Home » , , » Inilah 20 Wanita Paling Berpengaruh Tahun 2012 Versi Majalah Forbes

Inilah 20 Wanita Paling Berpengaruh Tahun 2012 Versi Majalah Forbes

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, September 07, 2012 | 9/07/2012

Selama sembilan tahun, majalah Forbes merilis sebuah daftar tahunan tentang 100 wanita paling berpengaruh di dunia. Didasarkan pada kemunculan di depan publik dan dampak ekonominya, ini merupakan foto-foto wanita yang membuat perubahan di dunia pada 2012. Daftar tahun ini memasukkan delapan kepala negara, 25 CEO, puluhan pengusaha dan segelintir selebriti yang juga filantropis.
Siapa yang berhasil masuk dalam daftar wanita berpengaruh tahun ini?
Berikut 20 Wanita Paling Berpengaruh Tahun 2012 Versi Majalah Forbes


20. Maria das Gracas Silva Foster: CEO perusahaan minyak dan gas

Maria das Gracas Silva Foster merupakan CEO Petrobras-Petroleo, yang merupakan perusahaan energi raksasa yang kini memproduksi 91% minyak dan 90% gas alam Brazil. Saat produksi minyak dan gas terus menjadi sektor yang penting dalam ekonomi global, para pengamat melaporkan bahwa kapasitas produksi Petrobas akan menjadi sangat penting.




19. Aung San Suu Kyi: Pemimpin pro demokrasi.


Pimpinan oposisi dan Sekjen Liga Nasional untuk Demokrasi Myanmar tersebut telah ditahan dalam tahanan rumah selama 15 hingga 21 tahun sejak 1989 hingga ia dibebaskan pada 13 November 2010. Pada Juni 2012, ia akhirnya diberikan kesempatan untuk berpidato atas penghargaan Nobel perdamaian yang ia terima pada 1991 dan merayakan kebebasannya dengan melakukan perjalanan ke Eropa.




 


18. Meg Whitman: CEO Perusahaan teknologi

 
Mantan CEO eBay, Meg Whitman mencapai kesuksesannya menjadi Gubernur California pada 2010 sebelum akhirnya mengambil alih kepemimpinan di Hewlett-Packard pada Januari 2011. Saham HP anjlok hingga mendekati 25% tahun ini, namun Whitman berhasil meningkatkan pendapatan HP hingga 1,4 miliar dolar AS (setara dengan Rp 13,42 triliun) akibat lonjakan 50% nilai saham eBay.



17. Ursula Burns, CEO perusahaan teknologi


 
Wanita kulit hitam pertama yang menjadi pimpinan penting di perusahaan besar, Ursula Burns menjadi CEO Xerox selama tiga tahun terakhir. Tahun ini ia mengutuk kebijakan keanggotaan Augusta National Golf Club yang hanya boleh diikuti pria, dengan mengatakan, jika masih belum diubah, Xerox tidak akan mensposori turnamen tersebut. Bulan ini klub tersebut akhirnya membuka pendaftaran untuk para wanita untuk pertama kalinya dalam 80 tahun terakhir.



16. Christina Fernandez de Kirchner: Presiden Argentina


 
Presiden wanita terpilih Argentina pertama, dan presiden wanita kedua yang pernah menjabat setelah Isabel Martinez de Peron, 1974 - 1976). Fernandez de Kirchner menjadi topik utama pada musim panas ini saat ia menyetujui iklan bagi para tim olimpiade Argentina, yang mengangkat masalah sengketa Inggris di Falkland Islands, hal tersebut sangat dikecam Inggris.

 



15. Virginia Rometty: CEO perusahaan teknologi

 
Virginia menjadi pimpinan IBM pada Oktober, yang menjadikannya sebagai wanita pertama yang memimpin perusahaan tersebut. Meski biasanya ia tampil sangat tertutup, namun ia terlihat di turnamen Augusta National Golf Club pada April menyusul kontroversi bahwa hanya peserta pria saja yang boleh mengikuti turnamen tersebut. Klub tersebut akhirnya mengubah kebijakan tersebut pada bulan ini.

 


14. Lady Gaga: Musisi

 
Stefani Joanne Angelina Germanotta (25) telah menjual sebanyak 23 juta album dan 64 juta single di seluruh dunia, membuatnya menjadi salah satu artis dengan penjualan album terlaris sepanjang masa.

 








13. Irene Rosenfeld: CEO Kraft Foods

 
Irene yang merupakan kelahiran New York, tahun ini mengamati pecahnya perusahaan bisnis retail Kraft Amerika Utara dan bisnis kudapan global menjadi dua perusahaan publik yang independen. Perusahaan tersebut juga memecat 1.600 karyawannya dan menutup tiga kantornya.

 






12. Indra Nooyi: CEO PepsiCo

 
 
Tahun lalu, PepsiCo membagi keuntungannya kepada para pemegang saham sebesar 6,6 miliar dolar AS, saat pendapatan perusahaan tersebut naik sebesar 14% menjadi 66 miliar dolar AS. Meskipun demikian mereka masih menghadapi saingan dari perusahaan raksasa Coca-Cola.

 



 
11. Oprah Winfrey: Pengusaha Media


 
Dengan kariernya selama 30 tahun, Oprah Winfrey masih menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia. Ia masuk dalam daftar orang Afrika Amerika terkaya di dunia pada abad ke-20, filantropis dari kalangan kulit hitam terbesar dalam sejarah Amerika, dan pernah menjadi satu-satunya warga kulit hitam terkaya di dunia.

 




10. Sheryl Sandberg: COO Facebook

 
Direkrut dari Google oleh Mark Zuckerberg pada 2008, Sheryl telah menjadi Chief Operating Officer Facebook saat laman tersebut tumbuh pesat dalam empat tahun terakhir. Pada 2011 gajinya diperkirakan mencapai 30,49 juta dolar AS (sekitar Rp292,33 miliar).

 





 9. Janet Napolitano, Politisi AS


 
Wanita pertama yang mengepalai US Department of Homeland Security, Janet merupakan kepala di departemen terbesar ketiga di dunia politik Amerika.

 







 8. Christine Lagarde: Pimpinan IMF

 
Christine Lagarde menjadi topik utama saat ia mengambil alih jabatan direktur manajer IMF, menggantikan Dominique Strauss-Kahn yang tersandung skandal.
 








 7. Michelle Obama: Istri Presiden AS

 
Sebagai istri presiden AS (yang juga wanita Afrika Amerika pertama yang menyandang posisi tersebut) Michelle Obama telah menjadi ikon busana dan merupakan model bagi para wanita, serta seorang aktivis yang mengampanyekan kesadaran akan warga miskin, nutrisi dan makanan sehat.
 





6. Sonia Gandhi: Politisi


 
Politisi India kelahiran Italia, Sonia Gandhi merupakan pimpinan yang paling lama menjabat dalam sejarah Kongres Nasional India, yang merupakan salah satu partai politik terbesar di India. Ia merupakan janda dari perdana menteri India, Rajiv Gandhi, yang dibunuh pada 1991. 






5. Jill Abramson: Jurnalis

 
Jill Abramson merupakan editor eksekutif harian The New York Times. Menduduki jabatan pada September 2011, ia menjadi wanita pertama yang menjabat posisi itu dalam kurun waktu 160 tahun.

 







 4. Melinda Gates: wakil pimpinan Bill & Melinda Gates Foundation

Melinda Gates dan suaminya, Bill mendirikan yayasan terkaya dan paling dermawan di dunia, sehingga saat Melinda berdebat dengan Vatikan soal pengendalian kelahiran, menjadi berita utama pada musim panas ini. Gates telah bersumpah untuk mendedikasikan dirinya untuk meningkatkan akses kepada para wanita mendapatkan alat kontrasepsi di beberapa negara termiskin di dunia.
 


 3. Dilma Rousseff: Presiden Brazil

 
Presiden wanita pertama Brazil, tahun ini adalah yang kedua kalinya ia menduduki tiga besar dalam daftar wanita paling berpengaruh.



 








 2. Hillary Rodham Clinton: Politisi

 
Menteri Luar Negeri AS ke-67, yang menjabat di bawah pemerintahan Barack Obama, Hillary merupakan istri dari mantan presiden AS, Bill Clinton.
 









 1. Angela Merkel: Politisi

 
Kanselir wanita Jerman pertama, Angela Merkel mendudki posisi pertama daftar wanita paling berpengaruh di dunia sebanyak enam kali dalam sembilan tahun terakhir.








Mantan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati juga untuk kali keempat tercantum dalam daftar bergengsi yang rutin dirilis Forbes selama sembilan tahun terakhir tersebut.



Tahun ini Ani sapaan akrab Sri Mulyani berada di posisi ke-72, menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang bertengger di tempat ke-65, tapi masih di atas si penulis Harry Potter, J.K. Rowling, yang menempati peringkat ke-78.

Pada 2010 Ani tak masuk daftar. Sedangkan pada 2009 dia menduduki tempat ke-71. Raihan terbaik direktur pelaksana Bank Dunia dalam ”kompetisi” tersebut tercatat pada 2008, ketika masih menjabat menteri keuangan, yaitu posisi ke-23.

[Sumber]


Denaihati
Share this article :

20 comments:

  1. Wah KUPER nya saya Bang, dari 20 hanya no 2, 6 dan 7 plus Bu Sri Mulyani saja yang saya kenal....

    BalasHapus
  2. luar biasa sekali.. ternyata indonesia juga ada yang berpangaruh yah

    BalasHapus
  3. kalo menurut saya wanita hebat so pasti ibu saya sendiri :)

    BalasHapus
  4. Ada juga wanita Indonesia yang masuk dalam 100 besar. Apa semenjak bergabung di bank dunia itu lantas diperhitungkan ya.

    BalasHapus
  5. aduh ternyata lady gaga masuk juga ya..

    BalasHapus
  6. waduh semua berpengaruh saya paling kagum sama yang CEO, kedengaran keren banget CEO

    BalasHapus
  7. Nambah lagi saya Bang, daftar nama yang saya milki dari yang setelah membaca artikel ini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  8. para pengusaha,politisi& CEO yg mempunyai pola fikir yg cerdas,subhanalloh...
    makasih sobat artikel nya...

    BalasHapus
  9. kasih jempol empat dah untuk Aung San Suu Kyi ..
    :)

    BalasHapus
  10. LADY GAGA ?????
    apa ga salah gan ..heheeeee

    BalasHapus
  11. aku juga pengen jadi wanita yang berpengaruh di dunia ....
    yang pasti yang berpengaruh baik ...

    BalasHapus
  12. wow,,,,merinding saya bcanya,,wanita yang sangat hebat,,,seperti kata bang dadan sayapun kuper hanya tahu beberpa saja,,hehe
    bu sri pun masuk yah,,,

    BalasHapus
  13. “Sahabat adalah satu jiwa yang menghuni dua tubuh. Bagaikan oksigen(O2) dalam air, dan Hemoglobin dalam darah. Banyak mantan pacar, tapi gak ada mantan teman”. (Iman Zenit).

    BalasHapus
  14. makasih mas atas infonya. moga sehabis ini ada gantinya ya mas. cuman satu mas cewe yang aku kenal ketinggalan jaman nih ane.

    BalasHapus
  15. saya setuju gan ! ladiest first :) hebat sekali wanita2 ini ! sangan fantastic :)

    BalasHapus
  16. whahh keren sekali yh ternyata.. para wanita pun bisa berkarir yah.. tisak cukup hanya para lelaki

    BalasHapus
  17. Moga2 tahun2 depan banyak wanita Indonesia yang masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia...

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

SAATNYA REKENING ANDA BERTAMBAH SECARA OTOMATIS

  1. Terpercaya, baru beberapa hari launching http://goo.gl/q9UZSR sudah mampu membayar membernya hingga jutaan rupiah
  2. Stop frustasi, saatnya jalanin http://goo.gl/q9UZSR kerja online dengan hasil pasti dan bisa dipantau perkembangan komisi setiap detiknya
  3. Bisnis online paling aman dan paling asyikkkk, iya disini http://goo.gl/q9UZSR
  4. Hanya di http://goo.gl/q9UZSR kita akan dibayar hanya dengan mendatangkan pengunjung meski tidak upgrade
  5. Ambil langkah tepat sekarang untuk mewujudkan kebebasan finansial Anda di http://goo.gl/q9UZSR
  6. Jika saat ini Anda masih belum menghasilkan puluhan hingga ratusan ribu rupiah dari internet, saatnya bergabung bersama kami secara gratis di http://goo.gl/q9UZSR
  7. Anda memiliki potensi untuk meraih puluhan juta rupiah dari internet, klik http://goo.gl/q9UZSR untuk bergabung bersama ribuan member kami

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : METROTIK | METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger