Home » , , » Julia Child | Chef Masakan Prancis di Logo Google Hari Ini

Julia Child | Chef Masakan Prancis di Logo Google Hari Ini

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Agustus 15, 2012 | 8/15/2012

Julia Child - Kembali hari ini Google tampil dengan logo unik yang bertajuk 'Julia Child's 100th Birthday' . Untuk memperingati 100 tahun kelahiran Julia Child

Julia Child (lahir di Pasadena, California, Amerika Serikat, 15 Agustus 1912 – meninggal 13 Agustus 2004 pada umur 91 tahun) adalah koki, penulis dan pengisi acara televisi asal Amerika Serikat. Ia memperkenalkan masakan Prancis dan teknik memasak kepada publik Amerika melalui buku memasaknya yang dimulai pertama kali pada tahun 1961 dengan buku berjudul Mastering the Art of French Cooking, dan acara televisinya The French Chef yang dimulai tahun 1963.

Julia Child adalah koki, penulis, sekaligus pengisi acara televisi berkebangsaan Amerika. Ia dikenal sebagai koki yang mengadaptasi masakan Perancis yang rumit untuk masakan sehari-hari orang Amerika yang ia tuangkan dalam sebuah buku kuliner berjudul "Mastering the Art of French Cooking". Selama karirnya, ia banyak menulis buku-buku masak best seller dan banyak memandu acara masak Amerika yang sangat digandrungi kala itu sehingga pada tahun 1996, Julia Child berada di posisi 46 dari 50 Bintang Televisi Terhebat Sepanjang Masa.

Child lahir dengan nama Julia Carolyn McWilliams. Ia lahir di Pasadena, California, pada tahun 1912. Ayahnya adalah seorang investor di real-estate California sehingga Julia dan dua orang saudaranya hidup sangat berkecukupan. Hal ini membuat Child dapat bersekolah di sekolah bergengsi seperti Katherine Branson School for Girls di San Fransisco. Di mata teman-temannya, Child kecil dikenal sebagai anak yang lucu, usil, suka berpetualang, serta atletis yang didukung dengan postur tubuhnya yang sangat tinggi, sekitar 188 cm.

Tahun 1930, Child mendaftar di Smith College dengan tujuan untuk menjadi seorang penulis. Walaupun ia menikmati menulis naskah pendek dan manuskrip yang ia kirimkan ke "The New Yorkers", namun tak satupun tulisannya berhasil dipublikasikan. Lulus dari Smith College, Child bekerja di departemen periklanan dari perusahaan terkemuka W & J sloane. Tahun 1937, ia kembali ke kota kelahirannya, California, dan menghabiskan 4 tahun untuk menjadi penulis untuk publikasi lokal, karyawan di perusahaan periklanan, hingga sukarelawan untuk Junior League of Pasadena.

Walaupun Child berkecimpung di dunia masak memasak, namun ia memiliki karir militer yang jauh berbeda dengan citranya sebagai koki. Sekitar tahun 1941, Child hijrah ke Washington DC untuk menjadi sukarelawan dalam Perang Dunia II sebagai asisten peneliti Office of Strategic Services (OSS). Salah satu alasan Child bergabung di OSS adalah karena ia bermasalah dengan postur tubuhnya yang terlalu tinggi untuk dapat bergabung di Korps Angkatan Darat Wanita atau Angkatan Laut Amerika Serikat.

Karena latar belakang pendidikan yang ia miliki, Child ditempatkan sebagai "agen rahasia" yang bertanggung jawab langsung kepada kepala OSS. Ia berperan penting dalam komunikasi antara pemerintah AS dan Badan Intelejen sebagai perantara penyampaian dokumen rahasia. Pekerjaan ini membuatnya mengunjungi beberapa negara di dunia, misalnya Cina dan Srilanka dimana ia bertemu dengan Paul Child.

Child mengenal kuliner Perancis ketika ia mengikuti sang suami yang bertugas di Paris. Ia kemudian menuntut ilmu di Sekolah Masak Cordon Blue yang terkenal di dunia. Setelah 6 bulan masa pelatihan bersama master chef Max Bugnard, Child dan dua temannya di Cordon Bleu membuka sekolah masak L'Ecole de Trois Gourmandes. Trio ini memiliki tujuan yang sama untuk mengembangkan kuliner Perancis dalam konteks Amerika sehingga mereka meluncurkan sebuah buku masak "Mastering the Art of French Cooking". Child memperkenalkan bukunya di stasiun TV Boston dan mendapatkan respon positif dari penonton berkat selera humornya yang membantu proses publikasi dan pemasaran.

Berangkat dari kelarisan bukunya, pada tahun '70 hingga '80an, Child membintangi banyak program televisi, seperti Julia Child & Company, Julia Child & More Company and Dinner at Julia's. Tahun 1979, bukunya yang berjudul "Julia and More Company" berhasil membuatnya menerima penghargaan National Book Award. Tahun '90an, Child berkolaborasi dengan Jacques Pépin di berbagai acara dan buku memasak.

Child sempat menerima kritik dari para ahli gizi karena banyak menggunakan mentega dan krim dalam resep-resepnya. Menanggapi hal ini, ia mengatakan bahwa suatu saat nanti dunia akan terlalu mempertimbangkan aspek nutrisi sehingga melupakan kenikmatan makanan. Baginya, makanan adalah kenikmatan dan kebahagiaan terkecil dalam hidup yang harus dinikmati tanpa harus berlebihan mengkhawatirkan kalori dan lemak di dalamnya.

Pada 13 Agustus 2004, Child meninggal dunia karena mengalami gagal ginjal di kediamannya di Montecito, California, dua hari sebelum ulang tahunnya yang ke-92.

Bon appetit! Ucapan berbahasa Perancis ini sering diucapkan oleh Julia Child, Untuk memperingati hari jadinya yang ke 100, diluncurkan sebuah aplikasi bernama Enchantée yang tersedia untuk pemakai Ipad dan Nook.

Aplikasi Enchantée ini menampilkan 32 resep Julia Child, bahan-bahan makanan, foto-foto langka dan momen klasik koki ini. Tidak ketinggalan komentar dari Judith Jones yang tidak lain adalah editor buku-buku Julia Child.

Mengingat jasanya sebagai koki perempuan yang mengajarkan budaya dan wawasan dunia akan masakan Perancis diharapkan aplikasi ini makin memudahkan orang memasak. Jika akan mengunduh aplikasi ini bisa langsung dilakukan melalui AppStore pada iPad Anda.


 Banner

Share this article :

15 comments:

  1. Wah pasti lezat masakannya ahli ini

    BalasHapus
  2. wow..... i like

    god share pak :D

    BalasHapus
  3. Ahli masakan Perancis rupanya nih Bang Iwan

    BalasHapus
  4. waaaa pasti masakan nya enak2 yaa :D

    BalasHapus
  5. Info yang bagus dan menarik, sekaligus menambah wawasan saya, tapi sayang, saya belum pernah mencoba masakan seorang koki ini. tapi saya yakin keahlian yang dia miliki tentunya akan ada yang meneruskan.

    BalasHapus
  6. Ooh..yang jadi logo google hari ini adalah seorang koki ya Bang

    BalasHapus
  7. Wah ternyata logo google hari ini itu Julia Child :D

    BalasHapus
  8. wah ternyata logo google hari ini Julia Child :D

    BalasHapus
  9. waw pasti makanan nya juga lezatos deh :)

    BalasHapus
  10. ngiler ni.. mw buka puasa.. hahaha

    BalasHapus
  11. ada film tentang julia child juga kalau enggak salah,,dan emang mengagumkan kisah hidupnya

    BalasHapus
  12. baru dengar tentang si julia ni, thank buat pencerahannya

    BalasHapus
  13. doodle makin sering keluar ya
    kapan aku bisa jadi tokoh doodle..?
    hihihi ngimpi...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger