Home » » OPTICAL ILLUSION PENGUKUR STRESS ??

OPTICAL ILLUSION PENGUKUR STRESS ??

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Agustus 13, 2009 | 8/13/2009

Stress adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stres membuat tubuh untuk memproduksi hormon adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia.

Stres yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari-hari. Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin.

Tetapi stress yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan.

Gejala-gejala
  • Menjadi mudah tersinggung dan marah terhadap teman, keluarga dan kolega.
  • Bertindak secara agresif dan defensif
  • Merasa selalu lelah.
  • Sukar konsentrasi atau menjadi pelupa.
  • Palpitasi atau jantung berdebar-debar.
  • Otot-otot tegang.
  • Sakit kepala, perut dan diare.
Komplikasi
  • Tekanan darah tinggi dan serangan jantung.
  • Sakit mental, hysteria.
  • Gangguan makan seperti hilang nafsu makan atau terlalu banyak makan.
  • Tidak bisa tidur (insomnia).
  • Migren/kepala pusing.
  • Sakit maag.
  • Serangan asma yang tambah berat.
  • Ruam kulit.
Penyebab
  • Kejadian hidup sehari-hari baik gembira dan sedih seperti; Menikah/mempunyai anak, mulai tempat kerja baru/pindah rumah/emigrasi, kehilangan orang yang dicintai baik karena meninggal atau cerai, masalah hubungan pribadi.
  • Pelajaran sekolah maupun pekerjaan yang membutuhkan jadwal waktu yang ketat, dan atau bekerja dengan atasan yang keras dan kurang pengertian.
  • Tidak sehat.
  • Lingkungan seperti terlalu ramai, terlalu banyak orang atau terlalu panas dalam rumah atau tempat kerja.
  • Masalah keuangan seperti hutang dan pengeluaran di luar kemampuan.
  • Kurang percaya diri, pemalu
  • Terlalu ambisi dan bercita-cita terlalu tinggi.
  • Perasaan negatif seperti rasa bersalah dan tidak tahu cara pemecahannya, frustasi.
  • Tidak dapat bergaul, kurang dukungan kawan.
  • Membuat keputusan masalah yang bisa merubah jalan hidup atau dipaksa untuk merubah nilai-nilai/prinsip hidup pribadi yang dapat anda lakukan
Bagaimana mencegah stress ?
  • Lihat/ukur kemampuan sendiri. Belajar untuk menerima apa adanya dan mencintai diri sendiri.
  • Temukan penyebab perasaan negatif dan belajar untuk menanggulanginya. Jangan memperberat masalah dan coba untuk sekali-kali mengalah terhadap orang lain meskipun mungkin anda di pihak yang benar.
  • Rencanakan perubahan-perubahan besar dalam kehidupan anda dalam jangka lama dan beri waktu secukupnya bagi diri anda untuk menyesuaikan dari perubahan satu ke yang lainnya.
  • Rencanakan waktu anda dengan baik. Buat daftar yang harus dikerjakan sesuai prioritas.
  • Buat keputusan dengan hati-hati. Pertimbangkan dengan masak-masak segi baik atau buruk sebelum memutuskan sesuatu.
  • Biarkan orang lain ikut memikirkan masalah anda. Ceritakan kepada pasangan hidup, teman, supervisor atau pemimpin agama. Mereka mungkin bisa membantu meletakkan masalah anda sesuai dengan proporsinya dan menawarkan cara-cara pemecahan yang berguna.
  • Bangun suatu sistim pendorong yang baik dengan cara banyak berteman dan mempunyai keluarga yang bahagia. Mereka akan selalu bersama anda dalam setiap kesulitan.Jaga kesehatan, makan dengan baik, tidur cukup dan latihan olahraga secara teratur.
  • Rencanakan waktu untuk rekreasi.
  • Teknik relaksasi seperti napas dalam, meditasi atau pijatan mungkin bisa membantu menghilangkan stress.
Stress kah anda?

Coba amati gambar di bawah...., tapi yang ini cuman rekaan dari beberapa situs aja yang belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Gambar-gambar ini dipergunakan untuk mengetahui level stress yang dapat ditangani seseorang. Semakin perlahan pergerakan gambarnya, semakin baik kemampuan seseorang mengatasi stress.

Seorang guru mengatakan “saya merasa gambarnya bergerak tetapi perlahan, seperti bernafas”.

Seorang kriminal yang pernah di test mengatakan gambar-gambar tersebut berputar sangat cepat.

Seorang yang berusia lanjut dan anak-anak mengatakan gambarnya tidak bergerak.

Gambar-gambar ini tidak ada yang animasi, semua adalah gambar statis.

Silakan mencoba mengukur tingkat stress anda.


Komentar anda setelah mengamati gambar di atas ?????......

Dirangkum dari :
1. http://www.e-smartschool.com
2.http://ilusionesopticas.org
Share this article :

43 comments:

  1. Saya pernah menjalani tes stress seperti ini, tapi syukurlah, gambarnya hanya bergerak perlahan, bahkan kadang tidak bergerak...

    BalasHapus
  2. Wuih, kayak'x gue juga stress deh, tapi dikit, hehehehe....
    Gue liat tu gambar rada gerak2, tapi pelan...

    BalasHapus
  3. thnks infonya bang..
    alhamdulillah, diriku pribadi jarang stress...

    BalasHapus
  4. Mudah2'an aja gue nggak stress2 banget...
    Sorry kalo dobel ni bro komen'x...
    Bis nggak ada pemberitahuan komen gue lagi di pending atw nggak...

    BalasHapus
  5. huah,,untung aja aku buat hari2ku tetep enjoy
    kalau nggak, bisa2 stress trus tuh aq
    hehehehe
    tu ilusion nya ya mas???
    kok aku agak pusing yach ngeliatnya..

    BalasHapus
  6. pak, kalau saya koment, kayak anak2 dan orang tua donk.. soalnya gak bergerak tuh gambar :) (saya setres gak yah?) hehehehe... jawab pak, saya setres gak sebenernya. Maksa deh...

    BalasHapus
  7. bergerak perlahan.....

    mmmm ella sih lagi pusing hehehheheh

    BalasHapus
  8. Wah, yang keliatan bergerak cuma 2 yang atas,... berarti saya masih normal yak?..

    *minum obat penenang...*

    BalasHapus
  9. Yang bergerak cuman yang atas,.. wah saya benar2 bebas dari stres nih....

    *minum obat penenang*

    BalasHapus
  10. Hehehe, bisa saja si abang. Gambarnya cakep ya bang.

    BalasHapus
  11. jadi stress beneran ni bang abis liat gambar diatas...
    hehe,..
    good post

    BalasHapus
  12. **terhipnotis** silakan anda memberikan sugesti kepada saya :))

    BalasHapus
  13. bang kumis
    cuman yg paling atas aja spt kata guru itu, bergerak perlahan spt bernapas, sisanya diam loh..

    brati aku tidak stress....

    BalasHapus
  14. bang iwan...komengan saya masuk gk ya td???
    inetnya lg lemot bgt

    BalasHapus
  15. Nice sharing bro...
    Ntuk gambarnya aku dah nyoba ternyata yang bergerak-gerak bukan gambarnya tetapi akunya...
    berarti yang stress gambarnya kali ya ?>
    wakakakakaakakakakaakaka.

    BalasHapus
  16. stress nih krn mikirin ide cerpen semalaman jadi gak bisa tidur. he he he..itu mah bukan stress ya

    BalasHapus
  17. masa aku orang lanjut usia sih??? gambarnya gak gerak menurutku...apa karena aku dah stress tingkat amat akut??? *panik mode on*

    BalasHapus
  18. salam sobat trims infonya
    ternyata stress juga bisa dilihat dari gejala2nya, sebelum parah.
    buat happy aja ah,,daripada bikin stress.

    BalasHapus
  19. Kayaknya ada satu gambar yang disensor yaa.....
    mestinya ada lagi tuh

    BalasHapus
  20. wew pusing ngeliat gambarnya..
    mmmm... cara supaya gambarnya ga bergerak adalah fokus ke satu titik.. tapi kalau kita lihat gambarnya dengan mata yang ke kanan dan ke kiri ya gambarnya muter2 terus..

    intinya fokus.. hilangkan rasa aneh2.. duh pak iwan kali ini benar2 bikin saya pusing... huhuhuhuhu

    BalasHapus
  21. kompie yg lagi lelet ato emang aq liat gambarnya lambat ya?! wah berarti aq bisa atasin masalah dunk *padhal masih sering bingun*

    BalasHapus
  22. aq setuju! gambarnya sempet bikin pusing...tapi berkali2 diliat masih lambat apa inet kuw yg lelet ya? ada pengaruh ma inetnya gag?

    BalasHapus
  23. klo liat ini jadi inget marshanda, soalnya dia lagi depresi sampe nangis segala di youtube, kasian banget

    BalasHapus
  24. Wah bagus nih tulisannya. Stress sering bikin kita mudah terpancing emosi

    BalasHapus
  25. klo liat ini jadi inget marshanda, soalnya dia lagi depresi sampe nangis segala di youtube, kasian banget

    BalasHapus
  26. Ada yg gerak tp pelan banget. Ada yg ga gerak sama sekali. hehehe...
    Thanks for the test. menarik jg.
    Btw, mo ngasih tahu kalo sambungan cerbernya barusan terbit...

    BalasHapus
  27. hehehehe.. saya stresssssss.. waaakaaakakakak

    salam sayang

    BalasHapus
  28. hore aku lulus tes..hasilnya bikin ketagihan..hehehe

    BalasHapus
  29. Sedikit Streeesssss karena PR ga juga Naik2 Kang

    BalasHapus
  30. kayaknya saya jadi stress liat gambarnya bang..puyeng..hehe

    BalasHapus
  31. waduhh...aku lihat gambarnya bergerak gt mas..... *_*
    artinya apa tuh ?? hihihi,jgn2 aku stress ya.

    BalasHapus
  32. Stress ringan hasiLnya. He.. he..

    BalasHapus
  33. kalo di lihat sekilas nggak bergerak kalo di amati mendalam nggak bergerak juga, kalo diamati secara kabur mata bergerak, hayo apa.....kakakkakaka...kok jadi tebak2an yak Bang.....hahahahahahah...
    jujur dari semuanya ada titik kuning yang bergerak titik kuning itu apa sih bang.....?

    BalasHapus
  34. walah...kok titik kuning yang muter2 sekarang nggak ada...kompieku atau kah bliog ini ya bang penyebabnya....hehehehhehe....maaab bang, nggak biasanya neh rewel....hihhiiihihi

    BalasHapus
  35. Mantabb infonya.....siiipppp. Gambarnya sama sekali tak bergerak....bukan animasi sih ^_^

    BalasHapus
  36. alhamdulillah, sayang nggak stres hehehe.Tipsnya bermanfaat banget bro!

    BalasHapus
  37. wah setelah coba2 memelototi gambar di atas sepertinya saya juga ada gejala sress nih dikit hiikzzz..

    BalasHapus
  38. info yang sangat bermanfaat banget.thanks ya aku sudah coba ternyata aku tidak stress

    BalasHapus
  39. Stress = Tekanan, memacu kita untuk "berlari", kemampuan masing2 orang tentu berbeda, untuk menahan stress agar tidak over load. Gambarnya bergerak dengan perlahan....namun terus bergerak......

    BalasHapus
  40. Bang, aku gak stress lho... Alhamdulillah... ^_^

    BalasHapus
  41. met wiken, pak. besok jam 5 lbh baru ada jokes.
    mumet kenapa, pak?

    BalasHapus
  42. gambarnya g bergerak boz... napa yah?

    BalasHapus
  43. Kalo ngga ada gambar yang gerak berarti ngga stess dong, apa malah udah parah??? hehehe...

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger