Home » , , » Maria Gaetana Agnesi: Ahli Matematika di Google Hari ini

Maria Gaetana Agnesi: Ahli Matematika di Google Hari ini

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Mei 16, 2014 | 5/16/2014


Maria Gaetana Agnesi - Adalah tokoh yang mendapat apresiasi dari Google Hari ini untuk memperingati kelahirannya yang ke-296.

Maria Gaetana Agnesi (lahir di Milan, Italia, 16 Mei 1718 – meninggal di Milan, Italia, 9 Januari 1799 pada umur 80 tahun) adalah seorang filsuf dan matematikawati Italia. Anak tertua dari 21 bersaudara, ia dilahirkan dalam keluarga Italia kaya dan terpelajar dan mempunyai ayah seorang matematikawan. Ia menguasai bahasa latin, bahasa Yunani, bahasa-bahasa Yahudi dan beberapa bahasa lainnya dalam usia 9 tahun. Pada usia 20 tahun ia memulai sebuah karyanya yang terpenting, sebuah buku ajar kalkulus. 

Pada masanya, karyanya sungguh-sungguh mengagumkan dan merupakan buku ajar kalkulus luas yang pertama sejak karya dini dari I'Hospital. Buku itu telah menerima banyak penghormatan, termasuk pengakuan dari Kaisar Maria Theresa dan Paus Benediktus XIV.

Nama Agnesi menguasai suatu tempat dalam kepustakaan matematika melalui suatu sumbangan kecil Maria yakni pembahasannya tentang kurva yang dikenal sebagai versiera, yang berasal dari bahasa latin vertere yang artinya membalik. Kurva tersebut dikenal sebagai kurva "sihir dari Agnesi" karena versiera dalam bahasa Italia berarti Iblis betina.

Pada peringatan seratus tahun meninggalnya, kota Milan menghormati Agnesi dengan memberi nama sebuah jalan atas namanya. Sebuah batu pertama di bagian muka gedung Luogo Pio bertuliskan prasasti yang isinya "terpelajar dalam matematika, keagungan Italia dan abadnya".

Maria Gaetana Agnesi disamping dikenal sebagai Seorang  matematikawan, ahli bahasa, dan ahli filsafat juga dikenal sebagai seorang wanita yang suka berjalan dala keadaan tidur.
 
Denaihati
Share this article :

2 comments:

  1. wanita dan ahli matematika,,,
    luar biasa.:)

    BalasHapus
  2. satu perkara menarik, berjalan dalam tidur(mengigau), mungkin orang genius, ahli fikir kerap begini...heeee

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger