Home » , , » Urusan Dinas, PNS Wajib Pakai Email Resmi Pemerintah

Urusan Dinas, PNS Wajib Pakai Email Resmi Pemerintah

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Juni 16, 2013 | 6/16/2013

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah menerbitkan surat edaran yang meminta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar dalam melakukan urusan kedinasan dengan memanfaatkan media surat elektronik, menggunakan alamat email resmi pemerintah, yaitu domain @pnsmail.go.Id atau yang dimiliki masing-masing pemerintah dengan alamat (nama instansi masing-masing).go.Id. Diharapkan, pada 1 Januari 2014, seluruh instansi pemerintah telah menggunakan alamat email resmi pemerintah sebagai alat komunikasi kegiatan kedinasan.


Seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (14/06), imbauan itu disampaikan Menteri PAN-RB Azwar Abubakar melalui Surat Edaran Nomor 06 Tahun 2013 tertanggal 27 Mei 2013. Hal itu terkait dengan upaya percepatan reformasi birokrasi sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010.
 
SURAT EDARAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 6 TAHUN 2013
TENTANG
PENGGUNAAN ALAMAT eMAIL RESMI PEMERINTAH PADA INSTASI PEMERINTAH

 
Menurut Menteri PAN-RB, saat ini seluruh instansi pemerintah telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Namun demikian, masih banyak ditemukan pegawai/pejabat yang menggunakan email non pemerintah sebagai alat komunikasi persuratan elektronik dalam kegiatan kedinasan, termasuk yang dimiliki oleh pihak asing. “Ini berisiko dan tidak aman dalam konteks kerahasiaan data dan informasi negara," sebut Menteri PAN-RB.

Karena itu, Kementerian PAN-RB memandang perlu diupayakan suatu langkah strategis dengan menyediakan email resmi pemerintah sebagai alat komumikasi persuratan elektronik kegiatan kedinasan yang diberikan bagi PNS di seluruh Indonesia.

Melalui Surat Edaran itu, diingatkan kepada seluruh pegawai/pejabat instansi pemerintah bahwa wajib menggunakan email resmi pemerintah sebagai alat komunikasi persuratan elektronik dalam kegiatan kedinasan. Hal ini dimaksudkan, agar terwujud birokrasi modern yang cepat, efektif, efisien, dan aman di lingkungan instansi pemerintah.

Menurut Azwar, untuk menjangkau komunikasi yang lebih baik antara pemerintah dan seluruh PNS, pemerintah menetapkan pemanfaatan email nasional bagi seluruh PNS dengan domain @pnsmail.go.Id. 

"Email ini tidak mengesampingkan pemanfaatan email resmi kementerian/lembaga/pemda yang sudah ada, dan dimanfaatkan oleh PNS," kata Menteri PAN-RB semberi menyebutkan, PNS tetap dapat memiliki email resmi pemerintah .go.id yang lain sesuai dengan aturan, peran dan peruntukannya.

Format alamat email PNSMail adalah nama.pns@pnsmail.go.id. "Setiap PNS hanya diijinkan memiliki satu alamat email nasional pada PNSMail," tegas Menteri PAN-RB.

Disebutkan dalam Surat Edaran itu, dukungna layanan dilakukan melalui admin@pnsmai.go.Id. Sementara informasi dan pendaftaran alamat email di PNSMail dapat diakses melalui www.pnsmail.go.Id.

Ditegaskan dalam Surat Edaran itu, PNSMail dikelola sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik, khususnya dengan memperhatikan aspek-aspek keamanan dari sisi penyelenggaraannya.

Denaihati
Share this article :

22 comments:

  1. Semoga pengelolaannya berjalan lancar!

    BalasHapus
  2. Apa setiap PNS harus punya emailnya Bang atau per Instansi Saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau membaca Surat Edarannya, kayaknya semua PNS wajib memiliki email di situs tersebut. karena nantinya semua urusan kedinasan harus melaui email tersebut.

      Hapus
  3. Memang sudah seharusnya seperti itu untuk setiap tugas kedinasan, agar lebih terlihat rapih dan bisa berkordinasi dengan cepat bila ada pengumuman resmi.

    Salam wisata

    BalasHapus
  4. ok,, semoga semuanya berjalan dengan lancar

    BalasHapus
  5. biar kelihatan lebih resmi lagi ya pak

    BalasHapus
  6. smoga lebih bermanfaat dan kebih maju lagi

    BalasHapus
  7. klo email dan nama salah apakah bisa di rubah.... makasih...

    BalasHapus
  8. yah,,semoga saja pengelolaannya berjalan dengan lancar dan sukses

    BalasHapus
  9. terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
  10. nice infonya,,,terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  11. terima kasih sudah berbagi infonya,,menarik sekali

    BalasHapus
  12. informasi yang menarik untuk dibaca,,semoga lancar pelaksanaannya

    BalasHapus
  13. infonya sangat bagus ........

    BalasHapus
  14. artikelnya sangat bagus nie gan ,,,,,,,

    BalasHapus
  15. terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger