Home » , , » Bob Moog Penemu Synthesizer Moog di Logo Google Hari ini

Bob Moog Penemu Synthesizer Moog di Logo Google Hari ini

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Mei 23, 2012 | 5/23/2012

Bob Moog

Bob Moog - Hari ini Google kembali tampil dengan Logo unik yang bertajuk Robert Moog's 78th Birthday.

Robert Arthur "Bob" Moog (23 Mei 1934 - 21 Agustus 2005), adalah orang Amerika perintis musik elektronik, paling dikenal sebagai penemu synthesizer Moog.

Moog Synthesizer merupakan salah satu instrumen musik elektronik yang pertama kali. Proses pengerjaan awal komponen synthesizer ini dilakukan di studio Columbia-Princeton Electronic Music Center di Amerika, yang sekarang lebih dikenal dengan nama Computer Music Center. Saat di sana, Bob Moog mengembangkan osilator pengatur tegangan, generator ADSR, dan modul synthesizer lainnya bersama dengan komposer Herbert Deutsch.

Moog menciptakan synthesizer pengendali tegangan yang memanfaatkan keyboard sebagai controller dan memamerkannya pada konvensi AES di tahun 1964. Pada tahun 1966, Moog mengajukan permohonan paten untuk low-pass filter dengan nomor paten 3.475.623 yang diakui pemerintah Amerika pada Oktober 1969.

Di bawah payung perusahaan Moog Music, beliau memproduksi dan memasarkan synthesizer dengan keyboard bergaya piano sebagai user interface standar untuk synthesizer-nya. Moog juga menetapkan standar untuk antarmuka kontrol synthesizer analog. Dan itulah yang digunakan sebagai Logo Google hari ini.

Selama hidupnya, Moog mendirikan dua perusahaan untuk pembuatan alat-alat musik elektronik. Dia juga bekerja sebagai konsultan dan wakil presiden untuk penelitian produk baru di Kurzweil Sistem Musik 1984-1988, membantu untuk mengembangkan K2000 Kurzweil.

Ia menghabiskan awal 1990-an untuk program riset musik di University of North Carolina di Asheville. Moog menerima Penghargaan Pembina Grammy untuk prestasi seumur hidup pada tahun 1970.

Pada tahun 2002, Moog mendapat kehormatan dengan Merit Award/Grammy khusus Teknis, dan gelar doktor kehormatan dari Berklee College of Music.

Saat-saat terakhir, pada tanggal 28 April 2005 Bob Moog didiagnosa menderita tumor otak glioblastoma multiforme . Hampir empat bulan kemudian, ia meninggal pada usia 71 di Asheville, North Carolina pada 21 Agustus 2005.


Denaihati


Share this article :

8 comments:

  1. pas tadi buka google udah ada logo baru,,,langsung ke pblognya bapak,,hehe,,biar tahu memperingati siap,,thanks pak buat infonya

    BalasHapus
  2. kalau soal logo di google, blog Pak Iwan memang rujukan yang tepat.
    Terima kasih informasinya, Pak.
    Salam hangat untuk keluarga tercinta.

    BalasHapus
  3. dapetnya darimana tho om ?

    BalasHapus
  4. wah hebat yahh ...
    walopn sudah tua masih tetep berkarya ...

    BalasHapus
  5. iiya sih, pas tadi pagi buka google langsung muncul logo seperti itu. Tadinya sih ngga ngeh, cuma setelah cari tahu,oooh ternyata ini dia faktanya.

    BalasHapus
  6. sy kurang arif pasal musik, pasti beliau sangat berjasa utk teknologi alat musik moden.

    BalasHapus
  7. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger