Home » , » KOKOHKAN MENTAL MENYAMBUT LEBARAN

KOKOHKAN MENTAL MENYAMBUT LEBARAN

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, September 13, 2009 | 9/13/2009

Udara lebaran mulai tercium segar di pipirnya shalat witir
Rakaat-rakaat tarawih menyulan sela-sela iman yang menjaring saktinya lailatul-qadr

Sang dambaan jiwa yang sulit didekap, sang dambaan hati yang sulit didekati.


Puasa saat ini masih seperti dulu

Yang melakonkan lapar, dahaga, tarawih, dan sahur sebelum subuh.

Yang merebut waktu mulia,
lewat Asma besar-Nya
Lewat tasbih, tahmid dan takbir
Lewat tafakur berluhur-luhur
Lewat shalat tak memandang harkat
Lewat berzakat merela hajat.


Namun, nilai puasa dulu tak tentu setahap dengan nilai puasa kini

Sebab puasa yang tak berbekas pada kehidupan setelah lebar
an adalah puasa semu yang menipu waktu, puasa palsu yang rendah mutu.

Tatkala waktu berjalan menakari ruang-ruang zaman

Manusia bumi gontai menapaki dosa demi dosa sambil mencibiri kesucian fitri

Wajah bumi yang berseri bersih menjadi suram terpulas jiwa durjana

Terkusami hati dengki sang manusia lalai.

Waktu tafakur terkubur tanpa syukur

Nurani jadi mati, manusia sombong berteriak nyaring,”Aku ingin hidup seribu tahun lagi, tanpa sanksi-sanksi yang membuat risi”


Tipuan dunia membuat kita terlena
Kesenangan tanpa batas membuat kita lupa bercermin rupa

Poundsterling dan Dollar menjadi Tuhan
Kekuasaan,
jabatan bahkan kebodohan menjadi Tuhan.


Islam lahir, puasapun lahir.
Islam tegak, puasapun tegak
Ramadhan yang penuh witir jadilah buah bibir

Diidam insan iman yang mengharap ridho-Nya
Sang Ego yang Luhur
Diinginkan para mukmin yang membasuh dosa kemarin.

Alhamdulillah....
Betapa nikmatnya bertajil setelah perut kentil
Berkat fitrah nikmat yang dikaruniakan Sang Pemberi Nikmat.
Betapa segar sayur asam dalam kunyahan di magrib yang semakin malam

Dan adzan Isya menggapai insan agar bersegera ke surau atau masjid

Tolibul ilmu lewat seruan para ulama, tersambung tarawih dengan niat bersih.


Puasa dalam bulan ramadhan bagaikan memintal benang yang terurai semrawut, yang setelah dipintal dengan tekun, menjelmalah dalam wujud yang baru, yaitu benang kokoh yang tak mudah putus, benang yang banyak memberikan manfaat bagi segenap keperluan.

Puasa adalah wajib,
Bersilaturahmi adalah baik kendati tak usahlah terpatok cuma setahun sekali Kapan dan dimanapun silaturahmi karena Allah itu mulia terlebih lagi pada hari Idul Fitri.

Wujud silaturahmi dari rekan blogsphere kembali saya terima dari beberapa rekan, yaitu :

Hani Hizboel, Sesosok wanita yang ingin menjadi seseorang yang lebih baik dalam mengarungi hidup ini. Aku bukanlah seonggok jiwa yg pesimis dan terbelakang, ya walaupun terkadang aku merasa seperti itu. Demikian potongan catatan dalam profil di blognya... Wanita cantik dan Shaleha putri Mbak Latifah Hizboel (Ateh75), menganugerahkan saya Award cantik berikut :
Ibnu Mas'ud, Blogger belia yang kepiawaiannya tidak perlu diragukan lagi, Orang paling ganteng, pinter, disegani, berwibawa dan berprestasi di seluruh dunia. tapi, mungkin gak yaaa????????????, demikian catatan dalam profil blognya. Membuat Award khusus di bawah ini buat sahabat2 di dunia blogsphere termasuk saya tentunya :

Mas
Eka 'Cerita Tugu' dari Purbalingga, rekan seprofesi sebagai seorang Guru ini mempunyai segudang kegiatan diantaranya pembina pramuka dan pelatih marching Band, menganugerahkan saya Award berikut, untuk Tagnya.... saya sudah kerja DISINI

Mbak Elly 'Newsoul'Suryani , Woman with love in honestly way, before she love the world. My blog tells about contemplative aspect of our life. About Us and our vision in the world...., new soul, new spirit for everybody. mbak Elly yang selalu datang menyapa dengan suguhan kopinya yang nikmat sambil membaca postingannya yang selalu inspiratif, menganugerahkan saya sebuah Award award "I love Batik" untuk di pajang di blog dengan SATU TAG KHUSUS.....'gunakan pakaian bermotif batik disaat-saat paling bahagia dalam keseharian anda"


Keempat Award ini, saya persembahkan buat :
Semoga silaturahmi dan benang aqidah yang kita jalin selama bulan ramadhan ini, lewat lapar dan dahaga, lewat tarawih dan shalat witir tidak tercerai-beraikan kembali setelah Idul Fitri.

Share this article :

32 comments:

  1. Duh iya yah, lebaran datang ramadhan hilang, ugh moga setelah lebaran jiwa ramadhannnya membekas dalam ya bang...
    dan selamat award2nya, yang batik keren tuh bang , BUWEL SUKA BATIK

    BalasHapus
  2. perut kentil tuh apa ya? kenyang ya?
    selamat awardnya ya.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah semoga doa bang seti@wan untuk anankku hani menjadi anak ang solehah terkabul ..amin.

    Selamat atas awardnya ya bang iwan ..

    BalasHapus
  4. Wah surprise langsung dipasang Award batik dari Trimatra itu. Selamat juga aats award-award lain. Selamat kepada penerima award disini. Pengantarnya sangat manis bang, menyentuh jiwa. Semoga mental kita semakin kokoh dengan gemblengan ramadhan ini. Yah, lebaran semakin dekat.

    BalasHapus
  5. hebad tulisanya
    sampe specles

    BalasHapus
  6. selamat buat award-awardnya!!!
    dan juga selamt menanti lebaran...

    BalasHapus
  7. selamat semoga semua puasanya berhasil...

    BalasHapus
  8. selamat ya bang atas awardnya,...
    eh kenalin donk ma Mas Eka 'Cerita Tugu'
    salam hormat buat beliau . saya datang sebagai orang pramuka,hehe

    BalasHapus
  9. bos absen bw dulu mau tugas terus nyambung mau pulkam sampe tanggal 1 tapi post tetep jalan dari hasil scedule

    BalasHapus
  10. Borongan nih mas, awardnya? Selamat deh...

    BalasHapus
  11. Amien smoga bs mnjadi anak sholeha :)

    akhirnya di posting jg hehe

    maaf bgt ya akang setiawan, laptopku lg hanx wifi nya makanya ak nda bs ol2, mw ol dkomputer mlz hehe

    apa kbr nya nih ?

    BalasHapus
  12. selamat awardnya dan selamat berbuka puasa :)

    BalasHapus
  13. selamat mas awardnya!! hehehe... bajir award lagi dah.

    BalasHapus
  14. Selamat atas awardnya.

    Mari kita sambut lebaran dengan penuh suka cita setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

    BalasHapus
  15. Wah, banyak banget awardnya ya ?? Selamat ya...
    Maaf kalau baru sekarang bisa mampir, banyak hal yg akhir-2 ini membuatku tak bisa ngenet dg leluasa.
    Bang Iwan sudah siap menyambut lebaran ?? ^_^

    BalasHapus
  16. sebentar lagi ramadhan berakhir...
    semoga bisa bertemu dgn ramadhan lagi di thn depan...*Insya Allah..

    selamat awaardnya Bang... :)

    BalasHapus
  17. selamat malam bapak.......saya juga mengucapkan semoga amal ibadahnya selama puasa bisa di terima oleh allah dan di berikan kemuliaan dunia maupun akhirat.......selamat menyambut hari lebaran beberapa hari lagi.....

    BalasHapus
  18. maab pak, baru mampir ke marih, koneksi sayah lelet banget. mohon maab lahir bathin ya pak.
    makasih awardnya... :)
    duh pak iwan dermawan sekali, bagi2 award mulu :)

    BalasHapus
  19. selamat pagi dini hari,semoga sehat selalu

    BalasHapus
  20. Puisi ungkapan hati yg indah, religius. Award dari sahabat2 tercinta, manis. Salam sukses!

    BalasHapus
  21. lebaran tinggal seminggu lagi, udah gak sabar niy nunggu lebaran.... xixixixixi

    BalasHapus
  22. eeehhhh iya aq juga belum masang award niy.... huhuhuhu padahal sebentar lagi lebaran..... kayaknya lebaran gak bisa blogwalking dech.....

    BalasHapus
  23. aduuuhhhh jadi lupa niy ngucapin selamatnya, selamat ya bang atas awardnya..... :D

    BalasHapus
  24. Duh ternyata hujan awards disini.
    Selamat deh untuk semua awardsnya.
    tetap semangat.

    BalasHapus
  25. Bagaimana dengan silaturahmi di dunia maya? semoga baik juga ya. saling menyapa antara sahabat.
    Mumpung masih bulan ramadhan, kita manfaatkan sisanya dengan baik ya?
    wah selamat atas awardnya ya, moga tambah semangat, dan tambah rajin ngeblog.
    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

    BalasHapus
  26. Romadhon sebentar lagi berlalu, tilawahku masih kurang, ibadahku juga masih kurang.....

    BalasHapus
  27. Hai Sahabatku ada hadiah utkmu dariku, diambil diblogku ya

    Salam

    BalasHapus
  28. awardnya banyak bang....selamat...

    bntr lg mau lebaran gak kerasa ya...

    BalasHapus
  29. Selamat utk awardnya.... Sptnya award ga habis-2 ya disini BAng... Hehehe

    BalasHapus
  30. kokohkan mental menyambut lebaran.. yuukk mariii...!!

    ehem.. pake batik? tiap jumat atuh di kantor mah...hehe

    BalasHapus
  31. eh.. thanks ya bang.. aku ambill nih awootnya!

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger