Home » , , » Charles Dickens | Google Doodles Today

Charles Dickens | Google Doodles Today

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, Februari 07, 2012 | 2/07/2012

Charles Dickens
Charles Dickens - Hari ini Google kembali tampil sesuai dengan momen yang diperingatinya yaitu Charles Dickens' 200th Birthday. Siapa Charles Dikens sehingga mendapat apresiasi khusus oleh Google? berikut profilnya.

CHARLES DICKENS
Nama lengkapnya Charles John Huffam Dickens adalah seorang penulis roman atau novel ternama dari Inggris dari masa pemerintahan Ratu Victoria dari Britania Raya.

Dickens bahkan sampai sekarang masih populer dan semua bukunya masih bisa dibeli. Banyak dari buku-buku juga sudah dibuat menjadi film. Sepanjang kariernya Dickens mencapai popularitas mendunia, mendapatkan reputasi untuk cara menulis cerita yang sangat baik dan untuk tokoh-tokoh ceritanya. Ia dianggap sebagai salah satu penulis Inggris yang paling penting. Dia adalah novelis yang paling terkenal dan terbaik di era Victorian dan juga seseorang yang aktif melakukan perkerjaan sosial.

Kepopularitasan novel-novel dan cerita-cerita pendek selama masa hidupnya sampai hari ini bisa terbukti dari fakta bahwa penerbitnya tidak pernah kehabisan semua itu. Semasa hidupnya, Dickens menulis novel dengan beberapa serial, sebuah teknik yang umum dipakai untuk menulis fiksi pada waktu itu. Setiap bagian dari cerita yang ditulis Dickens sangat diharap-harapkan oleh publik yang membaca ceritanya.

Charles Dickens lahir di Landport, dekat Portsmouth, Hampshire, pada tanggal 7 Februari 1812. Ia adalah anak kedua dari John Dickens (1786-1851) dan Elizabeth Dickens nĂ©e Barrow (1789–1863). Pada waktu dia umur lima, keluarganya pindah ke Catham, Kent. Pada umur sepuluh, keluarganya berelokasi ke 16 Bayham Street, Camden Town di London. Ia adalah seorang penulis reformis (penulis yang menulis tentang hal-hal buruk untuk mengubah keadaan masyarakat menjadi lebih baik).

Ayah Dickens bekerja di kantor yang mengurusi gaji angkatan laut. Meskipun berpenghasilan baik, namun ketidakmampuan mengatur pengeluaran mengantarkannya ke penjara Marshalsea. Ketika nenek dari ayahnya meninggal, uang warisan yang diperoleh digunakan untuk membayar hutang. Ayahnya dibebaskan dari penjara setahun kemudian, dan Dickens pun berhenti bekerja.

Meskipun mengalami kesulitan finansial, orang tua Dickens sempat menyisihkan sebagian uang untuk mengirim salah seorang anak mereka bersekolah. Mereka memilih seorang anak yang mereka anggap paling berbakat, dan menaruh seluruh harapan padanya. Tapi yang terpilih bukan Dickens, melainkan saudara perempuannya, Fanny, yang berbakat di bidang musik. Ia dikirim ke akademi tidak lama sebelum ayahnya dipenjara. Namun awal tahun 1827, Dickens berkesempatan bersekolah di Wellington House Academy. Di bulan Mei, ia mendapatkan posisi di firma hukum Ellis and Blackmore berkat koneksi ibunya, yang memaksanya berhenti sekolah. November 1828, ia pindah ke firma hukum Charles Molley, masih dengan posisi yang sama namun hanya bertahan selama lima bulan, karena merasa hukum bukan karier yang cocok untuknya.

Pekerjaan berikut adalah petugas steno pengadilan, pada tahun 1829. Sebelumnya, ia harus lebih dahulu mempelajari sistem Gurney untuk menulis cepat, yang dikuasainya dengan mudah berkat ingatan kuatnya. Selama masa ini, sesungguhnya ia berkesempatan menjadi seorang aktor. Dia bahkan hendak mengikuti audisi untuk Lyceum Theater, namun ia jatuh sakit. Di usia 18 tahun, Dickens kerap tampil membacakan karya-karya William Shakespeare, History of England oleh Goldsmith, juga Short Account of The Roman Senate karya Berger.

Dickens lalu menjadi reporter untuk True Sun (1830-1832), Mirror of Parliament (1832-1834), dan The Morning Chronicle (1834-1836). Dickens dikenal sebagai reporter yang akurat dan cepat.

Tahun 1833, karier sebagai penulis fiksi dimulai melalui cerita-cerita pendek dan esei. Esei pertamanya yang dipublikasikan adalah A Dinner at Poplar Walk, pada Desember 1833 di Monthly Magazine.

Sketches By Boz diterbitkan dalam bentuk buku pada tahun 1936, dengan ilustrasi oleh George Cruikshank. Selanjutnya, The Posthumous Papers of The Pickwick Club atau The Pickwick Papers diterbitkan secara bulanan dari April 1836 hingga November 1837. Selama masa awal perilisan The Pickwick Papers, Dickens berhenti sebagai reporter surat kabar untuk menjadi editor majalah bulanan Bentley’s Miscellany. Oliver Twist adalah karya pertamanya yang diterbitkan secara berseri di Bentley’s Miscellany pada tahun 1837. Dickens dikenal sebagai seorang penulis yang sangat produktif. Bahkan sebelum Oliver Twist berakhir, Dickens sudah mulai menerbitkan Nicholas Nickleby secara bulanan pada tahun 1838. Dilanjutkan dengan The Old Curiosity Shop dan Barnaby Rudge di tahun yang sama, 1841.

Setelah merilis catatan perjalanan ke Amerika Serikat dalam American Notes (1842); tahun 1843, A Christmas Carol diterbitkan. Menyusul Martin Chuzzlewit (1843-1844), The Chimes (1845), The Cricket on The Heart (1846), dan Dombey and Son (1846-1848).

Tahun 1850, Dickens mendirikan sebuah jurnal mingguan bernama Household Words yang memuat karya-karyanya, yaitu A Child's History of England (1851-1853), Hard Times (1854), A Tale of Two Cities (1859), dan Great Expectations (1860-1861). Di samping itu, Dickens juga menulis antara lain David Copperfield (1849-1850), Bleak House (1852-1853), Little Dorrit (1855-1857), dan Our Mutual Friend (1864-1865).

Namun selama periode ini, Dickens dirundung kemalangan. Pada tahun 1850, ayah Dickens meninggal dunia. Pada tahun yang sama, anak kesembilan Dickens, Dora, meninggal setelah delapan bulan dilahirkan. Kemudian pada tahun 1863, ibunda Dickens wafat. Setahun kemudian, anak keempatnya, Walter, meninggal dunia di India, meninggalkan banyak hutang. Ia juga bermasalah dalam pernikahannya yang berujung pada perceraian pada tahun 1858.

Pada tahun perceraiannya, Dickens banyak terlibat dalam pertunjukkan pembacaan karya-karya sastra. Tidak hanya menulis, ia juga ikut membacakan, memberinya kesempatan mengekspresikan kecintaannya pada dunia panggung. Ia tampil di lebih dari 400 kali. Pertunjukan ini membuatnya kelelahan dan sakit; sehingga saat kesehatannya jauh menurun, ia dilarang tampil kembali oleh dokter.

Di tengah kesehatannya yang terus memburuk, pada tahun 1869, ia mulai menulis The Mistery of Edwin Drood yang mulai diterbitkan tahun 1870. Kemudian, tanggal 9 Juni, Dickens meninggal dunia secara tiba-tiba di Gad’s Hill Place, rumah impiannya sejak kecil yang dibelinya pada tahun 1856, dan dimakamkan di Westminser Abbey. The Mistery of Edwin Drood adalah karya terakhirnya yang tidak selesai ditulis.

Sumber : Wikipedia.org

Denaihati
Share this article :

55 comments:

  1. Usia bukanlah menjadi batasan utuk kita selalu dapat berkarya dan berkreatifitas dalam pengembangan dan oenyaluran seni ya Bang.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  2. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  3. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  5. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  6. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  8. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  9. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  10. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  11. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  12. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  13. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  14. baca blog ini jadi nambah pengetahuan, salam

    BalasHapus
  15. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  16. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  17. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  18. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  19. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  20. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  21. dia orang yang berjiwa besar dan kratif jasanya itu banya,,

    BalasHapus
  22. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  23. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  24. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  25. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  26. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  27. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  28. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  29. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  30. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  31. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  32. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  33. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  34. hemmh,,saaat tadi pagi saya buka google udah cepet pengen tahu ketika logonya berubah lagi,,hehe,,kira2 google memperingati apa,,ternyata charles dicknes ya,,hemm,,seoseorang yang hebat,,terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
  35. google memang mantap sekali...
    selain selalu berinovasi,google juga memperhatikan event yangsedang dirayakan pd saat logo itu dirilis...

    BalasHapus
  36. Artikel menarik bang, bisa nambah wawasan dan pengetahuan saya, sekaligus nambah semangat belajar..terima kasih bang Iwan.

    Sukses selalu !
    Dunia Info & Tips

    BalasHapus
  37. keren tuch, mau langsung ke google.hehehehe

    setelah dibaca-baca, google ternyata mempunyai benar-benar menghormati orang-orang yang mempunyai prestasi yang keren-keren. kapan yaa, google membuatkan khusus untuk hariku. hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entar deh Vit... kalau saya jadi CO google maka setiap tanggal 7 Mei akan saya buat logo khusus.

      Hapus
  38. Permisi, cuman numpang mau ngeshare aja nih.
    ada info contest menulis artikel “Share and Feel OKI Printer Contest”.
    Hadiahnya lumayan nih buat teman” yang berminat, ada 2 buah printer OKI laser Jet (@Rp900.000) dan voucher belanja di anugrah pratama senilai Rp. 300.000. Info lengkapnya coba simak di http://www.anugrahpratama.com/shop/blog/77/

    BalasHapus
  39. info nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,

    BalasHapus
  40. charles dickens termasuk sastrawan yang karya2nya banyak diulas para kritikus ternama. karya2nya telah mengilhamo banyak sastrawan dalam berproses kreatif, termasuk sastrawan indonesia.

    BalasHapus
  41. wah ketinggalan nih saya bang doodle yang satu ini

    BalasHapus
  42. Banyak yang bisa kita ambil dari perjalanan hidup Charles Dickens ini...

    BalasHapus
  43. ilmu memang bisa didapat dimana saja, lebih irit dibanding kita harus beli buku, tinggal klik mucul dech apa yang kita cari. terimakasih gan atas informainya...

    BalasHapus
  44. Artikel yg sngat menarik....
    Terimakasih bnyak infonya...!!

    BalasHapus
  45. ooo, ini doodle yang kemarin ya .. :)
    ketinggalan informasi ni, heheehe
    banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari kisah Charles Dickens. Terimakasih buat informasinya. :)

    BalasHapus
  46. artikel yg menarik dan bagus tuh.
    umur tidak mnjadi halangan untuk dia terus berkarya,pantas untuk mndapatkan penghargaan seperti itu.

    BalasHapus
  47. saya baru kalau gambar di google adalah charles dicken, seorang penulis terkenal.

    BalasHapus
  48. orana hebat ini kayaknya orang yang romance di zamannya.ooohh so sweet

    BalasHapus
  49. jadi dia penulis terkenal ya. baru tahu..

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger