Home » , , » Fenomena Kiamat Internet

Fenomena Kiamat Internet

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Juli 07, 2012 | 7/07/2012

Mengutip laporan situs teknologi PC World, Selasa, 3 Juli 2012, FBI menyatakan komputer pribadi yang terinfeksi malware ini akan mengalami "kiamat Internet" pada bulan ini. Kiamat Internet ini berarti komputer tersebut tak dapat mengakses dunia maya karena di dalamnya ada "penyakit".

Untuk menghindari kiamat Internet tersebut, para pengguna komputer diimbau untuk melakukan "pembasmian" malware pada PC mereka. FBI mengingatkan setiap PC yang terinfeksi DNS-Changer hanya punya waktu sampai 9 Juli untuk membersihkan sistem komputasinya.

Menurut lembaga investigasi itu, software jahat yang muncul pada 2007 itu menyerang komputer berbasis sistem operasi Windows dan Mac. Pada dasarnya DNS-Changer adalah Trojan yang sejak lima tahun terakhir sudah menjalar ke jutaan komputer di dunia. Malware ini akan mengarahkan komputer untuk mengunjungi situs-situs yang dibuat para peretas--yang bisa mendulang uang dari iklan sampai US$ 14 juta.

Malware DNSChanger juga mencegah komputer untuk memperbarui atau menggunakan anti-virus. Akibatnya, PC menjadi rentan terhadap software jahat lainnya.

Pada November tahun lalu, FBI menangkap enam warga negara Estonia yang diduga menjalankan penipuan dengan menggunakan malware tersebut. Saat itu aparat menyita DNS server yang berfungsi mengarahkan pengguna yang terinfeksi untuk berkunjung ke tautan berbahaya.

Perusahaan keamanan Tacoma menyatakan enam bulan lalu, separuh dari semua komputer perusahaan yang masuk daftar Fortune 500 terinfeksi DNS-Changer. Tacoma mengidentifikasi saat ini tercatat sekitar 350 ribu PC yang masih terinfeksi malware itu.

Namun tenang ada cara untuk mengecek penyebaran serangan ini. Pertama bukalah situs www.dns-ok.us. Laman ini akan menunjukkan apakah komputer terjangkit malware. Jika tertulis DNS Resolution = Green, berarti komputer aman. Tapi jika DNS Resolution berwarna merah, hati-hati itu indikator awal terinfeksi.

Tak hanya situs www.dns-ok.us, Google pun membuat sebuah aplikasi yang memperingatkan ancaman ini. Mesin pencari raksasa ini akan menampilkan peringatan bagi komputer yang terindikasi kena malware jika membuka google.com. Dalam peringatan tersebut, Google juga menambahkan tautan untuk menghapus serangan malware.

Google memprediksi sekitar 500 ribu lebih komputer sudah terinfeksi DNSChanger Trojan. Sejumlah ahli keamanan komputer sebenarnya sudah memenangkan gugatan tentang akses pengendalian infrastruktur yang dikelola para peretas trojan itu. Sayangnya kemenangan mereka tahun lalu itu tidak diikuti dengan izin mematikan infrastruktur menjelang kiamat Internet, 9 Juli 2012.

Pada Maret 2012, FBI telah mendapatkan izin dari pengadilan untuk membiarkan server membersihkan DNS mereka sendiri. Solusi ini bersifat sementara karena mengizinkan korban untuk membersihkan DNS mereka dan mengembalikan ke pengaturan normal DNS. Tapi hanya sampai 9 Juli 2012, komputer yang masih terinfeksi DNSChanger tetap akan menerima kiamat Internet.

Periksa DNS server komputer atau router Anda (lihat tabel di bawah). Cek apakah angkanya sama dengan angka di tabel bawah ini. Bila ya, berarti sistem Anda pernah terinfeksi oleh DNSchanger, dan termasuk yang akan mengalami kiamat internet pada 9 Juli ini.

Apakah Indonesia Aman?

Pada November 2011, DNSchanger berhasil menginfeksi empat juta alamat IP, baik komputer maupun router. Kalau saat itu server DNSchanger dimatikan, setidaknya empat juta komputer di dunia akan kehilangan akses internet dan sudah pasti akan menimbulkan kekacauan.

Sejak FBI menangkap pelaku perusakan ini, maka otomatis infeksi DNSchanger menurun drastis sejak November 2011. Menurut data dari DNS Changer Working Group, infeksi pada tanggal 11 Juni 2012 di seluruh dunia turun menjadi kurang dari 10%. Jumlahnya 303.867 IP Address. Lalu bagaimana penyebarannya di dunia ?

Dari daftar di atas, 5 besar negara yang terinfeksi DNSchanger per tanggal 11 Juni 2012 adalah Amerika Serikat 69.517 (27%), Italia 26.494 (10%), India 21.302 (8%), Inggris 19.589 (8%) dan Jerman 18.427 (7%).

Sedangkan Indonesia sendiri tidak termasuk ke dalam 25 besar negara yang terinfeksi DNSchanger. Di Asean, Thailand termasuk ke dalam 25 besar negara yang terinfeksi DNSchanger dengan jumlah IP terinfeksi 2.941 (1,13%).

Karena Indonesia tidak termasuk ke dalam 25 besar negara-negara yang terinfeksi DNScharger dan infeksi negara ke 25 adalah PK (Pakistan) 1.682 IP (0,65%) maka cukup realistis untuk memperkirakan infeksi DNSchanger di seluruh Indonesia sekitar 1.650 pada tanggal 11 Juni 2012.

Dibandingkan dengan jumlah pengguna internet Indonesia yang berjumlah 55 juta, maka korban DNSchanger di Indonesia adalah 0,003%.

Jika Anda menggunakan program antivirus yang selalu update, harusnya kemungkinan tersebut lebih kecil lagi karena hampir semua program antivirus sudah dapat mendeteksi DNScharger sejak akhir 2011 lalu.

Sumber :
1. http://www.tempo.co
2. http://ammay26.wordpress.com



Denaihati

Share this article :

49 comments:

  1. wah bahaya nih Bang, gimana saya mengeceknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi alhamdulillah...saya dah cek dns-nya dan hasilnya GREEN, terima kasih infonya Bang

      Hapus
  2. Alhamdulillah status "Green" jadi komputerku aman terkendali :)
    thanks sudah berbagi :D

    BalasHapus
  3. gimana cara ngeceknya ya?? mohon informasinya,,, trimakasih

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah PC yang dipakai jawabannya gini DNS Resolution = GREEN ... jadi aman deh pak ... hhe
    tks infonya pak ,,,

    BalasHapus
  5. lumayan mengerikan y gan internet doomsday itu, coba cek yang ini , http://myhafiezers.blogspot.com/2012/07/kupas-tuntas-tentang-doomsday-kiamat.html

    BalasHapus
  6. alhamdulilah setelah saya cek status nya GREEN :)

    BalasHapus
  7. Wah, harus segera cek IP nich Bang

    BalasHapus
  8. saya kira internet akan berakhir per tgl 9 juli mau ikutan nyoblos, para kru internetnya diindonesia, taunya ada DNScange,, berarti indo aman ya?, syukur kalau begitu

    BalasHapus
  9. Greeen, alhamdulillaaaaah :D

    BalasHapus
  10. lengkap sekali informasinya . terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  11. wah keliatannya sangat parah ya serangan kali ini. thx infonya.

    BalasHapus
  12. wah kalo terinfeksi gag bisa kerja nanti ane

    BalasHapus
  13. luar biasa banget mas bro terimakasih yah atas informasinya

    BalasHapus
  14. wah untuk tanah air tidak ada dalam daftar asyik

    BalasHapus
  15. Semoga hari ini selalu baik-baik saja.

    BalasHapus
  16. wah serem banget yah kalo kiamat internet.. wow

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah aman= GREEN, thanks gan infonya.

    BalasHapus
  18. luar biasa banget fenomena yang terjadi sungguh fantastis

    BalasHapus
  19. makasih banyak atas infonya
    alhamdulillah setelah saya cek PC saya hasilnya GREEN ,,jadi aman gan..

    BalasHapus
  20. Selamat pagi sahabat tercinta,
    Dengan hormat diberitahukan bahwa sahabat merupakan salah satu penerima tali asih dalam rangka Gebyar Hari Berdiri BlogCamp 2012.


    Silahkan menyimak pengumumannya di http://abdulcholik.com/2012/07/10/gebyar-hari-berdiri-blogcamp-tali-asih-untuk-sahabat/

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  21. sempat geger juga nih pak,,apalgi kemarin koneksi di PC saya juiga mati,,,tapi saat di chek masih berwarna hijau itu berarti masih aman ya

    BalasHapus
  22. serem banget yah kiamat innternet itu

    BalasHapus
  23. Bang terima kasih udah ber bagi,,ber manpaat banget nih tuk ane

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah status "Green" jadi komputerku aman terkendali terima kasih mas Irawan Udah ber bagi..

    BalasHapus
  25. walahh internet mengalami kiamat?busyetttt

    BalasHapus
  26. informasinya ini sangat membatu sekali kepada sayakhususnya yang belum mengecek terkena atau tidak terimakasih bnyak abang amriawan saya akan langsung cek saja..

    BalasHapus
  27. makasih banyak atas semua info nya gan,,,,,,,,,

    BalasHapus
  28. masih belum faham tentang fenomena tersebut ..
    :(

    BalasHapus
  29. iia gan masih belum ngerti jaringan yang mati apa seluruh duni atau hanya dengan ip yang di maksud diatas . .

    BalasHapus
  30. tenang aja, sekarang udah aman kok, hehehe

    BalasHapus
  31. saya belum ngerasain dampaknya tuh gan..
    :D

    BalasHapus
  32. Ikut promo yah..semoga dapat bermanfaat..

    Informasi dan tips cara pengobatan dan menyembuhan penyakit sinusitis secara alami dengan menggunakan Jelly Gamat Obat Herbal Penyakit Sinusitis Alami.

    BalasHapus
  33. Wah bahaya juga ya gan. Tapi pasti bisa ditangani. Seperti isu-isu sebelumnya juga ada.

    BalasHapus
  34. alhadulillah saja indonesia cuma terkena 0,003. kalo nyampe 45% gmana tuh, brabe nanti.

    BalasHapus
  35. alhamdulilah setelah saya cek status nya GREEN :)

    BalasHapus
  36. wak yang benar saja???
    terimakasih banyak atas informasinya :)

    BalasHapus
  37. oh gitu yah gan jadi yang akan ikut kiamat internet tu ada yang kenal ada jgga yang nggak/..... kirain semua jalur internet mati total

    BalasHapus
  38. sangat iluar biasa gan sajian informasinya

    BalasHapus
  39. Informasinya sangat luar biasa gan, di tunggu postingan barunya lagi.

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger