Home » , , , » Louis Daguerre's 224th Birthday Google Doodles

Louis Daguerre's 224th Birthday Google Doodles

Written By FATAMORGANA on Jumat, November 18, 2011 | 11/18/2011

<b>Louis Daguerre</b>
Hari ini Google kembali tampil dengan Logo khusus bertajuk Louis Daguerre's 224th Birthday. Siapakah Louis Daguerre?

Louis-Jacques-Mand̩ Daguerre (1787 Р1851) ialah seniman dan kimiawan Perancis yang dikenal untuk penemuannya yakni proses fotografi Daguerreotype.

Ia mengadakan percobaan untuk menciptakan gambar pada 1824, mempertunjukkan diorama dengan berkeliling Perancis, Inggris, dan Skotlandia. Sebuah rangkaian lukisan pemandangan yang sangat mempesona , dipertunjukkan dengan bantuan efek cahaya. Sementara dia menggarap pekerjaan itu, dia menjadi tertarik dengan pengembangan suatu mekanisme untuk secara otomatis melukiskan kembali pemandangan yang ada di dunia tanpa menggunakan kwas atau cat. Yang merupakan cikal bakal ditemukannya kamera.

Pada tanggal 9 januari 1839 Daguerre
melalui Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis mengumumkan prosesnya penyempurnaan terakhir Daguerreotype. Paten Daguerre diambil alih oleh Pemerintah Perancis, dan pada tanggal 19 Agustus 1839 Pemerintah Perancis mengumumkan penemuan itu merupakan hadiah "sumbangan untuk dunia".

Pengumuman penemuan Daguerre menimbulkan kegemparan penduduk. Daguerre merupakan seorang pahlawan saat itu, ditaburi rupa-rupa penghormatan, sementara metode “daguerreotype” dengan cepat berkembang menjadi hal yang digunakan oleh umum. Daguerre sendiri segera pensiun. Dia meninggal tahun 1851 di kota asalnya dekat Paris.

Source : http://id.wikipedia.org



Denaihati
Share this article :

6 comments:

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger