Home » , » 81 tahun SUMPAH PEMUDA

81 tahun SUMPAH PEMUDA

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Oktober 28, 2009 | 10/28/2009

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Itulah teks Sumpah Pemuda, yang untuk pertama kalinya diikrarkan di Jakarta pada 28 Oktober 1928. Hari ini tepat 81 tahun yang lalu, hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dalam membangun landasan utama gerakan kebangkitan nasional. Sekaligus perekat yang mempersatukan anak bangsa dari berbagai suku dan agama.

Sudah jamak dimengerti, Sumpah Pemuda 1928 adalah ikrar bersatunya berbagai komponen bangsa yang diwakili kaum muda untuk merajut cita-cita Indonesia merdeka. Melalui pemikiran yang panjang, kaum muda menyadari pentingnya keterikatan sesama warga bangsa untuk mengenyahkan imperialisme dan kolonialisme dari tanah persada. Kesadaran membangun kekuatan bangsa dengan eratnya persatuan dan kesatuan merupakan tuntutan mutlak agar negeri ini menapak ke arah kemajuan.

Berdiri sebagai seorang pemuda merupakan anugrah yang tak boleh disia-siakan. Lahir dari rahim pertiwi dan ditakdirkan untuk dapat terus-menerus menghembuskan nafas perubahan.

Pemuda tak kan kaku terbatas usia karena setiap waktu adalah kesempatan, kesempatan untuk berbuat dengan segala kemauan dan kemampuan. Dan kembali menggugah semangat sumpah pemuda maka pemuda harus lebih memaksimalkan peran sehingga slogan-slogan yang mengagungkan posisi pemuda bukan hanya sederet kata yang bohong dan kosong.

Disadari atau tidak, pemuda-pemuda tempo dulu yang merumuskan Sumpah Pemuda adalah sosok-sosok yang tertempa melalui kematangan pendidikan. Mereka adalah intelektual muda yang tercerahkan lewat panjang berlikunya proses pendidikan yang mereka tempuh. Dari simpul inilah tersirat pesan penting agar pendidikan anak bangsa jangan diabaikan. Pendidikan terhadap anak bangsa memang perlu dipikirkan sebagaimana juga pentingnya memikirkan eksistensi republik ini.

Sekali lagi, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Jangan cuma sekedar memperingati Hari Sumpah Pemuda secara seremonial belaka, namun kita perlu mengambil pelajaran penting dari Sumpah Pemuda untuk Indonesia ke depan. Kita patut berlomba menorehkan prestasi dalam berkarya dan meningkatkan kualitas kehidupan kita agar kita lebih maju dan terhormat di mata negara lain.

Share this article :

35 comments:

  1. Tidak terasa ya, sudah 81 tahun Sumpah Pemuda kita. Kalau usia manusia, itu usia yang cukup renta. Semoga 81 tahun itu, juga tahun-tahun ke depan, kita bisa bangkit jauh lebih baik. Selamat Hari Sumpah Pemuda bang.

    BalasHapus
  2. met hari sumpah pemuda ya pak..
    semoga pemuda-pemudi indonesia makin mencintai n selalu menoreh prestasi di ibu pertiwi, amiiin

    BalasHapus
  3. Ayo semangat utk berkreasi lebih banyak dan lebih baik lagi! [meski sudah gak muda lagi...]

    BalasHapus
  4. semangat terus ngeblog hidup ngeblog tularkan semangat sumpah pemuda

    BalasHapus
  5. selamat hari sumpah pemuda, pak..
    jd ingat zaman sd dulu.. suka ngapalin isi sumpah pemuda.. :)

    BalasHapus
  6. selamat hari sumpah pemuda ya bang,....

    BalasHapus
  7. 81 tahun bukanlah waktu yang singkat, mudah2an pemuda sekarang masih dapat memaknai apa arti Sumpah Pemuda!!!

    with love

    BalasHapus
  8. selamat pagi mas :)

    jadi inget jaman sekolah dulu mas,harus menghapal teks sumpah pemuda.

    selamat hari sumpah pemuda...

    BalasHapus
  9. JASMERAH : Jangan sekali-kali melupakan sejarah, kata Bung Karno.
    Semoga para pemuda Indonesia masa ini tahu arti penting Sumpah Pemuda 81 tahun silam dalam menjaga keutuhan dan persatuan bangsa ini, ya Bang.

    BalasHapus
  10. Selamat berkarya. saya juga termasuk orang yang tidak seuka dengan rutinitas kayak gituan. yang penting isinya, semangatnya yang kudu di perjauangkan.

    salam kenal dr Kebumen

    BalasHapus
  11. selamat hari Sumpah Pemuda
    semoga pemuda dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik

    BalasHapus
  12. secara kualitas pemuda tempo dulu lebih kreatif dari pemuda sekarang...
    coz pintar tidak sama dengan kreatif, orang jaman dulu kreatif2 meski tidak pintar.

    mudahan semangat pemuda jaman dulu menjadi inspirasi generasi sekarang ya bang...

    BalasHapus
  13. Mas, kenyataannya sekarang Sumpah Pemuda cuma jadi bahan seremonial belaka.. Memang harus dirayakan dengan apa sih?

    BalasHapus
  14. saya Jong Java (bukang jong-kok apalagi Jong-osh) mengucapkan selamat hari sumpah pemuda...

    BalasHapus
  15. Dalam setiap kebangkitan, pemuda adalah kuncinya. Dalam setiap fikrah, pemuda adalah pengibar panji-panjinya. Selamat hari Sumpah Pemuda. Semangat!

    BalasHapus
  16. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. semangat

    BalasHapus
  17. Salam ukhuwah..
    Mari bersatu Pemuda Indonesia, Blogger Indonesia, Mari kita baktikan diri kita untuk pertiwi, sesuai darma bakti dan profesi,
    jadilah pemuda Indonesia yang mandiri, cerdas, dan religius...
    walau kita jauh, kita satu...
    walau kita beda, kita satu: Bangsa Indonesia.
    Salam hormat untuk Anda Pak..
    (Facebook saya: Humas Sabhatansa)

    BalasHapus
  18. Sumpah Pemuda.
    Sebuah tonggak sejarah yang semestinya menjadi pelajaran bagi generasi muda saat ini dan menjadi perhatian bagi pengambil kebijakan.
    Seharusnya mulailah memberikan perhatian utama kepada pendidikan kalau ingin bangsa ini menjadi lebih maju dan duduk sejajar dengan bangsa2 besar lainnya.
    Sedih kalau melihat kondisi saat ini betapa pendidikan menjadi anak tiri oleh para pengambil kebijakan di negeri ini.

    nice sharing kang.

    BalasHapus
  19. kemana larinya nasionalisme pemuda sekarang ini yak? wkwkwk.. itu pula kutanyakan pada diriku sendiri. abisnya, sudah terlalu banyak yg ngurus negara sekarang,termasuk di dalamnya yg ngurus uangnya doang, jadi setiap ornag punya bagiannya masing2.

    mungkin nasionalisme bakal timbul kalau kita dijajah lagi.maklum, ornag ga akan bangkit atau bersemangat sebelum tertimpa musibah. wkwkwkwk

    BalasHapus
  20. eh, abis dari rumahku,cuci kaki tangan bang,soale dirumahku banyak kumannya.udah pegel kan tangan ngetikin komen? udah capek kan mata bacain postingan? nah waktunya tidur wkwkwkwk

    thanks ya bang :P

    BalasHapus
  21. Jadikan Momen Hari Sumpah pemuda untuk selalu kreatif dan berkarya!!!

    BalasHapus
  22. setuju jas merah pak... kebanyakan kita sekarang sudah semakin lupa sejarah, kebarat2an, lupa berbakti pada ibu pertiwi, mau kaya sendiri, makmur sendiri, parah banget pemuda kita sekarang (termasuk saia juga kali ye, heheee)

    semoga bang andi malarangeng bisa lebih baik dari adyaksa daud, amin ^^

    BalasHapus
  23. mari kita jaga semangat itu..
    dan kita tinggkatkan....

    BalasHapus
  24. Selamat hari Sumpah Pemuda bang... Masih jadi pemuda kan? paling tidak masih punya semangat pemuda ya.. Hehehe..

    BalasHapus
  25. selamat hari sumpah pemuda

    BalasHapus
  26. jangansekali-kali melupakan sejarah..
    semangat sumpah pemuda harus membuat kita menjadi lebih baik lagi..

    BalasHapus
  27. hmm... aku kurang mengerti sebenernya fungsinya SUMPAH PEMUDA itu apa dan sebagai apa???? kalo Pancasila kan sebagai ideologi negara... nah kalo sumpah pemuda??? *seriuss dot kom dot por*

    BalasHapus
  28. ga nyangka umurnya semakin tua dan makin tua makin terlupakan nih.... tapi tetaplah bersemangad... Kalo sumpah blogger kapan bang???

    BalasHapus
  29. Ayo pra pemuda-pemudi..kita bangkit bersama!

    BalasHapus
  30. bener pak, jas merah tuh.... :)

    BalasHapus
  31. bangun pemuda pemudi *nyanyi sambil taruh tangan di dada*

    BalasHapus
  32. 81 Thn sudah sumpah pemuda ,usia yg begitu renta ,yg telah merasakan getir dan manisnya hidup.semoga pemuda2 sekarang bukan sekedar menikmati hasil perjuangan para pejuang dulu tapi juga menghargai dengan semangatnya untuk membangun republik ini menjadi lebih baik dan maju...amin.

    BalasHapus
  33. udah 81 tahun neehh,, dah tua yaahh.. dah makin dilupakan kayaknya... huhu...

    selamat hari sumpah pemuda bang.. ^^

    BalasHapus
  34. Melalui hari sumpah pemuda ini mari kita berupaya mengembalikan jati didi bangsa ini

    BalasHapus
  35. SUMPAH PEMUDA....

    jangan tanyakan naskah sumpah pemuda kepada pemuda dan pemudi masa kini...
    karna bisa dipastikan mereka tidak hafal...
    apakah ketidak hafalan mereka terhadapnaskah sumpah pemuda membuat mereka tidak menghargai serta menghormati sumpah pemuda???
    salah besar...
    karna sumpah pemuda tidak hanya untuk menghafal naskahnya saja..
    tetapi bagaimana kita berperan membangun pemuda-pemudi negeri kita ini untuk maju dan mandiri...

    pemuda sekarang hidup dijaman serta era yang berbeda dengan ja,an dahulu...
    pemuda-pemudi sekarang sangat berperan membangun bangsa ini...
    dengan berbagai cara mereka membangun negeri ini...

    jangan anggap remeh pemuda-pemudi jaman sekarang...
    ajangan hanya melihat dari keterpurukan serta kerendahan moral para pemuda-pemudi sekarang...
    majulah para pemuda serta pemudi negeriku...
    bangun negara kita agar lebih mandiri dan maju.
    Iklan

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger