Home » , , » Kilas Balik Hari Pahlawan 10 Nopember 1945

Kilas Balik Hari Pahlawan 10 Nopember 1945

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, November 10, 2013 | 11/10/2013

HARI PAHLAWANHari ini , tepat 68 tahun yang lalu Pada 10 November pagi, tentara Inggris melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengerahkan sekitar 30.000 serdadu, 50 pesawat terbang, dan sejumlah besar kapal perang.

Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi-buta dengan meriam dari laut dan darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka. Tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk.

Pihak Inggris menduga bahwa perlawanan rakyat Indonesia di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo 3 hari saja, dengan mengerahkan persenjataan modern yang lengkap, termasuk pesawat terbang, kapal perang, tank, dan kendaraan lapis baja yang cukup banyak.

Namun di luar dugaan, ternyata para tokoh-tokoh masyarakat yang terdiri dari kalangan ulama' serta kyai-kyai pondok Jawa seperti KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahab Hasbullah serta kyai-kyai pesantren lainnya mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat umum (pada waktu itu masyarakat tidak begitu patuh kepada pemerintahan tetapi mereka lebih patuh dan taat kepada para kyai) juga ada pelopor muda seperti Bung Tomo dan lainnya. Sehingga perlawanan itu bisa bertahan lama, berlangsung dari hari ke hari, dan dari minggu ke minggu lainnya.

Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Pertempuran besar-besaran ini memakan waktu sampai sebulan, sebelum seluruh kota jatuh di tangan pihak Inggris.

Peristiwa berdarah di Surabaya ketika itu juga telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Hari pahlawan merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dari diorama perjuangan bangsa yang diawali dengan sumpah pemuda (28 Oktober), Kebangkitan nasional (20 Mei), sampai puncaknya kemerdekaan (17 agustus). Kita harus mampu memahaminya dalam satu tarikan nafas.

Peringatan peristiwa sejarah dimaksudkan untuk memperbarui semangat kebangsaan kita sebagai warga negara. Peristiwa-peristiwa tersebut memiliki makna yang sangat dalam tentang semangat perjuangan yang dilakukan para pejuang tempo dulu dalam menghadapi dan menghalau para penjajah Belanda dari bumi nusantara.

Semangat heroik para pahlawan itu menjadi patokan nilai bagi generasi sekarang dan masa mendatang dalam mengisi kemerdekaan. Perjuangan melepaskan diri dari belenggu penjajahan merupakan perjuangan yang sangat berat, namun perjuangan mengisi kemerdekaan lebih berat lagi.

Tantangan yang dihadapi generasi saat ini lebih kompleks dengan musuh yang tidak lagi kasat mata seperti penjajah pada masa kemerdekaan dulu. Sekarang kita dituntut mampu melepaskan diri dari penjajahan kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan.

Hari pahlawan menjadi momen tepat untuk memperkuat kembali jiwa kerelaan berjuang dan berkorban demi kepentingan bangsa. Semangat berkorban ini bagi generasi yang lahir paska kemerdekaan dan tidak merasakan perjuangan fisik telah mulai terkikis. Jiwa berkorban yang dulu begitu besar dimiliki para pejuang sekarang hilang diganti oleh jiwa rakus, aji mumpung, dan mental korup.

Hal inilah yang perlu direnungkan generasi penerus bangsa untuk tidak melupakan Sejarah Perjuangan Bangsa, karena ada peribahasa: Kalau ingin menghancurkan suatu bangsa, hancurkanlah sejarahnya (Milan Kundera, Ilmuwan Chekoslowakia). Kenyataannya dewasa ini para generasi penerus banyak yang melupakan sejarah.

Terkotak-kotak! Tidak bisa membaur. Diskriminatif! Kulit putih mata sipit membuat lingkaran sendiri. Kulit sawo matang membuat lingkaran sendiri. Kulit hitam membuat lingkaran sendiri!. Berjuang demi kejayaan kelompoknya sendiri. Yang kaya menindas yang miskin. Naudzubillahi Mindzaliq...

Mari semua dengan semangat Hari Pahlawan ini kita bersatu padu dalam keragaman. Mari kita teladani semangat juang arek-arek Suroboyo waktu itu!

Selamat Hari Pahlawan!


Denaihati
Share this article :

16 comments:

  1. kebanyakan orang itu hanya numpang berkomentar saja tanpa membaca postingannya.. padahal jika di baca dan di simak baik-baik artikel ini sangat bagus dan sayang sekali jika hanya di komentari tanpa di baca.

    BalasHapus
  2. bener sekali pak,,kalau membaca perjuanagna para pahwalawan besar sekali untuk bangsa ini,, kita hanya tinggal nyaman saja..
    sudah sepatutunya kita merayakan dan mengingat perjuangan mereka...:)

    BalasHapus
  3. besar jasa pahlawan masa silam, selamat hari pahlawan buat indonesia.

    BalasHapus
  4. lanjutkan perjuangan para pahlawan,,, merdeka allahuakbar !!

    BalasHapus
  5. selamat hari pahlawan, semakin sukses terus maju tanpa menyerah

    BalasHapus
  6. Jangan melupakan sejarah namun apa daya film perjuangan saja sekarang ini sudah mulai jarang diputar

    BalasHapus
  7. hai, boleh minta emailnya untuk kerjasama?

    BalasHapus
  8. terimakasih para pahlawan, jasamu akan selalu terkenang hingga akhir waktu.

    BalasHapus
  9. Terimakasih gan atas informasi yang akurat, tajam dan terpercaya ini. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk semua pembaca khususnya saya sendiri.. sumpeh dah ane salut sama postingan agan yang satu itu, baguss beneerrr, jadi ngiri
    Sukses selalu dah gan buat ente, berikan terus informasi yang menarik seperti ini

    BalasHapus
  10. Menjadi pelajaran bagi kita generasi muda.. agar jangan lupa sejarah.
    Namun saya optimis bangsa Indonesia akan lebih jaya di tangan-tangan orang sholeh dan bijak.

    BalasHapus
  11. Selamat hari Pahlawan..
    Teruskan perjuangan para pendahulu negeri, dengan mengabdi dan berinovasi sesuai bakat dan keahlian kita

    BalasHapus
  12. Sebelumnya saya ucapkan terimaskasih atas informasinya,, disini saya cuma ikut nyimask ajah lumayan sedikit memberi pengetahuan. terus,, saya juga mau tanya tapi pertanyaannya diluar pembahasan. langsung aja ya . Bagaimana caranya supaya blog saya bisa sama kaya blog agan, bagus, banyak pengunjung, banyak yang koment. apa trik nya?? kasih tau yaah pasti tau laah... soalnya saya masih baru-baru nih blum ngrti apa-apa. ok ok.. mksih :)

    BalasHapus
  13. Selamat hari pahlawan.....
    bagi para pejuang.....

    Penyebab Wasir ( Ambeien )

    terlalu banyak duduk,
    diare menahun yang tidak kunjung sembuh,
    perubahan hormone yang terjadi saat kehamilan,
    keturunan secara genetik,
    sodomi (seks melalui anus),
    sembelit/konstipasi yang berulang-ulang,
    adanya penekanan kembali aliran darah di pembuluh darah vena,
    hipertensi,
    obesitas atau kegemukan yang berlebihan,
    dehidrasi yang mengakibatkan faces atau tinja terlalu keras sehingga kesulitan BAB,
    mengonsumsi alcohol dalam jumlah banyak
    dan juga mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak.

    Gejala Wasir ( Ambeien )

    Secara umum, wasir/ambeien dibagi dua yaitu Ambeien Internal dan Ambeien Eksternal.

    Ambeien Internal, pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Masalahnya jadi tidak sederhana lagi, bila ambeien internal ini membesar dan keluar ke bibir anus yang menyebabkan kesakitan. Ambeien yang terlihat berwarna pink ini setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi bisa juga didorong masuk.
    Ambeien Eksternal menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu.


    Untuk Kesembuhan bagi yang sudah menderita penyakit wasir atau ambeien silahkan hubungi kami......

    XL >>> 087 802 911 456

    TELKOMSEL >>> 085 3181 72 857

    INDOSAT >>> 085 869 978 978

    BalasHapus
  14. Pahlawan - pahlawan kita memang patut di acungkan jempol. Semoga blogger2 semua punya semangat pahlawan Indonesia. Mantap

    BalasHapus
  15. http://jodiindrap.blogspot.com/2013/10/hidup-yang-seperti-roda-yang-nginjek.html
    http://jodiindrap.blogspot.com/2013/09/cerita-di-balik-behel.html
    check it out

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger