Home » , » SUSUNAN KABINET INDONESIA BERSATU II

SUSUNAN KABINET INDONESIA BERSATU II

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Oktober 22, 2009 | 10/22/2009

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya mengumumkan susunan menteri Kabinet Indonesia Bersatu II di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/10) pukul 22.00. Berikut ini daftar menteri dan pejabat negara dalam kabinet baru yang akan menjabat pada periode tahun 2009-2014.
  1. Menko Politik, Hukum, dan Keamanan: Marsekal TNI Purn Djoko Suyanto
  2. Menko Perekonomian: Hatta Rajasa
  3. Menko Kesra: Agung Laksono
  4. Menteri Sekretaris Negara: Sudi Silalahi
  5. Menteri Dalam Negeri: Gamawan Fauzi
  6. Menteri Luar Negeri: Marty Natalegawa
  7. Menteri Pertahanan: Purnomo Yusgiantoro
  8. Menteri Hukum dan HAM: Patrialis Akbar
  9. Menteri Keuangan: Sri Mulyani
  10. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral: Darwin Zahedy Saleh
  11. Menteri Perindustrian: MS Hidayat
  12. Menteri Perdagangan: Mari Elka Pangestu
  13. Menteri Pertanian: Suswono
  14. Menteri Kehutanan: Zulkifli Hasan
  15. Menteri Perhubungan: Freddy Numberi
  16. Menteri Kelautan dan Perikanan: Fadel Muhammad
  17. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi: Muhaimin Iskandar
  18. Menteri Pekerjaan Umum: Djoko Kirmanto
  19. Menteri Kesehatan: Endang Rahayu Sedyaningsih
  20. Menteri Pendidikan Nasional: Muhammad Nuh
  21. Menteri Sosial: Salim Assegaf Aljufrie
  22. Menteri Agama: Suryadharma Ali
  23. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata: Jero Wacik
  24. Menteri Komunikasi dan Informatika: Tifatul Sembiring
  25. Menneg Riset dan Teknologi: Suharna Surapranata
  26. Menteri Negara Urusan Koperasi dan UKM: Syarifudin Hasan
  27. Menneg Lingkungan Hidup: Gusti Moh Hatta
  28. Menneg Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Linda Agum Gumelar
  29. Menneg Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: EE Mangindaan
  30. Menneg Pembangunan Daerah Tertinggal: Helmy Faisal Zaini
  31. Menneg PPN/Kepala Bappenas: Armida Alisjahbana
  32. Menneg BUMN: Mustafa Abubakar
  33. Menneg Perumahan Rakyat: Suharso Manoarfa
  34. Menneg Pemuda dan Olahraga: Andi Mallarangeng

Pejabat Negara setingkat Menteri :
  1. Ketua Unit Kerja Presiden Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan: Kuntoro Mangkusubroto
  2. Kepala BIN (Badan Intelijen Negara): Jenderal Pol Purn Sutanto
  3. Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal): Gita Wirjawan
Satu nama baru muncul dalam susunan Kabinet Indonesia Bersatu II, yang diumumkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyo, Kamis malam. Nama dimaksud adalah Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih.

Endang memang merupakan nama baru untuk calon menteri kesehatan. Sebelumnya bahwa calon menteri kesehatan adalah Nila Djuwita Moeloek. Nila telah melakukan uji kelayanan dan kepatutan, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Nila tercatat sebagai satu-satunya figur yang pernah dipanggil ke Cikeas namun tidak ditetapkan sebagai menteri. Sepanjang hari Rabu (21/10) memang berkembang rumor, bahwa ada sejumlah calon menteri yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan. Apakah gagalnya Nila menjadi menteri kesehatan terkait dengan aspek kesehatan, masih belum diperoleh konfirmasi.

Rabu malam muncul nama baru calon menteri kesehatan. Endang yang mantan kepala Pusat Litbang Biomedika dan Farmasi Departemen Kesehatan, disebut-sebut akan menjadi menteri kesehatan menggantikan Nila.

Endang, menurut sumber, dikontak Mensesneg Sudi Silalahi untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan. Endang kemudian melakukan uji kelayakan dan kepatutan sore hari di kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.



Share this article :

13 comments:

  1. Selamat atas terpilihnya menteri kabinet baru,semoga mereka dapat mengemban tugas dengan sebaik2nya dengan kinerja yang sebaik2nya pula..

    @ Semoga udah ga mati lampu lagi ya bang...

    BalasHapus
  2. info mantap kanda habis tadi malam ketiduran nggak sempat nonton

    BalasHapus
  3. Selamat menunaikan amanat, jangan khianati rakyat.

    Ya Allah, jadikanlah negeri ini baldatun thayyibatun wa Rabbun ghafur

    BalasHapus
  4. semoga pemerintahan lebih baik lagi

    BalasHapus
  5. hehehehe... dimana2 menkes yang baru jadi kontroversi ya, ada apa ini?

    BalasHapus
  6. saya tidak tahu gimana nasib indonesia ini dengan dipilihnya menteri2 yang baru itu...

    BalasHapus
  7. semoga menteri2 yang baru tersebut akan menjalankan tugasnya dengan sebenar-benarnya

    BalasHapus
  8. semoga menterinya sehat semua..
    bukan hanya menteri kesehatannya... wakaka

    BalasHapus
  9. yack pak SBY ga' telpon Aq jadi gagal deh masuk kabinet

    BalasHapus
  10. padahal aq dah deg-degan masuk jadi MENTRI tenyata tetep jadi MAS TRI ...

    BalasHapus
  11. lho, namaku kok gak ada ya? hmm....curang nih.

    BalasHapus
  12. selamat..selamat...

    mr. moch. nuh..welcome to this office...:)))

    BalasHapus
  13. Selamat atas terpilihnya menteri kabinet baru. Semoga mereka dapat membawa bahtera Indonesia ke dermaga aman, makmur sentosa. Ingat tanggung jawab!!!!

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger