Home » , , » Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Juli 13, 2013 | 7/13/2013

Ada hadist yang mengungkapkan soal bau mulut orang berpuasa, "Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi." (HR Muslim No 1151).

Seringkali pemahaman hadist itu diterapkan dengan tidak proporsional. Sebenarnya bau mulut orang berpuasa diganti dengan bau minyak kesturi di surga berasal dari hati yang bersih dan hanya mengeluarkan perkataan baik saat berpuasa. Jadi, maksud bau mulut orang berpuasa bukan serta-merta dalam arti sebenarnya.

Tak sedikit pula yang mengartikan secara harfiah. Akibatnya, seseorang meninggalkan aktivitas gosok gigi dan kebersihan mulut sepanjang berpuasa karena ingin tercium bau wangi dari mulutnya. Padahal, secara fikih pun, bersiwak atau gosok gigi dan berkumur saat puasa adalah mubah (diperbolehkan).

Kenyataannya, bau mulut tetaplah kurang sedap dan tak dapat dihindarkan. Ini karena faktor-faktor alamiah dalam mulut dan dipengaruhi faktor lain.

Dr. Rana Al Thalib, seorang dokter gigi umum dari dental clinic, Dubai Healthcare City, mengatakan bahwa keluhan bau mulut meningkat tajam hingga 60 persen selama bulan Ramadhan.
"Selama bulan Ramadan, beberapa orang mengalami bau mulut, karena kelenjar ludah tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga nafas segar. Selain itu, bau mulut juga dapat disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi, dan kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya," kata Dr Rana Al Thib, seperti yang dilansir laman Gulfnews, Senin (8/7).

Berikut ini beberapa Tips dari beliau untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa :
  1. Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur,sehingga bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat. Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi saliva (air liur) dalam mulut, sehingga dapat membantu menjaga kebersihannya 
  2. Setelah berbuka dan sahur, gosoklah gigi secara menyeluruh termasuk bagian lidah. Jika kurang bersih dalam menyikat gigi dapat meninggalkan partikel makanan membusuk didalam mulut
  3. Selain air putih, minum teh hijau tanpa gula ketika berpuasa dan makan sahur juga akan membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulut. Hal ini karena teh hijau mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.Fungsi lain dari tanaman ini adalah mengurangi peradangan pada rongga mulut dan gangguan pernafasan yang disebabkan oleh asap rokok
  4. Kurangi makanan yang banyak mengandung gula untuk mencegak pengeroposan pada gigi. Hindari pula makanan yang dapat menghasilkan bau tak sedap pada mulut seperti petai, jengkol, dan durian
  5. Hindari rokok karena merokok dalam kondisi tak berpuasa pun,merupakan salah satu penyebab bau mulut yang tak sedap
  6. Hindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti cokelat, es krim, biskuit, dan kue basah lainnya. Jika ingin tetap mengkonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu yang sangat lama
  7. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan juga obat kumur antiseptik. Anda juga dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi.Jangan lupa tinggalkan kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur malam
  8. Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memacu bau mulut yang tidak sedap juga
  9. Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi
  10. Terakhir, segeralah konsultasikan dengan dokter gigi jika anda mengalami masalah pada gigi dan mulut seperti gigi berlubang, karang gigi, peradangan pada mulut dan sariawan
Demikianlah 10 Tips untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. Untuk yang punya tips tambahan silahkan share di kotak komentar.


Denaihati
Share this article :

12 comments:

  1. siip,,pak,,,terima kasih untuk artikelnya saat bulan ramadhan inimemang masalah bau mulut sering terjadi..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaya saya juga nih. bau mulutnya gk tahan coz malemnya makan pete. he3x

      Hapus
  2. Meskipun bau mulut yang berpuasa adalah seperti harum kasturi di akherat, tapi kalau kita tidak merawat kebersihan gigi dan mulut juga bikin ngga pede plus dijauhin orang2, hehe..

    BalasHapus
  3. wah bagus banget nih infonya. makasih gan ijin menyimak.

    BalasHapus
  4. bagus tipnya ini. rasanya sikit susah dapat minum hingga 8-10 gelas air putih.

    BalasHapus
  5. Tipsnya sederhana dan namun tidak mudah untuk dilakukan secara konsisten. Namun, bagi yang konsisten pasti akan menemukan hasil yang maksimal untuk kesehatan mulutnya dan juga tubuhnya.

    Salam wisata

    BalasHapus
  6. Sip akan kami lakukan langkah-langkah diatas!

    BalasHapus
  7. Terima kasih tipsnya ,ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. mantap tips ini , baik untuk mengurangi bau mulut yang memang selalu di dapat selama berpuasa

    BalasHapus
  9. terimikasih buat tipsnya, sangat membantu ini :D

    BalasHapus
  10. bener juga nih, cz kalau mulut gak sehat berkomunikasi juga gak enak

    BalasHapus
  11. bener banget nih, cz kalau mulut gak sehat berkomunikasi juga gak enak

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger