Home » , , » Video Saat-saat Terakhir Pesawat Sukhoi Superjet100

Video Saat-saat Terakhir Pesawat Sukhoi Superjet100

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Mei 11, 2012 | 5/11/2012

Kesuksesan Sukhoi memperkenalkan pesawat komersil pertamanya membuat sejumlah negara mulai melirik proyek ambisius ini.

Saat dipamerkan di Paris Air Show 2009, maskapai Malev Hungarian Airlines tergoda untuk membeli 30 unit SSJ-100 yang jika ditotal harganya senilai nyaris $1 milyar.

Padahal saat itu SSJ-100 belum melalui proses sertifikasi yang baru dimulai setahun kemudian.
SSJ-100 diproduksi dalam tiga jenis, yaitu Sukhoi Superjet 100-60 SSJ, Sukhoi Superjet 100-75 SSJ, dan Sukhoi Superjet 100-95 SSJ. SSJ-100-95 tercatat sebagai yang terbesar dari dua varian lainnya dengan panjang 29,82 meter dan mampu menampung 86 orang penumpang.

Seri kedua, SSJ-100-75 menampung 68 orang dan panjang rangka pesawat 26,33 meter.
Sedangkan SSJ-100-60, yang berakhir tragis di Gunung Salak, merupakan yang terkecil dari seri SSJ-100. Pesawat ini dibuat sepanjang 23,87 meter dengan kapasitas penumpang 53 orang. SSJ-100-60 dilengkapi dengan mesin turbofan 2X Sa M146 bertenaga 26.9600 lbf.

Jarak tempuhnya mencapai hingga 2.630 kilometer dalam sekali jalan.
Situs AircraftCompare.com yang menyediakan review seputar pesawat-pesawat mutakhir dunia, memberi skor 7 dari 10 untuk pesawat SSJ-100-60. Skor ini tercatat lebih kecil dari dua seniornya, yaitu nilai 7,6 untuk SSJ-100-75 dan nilai 8 untuk SSJ-100-95.

Insiden di Gunung Salak Indonesia baru-baru ini tercatat sebagai kecelakaan pertama yang dialami SSJ-100 sepanjang riwayatnya.


Video pesawat naas Sukhoi SuperJet-100 dimuat oleh Lystseva Marina, fotografer penerbangan asal Rusia yang ikut ke Jakarta untuk mengabadikan penerbangan demonstrasi Sukhoi di Indonesia.
Video tersebut berisi rekaman saat persawat tersebut mendarat dan lepas landas di Bandara Halim Perdanakusuma.

Marina menjelaskan, bagian pertama video diambil pada Rabu (9/5/2012) saat pesawat tersebut mendarat untuk pertama kalinya di Bandara Halim. Dalam video juga terdapat rekaman detik-detik penerbangan demonstrasi Sukhoi, mulai dari saat pesawat berada pada posisi taksi sampai lepas landas.


Lystseva Marina adalah seorang fotografer profesional di bidang penerbangan yang suka bepergian dan telah mengunjungi 29 negara. Dia adalah salah seorang fotografer penerbangan terbaik dan kadang bekerja untuk sebuah kantor berita di Rusia, Itar-Tass, seperti dia tulis di halaman profilnya di Twitter.


Dia ikut dalam rombongan dari Rusia bersama temannya, Sergey Dolya yang foto liputannya banyak dimuat di media massa




(SUMBER)

Denaihati

Share this article :

32 comments:

  1. Sukhoi bisa berbangga dengan pesawat tempurnya,ini membuat pesawat untuk transportasi masal,Padahal s SSJ-100 belum melalui proses sertifikasi yang baru dimulai setahun kemudian..nah sertifikasi aja belum kelar.Semoga yang keluarga yang menjadi korban pesawat ini Tabah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat tragis. pesawat canggih pun bisa jatuh juga

      Hapus
  2. Tapi demo terbang yang di Indoneaia kan, udah setelah pesawat itu nerima sertifikas bang, jadi klo dibilang pesawat itu nggak layak mungkin nggak juga :) apalagi sukhoi bukan pemain baru di penerbangan, jadi wajar klo joy flight kaya kemaren wajib diikuti oleh beberapa maskapai penerbangan Indonesia :) semoga proses evakuasi berjalan lancar :)

    BalasHapus
  3. Semoga saja pesawatnya cepat di temukan..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. puing puing pesawat sudah di temukan cuman dalam keadaan hancur !! yang tidak di mengerti keberadaan penumpang yang belum di temukan !! semoga saja dapat di evakuasi dengan cepat ya !! dan semoga keluarga yang kehilangan di berikan kesabaran ! amin

      Hapus
  4. miris dan ingin nangis baca ini,,ditemukan hanya puing,,tapi masih teras misterius dengan seluruh penumpang,,apakah ikut hancur?

    BalasHapus
  5. puing pesawat sudah ditemukan hancur,,bagaimana dengan ppara penumpangnya pak?

    BalasHapus
  6. aku hany bisa ucapkan selamat berduka cita yang sedalam2nya...mudah2n semua korban di terima sisi Tuhan yang maha kuasa.amiiiiiin

    BalasHapus
  7. kenapa ya di indonesia begitu sering terjadi kecelakaan pesawat jatuh....

    BalasHapus
  8. Takziah untuk keluarga korban,baru hari ini saya terbaca beritanya

    BalasHapus
  9. kajadian yang sangat mengharukan ,,
    semoga peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi

    BalasHapus
  10. saya tahunya pas berita shukoi udah hancur, memangnya mereka akan berpergian kemana ko lewati jalan bogor, lantas kenapa bisa celaka di gunung salak?? memangnya gunung salak tinggi ya??

    BalasHapus
  11. sepertinya uda pada ditemukan korbannya..

    BalasHapus
  12. salam takziah buat keluarga mangsa yang terkorban

    BalasHapus
  13. Sungguh menyayatkan hati. Semoga Allah pelihara kita semua . Visit me : jomwalkabout.blogspot.com

    BalasHapus
  14. terlalu mahal sih...apalagi kan masih baru belum teruji benar...

    BalasHapus
  15. ngga layak atau tidak, saya ngga tahu. soalnya ngga ngerti juga soal pesawat,hee..
    yang pasti,semoga saja orang2 yang berperan di dalamnya bisa segera memperbaikinya dan mengambil pelajaran dari peristiwa jatuhnya Sukhoi ini.

    BalasHapus
  16. kasian banget itu penumpang maskapai shukoi, semoga saja alaml ibadahnya diterima disisi alloh,.. amin .

    BalasHapus
  17. turut berduka cita sama semuanya!!!semoga diberikan ketabahan amien,,.

    BalasHapus
  18. tidak menyangka kalau pesawat sukhoi ini bakalan mengalami kecelakaan

    hem tragedi pesawat masih saja ada.
    semoga ini menjadi yang terakhir.

    BalasHapus
  19. k'3x nya tragedi kcelakaan pesawsawat atau kapal di gunung salak,,

    astagfirulloh,,semoga ni yang trakhir x nya,,
    semoga yang mendapatkan musbah di terima disisi alloh swt,amin,,

    dan keluarga yng ditinggalkan diberi ketabahan,,amin,, :)

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas informasinya, dan semoga buat keluarga dari korban kecelakaan pesawat sukhoi ini bisa tabah.

    BalasHapus
  21. Mmh,,tidak disangka,, tapi inilah yang namanya kehidupan, kapanpun kita tidak tau kapan dan dimana kita kembali ke alam asal..

    BalasHapus
  22. Untung aja yang jatuh SSJ-100-60 yang berkapasitas 53 orang,coba kalau SSJ-100-95 yang berkapasitas 86 orang bisa sebulan timsar mengevakuasi korbannya juga.
    terimakasih atas infonya gan dan selamat beraktifitas

    BalasHapus
  23. semoga arwah nya di terima di sisi allah .. semoga di beri kemudahan juga buat para relawan yang mencari korban sukhoi ..
    saya turut berduka cita

    BalasHapus
  24. salute untuk tim sar dan relawan relawan evakuasi sukhoi
    http://rentalmobilmakassar.blogspot.com/

    BalasHapus
  25. inilah musibah .........
    http://rentalmobilmakassar.blogspot.com/

    BalasHapus
  26. sangat tragis dan miris sekali kejadiannya
    semoga di beri ketabahan untuk para keluarga, dan kerabat korban

    BalasHapus
  27. turut berduka buat para korban sukhoi superjet 100, semoga arwahnya diterima disisi Allah SWT dan keluarga yang ditiggalkannya diberi ketabahan, amin.

    BalasHapus
  28. ikut berduka cita atas kejadian ini..semoga keluarga korban di beri ketabahan
    terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  29. MasyaAllah ...
    Sungguh naas sekali jika melihat hal ini ...

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

SAATNYA REKENING ANDA BERTAMBAH SECARA OTOMATIS

  1. Terpercaya, baru beberapa hari launching http://goo.gl/q9UZSR sudah mampu membayar membernya hingga jutaan rupiah
  2. Stop frustasi, saatnya jalanin http://goo.gl/q9UZSR kerja online dengan hasil pasti dan bisa dipantau perkembangan komisi setiap detiknya
  3. Bisnis online paling aman dan paling asyikkkk, iya disini http://goo.gl/q9UZSR
  4. Hanya di http://goo.gl/q9UZSR kita akan dibayar hanya dengan mendatangkan pengunjung meski tidak upgrade
  5. Ambil langkah tepat sekarang untuk mewujudkan kebebasan finansial Anda di http://goo.gl/q9UZSR
  6. Jika saat ini Anda masih belum menghasilkan puluhan hingga ratusan ribu rupiah dari internet, saatnya bergabung bersama kami secara gratis di http://goo.gl/q9UZSR
  7. Anda memiliki potensi untuk meraih puluhan juta rupiah dari internet, klik http://goo.gl/q9UZSR untuk bergabung bersama ribuan member kami

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : METROTIK | METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger