Home » » AROMA, TERAPI BAGI JIWA

AROMA, TERAPI BAGI JIWA

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Agustus 06, 2009 | 8/06/2009


Jika sejenis bau pernah tiba-tiba meluapkan perasaan atau mengingatkan anda akan sesuatu, sudah pasti para ilmuwan mengetahui fungsi indera penciuman sebagai unsur penting dalam lingkungan kreatif.

Setelah sebelumnya diabaikan, akhir-akhir ini bebauan atau aroma, diketahui secara langsung dapat merangsang bagian otak yang bekerja atas emosi dan ingatan primitif. Akibatnya, satu jenis bau mampu mengeruk segunung emosi dan menggugah ingatan lama.

Contoh : Semalam karena susah tidur, saya keluar rumah menghampiri sekumpulan anak-anak muda yang tengah bergembira mengelilingi api unggun sambil bermain gitar, bau asap kayu yang memenuhi udara sekitar seketika mengingatkan saya akan suasana disuatu tempat ketika masih kecil dulu, tempat Ayah bertugas……. didaerah pegunungan yang sangat dingin dimana setiap malam tubuh terpaksa dibungkus dengan pakaian tebal, berkumpul bersama kakak dan adik berlanjut dengan perapian hangat dan secangkir wedan jahe.

Bau asap kayu telah membawa ingatan saya ke kehidupan masa kecil yang sangat indah membuat saya merasa segar dan bersemangat.

Dari buku sumber yang pernah saya baca . Aroma atau bebauan memang ternyata mampu merangsang atau menenangkan tubuh, meningkatkan pemusatan pikiran, melejitkan kemampuan belajar, mendongkrak daya khayal, dan sebagainya.

Mungkin inilah yang diistilahkan dengan Aromaterapi. Defenisi Aromaterapi yang diperkenalkan oleh seorang ahli Kimia Prancis R.N.Gattefosse pada abad kesembilan belas adalah ”Pemakaian terapis bahan-bahan wewangian yang diambil dari bunga, tumbuh-tumbuhan, dan semak beraroma, dengan cara dihirup dan dioleskan pada kulit”. Dan sejak saat itu aromaterapi populer di Eropa dan meluas keseluruh dunia pada dekade terakhir ini.

Berikut ini beberapa macam aroma paling terkenal dan manfaat terapinya, yang saya kutip dari Buku Bengkel Kreatifitas, Jordan E. Ayan :

Kayu cendana – ketenangan
Bunga Melati – hasrat dan kegembiraan
Pohon Kayu Harum – relaksasi
Kenanga – ketenangan
Jahe – merangsang pikiran
Cistus (rockrose, bunga yang tumbuh di batu-batu gunung) – pengembangan pikiran
Clary sage (lavender) – anti depresi

Menurut Cyntia Watson,M.D., pakar ternama bidang obat-obatan holistik, gangguan mental dan emosional tertentu bisa disembuhkan dengan menggunakan aroma. Gangguan-gangguan tersebut adalah :

Insomnia – neroli (dari bunga jeruk), clary sage, kayu cendana, kemangi, chamomile, lavender, jeruk dan apel.
Mimpi buruk – adas, mint, rosemary, marjoram, jeruk
Kegelisahan – kemangi, ketumbar, mint
Depresi – angelica, jeruk lemon, jahe, minyak kayu putih
Kelesuan – kenanga, minyak kayu putih, jeruk lemon, cemara
Stres atau tertekan – mawar, terragon, verbena
Kurang konsentrasi – anyelir, ketimbar, melati, jeruk lemon
Udara pengap – kemangi, peppermint, cemara

Anda juga bisa mengharumkan lingkungan dengan bunga dan buah-buahan alami, potpourri (campuran wewangian), atau lilin. Bahkan mengupas buah jeruk atau lemon akan memberikan dorongan aromatik pada otak. Memanggang roti, menumis bawang putih atau bawang merah, bahkan berdekatan dengan terpentin atau serbuk gergaji, bagi sebagian orang bisa membangkitkan ingatan.

Jika anda ingin bereksperimen dengan unsur panca indera, mulailah dengan membedakan berbagai bau-bauan yang anda rasakan di lingkungan sekitar selama seminggu.

Tutup mata dan bayangkan perasaan yang ditimbulkan oleh bau-bau tersebut. Positif atau negatifkah? Apakah bau-bauan tersebut membawa jiwa anda ke suatu tempat atau waktu tertentu dalam hidup anda?.
Lalu, bereksperimenlah dengan beragam bau-bauan. Perhatikan efek dari tiap jenis bau.

Apakah anda merasa lebih segar atau jadi merenung? Lalu, pilih jenis jenis bau yang membuat anda paling kreatif dan produktif.

Selamat bereksperimen.

Untuk kali ini, aku sekaligus memajang Award pemberian DICKY DUNIA POLAR, yang menganugerahkan saya Award buatannya sendiri dalam rangka Cuci Gudang dan pamit,... mau kemana lagi nih??

Makasih banyak atas Awardnya Dick,... moga tetap semangat dan sukses selalu.

Share this article :

30 comments:

  1. saya suka bau jeruk lemon.

    iya ya..si Polar mau kemana ya? pake acara pamit segala.

    BalasHapus
  2. jahh... kirain aku pertamaxx di sini

    keduluan teh fanny... baca dulu ahh...

    BalasHapus
  3. hmm.... bagus di jadiin referensi nih hohoho...

    ehh met pagi pak guruu...

    BalasHapus
  4. Begitu berpengaruhnya aroma terhadap saraf kita, makanya ada produsen roti yang menyemprotkan aroma oven roti di outletnya sehingga kita terkesan semua rotinya adalah fresh from oven.

    Waktu saya habis sunat hampir pingsan, terus disuruh menghirup aroma dari kopi panas dan nggak jadi pingsan

    BalasHapus
  5. Aroma tertentu memang sering mengingatkan kita pada suatu tempat atau kejadian yang telah lalu(asal bukan kejadian buruk aja ya bang)
    Hi..hi... om Sugeng hampir pingsan yah saat disunat....

    BalasHapus
  6. sepertinya ella lagi butuh aroma terapi nih...ketenangan...... ^_^

    BalasHapus
  7. aku suka jasmine.. pantes konsen n fokus teyus..
    aku juga suka myk kayu putih.. jadi anti depresi..

    bang, barusan temen ada yg jualan minyak terapi trus ada posting ini.. klop dah...

    BalasHapus
  8. saya suka aroma lavender... tp aroma yg laen pun doyan... apalagi duit yg masih baru : hmmmmm.... sedap :)

    BalasHapus
  9. rumah baru nih??

    oww,, jadi kalau mau buat postingan harus nyium bau jahe and cistus dulu donk yah biar terangsang pikirannya

    BalasHapus
  10. Referensi keren nih. Kalo saya suka bau pantai dan laut.

    BalasHapus
  11. wah,... bagus nie,... perlu jeruk lemon,... biar gag lesu,... biar semangat kerja,...!!! hehehe,...

    makasih yah maz!!!!

    BalasHapus
  12. aku sih suka bau bunga melati, baunya menenangkan dan membuat relakzzzz

    BalasHapus
  13. kayaknya aku butuh banget deh aroma terapi itu, khususnya buat yang insomnia dan depresi :D
    btw makasih yahhh uda ngepost awardku yang sederhana itu,makasihhhh...:D

    BalasHapus
  14. Ya saya suka aroma tanah kering tersiram air hujan, baunya khas. Saya suka juga aroma khas tubuh suami saya,menghilangkan resah, hehe.

    BalasHapus
  15. aduh lagi lahgi aku inget desaku yang dingin dan ber api unggun ria,hehhehe,,award dari polar aku juyga dapet tapi lom ku kerjain heheh

    BalasHapus
  16. diriku suka bau jamur di goreng

    BalasHapus
  17. wahhh...gitu yachh... nice impoh pak ,

    BalasHapus
  18. wahhh...harus nyium sapa dulu yach biar makin lancar idenya buat posting

    BalasHapus
  19. nice info bang..

    bau jahe..? boleh juga tu...

    BalasHapus
  20. ah yang bener pak iwan?? masa jahe bisa merangsang pikiran?? merangsang pikiran jadi gimana nih?? kalo untuk hal positif and untuk memecahkan masalah boleh juga.. tapi kayaknya selama ini saya minum jahe sama aja tuh efeknya.......... malah kepanasan.. hehehehe..

    oh iya saya juga suka gelisah kalau mau tidur.. alias insomnia.. apa saya harus cium kayu cendana dan kemangi yah.. tapi kalo kemangi saya ga suka pak iwan.... tapi kalo cendana belum pernah ciumm.... jadi gimana nih?? soalnya saya sering bermasalah dengan kegelisahan dan pikiran..

    BalasHapus
  21. Saya suka bau mawar. Smells good.Saya menyimpan sedikit didalam kereta saya.

    BalasHapus
  22. aku suka bunga kenanga tuh, baunya segaaar haruuum

    BalasHapus
  23. subhanalloh....sungguh tiada yang sia2 ciptaan NYA

    BalasHapus
  24. kalau aku suka wangi melon atau vanilla. Mm .. rasanya segar, kayak relaxaxi, plus membuat lapar *LOH* he he he

    BalasHapus
  25. PRof suka bau yang lembut.....
    Bau kok lembut...?? Pokok'e lembut dah....kagak terlalu menyengat gitu maksudnya..:D

    BalasHapus
  26. malah suka pusing ada bau-bauan gituh, sukanya sama aroma jeruk ajah, segerrr!!!

    BalasHapus
  27. wowo,,kalau gini aku jadi tahu dech
    aku akan mencoba mencium aroma mawar ach
    hehehehehe

    BalasHapus
  28. Rabbanaa maa khalaqtaa haadzaa baathilan subhaanaka faqinaa 'adzaabannar

    BalasHapus
  29. Aku sih sebenarnya suka bau yang segar.. Makasih ya untuk informasinya. Berguna banget nih !

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger