Home » , » IBUNDA BILQIS DITETAPKAN JADI PENDONOR

IBUNDA BILQIS DITETAPKAN JADI PENDONOR

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Februari 10, 2010 | 2/10/2010


Tim dokter akhirnya memilih Dewi Farida (37), menjadi pendonor hati bagi anaknya, Bilqis Anindya Passa (17 bulan), pengidap kelainan saluran empedu tidak terbentuk (atresia bilier).

Meskipun golongan darah Dewi Farida dan Bilqis berbeda namun akhirnya ditetapkan bahwa Dewi sebagai donor.

Seperti diketahui ibu kandung Bilqis itu memiliki golongan darah A sementara Bilqis adalah AB. Dengan kondisi itu jika dipaksakan maka akan timbul resiko penolakan.

"Jika dilakukan maka akan muncul reaksi dimana hati yang dicangkokkan tidak mau tumbuh," jelas salah satu anggota tim cangkok hati dr Sumantri, Selasa (9/2/2010).

Namun demikian Sumantri menyatakan tetap menjadikan Dewi sebagai donor karena ada jalan keluar supaya tidak timbul penolakan tumbuh.

"Bisa diatasi dengan obat-obatan. Sekarang kami dalam proses mendatangkan obat-obat itu. Semua sudah disiapkan jadi tak usah kuatir," paparnya.

Obat itu dikatakan oleh Sumantri akan mempercepat pembiakan sel hati. Dengan obat itu maka tiap detik akan terbentuk sel baru.

"Pengkonsumsian obat itu itu akan menjadikan efek dalam waktu 1 minggu sudah terbentuk liver baru. Obat itu akan mempercepat proses pembentukan hati pada resipient," kata Sumantri.

Alasan lain kenapa memilih Dewi sebagai donor karena hubungan ibu dan anak. Dewi yang mengandung Bilqis sudah ada adaptasi antara ibu dengan anak.

Ibunda Bilqis, Dewi Farida, mengungkapkan kegembiraannya terpilih menjadi pendonor hati bagi anak keduanya.“Saya siap dan senang bila terpilih oleh tim dokter menjadi pendonor bagi Bilqis,” ungkapnya terharu.

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya untuk kesembuhan putri tercintanya. “Keluarga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang memberikan dukungan, baik doa, materiil, maupun prasarana, selama Bilqis dirawat,”ujarnya.

Sementara itu Aktivitas penghitungan koin untuk Bilqis Anindia Passa di posko koin peduli Bilqis di Jakarta Pusat, Selasa (9/2), masih berlangsung. Total dana yang telah terkumpul sudah mencapai Rp 1,4 miliar. Angka ini terus bertambah karena masih banyak donatur yang menyumbang.

Tim dokter yang menangani Bilqis, menyatakan bawa dalam operasi cangkok hati seperti yang akan dilakukan Bilqis ternyata tak sembarang menggunakan pisau operasi. Jika dalam memotong liver digunakan pisau operasi biasa maka akan timbul pendarahan yang banyak sekali.

"Kami butuh alat khusus untuk memotong liver. Kami sudah punya dua unit," jelas dr Hirlan, Selasa (9/2/2010). Harga pisau operasi tersebut bernilai Rp. 500 Juta.

Kita hanya bisa berdo'a semoga operasi terhadap Bilqis bisa terlaksana secepat mungkin dengan hasil yang memuaskan. Amin.

Sumber : Okezone.Com


Share this article :

57 comments:

  1. Subhanallah, kasih ibu begitu hebatnya, semoga opersinya berhasil bagi keduanya! Mari kita doakan bersama semuanya berjalan lancar! Amin!

    BalasHapus
  2. Dewi Farida (37), menjadi pendonor hati bagi anaknya Bilqis Anindya Passa, Mari kita minta kepada Allah agar operasinya berjalan lancar! Amin!

    Lapor, tugas tag Food For Soul telah dipajang!

    BalasHapus
  3. Semoga si bilqis cepat sembuh amin.......aya sering akit2an ketika kecil dan pernah menjalani operasi usus...pasti yang di rasakan ibu saya waktu sama dengan ibunya bilqis

    BalasHapus
  4. wah teknologi semakin maju terus.. semoga sukses dan selamat kembali sehat keduanya..
    salam sayang dari Bandung

    BalasHapus
  5. no 3..... semoga semuanya berjalan dengan lancara tanpa ada halangan apapun

    BalasHapus
  6. semoga pengorbanan si ibu nggak sia-sia ya

    BalasHapus
  7. Semoga semuanya berjalan dengan lancar, dan semoga semua ketidakberuntungan mendapatkan simpati dan dukungan serta tindakan nyata seperti Bilqis.

    Love letter from Liver, thing to know if you want to live longer

    BalasHapus
  8. sungguh, Allah tidak akan menyia-nyiakan setiap pengorbanan hambanya yang taqwa. Semoga Allah meridhoi semua ini sehingga semua berjalan sesuai rencana dan memberikan hasil sesuai harapan. Mari kita bantu saudara kita ini, minimal dengan do'a kita.

    BalasHapus
  9. hiks..
    saya harus ikut berpartisipasi sebagai donatur.

    BalasHapus
  10. Semoga operasinya berjalan dengan lancar dan Bilqis cepat sembuh... Aminnn...

    BalasHapus
  11. Apapun akan diberikan oleh soerang ibu utk kesembuhan anaknya, Kasih ibu tiada tara,,,,Semoga operasinya berjln lancar & Bilqis bs sembuh Amin,,,,

    BalasHapus
  12. alhamdulillah...akhirnya sudah ada yang ditetapkan jadi oendonor.. semoga operasi bilqis lancar, ibunda nya juga segera pulih setelah jadi pendonor.. amin.

    BalasHapus
  13. Subhanallah, kasih ibu begitu hebatnya, semoga opersinya berhasil bagi keduanya!!!
    Wah wah, Gus Ikhwan salut banged ma ibu Dewi Farida???
    Subhanallah, Allah Maha Agung semoga opersai berhasil

    Mampir balik ya,
    wah tiap hari Update Posting ni, salut (maaf kalo OOT)

    BalasHapus
  14. Bang Iwan, tiap hari maen ke padepokan gus ikhwan ya
    biar kita saling tukar dan panen komen
    Karena kebiasaan gus ikhwan
    'Barang siapa yang ngomen di blog gus ikhwan, maka gus ikhwan juga akan ba;las komentarnya'

    BalasHapus
  15. sudah saya kirimkan ke email anda, silakan di cek

    BalasHapus
  16. kasih ibu sepanjang jalan kasih anak sepanjang galah

    BalasHapus
  17. semoga nanti lancar operasinya.. amin..

    BalasHapus
  18. Semoga smuanya berjalan lancar. karena bgitu banyak tlah usaha yang dilakukan ibu Balqis, smoga tidak sia2 :D

    BalasHapus
  19. semoga operasinya berjalan lancar deh, dan Bilqis cepet sembuh dan tumbuh menjadi anak yang sehat.. amiinn... :)

    BalasHapus
  20. Amin, semoga Tuhan melindungi Ibu dan Putrinya ini, sehingga operasinya berhasil
    aku salut dengan perjuangan ibu Bilqis yang tak pantang menyerah mencari bantuan kesana kemari demi kesembuhan putrinya

    BalasHapus
  21. ak ga terlalu mengikuti beritanya, tp moga aja dpt yg terbaik *tpi klo ibunya donor hati, yg didonorin ga semua kan >.<

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah...
    semoga Bilqis cepet sembuh ya...

    BalasHapus
  23. Memangnya siapa lagi yang mau mempertaruhkan hidupnya kalau bukan seorang Ibu, Mas?

    btw, pisaunya aja 500 juta? busyet..

    BalasHapus
  24. SEMOGA BILQIS CEPAT SEMBUH DAN MELEWATI MASA KRITISNYA.

    BalasHapus
  25. bener2 ini namanya pengorbanan seorang ibu..

    semoga biqis cepat sehat...

    BalasHapus
  26. mudah2an operasi Bilqis berjalan dengan lancar dan selamat, amiin

    BalasHapus
  27. Seberapa jauh pun jalan yang harus ditempuh, Seberat apa pun langkah
    yang mesti diayun, Seberapa lama pun waktu yang harus dijalani, Tak
    kenal menyerah demi mendapatkan satu kepastian
    Meski berat, tak ada yang membuatnya mampu bertahan hidup kecuali
    benih dalam kandungannya.
    Menangis, tertawa, sedih dan bahagia tak berbeda baginya, karena ia
    lebih mementingkan apa yang dirasa si kecil di perutnya.
    Seringkali ia bertanya : menangiskah ia? Tertawakah ia? Sedihkah
    atau bahagiakah ia di dalam sana?
    Bahkan ketika waktunya tiba, tak ada yang mampu menandingi cinta
    yang pernah diberikannya, ketika itu mati pun akan dipertaruhkannya

    BalasHapus
  28. Setelah dulu mengikuti operasi ganti hati-nya Dahlan Iskan, baru menyadari resiko serta sulitnya operasi itu dilaksanakan. Semoga Bilqis mendapatkan kehidupan yg lebih baik pasca ganti hati seperti Dahlan ya!

    BalasHapus
  29. semoga si bilqis cepat sembuh dan tumbuh normal seperti anak seusianya.

    hebat bener ya obatnya, pasti obat import tuh...^ngarang aje^

    BalasHapus
  30. semoga cepat sembuh dan bisa seperti anak2 normal lainnya...

    Btw, thanks bgt pak dukungan link di sidebarnya.. ada lagi gak yg mau dukung Akanglil di "http://seobloggerinc.org/blog/astagacom-lifestyle-on-the-net.html" terima kasih semua... Akanglil

    BalasHapus
  31. Semoga Operasi ini cepat dilaksanakan dan Semoga Operasi ini berasill. Amin

    Laksamana Embn Updat..!

    BalasHapus
  32. aku do'akan smoga operasinya brjaLan lancar..
    N smoga aja Bilqis dan ibunya bSa hiDup sehat kmbLi lagi sprti sbLum'y..

    BalasHapus
  33. Amin, semoga opersinya berjalan dengan lancar...

    BalasHapus
  34. Sedih melihat Bilqis yang masih keciul harus sakit segitu. Semoga proses cangkok hatinya sukses. Semoga pendonoran dari ibunya sendiri itu sukses.

    BalasHapus
  35. selamat pagi kanda mampir pagi untuk menyegarkan hati dengan sederatan artikel top markotop disini, wah Alexaku mudah-mudah minggu ini udah bisa Seratusan juga doakan ya meski jarang bw akhir-akhir ini kanda tahukan sibuknya dimana

    BalasHapus
  36. pingin tanya kanda kalau ngevote top seratus disini apa loging dulu di blogger soalnya vote aku sering nggak masuk di unique in selalu di uique out, maaf yah komentnya nggak nyambung

    BalasHapus
  37. salah satu bukti, cinta ibu sepanjang zaman!

    BalasHapus
  38. semoga ibunya mendapat pahala yang berlimpah

    BalasHapus
  39. semoga Bilqis diberi kesehatan dan umur panjang juga ibundanya, pengorbanan dan kasih sang ibu sungguh besar tiada ternilai

    BalasHapus
  40. semoga operasi berjalan sukses

    BalasHapus
  41. hiks...sedih bgt liat balqisnya,:((

    BalasHapus
  42. Subhanallah, itulah pengorbanan seorang ibu, merasa lebih bahagia bila permata hatinya sembuh, walaupun dia harus menyerahkan bagian tubuhnya.
    Betapa mulia kasih sayangnya.
    Semoga semuanya berjalan lancar, baik operasi maupun pasca operasi,amin.
    salam.

    BalasHapus
  43. kasih ibu memang tiada batasnya pak

    BalasHapus
  44. Semoga bilqis cepat sembuh dan sehat kembali

    BalasHapus
  45. Semoga bilqis cepat kembali normal seperti anak2 yang lain..

    Laksamana Update Kembali...!

    BalasHapus
  46. Semoga saja operasinya dapat berjalan lancar dan Bilqis dapat menjalani kehidupannya seperti anak-2 lainnya.

    Semoga saja anak-2 lain yg bernasib sama spt Bilqis mendapatkan perhatian yang serupa.

    Amin...

    BalasHapus
  47. semoga cepat sembuh ya . . .

    BalasHapus
  48. Wah, ibu yang muliah. Udah tahu golongan darah beda, masih tetap bersedia mendonorkan hatinya. Hebat.

    BalasHapus
  49. subhanallah.... kasih Ibu memang tak tergantikan.... semoga si bilqis cepat sembuh

    BalasHapus
  50. sosok ibu yang luar biasa ,,pantas surga itu dibawah telapak kaki ibu

    BalasHapus
  51. Wonderful article,thanks for putting this together! "This is obviously one great post. Thanks for the valuable information and insights you have so provided here. Keep it up!"
    dissertations | dissertation writing | writing a dissertation

    BalasHapus
  52. moga smuanya berjalan sesuai rencana , dan si kecil bisa kembali tersenyum bahagia,,, dan aq harap nnti bilqis bilqis yang lainnya juga tidak dipandang sbelah mata melainkan juga dibantu `oleh semua kalangan msyarakat seperti bilqis yang sekarang.amin

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger