Home » , , » Inilah Daftar 40 Orang Terkaya Di Indonesia Tahun 2012

Inilah Daftar 40 Orang Terkaya Di Indonesia Tahun 2012

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, Desember 03, 2012 | 12/03/2012

Orang kaya pastikah selalu merasa cukup? Belum tentu. Betapa banyak orang kaya namun masih merasa kekurangan. Hatinya tidak merasa puas dengan apa yang diberi Sang Pemberi Rizki. Ia masih terus mencari-cari apa yang belum ia raih. Hatinya masih terasa hampa karena ada saja yang belum ia raih.
Coba kita perhatikan nasehat suri tauladan kita. Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ ، وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ
“Kaya bukanlah diukur dengan banyaknya kemewahan dunia. Namun kaya (ghina’) adalah hati yang selalu merasa cukup.” (HR. Bukhari no. 6446 dan Muslim no. 1051)

Orang kaya selalu merasa kurang puas. Jika diberi selembah gunung berupa emas, ia pun masih mencari lembah yang kedua, ketiga dan seterusnya. Oleh karena itu, kekayaan senyatanya adalah hati yang selalu merasa cukup dengan apa yang Allah beri. Itulah yang namanya qona’ah. Itulah yang disebut dengan ghoni (kaya) yang sebenarnya.

Majalah bisnis terkemuka, Forbes, kembali merilis daftar 40 orang terkaya di Indonesia 2012. Forbes melansir 40 orang terkaya RI yang disusun dengan menggunakan ukuran kepemilikan saham, dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga, individu, bursa efek, analis, serta sumber lainnya. Kekayaan publik yang dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar uang per 14 November 2012.
 
Total kekayaan dari para taipan di Tanah Air itu diperkirakan mencapai US$88,6 miliar atau Rp841,7 triliun (kurs Rp9.500). Jika dibandingkan tahun lalu, total kekayaan orang kaya RI tersebut naik 4 persen dari sebelumnya US$85,1 miliar.

Inilah daftar 40 nama orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes tahun 2012 :
  1. R. Budi dan Michael Hartono 15 miliar dolar AS 
  2. Eka Tjipta Widjaja dan keluarga 7,7 miliar dolar AS (3) 
  3. Susilo Wonowidjojo dan keluarga 7,4 miliar dolar AS (2) 
  4. Anthoni Salim dan keluarga 5,2 miliar dolar AS (5) 
  5. Chairul Tanjung 3,4 miliar dolar AS (11) 
  6. Sri Prakash Lohia 3 miliar dolar AS (13) 
  7. Sukanto Tanoto 2,8 miliar dolar AS (6) 
  8. Peter Sondakh 2,600 miliar dolar AS (8) 
  9. Boenjamin Setiawan dan keluarga 2,35 miliar dolar AS (12) 
  10. Putera Sampoerna dan keluarga 2,3 miliar dolar AS (9) 
  11. Mochtar Riady dan kaluarga 2,2 miliar dolar AS (38) 
  12. Low Tuck Kwong 2 miliar dolar AS (4)
  13. Tahir 1,800 miliar dolar AS (15)
  14. Ciliandra Fangiono dan keluarga 1,790 miliar dolar AS (20) 
  15. Martua Sitorus 1,750 miliar dolar AS (-) 
  16. Achmad Hamami dan keluarga 1,700 miliar dolar AS (10) 
  17. Theodore Rachmat 1,600 miliar dolar AS (24) 
  18. Kartini Muljadi dan keluarga 1,510 miliar dolar AS (23) 
  19. Murdaya Poo 1,500 miliar dolar AS(14) 
  20. Djoko Susanto 1,400 miliar dolar AS (25) 
  21. Eddy Katuari dan keluarga 1,300 miliar dolar AS (21) 
  22. Edwin Soeryadjaya 1,210 miliar dolar AS (16) 
  23. Sjamsul Nursalim 1,200 miliar dolar AS (19) 
  24. Ciputra dan keluarga 1,170 miliar dolar AS (27) 
  25. Soegiarto Adikoesoemo 1,150 miliar dolar AS (33) 
  26. Kiki Barki 1,080 miliar dolar AS (17) 
  27. Kuncoro Wibowo dan keluarga 1,060 miliar dolar AS (34) 
  28. Garibaldi Thohir 1,050 miliar dolar AS (18) 
  29. Hary Tanoesoedibjo 1,040 miliar dolar AS (22) 
  30. Lim Hariyanto Wijaya Sarwon 1,030 miliar dolar AS (-) 
  31. Benny Subianto 1,020 miliar dolar AS (29) 
  32. Harjo Sutanto 1 miliar dolar AS (26) 
  33. Kusnan dan Rusdi Kirana 900 juta dolar AS (-) 
  34. Aksa Mahmud 820 juta dolar AS (35) 
  35. Prajogo Pangestu 800 juta dolar AS (-) 
  36. Alexander Tedja 790 juta dolar AS (-) 
  37. Husain Djojonegoro dan keluarga 780 juta dolar AS (36) 
  38. Sudhamek 760 juta dolar AS (-) 
  39. Hashim Djojohadikusumo 750 juta dolar AS (-) 
  40. Eddy Kusnadi Sariaatmadja 730 juta dolar AS (-)

Hakikat kekayaan sebenarnya bukanlah dengan banyaknya harta. Karena begitu banyak orang yang diluaskan rizki berupa harta oleh Allah, namun ia tidak pernah merasa puas dengan apa yang diberi. Orang seperti ini selalu berusaha keras untuk menambah dan terus menambah harta. Ia pun tidak peduli dari manakah harta tersebut ia peroleh. Orang semacam inilah yang seakan-akan begitu fakir karena usaha kerasnya untuk terus menerus memuaskan dirinya dengan harta. Perlu kita camkan baik-baik bawa hakikat kekayaan yang sebenarnya adalah kaya hati (hati yang selalu ghoni, selalu merasa cukup).

Orang yang kaya hati selalu merasa cukup dengan apa yang diberi, selalu merasa qona’ah (puas) dengan yang diperoleh dan selalu ridho atas ketentuan Allah. Orang semacam ini tidak begitu tamak untuk menambah harta dan ia tidak seperti orang yang tidak pernah letih untuk terus menambahnya. Kondisi orang semacam inilah yang disebut ghoni (yaitu kaya yang sebenarnya).”

Kita semua ingin kaya, dan tidak ada larangan untuk itu, walaupun juga tidak ada anjuran untuk keinginan seperti itu. Namun hendaknya kita memperbaiki keinginan itu menjadi ingin kaya karena ingin bisa bersedekah. Hal sebagaimana dalam hadits Nabi tentang iri yang diperbolehkan, yaitu iri terhadap seorang mukmin yang kaya yang bisa berderma karena kekayaannya, dan iri tersebut muncul karena keinginan untuk berderma juga bukan karena yang lain.

Ingin kaya tanpa kerja keras? Sebaiknya jangan. Tanamkanlah pada diri kita bahwa untuk mencapai sukses di bidang apapun seseorang perlu bekerja keras. Untuk sukses di akhirat, seseorang perlu beramal dengan baik dan sungguh-sungguh. Tentu yang seperti merupakan keharusan. Untuk sukses di dunia juga demikian, perlu kerja keras.

Kaya seperti di sinetron jangan menjadi mimpi, tapi bekerjalah dengan tekun agar menjadi orang kaya yang sebenarnya. Setelah kaya jangan pelit, karena sebagian harta itu ada bagian bagi orang-orang miskin di sekitar kita.
 

Denaihati
Share this article :

46 comments:

  1. wow, mereka semua amat kaya teringin nak jadi orang kaya seperti mereka semua

    BalasHapus
  2. Mereka bisa kaya karena kerja keras yang tak kenal menyerah...

    BalasHapus
  3. Hhhmmm...
    kekayaan mereka sangat bnyak sekali ya gan. . .

    BalasHapus
  4. om ical terlempar ke lapidos

    BalasHapus
  5. no yang ke 40 pun sudah cukup kaya. mudahan mereka berjaya didunia dan akhirat hendaknya.

    BalasHapus
  6. Untungnya nama saya tidak ada dalam nomor urut itu Bang, kalau ada pasti banyak yang minta traktiran.

    Salam Wisata

    BalasHapus
  7. pasti pengusaha semua itu...


    salam kaya hati :)

    BalasHapus
  8. kapan yea aku bisa masuk daftar ini, thanks atas infonya......!

    BalasHapus
  9. kekayaan untuk di kongsi bersama bukan untuk diri sendiri sahaja ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kali pertama aku komen di sini ...selalu nampak di DH sahaja ...

      Hapus
  10. wahh,,,terkaya,,pasti hidupnya bhagia yah,,heheh.
    tapi itu tidak menjadi tolak ukur juga sih..

    BalasHapus
  11. kekayaan yang sesungguhnya adalah bukan kekayaan harta tetapi kekayaan hati yang selalu mengulurkan tangannya untuk membantu sesama.

    BalasHapus
  12. kayaknya ada yg beda nih dari dftr tahun kmrin...

    BalasHapus
  13. itu org kaya hidupnya pda bhgia gak?? hhe

    BalasHapus
  14. ane mau masuk daftar org trkaya juga ah.... :D

    BalasHapus
  15. wwiihhhhh,,, bnyak juga yah org kaya di negri kita

    BalasHapus
  16. yang kaya jgn pada pelit yaaaa.. hhaaa

    BalasHapus
  17. woow ternyata orang indonesia banyak orang yang kaya raya nya ,,,,,,

    BalasHapus
  18. wuuiihh,,kapan saya jadi orang terkaya se-Indonesia,,,hhe

    BalasHapus
  19. pak chairul tanjung menduduki peringkat ke 5,,,hebat yah

    BalasHapus
  20. suatu saat nanti saya akan jadi orang terkaya si Indonesia,,,Amiinn

    BalasHapus
  21. waw, andai saja deretan orang kaya di indonesia itu berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan, dan bersama-sama bergerak dalam membrantas kemiskinan dan kasus kelaparan yang terjadi di indonesia. insya Allah...indonesia sejahtera.

    BalasHapus
  22. wah rata-rata orang keturunan ya bang yang pribumi ada nggak ya

    BalasHapus
  23. ditunggu postingan bermanfaat berikutnya kawan.

    BalasHapus
  24. Mau nyusuL juga ah tahun depan. Amin hehehe

    BalasHapus
  25. kok aburizal bakrie gak termasuk yach

    BalasHapus
  26. pada dasarnya kita semua kaya namun kita sendiri yag tidak mau tau akan kekayaan itu sendiri, tuhan itu maha dari kemahaannya,

    BalasHapus
  27. hebat suatu saat nanti saya bisa seperti mereka

    BalasHapus
  28. suatu saat nanti saya akan masuk dalam jajaran orang terkaya di indonesia malahan sampai dunia

    BalasHapus
  29. orang succes dia akan succes apabila dia gigih dalam berusaha

    BalasHapus
  30. bila orang ingin succes trs lah berusaha dan berdoa maka semoga bkita akan succes

    BalasHapus
  31. kekayaan seseorang tidak akan berguna bila dia tidak mengamal kan nya

    BalasHapus
  32. orang kaya adalah orang yang memiliki hati yang ikhlas itu lah baru orang kaya yang sebenar nya

    BalasHapus
  33. orang succes orang yang berhasil dan memiliki tekad yang kuat

    BalasHapus
  34. pa aburizal bakrie kmna ya...? :)
    ko ga masuk daftar...? :)

    BalasHapus
  35. jadi kpingin sprti mreka yg ada dlm urutan tratas..

    BalasHapus
  36. jadi kpingin sprti mreka yg ada dlm urutan tratas.

    BalasHapus
  37. krja kras mreka,yg m'buat diya kaya..

    BalasHapus
  38. semoga pemilik web ini yang baca dan koment disini ketularan kayanya..amiiinn

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger