Home » , , » Happy Birthday Google

Happy Birthday Google

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, September 27, 2012 | 9/27/2012


Google's 14th Birthday - Kalau biasanya Google Doodles tampil unik untuk memperingati sebuah peristiwa bersejarah ataupun kelahiran seorang tokoh, maka pada hari ini Google menampilkan logo untuk memperingati 14 tahun kelahirannya.

Sejarah Google | Dari Sebuah Kata Menjadi Raksasa

Sejarah google penting diketahui dalam perkembangan google hingga saat ini. Google merupakan salah satu perusahaan di Amerika Serikat yang terkenal di dunia. 

Kemajuan teknologi dalam hal jaringan menjadikan google sebagai perusahaan dengan mesin pencarinya bernama google makin digemari semua kalangan. Sebagian besar orang tidak mengetahui bagaimana sebenarnya sejarah perusahaan ini hingga akhirnya google terkenal dan tidak asing bagi masyarakat dunia.

Bagi Anda yang belum mengetahui sejarah google tidak perlu khawatir dan takut dikatakan kurang informasi. Banyak rujukan yang dapat Anda jadikan sumber pencarian sejarah dari google serta perkembangannya hingga saat ini. 

Setelah media online seperti internet dikembangkan dan terus disampaikan kepada masyarakat dunia, akhirnya kemajuan media online semakin meningkat serta menjadi kebutuhan dalam berbagai bidang kehidupan.

Asal Kata Google Sebagai Bagian Dari Sejarah Google


Menurut sebagian orang, sejarah google itu unik dan namanya pun juga unik. Google asal katanya dari Googlo. Ponakan Edward Kasner bernama Milton Sirotta yaitu seorang ahli matematika berkebangsaan Amerika Serikat yang membuat kata Googlo tersebut. 

Kata Googlo termasuk dalam salah satu istilah yang digunakan untuk penyebutan angka satu kemudian diikuti angka nol. Jadi, penggunaan kata Google merupakan sebuah refleksi dari kata Googlo.
Kata Google sesuai sejarah google, memiliki dua huruf ‘o’. Hal tersebut menurut sebagian orang termasuk unik dengan alasan jika data hasil pencarian ditemukan, maka jumlah huruf ‘o’ akan tampak sesuai dengan banyaknya web yang telah didapat mesin pencarinya. Wajar jika ada yang mengatakan tentang asal katanya unik dan sejarahnya juga unik. 

Pendiri Google Pertama Kali

Penemu google pertama kali hingga dikenal meluas oleh masyarakat dunia seperti sekarang ini memiliki arti penting bagi sejarah google. Jasa penemu google sangat beruntung karena mereka telah berhasil memperkenalkan sebuah perusahaan dengan mesin pencari yang menjadi raja di dunia jaringan hingga kini.

Berdasarkan sejarah google yang telah tersebar di beberapa media, Google didirikan oleh dua orang mahasiswa Ph. D. Keduanya menempuh gelar tersebut di salah satu universitas bernama Stanford. Mereka berdua bernama Larry Page dan Sergey Brin.

Awalnya pertemuan antara Page dan Brin tanpa sengaja, Page alumni S1 Universitas Michigan kemudian menikmati kunjungan akhir pekan ditemani Brin sebagai pengantarnya. 

Kedua pendiri Google tersebut dalam sejarah google sering ditunjukkan melakukan diskusi, meski kadang muncul perbedaan pendapat maupun pandangan, tapi hal itulah yang menjadikan keduanya memiliki sebuah pendekatan unik. Sebuah pendekatan unik di antara keduanya dalam upaya menyelesaikan sebuah tantangan besar di dunia komputer yang terus mengalami perkembangan. 

Tantangan besar tersebut yaitu bagaimana mendapatkan kembali data dari set data yang pasif. Sejarah google menunjukkan bahwa tepatnya pada bulan Januari 1996, kedua pendirinya mulai berkolaborasi membuat search engine dengan nama BackRub.

Keduanya terus berupaya melakukan penyempurnaan teknologi Google selama awal tahun 1998. Selain itu, keduanya juga memulai untuk mencari para investor dalam upaya pengembangan kecanggihan teknologi pada Google.

Dalam catatan sejarah google selanjutnya disampaikan bahwa ada seorang investor bernama Andy Bechtolsheim (pendiri Sun Microsystem) sepakat dengan ide mereka berdua. 

Keduanya menunjukkan demo dengan singkat kepada Andy. Andy memberikan investasinya berupa sebuah cek senilai seratus ribu dollar AS. Cek tersebut disampaikan kepada perusahaan Google.

Akhirnya kedua pendiri google ini mendirikan perusahaan pada tanggal 7 September 1998 dengan bantuan dana dari keluarga, teman serta sejawatnya sehingga cek dari Andy dapat dicairkan dengan perusahaan yang legal. Perusahaan tersebut resmi dibuka di Menlo Park, California.

Google Memiliki Perusahaan Sesuai Catatan Sejarah Google. Sejarah google terus berlanjut, setelah berdiri sebuah perusahaan atas ide kedua pendirinya yaitu Larry Page dan Sergey Brin perusahaan tersebut diberi nama secara resmi Google tepatnya pada tanggal 7 September 1998. Google menjadi sebuah perusahaan publik Amerika Serikat. 

Google berhasil mengurus sekitar hampir delapan puluh persen dari jumlah semua permintaan pencarian di internet lewat situs webnya serta kliennya (misalnya AOL, Yahoo ataupun CNN).

Selanjutnya pada tahun 2005 terdapat artikel di The New York Times maupun sumber lainnya yang menyampaikan tentang Google kehilangan anti-korporatnya.

Selain itu, sejarah google juga menunjukkan mengenai perkembangannya bahwa untuk mempertahankan budaya unik perusahaan, Google telah menghasilkan seorang Chief Culture Officer pada tahun 2006.

Seorang Chief Culture Officer tersebut menjadi direktur sumber daya manusia. Ia memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membangun, mempertahankan budaya serta kerja pada jalan yang benar sehingga dapat menuju hasil inti.

Hasil inti yang dimaksud yaitu perusahaan ini pada awalnya berdiri sebagai sebuah perusahaan kecil, langkahnya hierarki serta memiliki sebuah lingkungan yang kolaboratif.

Menelusuri sejarah tentang apapun, misalnya sejarah google tidak cukup melalui satu rujukan kemudian dijadikan satu-satu sumber informasi. Sejarah google mulai dari asal kata, berdiri hingga perkembangan perusahaannya menjadi catatan serta informasi penting bagi kita yang memanfaatkan kemajuan serta kecanggihan teknologi utamanya internet.
Perusahaan ini memiliki peran dalam pencarian internet serta iklan online. Perusahaan pusat Google memiliki basis di Mountain View, California dengan jumlah karyawan sebanyak 19.604 orang (data pada tanggal 30 Juni 2008). 

Sejarah google juga telah mencatat bahwa filosofi google yang telah dikenal oleh masyarakat dunia memiliki slogan. Slogan yang dimaksud yaitu ‘Don't be evil’ serta ‘Kerja harusnya menantang serta tantangan itu harusnya menyenangkan’. Slogan tersebut dapat menunjukkan tentang budaya perusahaan bertarget meski ada sisi santai di dalamnya.

Sejarah google menunjukkan tepatnya pada 4 September 1998, perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan saham pribadi. Adapun penawaran yang dilakukan dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004. Perusahaan tersebut telah mengumpulkan dana $1,67 miliar dan menjadikannya bernilai $23 miliar. 

Adanya beragam jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan serta mitra menjadikan perusahaan ini menjadi luas dalam hal bisnis pencarian serta iklan. Pada mulanya areanya masih kecil, tapi akhirnya meluas hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, produktivitas perusahaan, pemetaan online serta bertukar video.

Sejarah Google Mencatat Perkembangan Google Hingga Saat Ini. Google merupakan mesin pencari terbesar di internet. Sesuai sejarah google serta mengamati perkembangannya, Google sangat populer di web dan di antara pengguna internet. Alasannya Google memiliki desain sederhana, bersih serta memberikan hasil pencarian relevan.

Google juga telah menerima sekitar dua ratus juta permintaan pencarian setiap harinya. Permintaan sebanyak itu melalui situsnya sendiri serta situs-situs web milik kliennya seperti American Online (AOL). 

Perkembangan google semakin meningkat sesuai sejarah google yang telah ditunjukkan. Iklan pada google dijual sesuai keyword sehingga lebih relevan bagi penggunanya. Selain itu iklan tersebut harus menggunakan teks agar halaman rapi serta loadingnya cepat. Adanya konsep penjualan iklan sesuai keyword dimulai oleh Overture (dulu bernama Go To.com). 

Google mendapatkan keuntungan lebih banyak ketika perusahan dotcom lainnya mengalami masa kemerosotan hingga bangkrut karena Google memperkuat pengaruhnya. Tepatnya pada bulan September 2001, sejarah google menunjukkan mengenai perkembangan google dari segi mekanisme peningkatan Google (PageRank). 

Mekanisme tersebut diberikan suatu hak paten Amerika Serikat. Leland Stanford University secara resmi mendapatkan hak paten tersebut. Selain itu juga dicantumkan nama penemunya Lawrence Page. Selanjutnya pada bulan Februari 2003, Pyra Labs, pemilik blogger, sebuah situs web pionir serta pemimpin hosting weblog telah dibeli Google. 

Hal tersebut merupakan langkah yang menjadikan Google dapat memakai informasi dari postingan blog sehingga dapat melakukan perbaikan kecepatan serta relevansi artikel Google News. Sesuai sejarah google yang disebar di berbagai media, Google mengalami kejayaan pada awal tahun 2004. 

Sejarah Google dan Perkembangannya

Internet atau sering juga disebut dengan dunia maya menyajikan berbagai macam informasi dan hiburan. Mulai dari pelajaran sekolah, ilmu politik, berita terkini, film, musik, dan berbagai informasi lainnya bisa kita temukan di internet. Saking banyaknya informasi dan hiburan yang ada di internet, Anda tidak akan pernah habis untuk menelusurinya. Jutaan atau bahkan miliaran data baru dimasukkan ke dalam internet setiap harinya.

Internet memang layak disebut sebagai dunia tanpa batas. Dengan dunia tanpa batas itu, apakah kita bisa menemukan informasi ataupun hiburan yang kita inginkan? Tentu saja bisa, yaitu dengan menggunakan mesin pencari. Diantaranya adalah Google. Anda bisa mengunjunginya di alamat www.google.com. Sejarah Google begitu panjang dan menggambarkan betapa kesuksesannya saat ini merupakan hasil dari kerja keras para pendirinya.

Awal Mula Google Terbentuk

Awal mula terbentuknya Google bisa dibilang secara kebetulan. Berawal dari pertemuan antara Larry Page, yang waktu itu berusia 24 tahun dan alumnus Universitas Michigan, dengan Sergey Brin yang berusia 23 tahun pada tahun 1995. Saat itu Larry Page sedang melakukan kunjungan akhir pekan dan diantar oleh Sergey. Dari perbincangan singkat antara Sergey dan Larry tentang mesin pencari yang ada di internet, kedua orang ini sepakat untuk menciptakan mesin pencari yang lebih efektif.

Setelah beberapa lama melakukan riset, akhirnya pada tahun 1996 mereka berhasil menciptakan mesin pencari yang kemudian diberi nama Backrub. Mereka terus menyempurnakan mesin pencari Backrub dan mulai mencari investor untuk proyek mereka.

Dari Googol ke Google

Andy Bechtolsheim akhirnya setuju untuk memberikan investasi sebesar 100.000 dolar dalam bentuk cek, dengan syarat nama mesin pencari tersebut diganti dengan Googol, yaitu sebuah kata yang berarti bilangan satu dengan 100 angka 0 dibelakangnya. Tetapi secara tidak sengaja, Andy salah ketik dan menuliskan cek itu untuk perusahaan Google. Tentu saja hal itu membuat cek tersebut tidak bisa dicairkan karena waktu itu belum ada perusahaan yang bernama Google.

Walaupun menurut mereka nama itu unik, tetapi mereka bingung bagaimana mendirikan perusahaan tersebut. Akhirnya Sergey dan Larry kembali mencari investor lain dan berhasil mengumpulkan lebih dari satu juta dolar. Dengan uang itu, mereka bisa membuat perusahaan dengan nama Google dan mencairkan cek dari Andy Bechtolsheim.

Menjadi Mesin Pencari Terbesar

Setelah Google resmi diluncurkan, banyak yang memandang sebelah mata bahwa mereka tidak akan bisa meraih sukses. Saat itu, mesin pencari di internet belum banyak digunakan oleh pengguna internet. Tetapi seiring berjalannya waktu, orang-orang semakin banyak yang menggunakan mesin pencari Google dan membuat Google menjadi mesin pencari nomor satu yang paling banyak digunakan orang.

Sejarah Google ini membuktikan bahwa pandangan ke depan dari Sergey dan Larry telah berhasil membuat Google menjadi pionir di bidang mesin pencari internet.

Sumber : www.anneahira.com


Denaihati
Share this article :

42 comments:

  1. Met Ultah ke 14 buat mbah google

    BalasHapus
  2. Ulasannya lengkap amat gan,
    ane suka tuh gambar gulge yg warna cokelat ...
    30 days for search result
    wkwkwkw

    BalasHapus
  3. selamatulang tahun google, semoga google semakin semakin sehat...

    BalasHapus
  4. mantap,,perjalanan yang panjang untuk sebuah mesin pencari terbesar ini..
    tidak nyangka ternyara nama google justru sebuah kesalahan tulis....hehe

    BalasHapus
  5. tiap hari pake google tapi baru kali ini saya baca sejarahnya :D

    BalasHapus
  6. same ane juga baru kali ini bca sejarahnya, he he, maklum mas bro malas baca :D

    BalasHapus
  7. Walau usianya belum dewasa, dia sudah menjadi perusahaan yang berkaliber. Selamat buat google.


    Sukses selalu

    BalasHapus
  8. hmm pantes aja tampilannya kue tart..
    happy b'day google..

    BalasHapus
  9. Ternyata anak muda yang menciptakan google ya... baru tau nih.... Met ultah google....

    BalasHapus
  10. selamat ulang tahun google .. :)

    BalasHapus
  11. we wish better for google,,, semoga google lebih peka lagi terhadap iklan porno,, mudah mudahan ada penyaringnya buat hal ini, hahah, dan mudah mudahan bersahabat dnegan web web aku yg dikelola,, amin,

    BalasHapus
  12. Padahal umurnya baru 14 tahun kok banyak yang manggilnya dengan "mbah" yah?

    BalasHapus
  13. Happy B'day Google...
    Moga tetep jadi search engine number 1

    BalasHapus
  14. HBD google semoga tetap sukses menjadi search engine terpopuler

    BalasHapus
  15. Selamat Ultah buat google...sumbangsih dari Google untuk internet di Indonesia tentunya sangat luar biasa..kerena jarang ada orang yang tidak kenal google...
    Thaks Infonya..

    BalasHapus
  16. selamat ultah buat s mbah,,,moga makin oek aplikasinya dan lebih banyak yang gratis,,hehe

    BalasHapus
  17. thanks google,,, sukses selalu deh buat si mbah,,,,

    BalasHapus
  18. moga google makin bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  19. waaww sudah 14 tahun,, All d'best for you Google

    BalasHapus
  20. congrats for Larry Page dan Sergey Brin.

    BalasHapus
  21. Thank gan buat inofnya, anne suka sekali blog ini…..

    BalasHapus
  22. semoga di tahun yang baru ini, ibadah kita semakin meningkat dan istiqomah, amin…

    BalasHapus
  23. infonya sangat bagus dan menarik sekali…
    mantap gan….

    BalasHapus
  24. Lumayan wawasan aku jadi bertambah, thank buat infonya bray... salam blogger...

    BalasHapus
  25. thanks gan artikelnya, sangat bermanfaat, ditunggu postingan berikutnya ya..^_^

    BalasHapus
  26. Salam kenal bloger indonesia..!!!

    BalasHapus
  27. Terimakasih atas infonya gan, saya sangat terkesan.
    Saya tunggu karya tulis lainnya, salam kenal bloger indonesia.. to all
    (jangan lupa kunjung balik yaa hehe)

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger