Home » , , » Foto Keindahan Gerhana Bulan

Foto Keindahan Gerhana Bulan

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, Juni 05, 2012 | 6/05/2012


Bulan terbit dengan sebagian permukaannya tertutup bayangan bumi, Senin malam 4 Juni 2012. Peristiwa ini dikenal sebagai gerhana bulan sebagian dan berlangsung selama dua jam. Hampir dua perlima permukaan bulan masuk ke dalam bayangan bumi.

Meski bulan tetap terang selama gerhana sebagian itu, latar belakangnya amat menarik dengan langit bertabur bintang, yaitu konstelasi bintang Ophiuchus dan Antares di dekatnya.

Sayangnya, hanya penduduk Indonesia bagian timur yang dapat menyaksikan peristiwa ini secara utuh. Wilayah Indonesia bagian timur, seperti Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Maluku, dan Papua, menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana bulan sebagian.

Penduduk di wilayah barat Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, hanya dapat menyaksikan gerhana ketika proses itu sudah berlangsung selama satu jam hingga pukul 19.06 WIB karena proses awal sudah terjadi ketika bulan belum terbit.

"Fenomena gerhana bulan berikutnya baru bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia pada 15 April 2014," kata Ketua Program Studi Astronomi Institut Teknologi Bandung Taufiq Hidayat pekan lalu, "ketika itu seluruh permukaan bulan masuk ke dalam bayangan bumi atau gerhana bulan total."

Di tempat saya yang kebetulan berada di Sulawesi Selatan yang masuk waktu Indonesia bagian tengah. Piringan bulan perlahan ditutup oleh bayangan mulai pukul 19.59 WITA. sesuai dengan pengamatan yang saya lakukan semalam meskipun langit begitu mendung.

Berikut ini Foto hasil rekaman saya dengan menggunakan Kamera Panasonic DMA-FZ47








Denaihati
Share this article :

29 comments:

  1. wah mass baru sekarang aku lihat foto keindahannya gerhana buan.bagus sekali yach gaan

    BalasHapus
  2. Wah mas bagus bagus fotonya.dulu aku pernah kaya mas bikin foto keindahan gerhana bulan tapi hasilnya tida kaya foto masss ini.lam kenal mass dari anee

    BalasHapus
  3. saya belum pernah mengabadikan foto gerhana bulan Bang...bagus sekali euy !

    BalasHapus
  4. siiiip deeeh fotonya bagus bagus masss.walaupun aku ga pernah lihat lihat langsung lagi gerhana bulan tapi sekarang aku bisa lihat dari fotonya mas ini.makasih yach masss

    BalasHapus
  5. ikut menyimak gan :)
    foto gerhana bulan sangat bagus sekali :)

    BalasHapus
  6. saya baru lihat fhoto seindah ini ..

    BalasHapus
  7. disini kelihatan jelas juga pak.. namun sayang saya tidak sempat foto karena tidak membawa kamera.. :D

    BalasHapus
  8. semalam lihat saya juga,tapi gak di fhoto,,,gak inget,,hehe,,indah ya

    BalasHapus
  9. waduh,saya ketinggalan informasi nih. jadi tadi malem berlangsung peristiwa gerhana bulan ya?
    coba kalo saya tahu lebih awal, saya juga mau ikutan mendokumentasikan foto2nya.

    BalasHapus
  10. subhanalloh,,ternyata indah juga foto-foto keindahan gerhana bulan

    BalasHapus
  11. terimakasih atas sharenya
    postinganya mantap gan

    BalasHapus
  12. bagus mas lihat foto-fotonya
    terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  13. indah sekali fotonya...kita harus mensyukuri kebesaran Tuhan melalui fenomena alam seperti ini

    BalasHapus
  14. indah nian ..
    sayang di tempat ane pas gerhana hujan jadi gak bisa mengabadikan gerhana !
    nice post gan

    BalasHapus
  15. wiss mantap .
    sya juga nyoba tp hasilnya jelek , maklum dari hp .. hehe

    BalasHapus
  16. Keren bgt gan..!!
    saya baru lihat nich...

    BalasHapus
  17. wah???????? sangat indah dan sangat menarik sekali,.,.,

    BalasHapus
  18. katanya akibat gerhana bulan ini di sukabumi gempa. memang pada saat itu ada "lini " ke daerah tasikmalaya

    BalasHapus
  19. Pengen banget ngelipu gerhana bulan kl ada kesempatan.. Nice share sob.

    BalasHapus
  20. subhanallah, jelas gambar gerhana bulan kelihatan bang iwan.

    BalasHapus
  21. huhuh,, baru pertama x nie aku liat ..heheh baguss bngt !!

    BalasHapus
  22. subhannallah ,,, bentuk salah satu keagungn allah swt ...

    BalasHapus
  23. masyaallah indah bngttt gan .....

    BalasHapus
  24. subhanallah .. indah sekali yah bulannya.. makasih udah mau berbagi.

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger