Home » , , » Daun Gandarusa, Kontrasepsi Untuk Pria

Daun Gandarusa, Kontrasepsi Untuk Pria

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, September 28, 2011 | 9/28/2011

Guna meningkatkan partisipasi pria dalam program Keluarga Berencana (KB), Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berusaha mendorong penelitian untuk menemukan alat dan obat kontrasepsi baru bagi kaum pria.

Alat kontrasepsi bagi pria makin beragam. Tidak hanya sebatas kondom dan Vasektomi, tetapi berbentuk pil. Tidak lama lagi, pil berbahan dasar ekstrak tanaman Gandarusa itu siap diproduksi massal dan diedarkan kepada masyarakat pada akhir 2011.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Sugiri Syarief membeberkan saat ini pil KB yang diberi nama "Gandarusa" tersebut masih dalam tahap uji klenis dan rencananya akan dipresentasikan pada Konferensi Alat Kontrasepsi Baru di Seatle, Amerika Serikat, 29 November 2011.

Dijelaskannya, alat kontrasepsi temuan dosen farmasi Universitas Airlangga, Bambang Prajogo itu kini memasuki tahap uji klenis dan telah diujicobakan kepada 300 pria sebagai sampel.

"Pil KB dari ekstrak alami tanaman Gandarusa bakal diproduksi massal. Jadi, tidak lama lagi para pria bisa ikut membantu istri merencanakan kehamilan," tambahnya.

Seperti terangkum dalam wikipedia, Gandarusa atau biasa disebut daun rusa dengan nama latin, Justicia gendarussa Burm merupakan semak tropis yang biasa dijumpai di pekarangan rumah, baik sendiri atau sebagai pagar hidup. Tumbuhan ini mudah tumbuh dan dapat diperbanyak dengan stek.



Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Acanthaceae
Genus: Justicia
Nama binomial
Justicia gendarussa
Burm.f.
Sinonim

Gendarussa vulgaris



Khasiat pengobatan Gandarusa memiliki efek analgetik, diuretik, dan antispermatozoa. Daunnya mengandung alkaloid yang berpotensi racun bagi manusia. Tumbuhan ini konon digunakan sebagai alat kontrasepsi pria oleh beberapa penduduk lokal Pulau Papua.

Hasil penelitian menunjukkan efek menekan kadar testosteron pada mencit melalui kadar polifenol tertentu (belum diketahui pasti) yang menurunkan aktivitas enzim hialuronidase pada spermatozoa sehingga sel sperma tidak mampu menembus dinding sel telur.
Jadi, ekstrak daun gandarusa mampu melemahkan sel sperma pria secara periodik. Artinya, pil tersebut aman karena tidak memandulkan pria secara permanen.

Source : Wikipedia dan Fajar Online


Denaihati
Share this article :

23 comments:

  1. xtau lah tmpt saya ada x daun ni...
    slalulah blogwalking blog saya bang iwan.

    BalasHapus
  2. wah berarti besok ndak cuma istri aja, tapi saya juga bisa minum pil kontrasepsi weheheheheheeh

    BalasHapus
  3. wow this really good blog content
    visit : http://uii.ac.id

    BalasHapus
  4. mudah-mudahan berhasil uji klinisnya

    BalasHapus
  5. Wah ga berani minum..
    nanti ade nya takut bobo terus..

    Makasih yah info nya

    BalasHapus
  6. wah informasi baru nih masalah kontrasepsi,makasih udah di share.
    sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  7. baru tahu manfaat dari gandarusa terimakasih informasinya

    BalasHapus
  8. dah teruji klinis belom??klo belum pake yang pasti2 aja lebih aman dan nyaman....mampir ya gan??

    BalasHapus
  9. wah pake 'sutra' ajalah yang sudah terbukti aman...betol kawan2...kunjung balik ya paman..makasih

    BalasHapus
  10. membaca postingan lamaku beserta komentarnya, akhirnya aku nyampe kemari

    BalasHapus
  11. Oh... ternyata namanya gandarusa toh? Ditempatku banyak ditaman buat pagar di halaman tuh.... Ternyata ada manfaat lain ya....

    BalasHapus
  12. kalau berjaya, 1 kaedah baru mencegah kehamilan/merancang keluarga. daun ni macam pernah nampak di sini.

    BalasHapus
  13. wah bermanfaat sekali daunnya,,
    boleh di coba nih

    BalasHapus
  14. berarti besok ndak cuma istri aja, tapi saya juga bisa minum pil kontrasepsi

    BalasHapus
  15. Betul. gandarusa adalah herbal Indonesia yang bisa digunakan untuk pengobatan.

    BalasHapus
  16. bermanfaat sekali ternyata daunnya ..makasih inponya

    BalasHapus
  17. salam kenal aja nie gan........

    BalasHapus
  18. wah baru tau kalo ada juga buat pria... :D

    BalasHapus
  19. semakin beragamm alat kontrasepsi itu tapi kebanyakan kenapa untuk pria??

    BalasHapus
  20. suer takewer kewer bau tau gan..
    :)
    thanks yah...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger