Home » » Gunung Karangetang Meletus

Gunung Karangetang Meletus

Written By FATAMORGANA on Sabtu, Maret 19, 2011 | 3/19/2011


Gunung Karangetang (dikenal juga dengan nama Api Siau) adalah gunung berapi yang terletak di bagian utara Sulawesi Utara, Indonesia tepatnya di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Gunung Karangetang adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia bahkan tergolong gunung berapi teraktif di dunia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak terdokumentasi pada catatan sejarah.

Kemarin malam Jumat (18/3) pukul 18.00 WIB, Gunung Karangetang kembali meletus. Akibat semburan api dan debu yang dikeluarkan, sedikitnya satu rumah hangus terbakar.

Sebuah jembatan yang menghubungkan dua desa juga putus akibat terjangan lahar panas. Akibatnya, 40 keluarga kini terisolasi.

Gunung setinggi 1.827 meter dari permukaan laut itu juga mengeluarkan asap putih setinggi 100 meter disertai suara gemuruh. Lahar panas juga mengalir hingga Kali Nanitu sejauh 1.500 meter.

Pemerintah daerah setempat sudah berada di lokasi bencana untuk memberikan pertolongan dan langkah penanganan serta evakuasi bila diperlukan.

Pada letusan tahun lalu Agustus 2010, Gunung Karangetang menyemburkan lava panas. Akibatnya, lima rumah penduduk rusak dan empat orang dinyatakan hilang. Keempat orang hilang itu berasal dari Kampung Kinali, Kecamatan Siau Utara.






DAPATKAN iPad 2 GRATIS DARIPhotobucket
Share this article :

3 comments:

  1. wah, semoga keluarga yang terisolasi itu segera mendapat bantuan, kesian kalo terisolir gitu :(

    BalasHapus
  2. minta tolong info: ada saudara saya kerja di pulau siau. nama yohan tosan dan metty/mela lahengking. di kerja di siau. minta tolong kalau ada yang tau kabarnya. karena 2 hari ini saya menghubungi hp keduanya tidak ada yg aktif. tolong kalau ada kabar sms ke hp saya : 085726193121 ( didik - magelang jawa tengah ) thanx. Gbu

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger