Home » , » BUAH CINTA SANG CERPENIS

BUAH CINTA SANG CERPENIS

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Oktober 22, 2009 | 10/22/2009


Buah Strawberry pada zaman Yunani kuno dijadikan sebagai lambang cinta. Apakah karena bentuknya yang seperti hati? Ternyata bukan. Strawberry dijadikan sebagai lambang cinta oleh masyarakat Yunani kuno karena warna, rasa, dan manfaat buah ini.

Tanaman yang tergolong sebagai tanaman buah herba ini pertama kali ditemukan di negara Chili, Amerika. Salah satu spesiesnya yang terkenal adalah
Fragaria Chilioensis L yang menyebar ke berbagai belahan dunia seperti Amerika, Eropa, dan Asia. Selain itu ada spesies F Vesca L yang lebih luas lagi penyebarannya dan jenis strawberry inilah yang pertama kali masuk ke Indonesia.

Sekarang ini ada lebih dari 700 macam buah strawberry yang menyebar di seluruh penjuru dunia dan yang banyak kita temukan di pasar swalayan adalah s
trawberry modern (komersil) Fragaria x annanassa var Duchesne yang dihasilkan dari persilangan F. virgina L var Duchesne asal Amerika Utara dengan F. Chilioensis L. Var Duchesne asal Chili.

Strawberry mulai dikenal di Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an. Strawberry yang banyak ditanam penduduk adalah fragaria nilgerrensis yang lebih dikenal dengan Strawberry Nyodo. Selain di daerah Jawa Barat, Strawberry juga mulai dibudidayakan di daerah Tawangmangu Kabupaten Karang Anyar, Sukabumi, Cipanas, Lembang, Batu, dan Bedugul (Bali).


Buahnya yang berwarna merah menandakan bahwa buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan yang tinggi. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi itulah strawberry mempunyai khasiat yang sangat banyak. Selain itu strawberry ternyata kaya vitamin C, serat, rendah kalori, folat, potassium, serta asam ellagic.

Dengan mengkonsumsi delapan buah strawberry setiap hari, maka kebutuhan vitamin C dan serat orang dewasa sudah tercukupi. Strawberry memiliki kandugan vitamin C sebanyak 56,7 mg per 100 gram. Dengan kandungan vitamin C-nya tersebut diyakini strawberry mampu mengurangi risiko terserang penyakit kanker hingga 37% seperti yang dirilis The Iowa Women’s Health Study, selain itu strawberry juga diyakini mampu mencegah kanker payudara dan leher rahim.

Beberapa Manfaat Buah Stawberry :
  • Mengurangi kadar kolesterol
  • Membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena kandungan asam ellagicnya
  • Dapat meredam gejala stroke
  • Mengandung zat antialergi dan antiradang
  • Dibandingkan dengan sayuran atau buah yang lain, konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada starwberry, efektif untuk mencegah proses oksidasi pada tubuh (Oksidasi ialah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Oksidasi juga bertanggung jawab pada proses penuaan).
  • Kaya dengan vitamin C, yang bermanfaat untuk pertumbuhan pada anak
  • Kadar gula yang dikandungnya sedikit jadi cocok untuk diet bagi yang mengidap diabetes
  • Dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih hingga mencegah antikeriput pada kulit
  • Dapat memutihkan atau membersihkan permukaan gigi
  • Ampuh melawan encok dan radang sendi
  • Berkhasiat untuk menghentikan serangan diare karena memiliki zat astringent
  • Kebutuhan vitamin C orang dewasa per harinya dapat dicukupi oleh 8 buah strawberry (98 mg). Kebutuhan serat juga sekaligus bisa terpenuhi.
Khasiat-khasiat sampingan juga masih banyak terdapat pada buah ini. Untuk kesehatan, strawberry paling bagus dimakan dalam keadaan segar, baik utuh atau dibuat juice. Khasiatnya jika sudah dibuat selai atau bagian dari makanan olahan, akan sangat berkurang. Karena itu, usahakan mengkonsumsi strawberry segar.

Dan sebagai wujud cinta Mbak Fanny pada sahabat di dunia blogosphere, dan merayakan postingannya yang ke 500,..... Notaris dan Sang Cerpenis kreatif ini. Merancang sebuah Award khusus yang sangat indah dan menganugerahkan ke 57 orang sahabat, termasuk saya.


Adapun persyaratannya :
  • Award harap diambil sebelum bulukan dan jamuran.
  • Pajak Pemenang ditanggung Bang Bing Bung.
  • Award dibagikan kembali kepada teman-teman anda yang sudah punya postingan sejumlah 500 buah di blognya.
Karena sampai saat ini saya belum tau siapa sahabat yang mencapai postingan 500 , maka untuk sementara, Awardnya saya simpen dulu.

makasih banyak Mbak atas Awardnya yang keren ini. Semoga postingan saya bisa mencapai 500 juga.

Share this article :

26 comments:

  1. Tahu banyak manfaat strawberi melalui artikel ini. Terima kasih

    BalasHapus
  2. award yang menggiurkan....tapi sayang jangankan mencapai angka 500, 100 pun belum...hiks.hiks..mudah2an kelak strawberrynya ga keburu layu...

    BalasHapus
  3. wuih tampilan stroberi yang merah dipadu warna backkkkgroud blog jadi perpaduan serasi pokonya nice dan keep spirit

    BalasHapus
  4. makasih bang udah diposting. wah, manfaat stroberi byk ya. hmm...8 buah sehari? cepat2 beli stroberi akh. udah abis nih stroberinya.

    BalasHapus
  5. setelah baca aku dijamin lulus ujian cek ricek manfaat stroberi..cuman buat dapatinnya *wooow..500 postingan* mesti berjuang keras...bdw deng setiawan simpankan satu biji y!,,,cayooo semangat stroberiiiii.

    BalasHapus
  6. wuueeehhhh...udah posting ternyata, aku lom ada posting award dari teh fanny...

    BalasHapus
  7. kalo aku postingnya pas aku juga mencapai 500 postingan gimana ya???

    taruhlah aku sebulan posting rata2 10 biji, setaun 120 berarti tunggu kira2 4 tahun lagi lah, soale sekarang dah lumayan sih ada 100 plus ripiuan hohoho...

    BalasHapus
  8. kasih saya saja mas, nanti sisa postingannya yg 300an tak cicil selama empat tahun, wkwkwkwk....

    atau sebagai ganti rugi, tak kasi 500 biji stroberi dah :P

    syukur bedugul disebut, kalau ga tak demo dirimu mas :P

    BalasHapus
  9. woalah... udah duluan si joe yg booking 300an posting selama 4 taun, suer aku ga abca mas, jangan bilang aku ngikut2 >.<

    BalasHapus
  10. wah... mbk Fabby da smpe 500 post.. salud deh.. aku aja baru 300,,,,
    Bg.. bneran ke PB 09??? klu iya... ntik wajib ktemu yah.... aws klu ga.. hehehe

    BalasHapus
  11. eh baru tahu kalo strawberry juga bisa untuk mengehntikan diare ya? Thanks atas ilmu barunya, dan kesukaan Fanny atas strawberry memang pilihan yg tepat...

    BalasHapus
  12. fanny emang ebrot.., hebat banget mmaksudnya, kayaknya mang belum ada tuh blogger kenalanku yang sudah punya 500 tulisan, kirain bang iwan yang sudah ;))

    BalasHapus
  13. Wuih...banyak juga yah mas manfaatnya...
    Hmmm, oh,..ya, mantep deh si sang cerpenis, udah 500 posting...
    Gila bener :D
    Selamat juga mas buat award'x :)

    BalasHapus
  14. selamat yaa..saya belum memajag awardnya mas...postingan berikutnya nih..

    BalasHapus
  15. strober emang enak,selamat atas awardnya

    BalasHapus
  16. oalaahh banyak juga yah manfaat stlobeli hehiheihe
    berkunjung lagi neh pak

    BalasHapus
  17. jahhhhhhhh aku lupa mosting award ini
    padahal udah ada di draft

    maaf baru bisa mampir neh bang

    BalasHapus
  18. makasih pak untuk info tentang buah strawberrynya dan untuk awardnya... selamat ya...

    BalasHapus
  19. weh, sya juga liat ini award di kamar sebelh, hehe

    BalasHapus
  20. wow..700 macam?banyak banget ya?Tapi saya kok cuma liat 1 macam doang ya?:D. Btw selamat ya bro Awardnya.

    BalasHapus
  21. Pak Iwan, selamat atas awardnya. Saya kembali lebih cepat, sebagai penyemangat :)

    Pak, saya cari2 award dari bapak, sebelah mana yah?

    BalasHapus
  22. huehehehe wen itutan bikin postingan yg sama oom:p

    BalasHapus
  23. oo award ya wah mau donk strobery nya, keren award yang berbagi tips-tips juga neh salam kena

    BalasHapus
  24. tok tok aku datang hehehehehehe, wah makin keren aja nih rumahnya

    BalasHapus
  25. Wah! Beruntung, nih! Whienda suka sekali stroberi.Ternyata straberi juga lambang cinta. Tapi, jaman dulu, kali! Sekarang lambang cinta tuh ..ya BlackBery, dong!
    Thank. Success4U!

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger