Home » , , , » Pengumuman Hasil Ujian Nasional SMP 2011

Pengumuman Hasil Ujian Nasional SMP 2011

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Juni 03, 2011 | 6/03/2011

Panitia pusat Ujian Nasional (UN) 2011 sudah menyelesaikan pendataan hasil ujian tingkat SMP dan sederajat. Hasilnya, 20.234 siswa dari 3.660.803 peserta UN SMP dinyatakan tidak lulus. Mata pelajaran bahasa Indonesia masih menjadi momok peserta ujian. Sesuai jadwal, pengumuman di tingkat sekolah digelar Sabtu, 4 Juni besok.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendiknas, Prof Mansyur Ramly menjelaskan mata pelajaran Bahasa Indonesia masih menjadi momok. Pria yang juga menjadi anggota panitia pusat UN 2011 itu menjelaskan, penentuan bahasa Indonesia sebagai pelajaran tersulit bisa dipantau dari hasil UN murni.

Catatan panitia pusat menyebutkan, rata-rata nilai bahasa Indonesia dalam UN tingkat SMP dan sederajat 7,12. Dengan nilai terendah 0,40, atau hanya benar dua butir soal, dan nilai tertinggi 10,00. Sedangkan rata-rata bahasa Inggris 7,52, matematika 7,30, dan IPA 7,41.

Khusus untuk Propinsi Sulawesi Selatan
Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) Abdullah Djabbar menjelaskan dari hasil keseluruhan UN yang diterima pihaknya tingkat kelulusan UN SMP sederajat di Sulsel mencapai 99,81 persen.

Dari total peserta 130.967 siswa di 24 kabupaten/kota se-Sulsel, hanya 248 pelajar yang dinyatakan tidak lulus atau hanya berkisar 0,19 persen. Tingkat kelulusan ini naik dari tahun 2010 lalu yang hanya berkisar 95,15 persen dari 126.437 peserta yang mengikuti UN SMP sederajat. Siswa yang tidak lulus tahun lalu mencapai 6.144 peserta (4,859 persen).

"Hasil ini sudah bisa dikatakan tingkat kelulusan final karena hasil UN sudah dikomparasikan dengan nilai ujian akhir sekolah," kata Djabbar yang juga Sekretaris Disdik Sulsel di kantor Disdik Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Kamis (01/06/2011).

Palopo dan Soppeng menjadi kabupaten/kota dengan presentase kelulusan tertinggi hasil Ujian Nasional (UN) 2011 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Berdasarkan data tingkat kelulusan yang dilansir Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Kamis (2/6), menyebutkan tingkat kelulusan di dua daerah tersebut mencapai 100 persen atau tak satupun peserta UN yang tidak lulus. UN SMP di Soppeng diikuti 3.444 peserta, sedangkan di Palopo 2.806 peserta.

Palopo dan Soppeng sekaligus menempati peringkat kedua dan ketiga terbaik rata-rata nilai UN dari 24 kabupaten/ kota se- Sulsel. Sedangkan, Kabupaten Sidrap menempati posisi pertama rata-rata nilai UN mencapai 8,16 dari empat mata pelajaran yang diujiankan meliputi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan ilmu pengetahuan alam (IPA). Palopo dengan rata-rata nilai UN 8,12 dan Soppeng 8,08.

Hasil UN SMP sederajat akan diumumkan serentak masing- masing sekolah di Sulsel, Sabtu (4/6). Mulai hari ini, perwakilan disdik kabupaten/ kota di daerah ini mulai menjemput hasil ujian tersebut di Sekretariat Panitia UN SMA/SMP, kompleks Kantor Disdik Sulsel.

Sumber :
1. Tribuntimur.com
2. Fajaronline


Share this article :

9 comments:

  1. Selamat bagi para anak bangsa yang telah menerima hasil kelulusan sekolahnya, semoga dapat dengan mudah meraih sekolah lanjutan yang dicita-citakan. Dan tak lupa bagi seluruh pendidik, selamat atas prestasi yang telah diraih oleh anak didiknya.

    Salam

    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  2. Mts di mana saya jadi pembina pramukanya alhamdulillah lulus 100%. Pagi tadi sudah digelar rapat pihak guru. Besok tinggal ngumumin ke anak-anak.

    BalasHapus
  3. kelupaan, Pak.

    >>>Nitip pesan buat semua:
    Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya.

    BalasHapus
  4. prosentase ketidak lulusan kecil, tapi angkanya besar ya bang

    pasti yang buat soal banyak membuat soal jebakan

    semoga yang lulus tidak lupa diri, dan yang gagal tidak putus asa. maju terus pendidikan negeri ini

    BalasHapus
  5. gk sabar nunggu hasil ujian

    BalasHapus
  6. selamat buat yanh lulus tapi jangan melakukan ha;l yang norak :@

    BalasHapus
  7. selamat dan sukses buat yang udah lulus,,,

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger