Home » , , » André-Jacques Garnerin Google Doodles, Hari Ulang Tahun Terjun Payung Pertama Ke-126

André-Jacques Garnerin Google Doodles, Hari Ulang Tahun Terjun Payung Pertama Ke-126

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, Oktober 22, 2013 | 10/22/2013



André-Jacques Garnerin, tokoh yang diperingati oleh Google hari ini terlahir 31 Januari 1769 di Paris, adalah seorang warga negara Prancis yang mengembangkan teknologi parasut sekaligus sebagai penerjun pertamanya. Parasut buatan oleh André-Jacques Garnerin menjadi perangkat penting yang hingga kini masih digunakan untuk berbagai aktivitas yang terkait dengan dunia penerbangan. Namun sayang, hidup André-Jacques Garnerin harus berakhir dengan tragis.

Sebenarnya, upaya penciptaan parasut sudah dimulai jauh sebelum André-Jacques Garnerin berpikir tentang itu. Leonardo da Vinci pada abad ke-15 pernah menyusun sketsa tentang peralatan yang mirip dengan alat terjun payung.

Begitu pula dengan ilmuwan Italia, Fausto Veranzio, yang pada abad ke-16 juga mencoba memikirkan konsep yang sama mengenai parasut. Namun, baik Leonardo da Vinci maupun Fauzto Veranzio tidak pernah mampu mewujudkan penemuan parasut secara nyata.

Adalah André-Jacques Garnerin yang justru berhasil membuat parasut sekaligus mempraktikkan kegunaannya. Setelah melakukan berbagai percobaan semasa menjadi tawanan saat pecahnya Perang Napoleon periode pertama (1792–1797), André-Jacques Garnerin akhirnya berkesempatan melakukan penerjunan perdananya.

Tanggal 22 Oktober 1797, André-Jacques Garnerin sukses mewujudkan mimpinya. Setelah terbang ke atas dengan menggunakan balon udara, ia terjun dari ketinggian dan sesaat kemudian, ia berhasil mengoperasikan parasut hasil buatannya hingga mendarat dengan selamat. Inilah parasut pertama yang kemudian mengalami perkembangan hingga saat ini.

André-Jacques Garnerin wafat di Paris pada tanggal 18 Agustus 1823 di usia 54 tahun. Tragisnya, sang penemu parasut ini menghembuskan nafas penghabisan setelah mengalami kecelakaan tertimpa balok saat André-Jacques Garnerin sedang bekerja membuat balon udara di ruang kerjanya.

Sumber :

Denaihati
Share this article :

15 comments:

  1. info yang sangat menarik... Tidak pernah terfikir yang betapa susahnya orang dahulu untuk mencipta payung terjun. Hanya mereka yang berani sahaja mampu membina sesuatu...

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasi yang telah diberikannya sangat bermanfaat umunya buat semua,, saya tunggu informasi selanjutnya yang lebih bagus dan menarik lagi...

    BalasHapus
  3. lanjutkan kreatifmu... bermanfaat!

    BalasHapus
  4. informasi yang menarik,, hebat deh buat André-Jacques Garnerin

    BalasHapus
  5. sudah lama para-chute ini wujud rupanya, sampai sekarang ia sangat berguna.

    BalasHapus
  6. aq pernah merasakan terjun payung dulu... benar2 pengalaman luar biasa... ini rupanya penciptanya.... sayang ya ciptaannya menyebabkan dia tewas..

    nice info.. tq

    BalasHapus
  7. Terimakasih sebelumnya saya ucapkan atas informasi yang telah diberkannya sangat bagus dan bermanfaat,, saya tunggu informasi selanjutnya yang lebih menarik lagi supaya saya bisa menambah pengetahuan yang belum saya ketahui.

    BalasHapus
  8. Terimakasih banyak atas sajian informasi nya sangat bermanfaat semoga untuk kedepannya bisa menyajikan informasi yang lebih membangun lagi " salam sehat " good job

    BalasHapus
  9. terimakasih untuk share infonya sangat bermanfaat..:)

    BalasHapus
  10. Terimakasih saya ucapkan sebelumya atas apa yang telah di sampaikan informasinya sangat bagus dan menarik juga bermanfaat,, posting terus yahh . saya tunggu informasi selanjutnya yang lebih woow ...:)

    BalasHapus
  11. salam kenal semua blogger......

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger