UJIAN NASIONAL DITUNDA

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, April 14, 2013 | 4/14/2013

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengumumkan penundaan jadwal Ujian Nasional (UN) 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia pada  jenjang SMA/MA/SMALB/SMK dan Paket C di 11 provinsi. Penundaan ini terkait kendala teknis dalam pengepakan naskah soal di percetakan. Jadwal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang SMA/MA/SMALB/SMK dan Paket C di 11 provinsi, yang semula dijadwalkan berlangsung pada Senin (15/4), digeser waktunya menjadi Jumat (19/4).

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, di Jakarta, menyebutkan ke-11 propinsi yang mengalami pergeseran jadwal UN  tersebut adalah: Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.  

“Untuk provinsi lain tidak ada perubahan, dilaksanakan sesuai jadwal  semula, yakni Senin, 15 April”, tegas  Ibnu Hamad, di Jakarta,  Sabtu (13/4/2013), sebagaimana dikutip  dari situs Setkab.

Ibu Hamid menjelaskan, penundaan ini hanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia saja. Adapun jadwal UN mata pelajaran lain akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. “Jadwal UN mata pelajaran lain berlangsung sesuai jadwal atau  tidak mengalami perubahan jadwal,” tegas Ibnu Hamad.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud itu meyakini, pergeseran jadwal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia  tidak akan mempengaruhi konsentrasi  siswa dalam  menghadapi UN. “Perubahan jadwal ini tidak akan berpengaruh terhadap siswa, sebab bagi siswa yang sudah mempersiapkan diri dengan baik, masalah waktu pelaksanaan tidak akan jadi kendala”, tuturnya.

Mengenai pendistribusian  naskah soal UN,  menurut Ibnu Hamid, berlangsung dengan baik, tanpa kendala berarti. Saat ini, naskah soal UN  sudah sampai di dinas pendidikan kabupaten/kota, dan selanjutnya didistribusikan ke rayon dan sekolah tempat penyelenggaraan UN.

Ibnu Hamad menghimbau agar siswa tetap berkonsentrasi dan mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi UN 2013, yang berlangsung pada tanggal 15 - 18 April untuk jenjang SMA/MA/SMALB dan Paket C dan tanggal 15 - 17 April untuk jenjang SMK. Sedangkan jenjang SMP/MTs/SMLB dan Paket B pada tanggal 22 - 25  April, dan jenjang SD/MI dan Paket A pada tanggal 6 - 8 Mei.

”Persiapkan diri dengan baik, pelajari dan  pahami kisi-kisi soal yang telah ditetapkan. Abaikan isu-isu tentang kebocoran soal dan kunci jawaban. Sebab dengan diterapkannya 20 variasi soal dan ditambah dengan pemakaian QR Code  pada setiap naskah dan lembar jawaban UN, mustahil kebocoran soal akan terjadi,” imbau Ibnu Hamad.

Seingat saya, "Untuk pertama kalinya  pelaksanaan ujian nasional mengalami penundaan. bukankah hal ini merupakan sebuah indikator kemunduran?"

Sumber : 
http://www.tribunnews.com

Denaihati
Share this article :

10 comments:

  1. agak kaget juga membaca judulnya kirain semuanya ditunda trnyata hanya bahasa Indonesia Syukurlah

    BalasHapus
  2. Iya benar apa yang Mas Iwan tanyakan, kalo ini adalah kemunduran lalu? Apakabar mereka yang diluar Ibu Kota? Tidak kompak dong hehe

    Salam Hangat Mas Iwan! :)

    BalasHapus
  3. Lebih rentan adanya kebocoran nih kalau bgtu...

    BalasHapus
  4. Padahal menurut saya, kalau mau diundur,,, semuanya aja jgn sebgian

    BalasHapus
  5. bisa salah kaprah nih kalau ada sebagian peserta UN yg diundur

    BalasHapus
  6. selama aku hidup, baru prtma kali UN diundur..xixixiii

    BalasHapus
  7. wahh gimana nih kerjanya menteri pendidikan dan antek"nya??? hadeuhhhhhhh

    BalasHapus
  8. kurangnya persiapan, jadi bgni nih akibatnya..

    BalasHapus
  9. kok bisa gitu??? ahhh tidak betul sekali itu mah.

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger