Home » , , » Ada Lovelace - Programmer Komputer Pertama Di Logo Google Hari ini.

Ada Lovelace - Programmer Komputer Pertama Di Logo Google Hari ini.

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, Desember 10, 2012 | 12/10/2012

 
Ada Lovelace's 197th Birthday, itulah tajuk dari Logo Google hari ini. Untuk memperingati 197 tahun kelahiran Ada Lovelace.
Ada Lovelace
Augusta Ada King, Countess of Lovelace (lahir di London, Inggris, 10 Desember 1815 – meninggal di Marylebone, London, 27 November 1852 pada umur 36 tahun), ia lahir dengan nama Augusta Ada Byron, dan adalah anak tunggal dari penyair Lord Byron. Ia biasanya dipanggil dengan nama Ada Lovelace.

Ada Lovelace adalah putri dari hasil perkawinan singkat antara penyair Lord Byron dan Anne Romantic Isabelle Milbanke, yang terpisah dari Byron hanya sebulan setelah Ada lahir. Empat bulan kemudian, Byron meninggalkan Inggris untuk selamanya. Ada pernah bertemu ayahnya (yang meninggal di Yunani pada tahun 1823) dan dibesarkan oleh ibunya, Lady Byron. 

Hidupnya adalah pendewaan perjuangan antara emosi dan akal, subyektivisme dan obyektivisme, puisi dan matematika, kesehatan yang buruk dan energi yang melimpah.

Lady Byron berharap putrinya menjadi seperti ayahnya puisi, dan dia melihat itu bahwa Ada menerima les matematika dan musik, sebagai disiplin ilmu untuk melawan kecenderungan puitis . Dan akhirnya sang anak betul-betul menjauhi puisi. Warisan yang kompleks Ada yang menjadi jelas pada awal 1828, ketika dia menghasilkan desain untuk mesin terbang. Itu karena matematika yang memberikan hidupnya sayap dan menjadi dasar kepada pengembangan hal-hal hebat lainnya.


Pertemuannya dengan Charles Babbage menjadi awal dari meroketnya nama Ada. Babbage sendiri adalah matematikawan asal Inggris yang pertama kali mengemukakan pendapat tentang komputer yang dapat diprogram. Singkat cerita, Ada tertarik dengan program yang saat itu tengah dijalankan Babbage, yakni Difference Engine. Sebaliknya, Babbage juga kagum dengan intelektual dan bakat menulis Ada. Babbage bahkan memberikan julukan “The Enchantress of Numbers” pada Ada. Keduanya pun lantas menjalin kerjasama.

Ada Lovelace kemudian membantu Babbage menulis program komputer pertama di dunia yang diciptakan lewat mesin ciptaan Babbage yang bernama Analytical Engine. Dalam hal ini, peran besar Ada adalah menerjemahkan memoar Luigi Menabrea, seorang matematikawan Italia. Ada juga menulis penjelasan awal tentang komputer dan software, serta menambahkan catatan mengenai metode kalkulasi nomor Bernoulli pada mesin yang dikembangkan Babbage tersebut. Karena hal itulah Ada dikenal sebagai programmer komputer pertama di dunia.

Namun peristiwa tersebut justru membuat persahabatan Ada dan Babbage retak. Babbage yang “tidak terima” meminta Ada untuk menarik kembali semua catatan dan karyanya itu, namun ditolak oleh Ada.

Kanker rahim dan pendarahan yang dideritanya membuat Ada meninggal dunia pada 27 November 1852 di usia 36 tahun yang membuat Ada gagal melanjutkan pengembangannya seputar dunia komputer.

Atas kontribusinya, pada 1980 Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamai bahasa pemrograman komputernya dengan nama “Ada” sebagai penghormatan pada Ada. Tak hanya itu, British Computer Society pada 2008 rutin menggelar kompetisi ilmu komputer bagi siswa perempuan secara rutin tiap tahunnya dan menamai medalinya dengan nama “Ada”.

Setiap pertengahan Oktober, digelar acara “Ada Lovelace Day”, sebuah acara yang bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan perempuan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika.

Sumber : http://sidomi.com


Denaihati
Share this article :

27 comments:

  1. google doodles hari ini menakjubkan...tadinya aku kira kta "ada" adalah penulisan kata yang salah atau aku sendiri yang salah membaca.. ternyataa "ada" memiliki makna dan sejarah yang tak terlupakan. mantap

    BalasHapus
  2. Jadi mengenal programer pertama dalam dunia komputer di sini Bang Iwan

    BalasHapus
  3. oohhh dia trnyta programmer pertama?????

    BalasHapus
  4. Ada Lovelace Happy Born Day.............

    BalasHapus
  5. Happy Birthday Augusta Ada Byron.. :D

    BalasHapus
  6. oohh ini yaaaa,,, makasih yaa infonya....

    BalasHapus
  7. ternyata lahirnya jaman dulu banget yaaa.. hheee

    BalasHapus
  8. wah,,hebat sekali yah,,,selamat ulang tahun untuk Ada Lovelace yang ke-197,,

    BalasHapus
  9. bner" baru tw nih saya,,, makasi yaaa informasinya

    BalasHapus
  10. wah,,saya baru tahu tuh,,kalo programmer komputer yang pertama adalah seorang wanita,,hhe terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
  11. terima kasih sudah berbagi informasinya,,,,jadi bertambah pengetahuanku

    BalasHapus
  12. iya br merhatiin td...keren jg.

    BalasHapus
  13. wahhh bagus betul informasi ini, ada kisah tentang ADA rupanya

    BalasHapus
  14. oh, ini yang pertama bikin software. selamat ulang tahun. semoga bahagia disana.

    BalasHapus
  15. makasih nih infonya gan. artikel yg menarik dan bermanfaat. ditunggu nih kunjungannya k blog saya yg sederhana. slm blogger.

    BalasHapus
  16. keren ya,,, seorang programmer wanita yang handal,,,

    BalasHapus
  17. wah... hebat bgt.. ^^
    makasih infonya kak..

    BalasHapus
  18. sosok yang hebat dalam dunia pengetahuan

    BalasHapus
  19. semoga makin bagus aja blognya gan. happy blogging..

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger