Home » , , , » Alexander Calder | Google Doodles Today

Alexander Calder | Google Doodles Today

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Juli 22, 2011 | 7/22/2011


Alexander Calder's 113th Bithday - Google kembali merubah logo sesuai dengan moment yang diperingatinya. Hari ini Google tampil dengan logo bertajuk Alexander Calder's 113th Bithday.

Siapa Alexander Calder ? berikut beberapa Profil beliau yang saya sempat himpun dari beberapa sumber.

Alexander "Sandy" Calder lahir di Lawnton, Pennsylvania, pada tanggal 22 Juli 1898. Ayahnya, Alexander Calder Stirling, adalah seorang pematung terkenal yang menciptakan instalasi publik, mayoritas dari mereka di Philadelphia.

Kakek Calder, pematung Alexander Milne Calder, lahir di Skotlandia dan berimigrasi ke Philadelphia pada 1868. Dia dengan karya patung kolosal dari William Penn di atas Philadelphia City Hall menara.

Ibu Calder, Nanette Lederer Calder, adalah seorang pelukis potret profesional yang belajar di Julian Académie dan Sorbonne di Paris dari sekitar 1888 sampai 1893. Dia kemudian pindah ke Philadelphia di mana ia bertemu Alexander Calder Stirling saat belajar di Akademi Pennsylvania dari Fine Arts. Orangtua Calder menikah pada tanggal 22 Februari 1895. Kakaknya, Margaret "Peggy" Calder, lahir pada tahun 1896. Nama suaminya adalah Calder Margaret Hayes, dan dia berperan penting dalam pengembangan dari UC Berkeley Art Museum.

Pada tahun 1902, pada usia empat tahun, Calder berpose telanjang untuk patung ayahnya The Cub Manusia, yang sekarang terletak di Museum Seni Metropolitan di New York City. Tahun itu, ia menyelesaikan patung awal, gajah tanah liat.

Tiga tahun kemudian, ketika Calder berumur tujuh tahun dan adiknya berumur sembilan tahun, Stirling Calder terjangkit tuberkulosis dan orangtua Calder pindah ke sebuah peternakan di Oracle, Arizona, meninggalkan anak-anak dalam perawatan teman-teman keluarga selama setahun. Anak-anak dipertemukan dengan orang tua mereka pada akhir Maret 1906 dan tinggal di peternakan di Arizona sampai musim gugur tahun yang sama.

Setelah Arizona, keluarga Calder pindah ke Pasadena, California. Gudang berjendela dari rumah keluarga menjadi studio pertama Calder dan ia menerima set pertama tentang alat. Dia menggunakan potongan-potongan kawat tembaga yang ia temukan di jalan-jalan untuk membuat perhiasan dan manik-manik untuk boneka adiknya. Pada tanggal 1 Januari 1907, ibu Calder membawanya ke Tournament of Roses Parade di Pasadena, di mana ia mengamati perlombaan empat kuda kereta.

Pada tahun 1909, ketika Calder berada di kelas empat, ia menciptakan pahatan anjing dan bebek dari lembar kuningan sebagai hadiah Natal bagi orang tuanya. Patung tiga dimensi berbentuk bebek kinetik yang bisa bergoyang saat ditiup, dan ini merupakan contoh awal dari keterampilan Calder.

Pada tahun 1910, keluarga Calder pindah kembali ke Philadelphia, di mana Alexander sebentar menghadiri Academy Germantown, dan kemudian ke Croton-on-Hudson di New York State [7] Di Croton., Selama tahun-tahun awal SMA, Calder berteman oleh pelukis Everett Shinn dengan siapa ia membangun sebuah sistem gravitasi bertenaga mekanik kereta api. Seperti dijelaskan Calder:

Pada tahun 1912, Stirling Calder diangkat bertindak kepala Departemen Patung Panama Pacific International Exposition di San Francisco . Dia mulai bekerja sebagai pemahat patung. Selama tahun 1912 - 1915, keluarga Calder pindah bolak-balik antara New York dan California. Di setiap lokasi baru orang tua Calder disediakan ruang gudang sebagai studio untuk putra mereka. Menjelang akhir periode ini, Calder tinggal dengan teman-teman di California sementara orangtuanya pindah kembali ke New York sehingga dia bisa lulus dari Sekolah Tinggi Lowell di San Francisco. Calder lulus di kelas 1915.

Pada tahun 1933 Alexander Calder membeli sebuah rumah pertanian di Roxbury (Connecticut) dan kembali ke Amerika Serikat bersama istrinya Louisa James. Pada tahun 1934 ia menciptakan sebuah karya yang disebutnya "Baja Ikan" setinggi 3,5 meter. Selain patung, oeuvre nya juga terdiri dari seni grafis dan gouaches. Selain itu, ia membuat desain perhiasan panggung, dan ilustrasi buku. Alexander Calder meninggal di New York pada tahun 1976. dan dimakamkan di Roxbury.


Denaihati
Share this article :

8 comments:

  1. logo google hari ini berbeda dan itu selalu menarik untuk saya bang...kemarin yang seperti kacang untuk mendel, hari ini seperti bunga kupu2 untuk calder...
    peringatan google untuk orang2 berdedikasi di bidang masing2 ya bang...

    salam saya bang...

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    wah ilmu baru .kalau saya baru tahu nich mas makasih banget yach Alexander calder ini
    terima kasih ya

    BalasHapus
  3. nice..
    Selalu baru , terdepan menginformasi :D

    sempatkan juga mengunjungi website kami di http://www.hajarabis.com
    sukses selalu!!

    BalasHapus
  4. saya selalu menemukan informasi mengenai logo google terdepan disini terimakasih

    BalasHapus
  5. baru tau nih....bunganya bisa diputar lagi...:)

    BalasHapus
  6. logo google nya yang kali ini lucu dan unik...

    BalasHapus
  7. wah, baru berapa hari udah ganti lagi ya logo gugelnya. rupanya kali ini tentang tokoh seni instalasi ya...

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger