Home » , » MAMPIR NGOPI YUK !

MAMPIR NGOPI YUK !

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Juni 19, 2009 | 6/19/2009


Seperti biasanya sebelum berangkat kerja, sayang rasanya jika harus melewatkan secangkir kopi yang sudah tersedia di atas meja sebagai pengganti sarapan pagi.

Kebiasaan ngopi di pagi hari sejak 8 tahun lalu, sudah merupakan kebutuhan utama yang sulit untuk saya tinggalkan. Saya lebih baik tidak makan sehari dari pada tidak ngopi di waktu pagi.

Begitulah kehidupan saya di dunia nyata dalam menjemput pagi. Bagaimana dengan dunia maya?...... Apa hubungannya antara kopi dengan dunia maya dalam kehidupan saya ???

Sejak dua bulan terakhir,..... saya sering mampir pagi di blog Mbak Elly Suryani untuk ngopi bersama sambil membaca artikelnya yang sangat inspiratif. Kalaupun saya terlambat mampir, biasanya Mbak Elly yang mampir duluan ke blog saya ngajak ngupi...... makasih yah Mbak.

Saya terkadang berfikir tentang efek habituasi saya terhadap kopi, sehingga kemarin saya browsing dan menemukan artikel tentang kopi di situs ini yang saya rangkum sebagai berikut :

Kopi merupakan minuman favorit banyak orang. Mulai dari kedai pinggir jalan hingga hotel bintang lima menyediakan minuman yang rasa dan aromanya nikmat ini. Mulai dari pengemis sampai pejabat, banyak yang doyan minuman ini.

Kandungan kafein dalam kopi dipercaya bisa membangkitkan kesegaran dan kebugaran. Tapi di lain pihak masih banyak orang yang takut minum kopi karena alasan kesehatan.

Untuk menjawab kontraversi tersebut hingga saat ini berbagai penelitian terus dilakukan untuk mengetahui khasiat dan manfaat kopi bagi tubuh. Sebagai salah satu pengekspor kopi utama di dunia, kopi dari Indonesia terkenal bermutu tinggi.

Beberapa manfaat minum kopi adalah :

Melawan kegemukan
Orang yang sering minum kopi diketahui berat badannya lebih stabil selama 12 tahun dibandingkan dengan orang yang berhenti minum kopi. Demikian menurut penelitian yang dilakukan tim dari Harvard School of Public Health, Boston, AS. Pantessan…. Berat badan saya nggak pernah naik….. tetep aja 67 kg sejak 5 tahun lalu. Agak kuyus emang,....... yang penting sehat.

Menambah semangat
Minum kopi disela waktu bekerja ternyata bisa membantu kita tetap bugar dan berkonsentrasi. Glikogen akan membantu kita lebih cepat dan gesit dalam sesi berikutnya. Hal ini saya rasakan dalam keseharian saya, bila tidak minum kopi rasanya lemes dan ngantuk.

Penelitian menunjukkan atlit yang mengonsumsi minuman yang mengandung kafein karbohidrat setelah bersepeda memiliki lebih banyak glikogen (cadangan energi) dalam ototnya bila dibandingkan dengan atlit yang tidak mengonsumsi.

Mengurangi risiko penyakit
Menambah konsumsi kopi menurut penelitian The National Institute of Environmental Medicine di Swedia, bisa menghindari kita dari risiko kanker hati. Cukup dua cangkir kopi per hari dan risiko kanker akan berkurang 43 persen. Alhamdulillah,...... semoga.

Studi lain menunjukkan wanita yang minum kopi, risiko terkena serangan jantung berkurang 24 persen. Antioksidan yang terdapat dalam kopi diduga melindungi kita dari penyakit-penyakit itu.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Nutrition menyebutkan gadis remaja yang sering minum kopi setiap hari risiko terkena kanker payudara berkurang 40 persen. Kandungan kafein dan polipenhol dalam kopi melindungi tubuh melawan kanker payudara. Semoga ada remaja putri yang sempat membaca artikel ini.

Membantu daya ingat
Peneliti dari Medical University of Innsbruck, Austria, mengatakan bahwa kafein bisa mencegah berkurangnya daya ingat. Minum secangkir kopi sebelum pertemuan penting dengan klien barangkali layak dicoba agar daya ingat dan otak lebih tajam. Benner deh.... kejadian2 sampai beberapa tahun lalu yang saya inget,...... sulit terlupakan. Emang..........

Mencairkan suasana
Harus berurusan dengan orang yang sulit diajak kerjasama? Ajaklah ia menikmati secangkir kopi. Kafein akan membuat orang lebih terbuka, demikian menurut laporan yang diterbitkan dalam European Journal of Social Psychology.

Peneliti mengungkapkan kafein merangsang fungsi kognitif sehingga orang akan lebih terbuka dan respektif.

Namun disamping kegunaan diatas, tentunya ada pula efek sampingnya. Saya mohon rekan blogger sekalian untuk sharing melalui kolom komentar di bawah. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Dirangkum dari : http://www.tribun-timur.com
Share this article :

43 comments:

  1. Sruuup.....!!! Numpang ngopi kang......
    Ngopi tiap pagi, sempet terhenti gara-gara asam lambung melompat tinggi...Tapi kini dah mulai lagi, menyambut senyum manis sang mentari pagi ditemani secangkir kopi GINASTEL, legi panas kentel.....

    BalasHapus
  2. mm...
    ternyata minum kopi tu bnyak manfaatnya yah,,,
    sambil sntai memang pas untuk kopi n bisa terbukti juga kopi bisa membuat qta rileks...
    jdi pengen minum kopi neh....
    hehehe,,,,

    :17

    BalasHapus
  3. walau saya gak ngopi,.....boleh kan saya sekedar menemani teman2 semua minum kopi,pasti rame . saya kok malah jadi berandai klo misalnya semua ini bisa terjdi pasti menyenangkan. semua para blogger berkumpul sisatu tempat dan ngobrol bersama , saling bertukar wawasan dan tentunya sambil ngopi hehehe.
    kapan ya kita para blogger bisa saling menyapa didunia nyata??? wallahua'lam

    BalasHapus
  4. Selain manfaat tentunya ada efek sampingnya, dari yang pernah saya ketahui Kopi meningkatkan aktifitas jantung kita, dalam arti jantung kita akan bekerja lebih keras dari yang seharusnya,inilah yang menyebabkan semangat kita bertambah saat habis minum kopi, namun karena bekerjanya secara keras dalam waktu yang terus menerus sepanjang kehidupan kita (karena kita ngopi terus sepanjang hidup) otot jantung akan menjadi kendor dan pelan-pelan akan kehilangan kekuatannya dan akhirnya akan sulit memompa darah lagi. Dan dari beberapa pengalaman teman2 yang suka minum kopi, mereka jadi cenderung ketagihan dan kalau berhenti akan ada efek pusing, kehilangan semangat bahkan tidak bisa berfikir lagi.... nah tergantung kita saja untuk menggunakannya secara bijak.. tidak berlebihan atau tidak minum sama sekali.

    BalasHapus
  5. Asek ngupi lagi. Ya minum kopi bikin mata jadi cerlang, jadi semangat, segala informasi bisa diterima lebih maknyus. Tiada hari tanpa kopi. Terimakasih sudah menampilkan ritual ngupi kita. Selamat beraktivitas bang Iwan. Semoga terus sukses dan barokah.

    BalasHapus
  6. walaupun aku bukan satpam ronda, tapi aku suka kopiii........bisa ketagihan minum kopi

    BalasHapus
  7. Kalau saya, jarang minum kopi takut kecanduan pak. Kalau dah terpaksa ngantuk banget baru deh bikin kopi. Dan, setiap bikin kopi, selalu inget mbak Elly. Saya gak tahu kalau bapak juga maniak kopi, bakalan inget bapak juga kalau minum kopi :)

    BalasHapus
  8. hihihi... kalo kopi instan aku suka tapi kalo kopi tubruk kayak kopi toraja bisa puyeng aku minumnya hehehe...

    gimana pak tentang kaitan antar kopi dan rokok?

    BalasHapus
  9. bener, mas. Saya kalau nggak ngopi nggak bisa kerja, bawaannya lemes melulu...

    BalasHapus
  10. Wah aku ga biasa ngopi nich, lebih suka air putih. Tapi sesekali bolehlah secangkir ***cafe hihihi :17

    BalasHapus
  11. walah ga boleh ngopi nih , maagku bisa kumat lagi

    BalasHapus
  12. bener mas, bisa buat rileks n tenang ;) saya dulu juga sering minum secukupnya waktu ikut2 fitnes... katanya kafeine n kandungan nya bisa mngurangi kegemukan c. nice post. wah telat mampir saya mas.

    BalasHapus
  13. eeeehhhh minum kopi melawan kegemukan???? walaaaahhhhh makanya aq gemuk coalnya aq gak suka kopi sama sekali, selain pait jg gak enak....

    tp kalau bisa melawan kegemukan, aq mau nyoba ach.... aq mau belajar minum kopi dech..... :17

    tp kata papah siy emang gak baik jg sering minum kopi....

    BalasHapus
  14. ohh.. gitu ya.
    baru tau ana.

    hhe..
    bagusnya emang minum kopi pagi2. kalo malem2 alamat begadang sesubuhan.

    BalasHapus
  15. Kopi ternyata bisa untuk obat maag yg kronis ,tapi kopi yg murni dan tanpa gula...saya pernah memperaktekkannya,beberapa bulan ,alhamdulillah cocok...

    BalasHapus
  16. saya suka menghirup harum kopi aja. tapi utk rutin minum gak berani karena tidak baik utk kesehatan tulang. lagipula, suka mendadak kelaparan berat setelah minum kopi. ususnya gak kuat nih.

    BalasHapus
  17. Setiap bagian pada diri,
    selalu ada nilai untung dan rugi,
    tinggal upaya telaah mesti,
    lalu tawakkul pada Ilaahi,
    agar hikmah tertuai tak lari.
    Aku sendiri sering menyapa pagi,
    dengan rokok dan secangkir kopi...

    BalasHapus
  18. efek samping yang paling berbahaya adalah kerusakan ginjal. usahakan minum kopi maksimal 1 kali sehari...

    BalasHapus
  19. Minum kopi cuma kalau lagi ngantuk nih bang.. kayak sugesti gitu, habis minum kopi alhamdullaih ngantuknya jadi ilang

    BalasHapus
  20. wah kebetulan aku ga suka ngopi bang
    duduk di kedai kopi malah minum teh anget aja
    aku minum kopi hanya untuk pergaulan
    kalo udah disuguhkan, ya embaat aja
    bukan merupakan kebutuhan
    :32

    BalasHapus
  21. Kalau efek kopi sepertinya dah sangat komplit dari cerita bro di atas tapi kalau story lain tentang kopi ada nih :

    Seorang pria beristri mendatangi dokter pribadinya dan mengeluh , “ Dokter, saya benar-benar khawatir, takut dan kehabisan akal " ;

    Minggu lalu ketika sampai dirumah, saya mendapati istri saya tengah berada ditempat tidur dengan pria lain dan begitu melihat saya , ia langsung menangis dan merengek minta maaf, saya merasa iba dan kasihan lalu untuk menenangkannya saya ajak dia minum kopi.

    Beberapa malam setelah kejadian tersebut , peristiwa serupa terjadi lagi, kali ini istri saya tidur dengan tetangga saya sendiri , saya marah besar dan berusaha memukul lelaki tersebut ,tetapi istri saya menjerit , menangis dan minta ampun sambil memeluk kaki saya, lagi-lagi saya merasa iba dan kasihan akhirnya saya kembali menenangkannya dengan minum kopi bersama.

    Dan yang ini kemarin malam dokter, saya betul-betul terperanjat , kejadian terkutuk itu berlangsung lagi dengan seorang pemuda anak tetangga kami ! saya betul-betul marah besar dan ingin membunuh keduanya tapi kali ini istri saya bersumpah sambil menangis dan merengek bahwa ini adalah yang terakhir dan ia berjanji tidak akan mengulanginya lagi dan lagi-lagi saya ngak sanggup melihat ia bersedih dan seperti biasa untuk menenangkannya kembali saya ajak dia minum kopi bersama.

    “ Lalu sekarang apa yang dapat saya lakukan untuk anda ?”. Sang dokter bertanya.

    Begini dokter , seminggu ini saya benar-benar marah, jengkel dan kesal sehingga diluar kendali, saya telah minum begitu banyak kopi, “ Amankah itu untuk kesehatan saya ? “.

    Sang dokter tersenyum geli sambil menjawab ... “ Jangan takut , ngak ada masalah dengan kesehatan anda, sepanjang anda tidak meminumnya lagi dan menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan “.

    Si pria sangat lega dengan jawaban dokternya karena jawaban tersebut telah menghilangkan kekhawatirannya dan tahukah anda apa yang dikhawatirkan si pria itu?.

    Anda salah. Bukan ...bukan kesehatannya yang ia khawatirkan tetapi si pria sangat mengkhawatirkan nasib istrinya. .. lho kok bisa?. Iya .... Dia sangat takut kalau-kalau kesehatannya terganggu karena kebanyakan minum kopi sehingga ia tidak bisa menjaga dan melindungi istrinya.

    BalasHapus
  22. Wah, baru tau nih ternyata kopi banyak manfaatnya juga...
    Tapi apakah sebanding dengan kerugian yang diakibatkan oleh konsumsi kopi???
    Mudah-mudahan ada pencerahan lagi untuk posting berikutnya...
    Trimakasih... :10

    BalasHapus
  23. :27 tolong dg bang...kebanyakan kopi jadi begini...

    Salam kenal ya Bang...

    BalasHapus
  24. Ya memang selalu ada efek baik dan buruk sih,apapun itu. Tapi apapun itu,saya tidak suka kopi Pak. Dan belum pernah minum kopi,karena mencium baunya saja sudah pusing sih..hehehe

    BalasHapus
  25. wew.. sip mas..
    saya juga suka minum kopi he..he..

    BalasHapus
  26. Wah segitu enaknya ya pak klu minum kopi itu? saya sich yang namanya kopi ato teh ato sirup gak begitu suka, mending klu saya tiap bagi minum pake air putih...dan terima kasih ya sudah memberikan satu pengetahuan batu tentang kopi.... :29

    BalasHapus
  27. sayangnya lambungku ngak kuat untuk kopi

    BalasHapus
  28. . tapi klo minum kopi pas biZ makan g boleh loh . . .

    . bisa mengurangi penyerapan zat besi dlm darah . . .

    BalasHapus
  29. aku datanggggg bang iwannnnnnn. maren baru 3 orangan yg diapelin karna kecapean jadi gak sempet ke tempat bang iwan, langsung teleeerrrr

    BalasHapus
  30. aku suka kopi panas tanpa gula,
    suka sama rasa dibalik pahitnya kopi

    BalasHapus
  31. Setujuuuuuuuuuuu.. hiduuuuup ngopi.. menemani dingin sambil merokoooook di keheningan malam sambil melamun dongo melongo.. hehehe..
    Salam Sayang

    BalasHapus
  32. siiip mas aetikelnya.....subhanalloh kopi...kopi...

    BalasHapus
  33. :11 aku juga penggemar kopi...

    BalasHapus
  34. AKU LEBIH SUKA minum SUSU . . SUSU MBOK DARMI,,heheheheh :16

    wah makin hari makin mantab aja ohmm... :19

    komen balik ditunggu

    BalasHapus
  35. Mampir ngopi lagi...xixixi...
    Biar kagak tidur sekalian ...BEGADANG...!!!

    BalasHapus
  36. Sudah coba kopi sidikalang dari tempat saya Mas? rasanya maknyos.ss..s :17

    BalasHapus
  37. Kalau kopi.., aku cuma suka dengan baunya, tapi gak suka dengan rasanya.
    Bagiku enakan teh sih hehehe...

    BalasHapus
  38. wah mas ini artikelnya saya banget...saya khan suka minum kopi
    sehari bisa 3 kali...he..he...thanks atas info nya ya...

    BalasHapus
  39. heeeeeeemmm.............. kebetulan saiya termasuk penyuka kopi
    pak...

    apalagi pas pikiran lagi suntuk pasti bertemanya Kopi ama Rokok....
    huahahaha........ga nyambung yak(tambahin penyakit dah )

    BalasHapus
  40. Aku ga tahan ama kopi, maag-ku bisa langsung teriak2. Tp kalo nongkrong ke Starbucks sih seneng2 aja sambil pilih yg no coffee atau yg campurannya banyak

    BalasHapus
  41. mmm bang, saya sebenernya doyan kopi plus creamer, klo kopinya doang, kurang suka, apa bisa ngefek spt yg ditulis itu? terutama masalah menghindar penyakit dan kanker....

    BalasHapus
  42. Wooohoooo...!!! I'm a coffee lover!!!
    Hidup kopiiiiiiiiii...! :)

    BalasHapus
  43. manfaat kopi emang beraneka ragam.. mampir juga ah ke blog temang ngopimu itu.. :)

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger