L4 LUPUS

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Agustus 18, 2011 | 8/18/2011

POSTER FILM L4 LUPUSLupus adalah sebutan umum dari suatu kelainan yang disebut sebagai Lupus Erythematosus.

Dalam istilah sederhana, seseorang dapat dikatakan menderita penyakit Lupus Erythematosus saat tubuhnya menjadi alergi pada dirinya sendiri. Lupus adalah istilah dari bahasa Latin yang berarti Serigala.

Hal ini disebabkan penderita penyakit ini pada umumnya memiliki butterfly rash atau ruam merah berbentuk kupu-kupu di pipi yang serupa di pipi Serigala, tetapi berwarna putih.

Penyakit ini dalam ilmu kedokteran disebut Systemic Lupus Erythematosus (SLE), yaitu ketika penyakit ini sudah menyerang seluruh tubuh atau sistem internal manusia. Dalam ilmu imunologi atau kekebalan tubuh, penyakit ini adalah kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS. Pada Lupus, tubuh menjadi overacting terhadap rangsangan dari sesuatu yang asing dan membuat terlalu banyak antibodi atau semacam protein yang malah ditujukan untuk melawan jaringan tubuh sendiri. Dengan demikian, Lupus disebut sebagai autoimmune disease (penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan).

Jenis penyakit Lupus ini memiliki tiga macam bentuk, yang pertama yaitu Cutaneus Lupus, seringkali disebut discoid yang memengaruhi kulit. Kedua, Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang menyerang organ tubuh seperti kulit, persendian, paru-paru, darah, pembuluh darah, jantung, ginjal, hati, otak, dan syaraf. Ketiga, Drug Induced Lupus(DIL), timbul karena menggunakan obat-obatan tertentu. Setelah pemakaian dihentikan, umumnya gejala akan hilang.

Dan biasanya odipus (orang hidup dengan lupus) akan menghindari hal-hal yang dapat membuat penyakitnya kambuh dengan :

  1. Menghindari stress
  2. Menjaga agar tidak langsung terkena sinar matahari
  3. mengurangi beban kerja yang berlebihan
  4. menghindari pemakaian obat tertentu.

Odapus dapat memeriksakaan diri pada dokter2 pemerhati penyakit ini, dokter spesialis penyakit dalam konsultasi hematologi, rheumatology, ginjal, hipertensi, alergi imunologi, jika lupus dapat tertanggulangi, berobat dengan teratur, minum obat teratur yang di berikan oleh dokter (yang biasanya diminum seumur hidup), odapus akan dapat hidup layaknya orang normal.

Penyakit lupus belum begitu dikenal luas di masyarakat Indonesia dan sampai saat ini penyakit lupus belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah meskipun diperkirakan jumlah penderita penyakit lupus terus bertambah. Untuk lebih memperkenalkan penyakit ini Demain Dematra mengangkatnya ke layar lebar yang diangkat dari novelnya sendiri yang berjudul sama 'L4 LUPUS'

Film ini bercerita tentang kehidupan para penderita Lupus atau biasa disebut Odapus. Ayu Azhari yang memerankan karakter seorang dokter bernama Prof. Cakrawati, seorang kepala rumah sakit yang menangani banyak sekali Odapus.

Dari situ, istri dari Mike Tramp itu hendak ikut mengkampanyekan gerakan pencegahan penyakit yang dijuluki "penyakit seribu wajah" itu.

"Ya seperti aksi sosial saja. Saya membantu masyarkat untuk bisa mendeteksi lebih dini. bisa mudah disembuhkan," jelasnya.



Trailer Film L4 LUPUS




Denaihati
Share this article :

6 comments:

  1. penyakit ini menurut berita lebih didominasi oleh kaum perempuan yach....

    BalasHapus
  2. saya punya obatnya .. klik ajah http://jamaludin.biz/2011/06/obat-herbal-lupus/
    heheee
    numpang promosi yahhhh

    BalasHapus
  3. teman istrinya kena seperti lupus bos
    tapi bukan lupus.
    mudah lelah dan sesak napas
    kasihan

    BalasHapus
  4. penyakit lupus sangat mengerikan juga yah....

    BalasHapus
  5. penyakit harimau .. hiii
    seremm juga yaa ..

    BalasHapus
  6. film baru nih ???
    wajib nonton dah ...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger