?

    BalasHapus
  9. crop circle kini jadi bahan perbincangan hangatt...lah gayus kemana kok jadi gak ada..???

    panen padi gagal gara2 ada corp circle.., dahulu pernah baca postingan soal corp circle ini di blognya miawru tuhh komplit gambar2nya di berbagai negara

    BalasHapus
  10. bisa di bikin manusia juga tenyata....

    BalasHapus
  11. Hasil panen dapat tergantikan dengan hasil kunjungan para wisatawan dadakan ya Bang Iwan ?

    Salam

    "Ejawantah's Blog"

    BalasHapus
  12. saya sih udah yakin bahwa itu perbuatan manusia...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger