Home » , , » Hermann Rorschach, Psikiater Penemu Inkblot Test di Logo Google Hari Ini

Hermann Rorschach, Psikiater Penemu Inkblot Test di Logo Google Hari Ini

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, November 08, 2013 | 11/08/2013


Hermann Rorschach, adalah tokoh yang apresiasi oleh Google hari ini dengan tajuk Hermann Rorschach's 129th Birthday

Hermann Rorschach seorang psikiater dan psikoanalis Swiss aliran Freud. Hermann dikenal karena mengembangkan tes proyeksi pola tinta yang dikenal dengan tes inkblot Rorschach. Tes ini bertujuan untuk mengetahui alam kondisi bawah sadar & kepribadian seseorang yang diproyeksikan melalui rangsangan. 

Dalam tes ini, individu akan diperlihatkan sepuluh pola tinta (inkblot), dan diminta untuk menulis atau menyebutkan benda apa yang mereka lihat dalam pola tersebut. Seperti halnya pada logo google hari ini, setiap orang akan berbeda tampilan dan diharapkan untuk mengirim ke beberapa situs jejaring sosial.

Tes ini digunakan untuk mendeteksi yang mendasari gangguan berpikir, terutama dalam kasus-kasus di mana pasien enggan untuk menggambarkan proses pemikiran mereka secara terbuka.

Dalam sebuah survei nasional di AS, Tes Rorschach yang diciptakan pada tahun 1921 ini merupakan salah satu dari tes terpopuler di antara tes psikologis yang digunakan di fasilitas rawat jalan kesehatan mental.

Hermann Rorschach lahir di Z├╝rich, Swiss, pada tanggal 8 November 1884. Beliau menghabiskan masa kecil dan remajanya di Schaffhausen, Swiss Utara. Saat SMA, Rorschach dijuluki “Klecks” atau “Inkblot” oleh teman-temannya karena ia sangat tertarik dengan kleksografi, yaitu pembuatan gambar berdasarkan bercak-bercak tinta.

Seperti ayahnya yang berprofesi sebagai seorang guru seni, Rorschach suka menggambar dan melukis. Setelah tamat SMA, ia menuntut ilmu di Fakultas Kedokteran Universitas Zurich, dan lulus pada tahun 1909.

Di bangku kuliah, Hermann Rorschach pernah dididik oleh psikiater-psikiater ternama seperti Eugen Bleuler. Pada saat itu, psikoanalisis sedang populer, yang membuat beliau teringat kembali pada inkblot masa kecilnya. Rorschach penasaran kenapa orang seringkali melihat hal-hal yang berbeda pada inkblot yang sama.

Terdorong oleh hal ini, Rorschach mulai memperlihatkan inkblotnya pada anak-anak sekolah dan menganalisa respon mereka, dan mulai mengembangkan tes psikologi berbasis inkblot.

Setelah lulus dari Universitas Zurich pada tahun 1909, Rorschach bertunangan dengan Olga Stempelin, seorang gadis yang berasal dari Kazan, Rusia. Pada tahun 1913, mereka menikah dan pindah ke Rusia. Pasangan ini dianugerahi sepasang anak, yang lahir pada tahun 1917 dan 1919.

Selama 10 tahun bekerja di beberapa rumah sakit, Rorschach terus mengadakan penelitian dengan menggunakan bercak tinta, bidang yang diminatinya sejak dia lulus dari sekolah kedokteran.

Hasil dari penelitiannya itu kemudian ditulis dalam sebuah monograph dengan judul Psychodiagnostik yang terbit pada tahun 1921.

Namun satu tahun setelahnya, tepatnya 1 April 1922, Rorschach meninggal dunia akibat mengidap peritonitis dalam usia yang tergolong masih muda, yakni 37 tahun.
 


 photo VisitToMoney_zps9ddf99ec.png
Denaihati
Share this article :

10 comments:

  1. beliau meninggal pada umur yang masih muda, menggunakan minatnya dalam seni dalam kerjaya satu yang menarik.

    BalasHapus
  2. mau tanya, tapi yang mau ditanyainnya apa?.. ikut nyimak aja deh,, terimakasih atas informasinya bermanfaat . ditunggu yah informasi selanjutnya. sukses semangat !!

    BalasHapus
  3. sebuah artikel yang menarik dan sangat bermanfaat. lanjutkan terus gan sebuah kreatifmu.. saya tunggu...

    BalasHapus
  4. sebuah artikel yang menarik dan sangat bermanfaat. lanjutkan terus gan sebuah kreatifmu.. saya tunggu...

    BalasHapus
  5. agan tau ngga gambar dan pertanyaan apa yang diajukan hermann dlm penelitiannya?

    BalasHapus
  6. Walaupun beliau telah lama meninggal dunia tapi ilmu dan karyanya bs kita peljri sampe skrg.

    BalasHapus
  7. saya pertama kali tahu nama Rorschach dari film Watchmen (2009), lalu penasaran dengan masker wajahnya yang selalu berubah-ubah...

    googling nemu di wikipedia, ternyata nama ilmuwan :P

    BalasHapus
  8. Terimakasih atas informasinya bermanfaat,, gak mau koment panjang lebar, disini saya cuma ikut nyimak apa yang ada diatas. ditunggu terus informasi selanjutnnya yang lebih menarik dan lebih bagus lagi. salam semangat !!

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger