Home » , , » Gideon Sundback Logo Google Hari Ini

Gideon Sundback Logo Google Hari Ini

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, April 24, 2012 | 4/24/2012


 Gideon Sundback's 132nd Birthday -  Hari ini 24 April 2012 Goggle memberikan apresiasi khusus untuk merayakan 132 tahun kelahiran Gideon Sundback penemu Ritsleting Modern atau Zipper.

Ritsleting  sebuah benda yang nampaknya remeh, namun banyak diantara kita yang pernah merasakan ritsleting celana tidak terkancing dengan sempurna atau jebol. Rasa malu dan kebingungan adalah reaksi yang wajar, terlebih ketika kita ada dalam suatu acara resmi. Ritsleting atau lebih dikenal dengan seleretan, benda yang hampir tiap hari kita gunakan, kecuali bila keseharian anda mengenakan sarung. Jadi jangan pernah menyepelekan yang namanya retsleting.

Nama lengkap Otto Fredrik Gideon Sundback, beliau lahir di Swedia. Dia adalah anak dari Jonas Otto Magnusson Sundback, seorang petani kaya, sang ibu bernama Kristina Karolina Klasdotter. Setelah menghabiskan masa studinya di Swedia, Sundback pindah ke Jerman, dimana ia belajar di sekolah politeknik di Bingen am Rhein. Pada tahun 1903, Sundback mengambil ujian insinyur nya. Pada tahun 1905, ia pindah ke Amerika Serikat.

Di Amerika, Gideon Sundback mulai bekerja di Westinghouse Electric dan Manufacturing Company di Pittsburgh, Pennsylvania. Setahun kemudian, ia dipekerjakan oleh Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey. Pada tahun 1909, Sundback menikahi Elvira Aronson, putri dari manajer pabrik kelahiran Swedia, selanjutnya Sundback dipromosikan ke posisi kepala desainer di Universal Fastener.

Meskipun bukan pencetus pertama dari ritsleting, Gideon Sundback telah membuat beberapa kemajuan dalam pengembangan ritsleting antara 1906 dan 1914. Dia bertanggung jawab untuk meningkatkan “Judson C-curity Fastener“. Saat itu produk perusahaan masih berdasarkan kait dan kancing. Sundback mengembangkan versi perbaikan dari C-curity, yang disebut “Plako”.

Ia meningkatkan jumlah elemen pengancing dari empat per inci sampai sepuluh atau sebelas. Penemuan-nya memiliki dua baris gigi berhadapan yang ditarik ke dalam satu bagian dengan slider, dan meningkatkan pembuka untuk gigi yang dipandu oleh slider.

Di tahun 1914 Sundback mengembangkan sebuah versi baru dengan kode nama “No Hookless 2“, yang merupakan logam ritsleting modern seperti yang kita kenal sekarang ini. Atas penemuannya ini, beliau dihadiahi paten Amerika Serikat no. 1219881 untuk “Fastener Separable” dikeluarkan pada tahun 1917.

Ritsleting sendiri dipopulerkan pada tahun 1923 oleh BF Goodrich, setelah dipasang pada produk sepatu boot mereka. Dua puluh tahun kemudian, industri fashion mulai menerapkan penggunaan ritsleting, tepatnya di masa Perang Dunia II dimana para tentara mulai menggunakan celana panjang dan baju dengan ritsleting modern

Ternyata alat yang begitu remeh ditemukan dengan proses yang sangat panjang. Hampir 80 tahun alat ini dikembangkan menjadi sempurna seperti sekarang. Tak sebanding dengan proses kita membuka-tutup ritsleting itu.

Dunia sebenarnya banyak dipenuhi oleh barang-barang yang dianggap remeh ini, mungkin karena harganya yang murah atau karena terlalu sering kita gunakan dalam keseharian kita. Sering kita abai pada hal-hal kecil, dan menyesal ketika mendapat kesulitan dari hal-hal kecil itu.

Sebuah ritsleting di celana kita ternyata sudah menjadi sistem yang tak terpisahkan. Sama juga seperti orang-orang yang dianggap remeh dalam kehidupan kita. Pembantu rumah tangga, tukang sapu di jalan, office boy di kantor bahkan tukang ojek payungpun menjadi satu sistem dalam hidup kita untuk saling mengisi. Namun seperti ritsleting, mereka sering hanya diingat ketika ada masalah seperti ritsleting yang jebol dan mempermalukan kita. Sebuah sapaan dengan ketulusan hati kepada orang-orang remeh itu ibarat kita menggosok ritsleting dengan lilin agar geriginya berjalan lancar. Hal-hal besar adalah rangkaian hal kecil yang menyatu.

Jangan pernah meremehkan sesuatu hal yang kecil dan dianggap tak berharga.

Sudah benarkah ritsleting Anda?

Sumber : http://sidomi.com/88160/gideon-sundback/








Denaihati
Share this article :

12 comments:

  1. waw..!!
    sebuah pembelajaran yang sangat berharga dan dikemas dengan apik, multi target. ngga cuma ditujukan sebagai bahan informasi teknologi saja, informasi ini juga mengajak kita untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar kita.
    sukses ya..

    BalasHapus
  2. aluute buat setiap apresiasi yang selalu di berikan google untuk semua tokoh di dunia ..

    BalasHapus
  3. di m'sia dipanggil zip saja. benda kecil tapi terlalu banyak kegunaannya samada dipakaian, beg atau apa2 barangan.

    BalasHapus
  4. ikut nyimak post nya gan

    BalasHapus
  5. gak nyangka inspiratif sekali logonya.......tadi tak kira apaan...eh ternyata dibuka malah heboh......

    BalasHapus
  6. udah nayangka nih saat buka google,,pasti berhubungan ma resleting,,
    benar sekali pak,,mantap sekali postingannya,,

    BalasHapus
  7. sekarang giliran abang yang lengkap banget ulasannya

    BalasHapus
  8. terimakasih atas sharenya..
    pengetahun saya jadi bertambah setelah membaca artikel ini

    BalasHapus
  9. sebuah hal kecil yang memberi pengaruh besar . .

    BalasHapus
  10. nice to info...
    salam kenal om...

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger