Home » , , » Cinta Tapi Beda - Apa Yang Dipersatukan TUHAN Tidak Dapat Dipisahkan Manusia

Cinta Tapi Beda - Apa Yang Dipersatukan TUHAN Tidak Dapat Dipisahkan Manusia

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, November 21, 2012 | 11/21/2012


Mengangkat sebuah Novel ke layar lebar sudah menjadi hal yang umum bagi sutradara Hanung Bramantyo. Ia pernah memfilmkan novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy. Ia juga pernah mengangkat novel karya Dewi Lestari, Perahu Kertas, ke layar lebar dengan judul yang sama. 

Kali ini, pria kelahiran 1 October 1975 ini mengangkat sebuah kisah berdasarkan tulisan dari sebuah blog. Film yang berjudul Cinta Tapi Beda ini diambil dari blog Dwita Sari. 

Tulisan dari blog seorang gadis yang baru masuk kuliah itu dilihat oleh asisten Hanung, Hestu Saputra. Hestu kemudian menyarankan Hanung untuk memfilmkan kisah itu. “Akhirnya saya dan Hestu berkolaborasi membuat film itu. Tapi saya lebih banyak di belakang. Hestu yang banyak mengarahkan,” kata Hanung Bramantyo di konferensi pers di Belly’s Clan, beberapa waktu yang lalu.

Ia membiarkan asistennya lebih banyak mengarahkan karena kebetulan Hestu pernah mengalami kisah mirip seperti film itu. “Lagipula agar nanti dia bisa dilepas jadi sutradara,” ujar Hanung.

Sisi kontroversi memang selalu terdapat dalam tema film besutan sutradara Hanung Bramantyo. Dalam film teranyarnya, Cinta Tapi Beda, misalnya. Hanung mengangkat kisah cinta beda agama dengan beragam persoalannya karena cerita tersebut banyak terjadi di masyarakat.

"Idenya sederhana, sebenarnya Hestu Saputra itu yang nulis, dia itu pelaku cinta beda agama, pacarnya orang Islam, dia orang Kristen. Kami coba memotret fenomena kisah cinta beda agama ini. Penulisnya juga pelaku beda agama, dia muslim, suaminya Katholik, dia menikah dan bahagia. Ini mengembangkan cerita dari blog oleh Dwita Sari," ucap Hanung dalam press junket film Cinta Tapi Beda di Bellys Clan, Graha Intiland, Jakarta Pusat (12/11).

Diteruskan bicara soal agama dan keyakinan memang suatu hal yang sangat pribadi. Oleh karenanya, lewat film ini Hanung mengajak supaya orang tidak melakukan justifikasi dengan sekat-sekat besar terhadap perbedaan agama.

"Ini sifatnya private tapi ketika berbicara tentang komitmen akan menjadi kendala, kita juga tak pernah bisa menebak wilayah Tuhan. Tapi kita sebagai manusia seolah-olah melakukan justifikasi, jadi seperti ada sekat yang besar," lanjutnya.

Dia pun mencontohkan orang yang berbeda keyakinan tak bisa melakukan pernikahan di Kantor Urusan Agama.

"Karena kalau beda agama, di KUA selalu ditanya dan kalau tidak sama maka salah satu harus pindah. Padahal di luar itu, misalnya di Manado, itu ada yang menikah beda agama yang bisa berjalan. Itu yang kemudian kita coba untuk kita pertanyakan. Ketika wilayah kultur memberikan izin dan negara tidak," imbuh suami Zaskia Adya Mecca ini.

Film ini menurut Hanung mencoba memberitahukan apa yang dinamakan perbedaan, cinta dan bagaimana supaya tidak melakukan justifikasi.

"Saya memang melakukan ketegasan, karena cinta itu suci dan itu anugerah dari Tuhan. Bahwa ada agama, kultur dan norma. Kita tidak hanya bicara soal itu, ini tidak hanya bicarakan agama tapi ini membicarakan tentang beda yang lain. Kita bicarakan kisah cinta yang lebih substansial," tukasnya.

Selain Agni Pratistha dan Reza Nangin, film tersebut juga dibintangi Choky Sitohang (Oka), Ratu Felisha (Mitha), Agus Kuncoro, Jajang C Noer, Nungky Kusumastuti, Agus Melast, Hudson Pranajaya, Leroy Osmani, dan Ayu Diah Pasha. Cinta Tapi Beda akan tayang di bioskop 27 Desember 2012.

Sinopsis Film Cinta Tapi Beda

Cahyo, cowok ganteng asal Yogja, bekerja sebagai chef di Jakarta. Ia anak pasangan Fadholi dan Munawaroh, keluarga muslim yang taat beribadah. Cahyo berusaha lepas dari kesedihan setelah ditinggal selingkuh sang kekasih, Mitha

Diana, gadis asal Padang. Perempuan berparas sangat Indonesia, mahasiswa jurusan seni tari. Ia tinggal bersama om dan tantenya di Jakarta. Keluarga Diana penganut Katolik taat. Cahyo dan Diana bertemu di pertunjukan tari kontemporer di Jakarta. Mereka memutuskan berpacaran walaupun berbeda keyakinan. Mereka bahkan serius melanjutkan hubungan hingga jenjang pernikahan

Diana was-was ketika Cahyo mengajaknya menemui orangtuanya. Ibu Cahyo bisa memahami cinta anaknya, tapi tidak Pak Fadholi. Sampai kapan pun Pak Fadholi tidak akan merestui Cahyo. Bila Cahyo memaksa, Pak Fadholi memilih memutus ikatan tali keluarga. Ternyata tidak mudah bagi Cahyo dan Diana menjalani cinta beda keyakinan

Ibu Diana juga keberatan dengan pilihan putrinya. Kakak-kakak Diana, termasuk om dan tantenya, telah meninggalkan keyakinan mereka. Ibu Diana memaksa Diana mengikuti kehendaknya. Itu sebabnya, Diana akhirnya memilih kembali ke Padang dan menerima perjodohan dengan dokter Oka, lelaki pilihan ibunya dan seiman. Ia coba tutup hatinya untuk Cahyo

Cahyo melewati masa terburuk dalam hidupnya. Cahyo berkesimpulan bahwa Diana tak ada bedanya dengan Mitha yang lari ke pelukan laki-laki lain. Di Padang, Diana berusaha mencintai Oka, dan Oka berusaha membantunya melupakan Cahyo

Ada satu yang masih sulit dilupakan Cahyo maupun Diana, bahwa mereka sesungguhnya telah diikrarkan bukan karena keyakinan, tapi karena cinta...Tapi apakah keduanya bisa dipersatukan atas nama cinta dan Tuhan? Waktu yang akan menjawabnya! 
  
Trailer Film Cinta Tapi Beda 


Trailer Film Cinta Tapi Beda
Denaihati
Share this article :

37 comments:

  1. wah,,,dari blog ya,,jadi semangat lagi ni buat cerpen di blog kalli aja di lirik,,heheh

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. jadi intinya nih film nyeritain kisah cinta beda agama.

    BalasHapus
  4. semoga filmnya sukses yaaaaa..........

    BalasHapus
  5. cuco nih filmnya bwt yg udh pnya psngan....

    BalasHapus
  6. pasti seru bnget niihh filmnya..

    BalasHapus
  7. ga sabar pengen nonton,,kaya seru niihh

    BalasHapus
  8. bercucuran air mata niihh nontonnya juga

    BalasHapus
  9. pasti mengharukan bnget niihh nontonnya

    BalasHapus
  10. Dari tulisan di blog bisa jadi film, sebuah penyemangat buat yang suka nulis cerita di blog

    BalasHapus
  11. baru baca sinopsisnya aja udah merasa terharu.. hikz.. *pengalaman pribadi*

    BalasHapus
  12. Kunjungan malam..
    maaf yah mas bila kunjungan kami hanya merepotkan ..heheee
    terlepas dari itu kami selalu menyukai dan respek dengan artikel yang mas buat..

    BalasHapus
  13. cinta beda agama,,,,pasti seru filmnya

    BalasHapus
  14. mantap gan artikelnya thanks atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya.......!

    BalasHapus
  15. sukses terus buat blognya yah.. :D hehe

    BalasHapus
  16. wah keren tuh,, saya jadi penasaran nantinya

    BalasHapus
  17. Wah gw banget nih,gw seorang muslim n cowok gw katholik,kami udah 3 tahun menjalani hubungan ini, hhe

    BalasHapus
  18. hanung kok jadi suka bikin film kontroversi yah?

    BalasHapus
  19. sekarang dunia kepenulisan di blog sudah mulai dilirik, moga memberi motivasi bagi penulis2 blog untuk terus berkarya..

    BalasHapus
  20. Amazing Bangettt Pas Akan Tayang Film ini..
    Cerita ini Persis seperti Kisah Gue yang Sekarang.

    BalasHapus
  21. Cerita Ini Persis Kisah Gue.
    Sampai saat ini Masih Belum tau Rahasia Allah apa yang akan terjadi dalam kisah kami.
    semoga Allah Beri Jalan utuk kami berdua (Wish)
    Pengen cepat-cepat nonton Film ini.

    BalasHapus
  22. Apa yg aku jalani sekarang dalam berumah tanga nyaman yaman saja tapi dalam hati kecil aku berontak kenapa pernikahan ini harus terjadi kalo hanya menyiksa batinku. Saranku kalo beda keyakinan jangan dilanjutin toh masih banyak yg seiman yg menantimu. Kita yg berusaha tuhan yg menentukan, akan banayak konflik ketika rumah tanga tidak seiman, hal sepele menjadi besar kita tidak bebas dalam beribadah akan timbul otoriter.

    BalasHapus
  23. Dikasih tau dong endingnya,biar saya gak penasaran. Follow twitter saya @billymulia1 yah ;)

    BalasHapus
  24. blog yang inspiratif. senang sekali bisa ketemu dengan blog ini.

    BalasHapus
  25. perbedaan itu memang indah, tapi kalau beda keyakinan itu sangat susah tapi cinta bisa mengalahkan perbedaan dan semuanya akan jadi indah

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

SAATNYA REKENING ANDA BERTAMBAH SECARA OTOMATIS

  1. Terpercaya, baru beberapa hari launching http://goo.gl/q9UZSR sudah mampu membayar membernya hingga jutaan rupiah
  2. Stop frustasi, saatnya jalanin http://goo.gl/q9UZSR kerja online dengan hasil pasti dan bisa dipantau perkembangan komisi setiap detiknya
  3. Bisnis online paling aman dan paling asyikkkk, iya disini http://goo.gl/q9UZSR
  4. Hanya di http://goo.gl/q9UZSR kita akan dibayar hanya dengan mendatangkan pengunjung meski tidak upgrade
  5. Ambil langkah tepat sekarang untuk mewujudkan kebebasan finansial Anda di http://goo.gl/q9UZSR
  6. Jika saat ini Anda masih belum menghasilkan puluhan hingga ratusan ribu rupiah dari internet, saatnya bergabung bersama kami secara gratis di http://goo.gl/q9UZSR
  7. Anda memiliki potensi untuk meraih puluhan juta rupiah dari internet, klik http://goo.gl/q9UZSR untuk bergabung bersama ribuan member kami

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : METROTIK | METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger