Home » , » SEMANGAT PAGI

SEMANGAT PAGI

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Agustus 28, 2009 | 8/28/2009

Hari ini adalah hari ke-7 Bulan Suci Ramadhan. Kami berempat, saya beserta isteri dan kedua belahan jiwa sepulang dari masjid melaksanakan shalat subuh berusaha menyibukkan diri dengan berbenah di sekitar rumah.

Kami berupaya untuk senantiasa menyambut pagi dengan semangat tinggi. Adalah anak kami, Kery...... si kecil yang mejeng fotonya di postingan kemarin tampaknya semangat menyambut pagi yang ditunjukkannya sangat menggebu-gebu. Begitu tiba dirumah, langsung mengajak kakaknya ke belakang untuk menyiram tanaman melati yang tampaknya banyak layu karena musim kemarau.

Saya dan isteri tercinta, biasanya sebelum bulan Ramadhan, kalau pagi seperti ini kami berdua sudah sibuk menyiapkan sarapan (maklum tidak punya pembantu), namun sekarang karena lagi puasa tentunya kebiasaan itu praktis berubah.

Ingin rasanya kembali ke balik selimut, menunggu matahari yang masih malu-malu muncul. Isteri saya, seringkali lebih semangat menyambut hari baru di pagi hari, tapi juga tidak jarang bermalas-malasan di pagi hari yang dingin sejak bulan Ramadhan.

Jika melihat kedua anak kami sudah melakukan aktivitasnya sendiri dengan semangat, rasanya malu juga. Seharusnya sebagai orang tua dapat memberi contoh yang lebih baik. Bukannya memilih bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas yang menjadi tanggung jawab kami berdua. Tapi seringnya, malu itu dikalahkan rasa malas. Padahal, dalam pagi hari ada keberkahan. Seperti pepatah di kalangan orang Arab yang menyebutkan bahwa berkah itu ada di waktu pagi, albarakatu fi bukuriha.

Waktu pagi, memang menyimpan banyak keutamaan. Salah satunya adalah keutamaan zikir pagi yang dianjurkan untuk memperoleh banyak rahmat Allah SWT.
  • "Dan sebarkanlah dirimu bersama orang-orang yang menyeru Tuhan mereka pada waktu pagi dan petang untuk mengharapkan keridhaan-Nya” (Al-Kahfi; 28).
Waktu pagi adalah waktu pergantian tugas malaikat malam dan siang. Rasulullah menjelaskan dalam haditsnya bahwa waktu shubuh adalah masa di mana para malaikat malam naik ke langit digantikan dengan malaikat siang. Sungguh terasa indah jika saat-saat pergantian malaikat itu, kita sedang berada dalam kondisi taat kepada Allah SWT.

Namun apa yang terjadi? Biasanya saya lebih memilih untuk bermalas-malasan, menunggu matahari muncul adalah hal yang tidak jarang saya lakukan. Astaghfirullahaladziim..

Waktu-waktu shubuh di pagi hari adalah waktu yang oleh para ulama dianggap sebagai waktu terbaik untuk mendalami suatu ilmu. Suasana pagi yang tenang membuat konsentrasi dan kemampuan memahami meningkat. Ibnu Jarir Ath Thabari, yang mampu menulis sebanyak empat puluh halaman setiap hari selama empat puluh tahun terakhir masa usianya, melakukan murajaah akan ilmu dan ide-ide yang akan dituangkan dalam tulisannya di awal-awal shubuh.

Lukman Al-Hakim pun mengingatkan anaknya tentang kemuliaan pagi dan mudahnya akal menyerap ilmu dengan mengatakan, “Jangan sampai ayam jantan lebih cerdas darimu. Ia berkokok sebelum fajar, sementara kamu masih mendengkur tidur hingga matahari terbit.”

Lihatlah! Pagi tak pernah bosan menyapa kita kecuali Allah menentukan takdirnya yang lain. Suasana pagi tetaplah penuh dengan kesegaran dan kesejukan. Suasana pagi selalu membawa harapan bagi diri. Selamat pagi! Saya ingin selalu menyapa pagi dan menjadikannya momen yang baik untuk memperbaiki diri. Mudah-mudahan..
Wallahu’alam bishshowab

Gambar diambil DISINI


Share this article :

53 comments:

  1. wih... subhanallah... makasih pencerahannya bang...

    BalasHapus
  2. yang pasti, orang yg rajin bangun pagi lebih byk rejeki. soalnya, rejekinya belum dipatuk sama ayam. makanya harus bangun lebih pagi daripada si ayam. itu kata orang2 tua lho.

    BalasHapus
  3. semangat pagi..... kalau pagi sudah bersemangat biasanya hari2 pun akan dilalui juga dengan semangat..... semua berawal dari pagi hari....

    BalasHapus
  4. met menjalankan ibadah puasa ya bang... :D

    BalasHapus
  5. pagi bang....

    gambar nya lucu euy......ella suka tuh

    BalasHapus
  6. Pada setiap detik waktu yang kita lalui ada kebarokahan asalkan kita isi dengan tulus iklas dan dengan cara mencari ridhoNya. Selamat pagi bang Iwan, terus semangat ya dari pagi hingga sepanjang hari.

    BalasHapus
  7. Semangat Pagi..
    dan selamat berpuasa ya Pak..

    BalasHapus
  8. Saya suka gambar mataharinya! Apalagi muncul juga di blogroll blogku, jadi lebih semarak deh blogku...
    Aku paling suka waktu pagi, terutama saat keluar ke teras setelah bangun tidur. Menghirup udara sejuk sambil mengisi paru-paru. Enak banget! Aku pernah bangun agak siang krn ingin bermalas-malasan, tp akibatnya malah sepanjang hari mood jd ga enak.

    BalasHapus
  9. pagi bang...
    dgr lagu good morning-nya john legend niih...hehe

    semoga ibadah puasanya tamat ya bang sekeluarga

    BalasHapus
  10. jadi semangat lagi nih! salam kenal!

    BalasHapus
  11. Bangunlah dan bekerjalah lebih dahulu dari matahari

    BalasHapus
  12. semangat-semangat....... jangan malas-malasan ayooo... he..he..he.. kadang emang malas bangun dipagi hari yan bang... apalagi kalau malamnya abis ngerjain kerjaan lembur yang menumpuk sampe larut.... Eh bang blognya pisang Epe' kok gak ada yah "blog not found " gitu...

    BalasHapus
  13. Wah senang rasanya menyambut pagi dan persiapan menjelang hari raya idhul fitri...hari lebaran, hari kemerdekaan bagi umat agama islam.
    Mohon maaf ya lahir bathin, jika adik punya kesalahan pada kakak yang selalu memberi spirit pada blog adik...
    dan tak lupa bagi semua sahabat Blogger, kakak2 senior adik jg ucapin met hari lebaran.
    http://kluwan.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. Kata orang sunda mah pamali bang iwan bermalasa2san di pagi hari dan tidur menjelang maghrib katanya suka seret rezeki dan malaikat rahmat jadi lewat karna kita sedang bermalasa2san dan sedang tidur..gitu klo kt orang sunda bang..

    Putra nya yg kemaren mejeng namanya Kerry ya bang ..ih keren.
    Artinya Kery apa bang ?

    BalasHapus
  15. wah gag kerasa yah udah 1 minggu puasa....wakakakakaaaa

    BalasHapus
  16. wah, klo aq pas sholat subuh langsung bobo lagi pas bangun matahari dh muncul, whoaa...

    BalasHapus
  17. yang jelas klo pagi hari harus dihadapi dengan semangat en senyum supaya gag ogah-ogahan kerjanya. klo aq masih jauh keknya soalnya pagi masih suka tidur sepuasnya

    BalasHapus
  18. iya nih seminggu puasa ga kerasa ya.. bentar lagi lebaran.

    pencerahannya bagus banget... thanx ya

    BalasHapus
  19. Menyambut pagi dengan penuh rasa syukur, penuh semangat karena setiap pagi ratusan siswa menanti kedatangan kita dengan penuh harap. Bahagia sekali.

    Selamat menjemput pagi.

    BalasHapus
  20. Wuih, lancar ni puasanya...
    Teruskan bang, heheheh...
    Moga seterusnya tetep aja gitu....
    Semangat...semangat :)

    BalasHapus
  21. Semangat mas...
    Masih panjang puasanya, hehehehe....
    Kalo dijalanin dengan niat dan semangat, kayak sekarang ini, gak kerasa....
    Anak2'x boleh juga, subuh2 niat ikut sholat :)

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum Mas.. Salam kenal..

    BalasHapus
  23. wah suka bunga melati,berhati lembut.

    BalasHapus
  24. Menyambut pagi dengan keceriaan agar mendapat berkah dari yang Maha Kuasa....

    Selamat berpuasa Bang Iwan..

    BalasHapus
  25. Nice sharing bro...
    Mari jangan pernah melewatkan pagi nan indah dan ceria.

    BalasHapus
  26. mantabbb bang makasih pencerahannya....
    salam tuk kery...:)

    BalasHapus
  27. Subhanalloh...pagi memang penuh berkah....

    BalasHapus
  28. pagi memang selalu menginspirasi. terkadang, waktu memang jadi obat seluruh penyakit.

    BalasHapus
  29. wuidih mantap tausiyahnya om..tengkyu atas pencerahannya..salam dari nyubi bloggeer

    BalasHapus
  30. bersyukur untuk pagi yang masih dipercayakan untuk dijalani dan untuk harapan baru. terima kasih sudah mampir yah

    BalasHapus
  31. Menyambut pagi dengan senyuman......Menikamati embun membentuk keindahah, menyapa sang mentari yang kan berseri...

    BalasHapus
  32. iya yah.... kalo abis solat subuh rasanya maleeesss banget,, pengen tidur lagi deh rasanya...

    tp sekarang pengen menikmati berkahnya pagi ahhh.. :)

    BalasHapus
  33. Ya......
    Ketika bangun dalam keadaan bernafaspun adalah Barokah Allah.
    Belum dengan senyum istri disebelah.
    Terus wajah anak yg sumringah......

    Subhanallah......

    BalasHapus
  34. malem mas..
    lam kenal ya..
    iYYa niy.. g kerasa dah hampir seminggu aja berlalu puasa...

    BalasHapus
  35. Setuju Mas,
    Di pagi hari memang memberikan hawa yang sejuk dan indah.
    Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk kita semua.. Amiiin
    ________________
    Oh ya... mas aku mau nyapaikan klo ada Award tuk Mas Setiawan... semoga berkenan memprosesnya :D

    BalasHapus
  36. mumpung hari masih pagi... semangat pak!!!

    BalasHapus
  37. Bang.., aku baru tahu kalau waktu pagi adalah waktu pergantian tugas malaikat malam dan siang.
    Makasih banget ya udah sharing dan mengingatkan...

    Aku jadi semangat menyambut pagi niy...!!

    BalasHapus
  38. selamat menikmati sahur mas...

    BalasHapus
  39. yach... kalo puasa sich biasanya bangun siang.. haha

    BalasHapus
  40. selamat menunaikan ibadah puasa saudaraku..

    BalasHapus
  41. siip bro.tidur dini,bangun dini di jamin badan dan otak sehat.nice post.

    BalasHapus
  42. Sungguh merupakan contoh keluarga muslim yg diberkahi..

    BalasHapus
  43. walopun telat sehari, tapi teteup di pagi hari koq datangnya

    BalasHapus
  44. walopun telat sehari, tapi teteup di pagi hari koq datangnya

    BalasHapus
  45. btw, aku jadi heran, napa ya komenganku sama ma tika????

    komeng lagi ahh... btw bang, bener tuh, mosok anak sendiri semangat koq bapaknya malah molor... untungnya aku lom punya anak jadi masih bisa molor wkwkwk...

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum mas,...

    pagi yg indah bila bersama keluarga ya ^_^
    maaf baru berkunjung mas,kmn2 smpt g bs log in ke blogku *_*
    untunglah sekarang sdh bisa dgn bantuan hubby yg menyempatkan waktuny untuk bantuin aku mas.

    selamat menjalankan ibadah puasa mas,masih lama y lebarannya hihi....

    BalasHapus
  47. yg pasti pagi hari adalah waktu yg menyenangkan utk beraktivitas spt : buat puisi, cerpen,dll

    BalasHapus
  48. pagi2 enaknya jalan2 sambil cari udara segar plus cari ide.. hehe

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger