Home » » PENETAPAN 1 SYAWAL 1430 H

PENETAPAN 1 SYAWAL 1430 H

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, September 16, 2009 | 9/16/2009


Hari Raya Idul Fitri tahun ini, 1430 Hijriyah diperkirakan jatuh pada Minggu 20 September 2009. Namun pemerintah belum mengeluarkan keputusan.

Perbedaan terkait penentuan 1 Syawal kerap terjadi, terutama pada dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama.

"Bagi Muhammadiyah, perhitungan adalah sumber informasi, melihat hilal sebagai konfirmasi. NU sebaliknya, melihat hilal adalah informasi, perhitungan adalah konfirmasi," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama, Nazaruddin Umar dalam wawancara di tvOne, Selasa 15 September 2009.

Paling bijaksana, tambah Nazaruddin, jangan menyalahkan metodologi siapapun. Pemerintah justru berusaha mendekatkan dua metodologi tersebut.

Kepada masyarat, Nazaruddin meminta tak membuat perbedaan pelaksanaan Idul Fitri sebagai konflik. "Mari kita menciptakan visi yang sama. Boleh berbeda tapi jangan menciptakan konflik, terimalah apapun yang terjadi," tambah dia.

Meski demikian, dia mengimbau masyarakat untuk mengikuti keputusan pemerintah. "Kalau bisa, ikutlah pemerintah. Insyaallah makin aman," tambah dia.

Dijelaskan Nazaruddin, ketetapan pemerintah mempertimbangkan semua masukan dan pendapat. "Sah secara hukum Islam dan hukum negara," tambah dia.

Kenapa perhitungan tak bisa disamakan seperti masa Orde Baru, misalnya. "Dulu taat dan takut pada pemerintah, dua-duanya," kata Nazaruddin.

Sebelumnya, Menteri Agama, Maftuh Basyuni mengatakan 1 Syawal 1430 H jatuh pada Minggu 20 September 2009.

Menurut Maftuh, hari itu diperkirakan berdasarkan perhitungan yang memprediksi bahwa tanggal 19 September, hilal berada di atas ufuk.

Jika pemerintah menentukan 1 Syawal jatuh pada 20 September, itu sama dengan perhitungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Berikut kutipan penetapan Idul Fitri 2009 atau tepatnya 1 Syawal 1430 H, dari PP Muhammadiyah. :
  1. Ijtimak menjelang Syawwal 1430 H terjadi pada hari Sabtu Kliwon tanggal 19 September 2009 M pukul 01:45:36 WIB.
  2. Tinggi Hilal pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta ( φ = -07° 48′ dan λ = 110°21′ BT ) = +05° 48′ 22″ (hilal sudah wujud) dan di seluruh wilayah Indonesia padasaat Matahari terbenam Hilal di atas ufuk.
  3. Berdasarkan hasil hisab tersebut maka Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan bahwa 1 Syawal 1430 H jatuh pada hari Ahad Legi tanggal 20 September 2009 M.
Dari perhitungan hisab tersebut berarti 1 Syawal akan jatuh pada hari Minggu 20 September 2009. Oleh karena itu, bagi kaum muslimin tentu harus memanfaatkan waktu yang tinggal sedikit ini untuk lebih khusyuk berpuasa di bulan Ramadhan dan mudah-mudahan termasuk salah satu umat yang mendapatkan malam lailatul Qadr.. Oh ya jangan lupa membayar zakat fitrah

Semoga puasanya diterima oleh Allah SWT.

Selamat berpuasa dan bersiaplah menyambut hari kemenangan; hari lebaran 1 Syawal 1430 H atau Hari Raya Idul Fitri 2009 Mohon Maaf Lahir dan Batin..


Sumber :
1.
Vivanews.com
2. zam-sy.blogspot.com

Share this article :

37 comments:

  1. salam kenal mas.. tak terasa ya sebentar lagi lebaran.. maaf lahir batin

    BalasHapus
  2. jadi hari minggu yah bang??

    hmmm tika blm bikin ketupat, abang udah bikin belum???

    BalasHapus
  3. tp kalo hr minggu lebarannya, berarti cuma puasa 29 hari donk??

    BalasHapus
  4. Mantap, bang ...
    Perbedaan dalam hal apapun adalah rahmat, karenanya usahlah dipertentangkan, toh keduanya memiliki alasan dan hujjah yang sama-sama kuat.

    Kapanpun Bang Iwan berlebaran, saya mengucapkan mohon maaf lahir batin, ya.

    Ada Tag Book di blog saya, semoga berkenan mengambilnya, ya. Ditunggu lho!

    BalasHapus
  5. Nah ya itu bingung aq bang, lebarannya itu tanggal 20 apa 21..... pengen cepet2 ke desanya ibu coalnya, aku kan gak punya desa jadi desanya ngikut... hehehehe

    BalasHapus
  6. lupaaa

    maaf lahir bathin yah bang...

    BalasHapus
  7. Biasanya Pemerintah H-berapa ya ngeluarin pengumumannya?

    BalasHapus
  8. Pengennya sih sama ya pak, jgn ada perbedaan.
    Tp bagaimanapun juga setiap perbedaan itu harus dihargai.....
    Met lebaran pak, maaf lahir batin..

    BalasHapus
  9. Terimakasih infonya bang..dari kebingungan menetapkan kapan hari raya ditetapkan ,akhirnya sudah terjawab...minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin..

    BalasHapus
  10. argghhh saya mah ngikut2 ajalah... ngikut yang banyak...hhehehhe lebih afdol kayaknya...

    BalasHapus
  11. mksih infonya bang,..
    q nunggu menteri agama ja,..

    BalasHapus
  12. iya nih di tanggalan saya 1 syawal hari minggu..
    tapi kok merahnya malah hari senen ya he..he..

    BalasHapus
  13. justru masih bimbang, layakkah saya merayakan hari kemenangan ini?

    BalasHapus
  14. makasih infonya Bang...met lebaran ya nanti...moga sama lebarannya...:)

    BalasHapus
  15. Duh, tak terasa ya......
    moga lebarannya sama...amiiin

    BalasHapus
  16. Terimakasih utk infonya Bang...
    Selamat menyongsong datangnya Hari Kemenangan...
    Mohon maaf lahir dan batin ya...

    BalasHapus
  17. Kalau aku gak pernah bingung mas krn tahu semua punya dasar yg kuat utk menentukan hr raya idul fitri.

    BalasHapus
  18. nice inpo bang.. kita tunggu apa kata ulil amri aja yah..kepastiannya.

    BalasHapus
  19. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430H, Minal aidin walfaizin

    BalasHapus
  20. Lebaran adalah hari yang sangat ditunggu oleh segenap kaum Muslimin. penetapan tanggal lebaran tahun ini yang kemungkinan besar akan maju satu hari, mudah-mudahan tidak membingungkan masyarakat.

    Dalam menetapkan hari lebaran, memang ada dua cara yang sering digunakan oleh ormas Islam dan pemerintah. Ormas Islam seperti Muhammadiyah, lebih cepat menetapkan hari raya, karena mereka menggunakan metode hisab yang jelas-jelas dapat diperhitungkan dari jauh-jauh hari.Berbeda dengan pemerintah yang lebih mengutamakan metode hilal, yaitu melihat langsung posisi hilal di atas ufuk hingga lebaran baru bisa dipastikan menjelang hari H.

    Mudah-mudahan perbedaan seperti ini dapat menjadi pembelajaran bagi segenap kaum muslimin, serta berupaya menghargai perbedaan itu. Pun begitu, apabila tanggal yang ditetapkan sama maka mudah-mudahan bisa menjadi berkah tersendiri.

    Kepada segenap kaum muslimin, minal a'idzin wal fa'idzin, mohon maaf lahir batin.
    Iklan Gratis

    BalasHapus
  21. Lebaran sebentar lagi tapi kalo gak ikutan puasa bole ikutan lebaran juga gak yah *thinking*

    BalasHapus
  22. lebaran sebentar lagiii.. nungguin keputusannya yg pasti hari sabtu besok ah
    maapin lahir batin:)

    BalasHapus
  23. nice artikel bang..sekalian saya mau ngucapkan selamat hari raya idul fitri , mhn maaf lahir dan batin..

    dari
    sudinotakim&keluarga

    BalasHapus
  24. Mohon maaf lahir dan batin ya bang....

    BalasHapus
  25. Met menjelang lebaran Iyaaaaa......

    BalasHapus
  26. Just to dropby and wish you 'Selamat Hari Raya'

    BalasHapus
  27. Ia ni mas, masih simpang siur...
    Kayak taon2 sebelumnya, xixixi...
    Tapi kata'x sih emang hari minggu lebarannya...

    Selamat lebaran ya mas, maaf lahir batin :)

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah...
    semoga saja hari raya Idul fitri tahun ini bisa kita rayakan serentak diseluruh negeri..
    agar rasa kebersamaan dan kekompakan umat islan dinegeri ini semakin erat dan kuat...
    bukan berarti selama ini perbedaan dalam merayakan hari raya idul fitri kita beda terus membuat rasa persatuan dan kesatuan kita melemah...
    ini dikarenakan masih2 kubu memiliki pandangan dalam menentukan hari raya idul fitri jatuh pada tanggal berapa.

    semoga saja hari raya ini bisa kita laksanakan serentak...
    agar rasa kesatuan dan persatuan antara umat beragama agar perpecahan diantara kubu bisa semakin berkurang dan bisa saling mendukung...

    semoga kita bisa kembali ke fitri...
    dan kita bisa kembali bertemu dengan bulan suci Ramadhan tahun depan....Amin..

    BalasHapus
  29. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat Bang Iwan :)

    BalasHapus
  30. kapan yah lebaran kita ga liat golongan, tapi serempak di seluruh muka bumi.

    BalasHapus
  31. Selamat Idul Fitri 1430 H mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  32. eh komentarku udah muncul tooo hihi..double dong tadii

    BalasHapus
  33. asik gag trasa minggu lebaran mas.

    BalasHapus
  34. syuron, semoga barokah akhi.

    BalasHapus
  35. met jalanin puasa...smg amal ibadah kita diterima ALLAH SWT.

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger