Home » , , » In Memoriam Muammar Khadafi

In Memoriam Muammar Khadafi

Written By FATAMORGANA on Jumat, Oktober 21, 2011 | 10/21/2011

Sekuat apapun kita sebagai manusia punya keterbatasan manusiawi yang akan hilang oleh waktu seiring usia dan berkembangnya peradaban hidup manusia, oleh karenya saat kita kuat dan berkuasa jangalah lupa bila suatu saat nanti roda kehidupan akan berputar dan terus berputar. Mungkin inilah pernyataan yang tepat untuk Muammar Khadafi.



Setelah 42 tahun memegang kemudi negara yang kaya minyak, Muammar Qaddafi, akhirnya menyerah pada kekuatan revolusi. Dia memenuhi janjinya, mempertahankan pemerintahannya hingga titik darah penghabisan. Qaddafi meninggal di kota kelahirannya, Sirte.

Dewan Transisi Nasional Libya (NTC) mengumumkan bahwa mantan pemimpin Libya, Muammar Khadafi, tewas tertembak di kampung halamannya, Sirte, Kamis (20/10/2011). Khadafi bertahta di Libya sejak 1969 setelah menggulingkan raja sebelumnya dalam aksi kudeta. Selain dikenal sebagai pemimpin yang hobi berperang dengan tetangganya sesama bangsa Arab, Khadafi juga dikenal karena gayanya yang khas dan nyentrik dengan lusinan bodyguard perawan yang selalu menyertainya.


Gaddafi's All Female Bodyguards (38 pics)


Gaddafi's All Female Bodyguards (38 pics)


Laporan seputar keadaan terakhir Muammar Qaddafi tetap keruh. Sejumlah sumber menyatakan dia tewas diberondong saat melarikan diri. Namun beberapa saksi mata menyatakan, Qaddafi masih hidup, bahkan bisa berjalan kendati berlumuran darah, saat ditangkap.

Seorang saksi lain menyatakan sesaat sebelum shalat subuh pada hari Kamis, Gaddafi dikelilingi oleh beberapa lusin pengawal setia dan disertai oleh Abu Bakr Younis Jabr, kepala pasukannya yang turut tewas. Kaum revolusioner telah menguasai Sirte melalui pertempuran senjata yang sengit.

Qaddafi, katanya, kemudian menuju barat dalam konvoi bersenjata 15 truk. Namun belum jauh berjalan, ia mengatakan, bom salah satu pesawat NATO menghantam konvoi dekat Sirte pada sekitar 08.30 pada hari Kamis.

Gerard Longuet, menteri pertahanan Perancis, kemudian menegaskan bahwa serangan yang menghancurkan semua 15 truk dan menewaskan 50 orang Qaddafi dilakukan oleh angkatan udara Perancis.

Namun, Qaddafi dan segelintir anak buahnya lolos dari kematian dan bersembunyi di dua pipa drainase. Di sinilah ia ditangkap.

Khadafi Mati Tewas


Muammar Abu Minyar al-Qaddafi (lahir di Surt, Tripolitania, 7 Juni 1942 – meninggal di Sirte, 20 Oktober 2011 pada umur 69 tahun) atau Gaddafi (bahasa Arab: معمر القذافي Mu`ammar al-Qadhdhāfī) adalah penguasa otokratis de facto Libya dari 1969 sampai 2011, setelah merebut kekuasaan dalam kudeta militer. Sebagai hasil dari perang saudara Libya terbentuklah Dewan Transisi Nasional (NTC). Kekuasaan Gaddafi semakin tergerus dengan pengakuan domestik dan internasional terhadap NTC. Dia menghapuskan Konstitusi Libya tahun 1951 dan menerapkan undang-undang berdasarkan ideologi politiknya. Kekuasaan yang hampir 42 tahun telah menempatkannya menjadi penguasa terlama sebagai pemimpin non-kerajaan keempat sejak tahun 1900 dan terlama sebagai pemimpin penguasa Arab. Dia menyebut dirinya sebagai 'the Brother Leader', 'Guide of the Revolution', dan 'King of Kings (Raja segala raja).

Setelah berhasil merebut kekuasaan, Gaddafi mulai menghilangkan oposisi dan kehidupan warga Libya menjadi dibatasi. Ideologi Gaddafi disebut Teori Internasional Ketiga yang dijelaskan dalam Buku Hijau. Keluarga Gaddafi mengambil alih sebagian besar perekonomian Libya. Gaddafi menggunakan miliaran pendapatan minyak untuk proyek-proyek internasional. Dia memulai perang dengan memerintahkan orang lain dan menggunakan senjata nuklir dan bahan kimia sebagai senjata pemusnah massal. Diam-diam, ia mengalokasikan pendapatan negara untuk mensponsori teror dan kegiatan politik lainnya di seluruh dunia. Perserikatan Bangsa-bangsa menyebut Libya di bawah Gaddafi sebagai Negara Paria. Pada tahun 1980-an Gaddafi dukungan bagi organisasi-organisasi teroris yang dipimpin negara di seluruh dunia untuk membangun sanksi terhadap Gaddafi .

Enam hari setelah penangkapan diktator Irak Saddam Hussein oleh Amerika Serikat, Gaddafi meninggalkan senjata pemusnah massal (WMD) program dan inspektur internasional menyambut untuk memverifikasi bahwa Tripoli akan menindaklanjuti komitmennya. Semenjak itu, Libya sebagai model bagi negara-negara lain yang diduga mengembangkan WMD sebagai kewajiban ketidakpatuhan internasional mereka untuk diikuti. Pada 15 Mei 2006, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Condoleezza Rice mengumumkan pemulihan hubungan diplomatik penuh dengan Libya, "sebagai pengakuan atas komitmen atas Libya penolakan terhadap aksi terorisme dan kerjasama baik Libya yang diberikan kepada Amerika Serikat dan anggota lain dari masyarakat internasional dalam menanggapi ancaman global yang dihadapi dunia sejak serangan 11 September 2001".

Dalam bangunan Spring Arab bulan Februari 2011, sebuah gerakan demonstrasi menentang Gaddafi menyebar di seluruh negeri. Gaddafi menanggapi dengan mengirimkan militer dan pria bersenjata berpakaian preman di jalan-jalan untuk menyerang demonstran, namun banyak pihak diaktifkan. Gaddafi meninggalkan perang saudara. Pada 23 Agustus 2011, Gaddafi kehilangan kendali Tripoli ketika para pemberontak menangkap loyalisnya di Bab Al-Azizia. Pasukan loyalis Gaddafi berperang di lokasi yang terbatas.

Dia menghadapi penuntutan oleh Pengadilan Pidana Internasional yang telah mengeluarkan surat perintah penangkapan atas kejahatan terhadap kemanusiaan. Miliaran dolar asetnya telah dibekukan di seluruh dunia.

Begitu Muammar Qaddafi merebut kekuasaan di Libya pada tahun 1969, pada usia 27 tahun, ia segera menuai kontroversi Barat.

Ia kemudian terkenal dengan julukan "anjing gila dari Timur Tengah", yang pertama kali dilontarkan oleh Ronald Reagan, mantan presiden AS.

Berpengaruh bagi Qaddafi? Tidak. Ia tidak sedikit pun bergeming; tetap berpidato secara 'liar' mengecam Barat.

Pada tahun 1977 ia mengubah nama negara itu menjadi Libya Jamahiriyah atau Great Socialist Popular Libyan Arab Jamahiriyah (State of the Masses).

Beberapa kritikus pemerintahannya mendefinisikannya sebagai sebuah kediktatoran militer, menuduhnya menindas masyarakat sipil, dan dengan kejam menghancurkan pembangkangan. Rezimnya telah memenjarakan ratusan orang dan beberapa dihukum mati, menurut Human Rights Watch.

Di Majelis Umum PBB pada tahun 2009, Qaddafi menuduh badan ini bagaikan kelompok terorisme seperti al-Qaeda.

Qaddafi mempertahankan posisi anti-imperialisme sepanjang pemerintahannya, mendukung gerakan-gerakan kemerdekaan melawan kekuasaan kolonial di seluruh dunia. Dia diduga memberikan dukungan material kepada kelompok yang diberi label "teroris" oleh negara-negara kaya, termasuk FARC Kolombia dan IRA di Irlandia Utara.

Libya dituduh terlibat dalam pemboman tahun 1986 atas sebuah klub malam di Berlin di mana dua tentara Amerika tewas. Ronald Reagan, presiden AS saat itu, menyebutnya "anjing gila dari Timur Tengah".

Meledak dan jatuhnya pesawat Pan Am tahun 1988 di atas Lockerbie mungkin merupakan insiden yang paling terkenal dan kontroversial terkait Qaddafi.

Selama bertahun-tahun, Qaddafi membantah keterlibatan, sehingga sanksi PBB dijatuhkan. Abdel Basset al-Megrahi, seorang agen intelijen Libya, dihukum karena dituduh menanam bom di pesawat itu.

Pada tahun 2003, rezim Qaddafi secara resmi menerima tanggung jawab atas serangan itu dan membayar kompensasi kepada keluarga orang yang meninggal. Inilah sikap melunak pertama Qaddafi.

Qaddafi juga memecahkan isolasi Libya pada tahun yang sama dengan melepaskan seluruh persediaan senjata pemusnah massal.

Pada tahun 1975, ia menguraikan filsafat politiknya dalam "The Green Book".

Barangkali yang bakal dicatat sejarah, ia seorang orator ulung. Berikut adalah beberapa pidatonya yang terkenal sebagai Gaddafi-isme dari hampir 42 tahun kekuasaannya:

"Saya merupakan pemimpin internasional, dekan para penguasa Arab, raja dari raja-raja Afrika dan imam kaum Muslim, dan status internasional saya tidak mengizinkan saya untuk turun ke tingkat yang lebih rendah."


Pidato dalam sebuah acara yang dihadiri Raja Abdullah dari Arab Saudi. Pidato bertanggal 30 Maret 2009, tak dilanjutkan karena mikropon tak berfungsi, diduga disengaja.

"Tidak ada negara dengan demokrasi, tak kecuali Libya di planet ini."

Disampaikan pada sebuah konferensi City pada tanggal 23 Maret 2008.

"Saya yakin bahwa solusi Israel-Palestina adalah untuk mendirikan negara demokratis untuk orang-orang Yahudi dan Palestina, sebuah negara yang akan disebut Palestina, Isratina, atau apa pun yang mereka inginkan. Ini adalah solusi mendasar, atau orang-orang Yahudi akan sirna di masa depan, karena Palestina memiliki strategi yang dalam."

Wawancara dengan Al Jazeera, 27 Maret 2007

"Jika komunitas orang memakai baju putih dalam suasana sedih dan yang lain gaun dalam warna hitam, kemudian satu komunitas akan seperti putih dan tidak suka hitam dan yang lain akan seperti hitam dan tidak suka putih; Sikap ini meninggalkan efek fisik pada sel-sel layaknya gen bagi tubuh. "

Kutipan dari "The Green Book" (1975)

"[Abraham] Lincoln adalah orang yang menciptakan dirinya dari bukan apa-apa tanpa bantuan dari orang luar atau orang lain. Aku mengikuti perjuangannya. Aku melihat kesamaan tertentu antara dia dan aku."


Publikasi The Pittsburgh Press pada tanggal 3 Agustus 1986 dalam artikel berjudul "Gadhafi, pria yang dicintai dan dibenci dunia" oleh Marie Colvin.

"Terlepas dari konflik dengan Amerika, itu adalah tugas manusia untuk menunjukkan simpati pada rakyat Amerika dan bersama mereka di acara-acara yang mengerikan dan dahsyat untuk membangkitkan hati nurani manusia. Ketika saya berusia lima tahun, adik saya ditembak oleh seorang tentara Israel , sejak itu saya mendedikasikan diri untuk menyatukan negara-negara Arab di seluruh Timur Tengah dan mempertahankan aliran perdagangan dengan Barat."

Reaksi terhadap serangan 11 September 2001, seperti dikutip CBSNews.com pada tanggal 12 September 2001.

"Libya adalah sebuah negara Afrika. Semoga Allah membantu orang-orang Arab dan menjauhkan mereka dari kami. Kami tidak mau berurusan dengan mereka. Mereka tidak berperang bersama kami melawan Italia, dan mereka tidak berperang bersama kami melawan Amerika. Mereka tidak turut mendukung menghentian sanksi atas kami. Sebaliknya, mereka merongrong kami, dan mengambil manfaat dari kesulitan kami."

Wawancara dengan Al Jazeera, 27 Maret 2007

"Ada konspirasi untuk mengontrol minyak Libya dan untuk mengontrol tanah Libya, menjajah Libya sekali lagi ini tidak mungkin, mustahil.. Kami akan melawan sampai orang terakhir dan wanita terakhir kami untuk mempertahankan Libya dari timur ke barat, utara ke selatan."

Selamat Jalan Kolonel..........

Untuk melihat Video kronologis tewasnya Sang Kolonel, silahkan Klik Disini


Sumber :

Denaihati
Share this article :

18 comments:

  1. innalillahiwainnailaihirojiun, al-fatihah.

    BalasHapus
  2. Satu penggal kisah manusia yang bisa kita tangkap sebagai pelajaran hidup...

    BalasHapus
  3. walaupu dia diktator, tapi memperlakukan jenasahnya dgn tidak hormat sunggu perbuatan biadab

    BalasHapus
  4. semoga mendapat pemakaman yang layak

    BalasHapus
  5. innalillahiwainnailaihirojiun
    beliau berhasil membuat negara dan rakyat makmur, tapi hal itu bukanlah sesuatu yg utama bagi rakyatnya.

    BalasHapus
  6. semoga beliau mendapat tempat pemakaman yang layak dan ditrima disisiNya
    salam kenal
    www.hajarabis.com

    BalasHapus
  7. subhanaloh jadikan lah ini sebagai pelajaran hidup dan kehidupan kita..
    semoga beliau mendapat pemakaman yang layak..

    BalasHapus
  8. banyak pemimpin negara2 arab yang akhirnya digulingkan kekuasaannya karena sudah menjabat terlalu lama, salah satunya pemimpin libya ini, yang 42 tahun menjabat sbg presiden. konon harta istrinya ada sekitar 18 juta us dollar dan 20 ton emas...

    BalasHapus
  9. pembunuhan yg biadad
    hmmm krn AS pengen minyak disana

    semoga beliau tenang di alam sana

    BalasHapus
  10. Selamat jalan tokoh salah seorang tokoh besar yang memiliki integritas.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  11. semoga saja dunia ini makin baik

    BalasHapus
  12. Mari Galang Opini Rakyat sedunia untuk menentang Kapitalisme dan Imperialisme Barat.

    Negara-negara Barat: Amerika, Inggeris, Perancis, Jerman, Italia dll. harus dihentikan !
    Tewasnya Khadafi adalah suatu episode dari rencana Barat untuk menguasai dan menghisap sumber-2 Alam di dunia. Sebelum Perang Dunia II, mereka masih saling berebut antara sesamanya sehingga perang Dunia I dan II tak lain tak bukan adalah perang perebutan tanah jajahan dan sumber Alam. Sesudah perang antara sesamanya itu telah menghasilkan kemerdekaan negara-2 jajahan terutama di Asia Afrika, sadarlah mereka bahwa meraka perlu untuk bersatu (ganging up) dan bersama-sama untuk menguasai negara-2 yang kaya akan sumber Alam.
    Sasarannya adalah negara-negara Asia seperti Indonesia, negara-2 Arab, dan Afrika.
    Mereka pertama menggunakan dalih Demokratisasi, Perdagangan bebas, Kebebasan berpendapat dlsb. untuk menyetir negara-2 sasaran dan kemudian dihisap sumber-2 Alamnya. Bila muncul pemimpin yang sadar dan menentang usaha-2 Barat itu maka harus segera dilenyapkan dengan digulingkan atau bila perlu dibunuh. Pertama mereka akan menggunakan "Revolusi Rakyat" dikombinasikan dengan Embargo Ekonomi dan persenjataan.
    Bila ini kurang cepat hasilnya atau gagal mereka tidak akan segan-2 untuk menggunakan kekuatan militer, sendiri atau bersama-sama.
    Kejadian di Irak, Libya adalah contohnya.
    Sayangnya tidak semua rakyat negara berkembang di Asia, Afrika, dan Amerika Latin yang sadar akan hal ini dan masih memuja dan mendukung negara-2 Barat dan Ideologinya. Karena itu mereka masih berhasil untuk menjalankan politik "Devide et Impera" nya hingga kini.
    Beberapa pihak yang merupakan penentang Barat dan terlebih dulu"sadar" akan dominasi Amerika dan konco-konconya juga harus dilenyapkan dengan di labeli "Poros Kejahatan" (Axis of Evil). Ini berlaku bagi Korea Utara, Kuba, Venezuela, Myanmar dan last but not least RRT.
    Ossama bin Laden mendirikan Al Qaeda dan berhasil untuk pertama kalinya menembus pertahanan Amerika dan menghancurkan WTC, Pentagon, maka ia harus dihancurkan dan dibunuh. Demikian pula Yasser Arafat dicap Teroris dan akhirnya menderita penyakit misterius yang tak tersembuhkan dan wafat.
    Dahulu Militeris Jepang yang memimpikan Asia Timur Raya, juga harus dihancurkan dengan bom Atom. Jepang setelah PD II menjadi negara yang mengekor Barat dan terutama Amerika.
    Slobodan Milosevic dari Yugoslavia juga harus diadili Mahkamah Internasional dan mati dalam tahanan.
    Ingatlah, Bung Karno, Proklamator berdirinya negara kita Republik Indonesia merdeka, juga digulingkan dengan usaha-2 CIA, dibantu oleh antek-2 dalam negeri.
    Kesimpulannya adalah : Amerika dan negara-2 Barat harus dihentikan !
    Caranya ?
    Bukan dengan meledakkan Bom, tetapi dengan membangun Opini Rakyat secara besar-besaran, menyadarkan mereka akan kejahatan Imperialisme Barat yang diketuai oleh Amerika, berjuang tak kenal susah payah membangun negeri, mempersatukan Rakyat meningkatkan Ekonomi, dan dengan itu dapat membangun pertahanan yang kuat. Jangan mau sumber daya alam yang kaya ini dihisap oleh Barat. Republik Rakyat Tiongkok adalah contoh yang baik, bagaimana negara miskin yang dieksploitasi oleh Barat dapat bangkit dan membangun kekuatan yang kini sangat disegani dan ditakuti oleh Imperialis-2 itu.
    Karena itu persatukan Rakyat, bangun Opini, bangkit berjuang membangun negara !

    BalasHapus
  13. Allah SWT MAHA adil dan itulah bahagian kematian untuk Muammar Gaddafi. Bagimana pula giliran kita?

    BalasHapus
  14. Semua ini hanya gara-gara mereka memperebutkan minyak, dan Qadafi sebagai korbannya.
    Semoga para pelaku dan korbanya mendapat ganjaran yang setimpal atas perbuatan nya.



    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  15. Innalillahi wa innailaihi rojiun. Selamat jalan sang pemberani!

    BalasHapus
  16. akhirnya kan khadaffi tewas,baru kali ini ada pemimpin yang tewasnya tragis seperti ini,,terus siapa yang menjadi tersangka dalam kasus ini,libya (khadaffi)kah apa AS kah (obama)

    BalasHapus
  17. innalillahiwainnailaihiroji'un,,

    tragis sekali kematian khadaffi ini,,semoga bisa di jadikan pelajaran bagi setiap para pemimpin yang haus kekuasaan,,

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger