Home » , , » Cita-Citaku Setinggi Tanah

Cita-Citaku Setinggi Tanah

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, September 26, 2012 | 9/26/2012

Apa jadinya bila sebuah cita-cita tak setinggi biasanya? Apa jadinya bila sebuah cita-cita tak terdengar seperti sebuah cita-cita? Apa jadinya bila cita-cita jauh dari hal mulia? Jawabnya ada pada diri Agus dan bagaimana ia melalui semuanya untuk mewujudkan cita-citanya. Berawal dari sebuah tugas sekolah, terungkaplah sebuah cita-cita tak lazim dari seorang Agus. Cita-cita yang tak bisa dimengerti oleh siapapun, termasuk keluarga dan tiga sahabatnya. Dan mungkin juga kita semua. Hingga Agus mendapatkan jawabannya dan membaginya melalui cita-citanya yang setinggi tanah
Priskila Evalianitha yang memproduseri film tersebut mengatakan, proses pembuatan'Cita-citaku Setinggi Tanah' memakan waktu satu bulan, dan mengambil lokasi syuting di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Evalian menjelaskan, film karyanya menggambarkan semangat 3 anak di daerah terpencil untuk meraih sukses. Namun, mereka terbentur oleh keinginan orangtua yang menghendaki anak-anaknya harus sukses di bidang tertentu sesuai keinginannya.

"Jalan ceritanya sangat simple. Cita-cita anak yang terbentur oleh keinginan dan kemauan orangtua. Kalau soal semangat, fighting spirit dalam film ini, kurang lebih menyamai Laskar Pelangi," sambung Evalian menyebut film garapan Riri Riza yang diangkat dari novel Andrea Hirata.

Ketertarikan Evalian untuk mengangkat cerita itu berangkat dari realita kehidupan yang ia jumpai di tengah masyarakat. Menurut Evalian, keinginan orangtua tidak selalu membuat sukses anak-anaknya.


Film ini sangat layak untuk menjadi tontonan semua usia. Sangat menghibur. Membumi. Sama sekali tidak menampilkan keglamouran mimpi seperti banyak tampil dalam gambar sinetron yang katanya untuk anak-anak. Dialog pun bukan percakapan orang dewasa yang disumpalkan ke dalam mulut anak-anak.
Sinopsis Film Cita-Citaku Setinggi Tanah 
 

Agus berasal dari keluarga sederhana di Muntilan, Jawa Tengah. Ayahnya bekerja di pabrik tahu, ibunya adalah ibu rumah tangga yang sangat mahir membuat tahu bacem. Agus gelisah setelah ditugaskan oleh ibu guru untuk membuat karangan tentang cita-cita.
Teman-teman Agus memiliki cita- cita setinggi langit. Sri ingin menjadi artis terkenal karena dorongan ibunya. Ia selalu ingin dipanggil dengan nama Mey.
Menurutnya, nama Sri tidak menjual. Jono bercita-cita jadi tentara. Dalam kesehariannya, ia bertingkah selayaknya pemimpin di hadapan teman-temannya. Jono selalu ingin jadi ketua kelas. Puji bercita-cita ingin membahagiakan orang lain. Ia membantu semua orang yang terlihat membutuhkan bantuan.
Di balik semua aksinya itu, ternyata ia hanya mengharapkan sanjungan dan ucapan terimakasih dari orang yang dibantunya. Ia haus pujian Agus yang tiap hari makan tahu bacem buatan ibunya bercita-cita ingin makan di restoran Padang. Ia jadi bahan tertawaan teman-temannya. Ia juga sadar bahwa untuk cita-citanya itu ia butuh uang. Masalah ini yang harus dipecahkannya 
  
Trailer Film Cita-Citaku Setinggi Tanah 

Trailer Film Cita-Citaku Setinggi Tanah
 
 Denaihati
Share this article :

34 comments:

  1. kalo setinggi tanah mah diinjek injek atu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cita-cita yang tak bisa dimengerti oleh siapapun, termasuk keluarga dan tiga sahabatnya. Dan mungkin juga kita semua.

      Hapus
  2. cuma mau makan di resto padang ? ya ampuun cita-cita yang dangkal :D

    BalasHapus
  3. wah,,,jujur saya lebih suka film seperti ini,,tentang semangat anak2 yang berjuang untuk cita-citanya, sehingga memberikan pesan yang baik..

    BalasHapus
  4. kayaknya insfiratif neh film,,,mesti nonton,,,

    BalasHapus
  5. Sebuah referensi film yang perlu untuk ditonton anak-anak Indonesia nih Bang...
    Film-film sekarang banyak menjual mimpi yang tak tentu arah tujuannya, termasuk sinetron-sinetron Indonesia yang seringkali hanya memperlihatkan segi kemewahan semata tanpa ada unsur pendidikannya.
    Terima kasih telah berbagi Bang Iwan

    BalasHapus
  6. waawww,, pnsaran pngen nnton filmnya

    BalasHapus
  7. semoga ini menjadi tontonan yang memberikan semangat kepada anak-anak untuk memiliki cita-cita dan mewujudkannya.

    BalasHapus
  8. film ini akan jadi tontonan yang menarik sekaligus memberikan motivasi bagi anak-anak Indonesia

    BalasHapus
  9. trailernya bagus yah.. jadi pingin lihat nih.

    BalasHapus
  10. film indonesia makin bagus dan penuh pendidikan yah..

    BalasHapus
  11. Sebuah judul yang memiliki makna dalam, terkadang mereka berjalan hanya dengan keinginan yang sederhana, namun hal itulah yang akan membawa suatu perubahan besar tanpa diketahui siapapun.
    Sukses selalu

    Salam,

    BalasHapus
  12. seharusnya film film anak seeperti ini lebih sering di pertontonkan ..

    BalasHapus
  13. gapailah cita" kalian sampai ujung dunia

    BalasHapus
  14. tema yang mungkin sederhana tapi menggambarkan pola kehidupan secara umum masyarakat ekonomi kecil di indonesia

    BalasHapus
  15. Betuk pak, itu cita-cita yang tidak masuk akal,, ingin makan di restoran padang di jadikan cita-cita, namun perjuangan untuk mendapatkan uangnya yang menjadi perjuangan meraih cita-citanya.. sepertinya bakalan seru,,

    BalasHapus
  16. yalloh,, menarik juga,, pengen lihat yang aslinya

    BalasHapus
  17. nah kali-kali harus juga nampilin film yang kayak gini,, jangan melulu soal cinta ...
    inspiratif gan...

    BalasHapus
  18. kaya nya seru nih film nya...
    udah mulai di puter apa belum gan?

    BalasHapus
  19. cita-cita harus nya setinggi langit..
    jadi penasaran kaya apa akhir cerita nya.

    BalasHapus
  20. film yang sangat bagus..
    baru liat trailer nya ja udah bikin penasaran pengen nonton full.

    BalasHapus
  21. film yang sangat berkualitas...
    semoga banyak yang suka.

    BalasHapus
  22. Semoga kita dapat menangkap beberapa pesan yang ada dalam cerita ini,makna nya memang susah untuk di jelaskan,artikel yang sangat menarik, salam

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger