Home » , , » Léon Foucault: Ilmuwan Penemu Alat Penunjuk Efek Rotasi Bumi di Logo Google Hari Ini

Léon Foucault: Ilmuwan Penemu Alat Penunjuk Efek Rotasi Bumi di Logo Google Hari Ini

Written By FATAMORGANA on Rabu, September 18, 2013 | 9/18/2013



Léon Foucault - Adalah tokoh yang diperingati Google Hari ini yang bertajuk Hari Ulang Tahun Leon Foucault ke-194.

Bernama lengkap Jean Bernard Léon Foucault, terlahir pada 18 September 1819 & meninggal 11 Februari 1868. Setelah mengenyam pendidikan masa kecilnya di rumah, ia mengambil kuliah ilmu kedokteran, namun kemudian ditinggalkan karena ketakutan akan darah.
Beliau kemudian mendalami ilmu fisika dimana ia memfokuskan perhatiannya pertama kali pada peningkatan proses fotografi “LJM Daguerre”. Selama tiga tahun ia menjadi asisten eksperimental untuk Alfred Donne dalam studi kuliahnya tentang anatomi mikroskopis.

Bersama AHL Fizeau ia melakukan serangkaian investigasi terhadap intensitas cahaya dari sinar matahari, yang dibandingkan dengan karbon pada lampu “Arc” dan “Calcium oxide” dalam nyala pipa oxyhydrogen, terhadap gangguan radiasi inframerah serta sinaran cahaya yang berbeda dalam hal panjang gelombangnya, dan terhadap polarisasi kromatik cahaya.

Léon Foucault meninggal karena kemungkinan adanya komplikasi sclerosis pada 11 Februari 1868 di Paris dan dimakamkan di Cimetière de Montmartre.

Namanya diabadikan sebagai nama Asteroid 5668 Foucault. Selain itu nama beliau merupakan salah satu dari 72 nama yang tertulis di atas Menara Eiffel, Paris, Perancis.


Logo Google Hari ini menunjukkan sebuah Bandul atau pendulum Foucault ialah suatu alat yang berguna untuk menunjukkan arah rotasi Bumi. Alat ini ditemukan oleh Jean Bernard Léon Foucault.

Alat eksperimen ini terdiri atas bandul panjang yang berbas bergerak ke sana kemari pada latar vertikal. Baik di Kutub Utara maupun Selatan, latar osilasi bandul tetap terpasang dengan memandang pada bintang tetap ketika Bumi berotasi di bawahnya, memerlukan waktu sehari untuk menyelesaikan rotasi. Ketika bandul Foucault digantungkan di khatulistiwa, latar osilasi tetap terfiksasi secara relatif ke Bumi. Pada garis lintang lain, latar osilasi mempresesi Bumi secara relatif, namun lebih lambat daripada di kutub.

Pertunjukan pertama bandul Foucault kepada khayalak terjadi pada bulan Februari 1851 di Ruang Meridian yang ada di Observatorium Paris. Beberapa minggu kemudian, Léon Foucault membuat bandul terkenalnya ketika ia menggantung potongan rambut seberat 28 kg dengan kabel sepanjang 67 meter dari kubah Panthéon di Paris.

Sumber : Wikipedia.org




Denaihati
Share this article :

10 comments:

  1. hebat penemuan beliau. untuk fahamkan kena mencuba ubahan waktu/posisi di logonya.

    BalasHapus
  2. Info edukatif yang sangat menarik. Alhamdulillah bertambah lagi pengetahuan setelah berkunjung ke blog ini. Semoga ke depan ilmuwan-ilmuwan Indonesia lah yang bisa tampil dikancah dunia.

    BalasHapus
  3. ikut nyimak artiklenya mas, makasih

    BalasHapus
  4. kunjungan malam gan, sukses selalu

    BalasHapus
  5. semakin banyak ilmuwan yang muncul yang ternyata belum pernah saya dengar selama ini

    BalasHapus
  6. keren,,akhirnya posting lagi pak,biasnaya update setiap hari..
    :)

    BalasHapus
  7. pas pertama kali buka google, kirain saya, itu peringatan kelahirannya mater hipnotis.. ternyata bukan ya..

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger