Home » , , » Inilah 10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya di Dunia

Inilah 10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya di Dunia

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, September 28, 2012 | 9/28/2012

Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga paling kaya di dunia. Olahraga nomor wahid sejagad ini memiliki beberapa liga dengan perputaran uang yang super besar. 

Dalam beberapa tahun terakhir, penggemar sepakbola telah menyaksikan orang-orang super kaya mengakuisisi klub-klub Eropa. Sebagian hanya sebagai 'barang mainan' baru, sebagian lagi punya tekad besar untuk menjadikan klub yang dibelinya sebagai yang terbaik. Banyak pemilik klub sepakbola yang juga menjadi orang terkaya di dunia. Well, anda akan segera tahu, dan mungkin terkejut!

10. Silvio Berlusconi

Raksasa Italia AC Milan dimiliki oleh taipan bisnis yang juga seorang politisi, Silvio Berlusconi. Berlusconi dikenal sebagai pengusaha yang memiliki Finivest. Selain itu, bisnisnya juga merambah ke sektor real estate, televisi dan perfilman. Presiden Milan ini juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Italia. Ia akhirnya lengser karena dugaan melakukan hubungan seksual dengan gadis di bawah umur. Ia juga pernah mendapat tuduhan penggelapan pajak. 

Kekayaan Berlusconi saat ini diperkirakan senilai 5,9 miliar dolar. 


9. Philip Anschutz 

Salah satu pendiri Major League Soccer, kompetisi teratas sepakbola Amerika Serikat. Saat ini, ia adalah pemilik LA Galaxy, Houston Dynamo dan Hammarby FC. Anschutz menghasilkan uang dari bisnis investasi. Ia memulai usahanya dengan membeli perusahaan pengebiran milik ayahnya sendiri. Ia lalu beralih ke bisnis investasi, real estate dan bisnis kereta api. Schutz pernah memiliki lima tim MLS secara bersamaan. 

Kekayaan Schutz ditaksir bernilai 7,6 miliar dolar.  







8. John Fredrikson 

John Fredriksen lebih dikenal sebagai pengusaha kapal tanker nomor satu dunia ketimbang sebagai pemilik klub sepakbola. Ia juga merupakan taipan dalam bisnis perkapalan dunia. Saat ini Fredriksen memiliki armada perkapalan tanker terbesar di dunia. Bisnisnya juga merambah pengeboran minyak lepas pantai. Fredriksen adalah pemilik klub Norwegia, Valerenga. Klub ini menjadi juara Norwegia pada 2008 namun selalu gagal di musim-musim selanjutnya. 

Kekayaan Fredrikden disebut senilai 11,3 miliar dolar.  





7. Roman Abramovich 

Siapa yang tak kenal Roman Abramovich. Sejak mengakuisisi Chelsea, Abramovich sudah sering menjadi headline berita sepakbola dunia. Setelah menghabiskan sekitar satu miliar Dolar untuk membangun Chelsea, Abramovich akhirnya berhasil mendapatkan trofi yang selalu menjadi impiannya, Liga Champions. Konglomerat asal Rusia ini adalah pemilik Millhouse LLC, sebuah perusahaan investasi. Di dunia bisnis, ia dikenal memiliki strategi jitu untuk memperbanyak uangnya. 

Kekayaan Abramovich ditaksir sebanyak 12,1 miliar dolar. 






6. Francois Pinualt 

Francois Pinualt, pemilik klub Prancis Stade Rennais. Ia menghasilkan uang lewat perusahaan retail Prancis PPR. Saat ini Pinualt juga merupakan pemegang saham produsen sepatu Converse, prdusen tas Samsonite dan beberapa perusahaan lain. Rennais tidak dimiliki langsung oleh Pinualt, namun dipercayakan kepada perusahaan induknya. Rennais memiliki tim yang solid untuk ukuran Ligue 1, tapi tak terlalu kuat untuk menjadi favorit juara. 

Kekayaan Pinualt diperkirakan sekitar 13 miliar dolar. 
 





5. Paul Allen 

Paul Allen lebih dikenal publik sebagai salah satu pendiri Microsoft. Selain itu, Allen juga punya bisnis investasi yang nilainya mencapai miliaran dolar. Selain memiliki Seattle Sounders, Allen juga merupakan pemilik klub NFL Seattle Seahawks dan tim NBA Portland Trailblazers. Sejauh ini pengaruh Allen di Sounders cukup baik. Ia mampu mengangkat ketertarikan publik terhadap sepakbola di Amerika. Sounders mencatat penonton rata-rata 31.000 per pertandingan. 

Kekayaan Allen ditaksir mencapai 15 miliar dollar.

 






4. Rinat Akhmetov 

Rinat Akhmetov. Ia adalah seorang usahawan dan anggota parlemen Ukraina. Akhmetov menjadikaya lewat perusahaan miliknya yang bernama System Capital Management. namun ia juga sering dicurigai menjadi bagian dari organisasi kejahatan di Ukraina. Akhemtov adalah pemilik Shakhtar Donetsk, salah satu klub elit Ukraina. Shakhtar menjadi tim Ukraina pertama yang mampu menjuarai Piala UEFA (kini Liga Europa) pada 2009. 

Kekayaan Akhmetov bernilai 16 miliar dolar. 

 





3. Alisher Usmanov 

Konglomerat asal Rusia Alisher Usmanov adalah salah satu pemegang saham di Arsenal. Kepemilikan sahamnya hanya29%, lebih kecil dari milik Stan Kroenke. Kepemilikan saham Usmanov di Arsenal naik dengan pesat. Pada 2007, saham Arsenal yang dikuasainya hanya 14,5% saja. Usmanov memiliki usaha pertambangan, perkayuan dan berbagai macam investasi. Dia juga mulai mengembangkan bisnisnya ke stasiun televisi dan perusahaan penerbitan. 

Kekayaan usmanov saat ini diperkirakan senilai 18,1 miliar dolar. 
 
 



2. Lakshmi Mittal 

Lakshmi Mittal, taipan baja asal India yang kini menetap di Inggris. Ia adalah pemilik 34% saham klub Premier League QPR. Mittal menjadi milyuner berkat perusahaan baja yang dikembangkannya. Ia kini adalah pemilik 41% saham di perussahaan baja terbesar di dunia, ArselorMittal. Mittal dan Tony Fernandez bertekad untuk menjadikan QPR sebagai salah satu klub kuat di Inggris dengan berbagai investasi yang mereka buat. Musim panas ini QPR telah mulai mendatangkan beberapa pemain bagus. 

Kekayaan Mittal ditaksir mencapai 20,7 miliar dolar. 




1. Amancio Ortega

Ini dia pemilik klub sepakbola yang paling kaya saat ini. Amancio Ortega, seorang pengusaha asal Spanyol. Ortega memperoleh pundi-pundi uang dari perusahaan tekstil Spanyol, Inditex. Dia adalah konglomerat yang low profile, sosoknya jarang diulas media. Namun saat ini Ortega adalah orang terkaya nomor lima di dunia. Ortega juga pemilik klub La Liga Deportivo La Coruna. Klub ini terakhir menjadi jawara liga pada tahun 2000. Setelah itu, Super Depor lebih banyak berkiprah di papan tengah dan bawah La Liga. 

Kekayaan Ortega diperkirakan senilai 37,5 miliar dolar. 





Denaihati
Share this article :

6 comments:

  1. Wah real madrid gak termaksud yah ?

    BalasHapus
  2. Seandainya dnia pesepakbolaan kita dapat dibuat management yag benar, mungkin para pemainnya tidak usah repot-repot menjadi bintang iklan. Dan setelah itu pensiun secara perlahan. He...x9


    Sukses selalu

    Salam Wisata,

    BalasHapus
  3. Nice inpo gan, kunjungi blog saya juga ya. hehehehe

    BalasHapus
  4. thanks gan artikelnya, sangat bermanfaat, ditunggu postingan berikutnya..izin bookmark dl ya..^_^

    BalasHapus
  5. wow itu uang semua ya nggak habis 21 keturunan tuh apalagi terus dikembangkan

    BalasHapus
  6. Moga saja mereka2 tidka lupa untuk bersedekah..

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger