Home » » FENOMENA ANAK KEMBAR

FENOMENA ANAK KEMBAR

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Oktober 21, 2009 | 10/21/2009


Ada yang punya pengalaman sama anak kembar ga? Punya saudara yang anak kembar, punya anak kembar? Ato punya pacar yang anak kembar ?

Kebetulan di kelas tempat saya ngajar dari sebelas kelas yang saya hadapi, ada 5 pasang anak kembar, empat diantaranya adalah kembar identik sedang yang yang satu kembar tidak identik atau fraternal.

Kembar fraternal itu asalnya dari dua sel telur yang dibuahi sama 2 sel sperma. Makanya biarpun lahirnya bareng, mukanya gak sama soalnya terbentuknya sendiri-sendiri. Jenis kelaminnya pun bisa beda. Kebetulan siswa saya yang kembar fraternal jenis kelaminnya sama perempuan, tapi membedakannya tidak terlalu sulit.

Yang membuat saya susah membedakan adalah yang empat pasang kembar identik ini, karena terbentuknya dari satu sel telur yang setelah dibuahi membelah jadi dua individu. Makanya bisa sama persis. Bisa dibilang exact copy-nya deh. Saya terkadang salah dalam memanggil nama..... atau salah menegur kalau kebetulan ada yang berbuat kesalahan.

Emang lucu sih klo ngeliat anak kembar, lagi pula orang tua biasanya memberi perlakuan sama (alasannya supaya adil), dikasih baju yang sama. Belum lagi mitos kalo anak kembar itu punya 'ikatan', etc, etc, etc. Makanya gw mao nanya ni, ada yang pernah punya pengalaman gak?

Untungnya saya nggak ngajar di India sana, Tepatnya di Kelurahan Kodinji? Setidaknya ada 230 pasang orang kembar di situ.

Tingkat kelahiran bayi kembar identik di kelurahan yang terletak di Negara Bagian Kerala Utara, India, tersebut empat kali lebih banyak ketimbang angka nasional. Tak aneh, daerah yang dihuni sekitar 15.000 orang itu dijuluki "desa kembar."

Berdasarkan sensus langsung dari rumah ke rumah yang dilakukan sejak awal tahun ini ditemukan 204 pasang orang kembar. Namun, berdasarkan catatan akta kelahiran di kelurahan itu, didapat angka 230 pasang.

"Ini fenomena yang aneh dari sisi medis, mengingat penduduk di situ masih belum tercemar oleh obat-obatan modern maupun bahan kimia yang merusak. Itu desa perawan," tutur Dokter Sribiju, yang sedang meneliti fenomena itu.

Fenomena tersebut terjadi sejak lama. Pasangan kembar tertua yang masih hidup adalah Pathummakutty dan Kunhipathutty yang berusia 65 tahun. Sedangkan pasangan termuda adalah Rifa Ayesha dan Ritha Ayesha, yang dilahirkan pada 10 Juni lalu.

Menurut dugaan Dokter MK Sribiju, yang berpraktik di daerah itu, penyebab "kesuburan" tersebut adalah air setempat. Begitu pun keyakinan warga. Air memang melimpah, saking melimpahnya, pada musim hujan desa itu sulit ditembus, karena di sekelilingnya kebanjiran.

"Di belahan dunia modern, bayi kembar lebih disebabkan oleh karena obat penyubur kelahiran. Selain itu, usia perkawinan yang makin tinggi juga meningkatkan peluang melahirkan bayi kembar," kata Sribiju. Rata-rata perempuan di situ menikah pada usia 18-20 tahun.

Meski dianggap fenomenal, masyarakat setempat menganggapnya biasa-biasa saja. Mereka menerima apa adanya, termasuk kerumitan dan kekonyolan, yang terjadi dari "kekembaran" tersebut. Bagi orangtua, masalah yang dihadapi tentulah antara lain, biaya membesarkan anak kembar lebih tinggi ketimbang anak tunggal.

Beberapa selebriti sengaja melakukan treatment untuk mendapatkan anak kembar. Kabarnya Brad Pitt dan Angelina Jolie juga melakukan treatment untuk memperoleh momongan kembar. Julia Robert juga melahirkan anak kembar.

Jennifer Lopez melahirkan bayi kembarnya Max dan Emme pada 22 Februari 2008 di Long Island, New York.

Julia Roberts dan suaminya, kameramen Danny Moder jadi orang tua yang berbangga hati dengan kedua momongan kembar mereka, Phinnaeus dan Hazel, sekarang berusia 3 tahun.

Bintang THE GODFATHER ini jadi ayah lagi saat menginjak usia 60 tahun. Si kembar Anton dan Olivia lahir pada 25 Januari 2001. Pacino mendapatkan anak kembarnya dari aktris Beverly D'Angelo, yang hamil lewat proses IVF.

Bintang DESPERATE HOUSEWIVES ini mendapatkan momongan untuk pertama kalinya di usianya 44 tahun. Eden dan Savannah dilahirkan di LA pada 20 Februari 2008. Marcia saat itu diminta untuk melakukan istirahat total selama beberapa minggu.

Quaid dan istrinya Kimberly mendapatkan momongan kembar, Thomas Boone dan Zoe Grace pada 8 November 2007. Bayi-bayi lucu ini dikandung oleh surrogate mother (ibu titipan), tapi anak biologis Dennis dan Kimberly.

Mogul musik yang kerap berganti-ganti nama ini mendapat momongan kembar D'Lila Star dan Jessie James. Saat mantan kekasihnya, Jennifer Lopez melahirkan anak kembar, Combs memberikan selamat dan menjanjikan akan membanjiri anak-anak ini baju-baju dari label busananya. Dan dia sendiri ternyata juga dikaruniai anak kembar.

Micahel J Fox memiliki empat anak, Sam Michael (19),si kembar Aquinnah Kathleen dan Schuyler Frances (13) serta Esme Annabelle (6). Di tahun 1994.

Pasangan ini sudah memiliki empat anak, Maddox, Zahara dan Pax Thien yang diadopsi dan seorang anak kandung Shiloh. Dan pada 12 Juli 2008 ini mereka mendapatkan momongan kembar yang diberi nama Knox Leon dan Vivienne Marcheline. Kedua bocah lucu ini lahir lewat operasi caesar di sebuah rumah sakit di Nice, Perancis.


Share this article :

40 comments:

  1. Haha... tetangga saya ada yg kembar pokoknya semuanya sama persis, dia kembar pria ,, kebetulan yg kakanya nikah duluan ,,, itu sang penghulu.. sampai wanti2 memberi petuah sama pengantin wanitanya,.. katanya.. mesti hati2 dan benar2 tahu membedakannya... hahaa.. riskan juga ya....

    BalasHapus
  2. Betapa bahagianya orang tua bisa mempunyai anak kembar.
    Pasti sangat lucu jika bercanda dan bergurau bersama anak kembar.
    EHmmm mungkinkah aku besok punya anak kembar ya?
    tapi jika di teliti dari faktor keturunan kayaknya keluargaku gak ada yang mempunyai kembar..hik hik

    BalasHapus
  3. nice posting..
    ilmu lagi nich..
    salam kenal dari zona klik sob..

    BalasHapus
  4. Bibi saya juga ada yang melahirkan kembar.

    BalasHapus
  5. hehehe,saya juga pernah punya teman kembar.Dulu mereka selalu berpakain sama,jadi susah mengenalinya.setelah saya tegur jadi pakainya di rubah.tidak begitu sulit mengenalinya bila pakainnya berbeda.

    BalasHapus
  6. pak iwan.. itu serius ada 5 pasang anak kembar???? gimana tuh rada ribet donkk ngajarnya??!?? atau malah jadi tambah seru?? jarang banget liat anak kembar berduaan pada saat yang sama

    pak iwan.. rada berat buka punya pak iwan nii tadi pagi dah tulis panjang huhuhuhu.. ngehangg.. ga tau masuk ga commentnya..

    BalasHapus
  7. tetangga saya kembar identik, cuma beda tahi lalat..
    wah kayaknya seru tu ngajar 5 anak kembar :D

    bang, idem sama komen diatas. blog ini rada2 berat bukanya.. :)

    BalasHapus
  8. temen sekelas gue ada yang kembar,... emang susah bedainnya, cuman kalau lagi liat mukanya gampang karena yang satu punya tahi lalat,..

    BalasHapus
  9. salam sobat
    wah senang melihatnya kalau ada anak kembar.
    masalahnya ,,pakai apa saja selalu kembar.
    saya baru tahu kalau Jennifer Lopes, Julia Robert juga punya anak kembar....
    trims infonya.

    BalasHapus
  10. salam sobat
    saya suka lihat anak kembar perempuan
    karena lucu,,baju kembar,,apalagi kalau rambutnya juga kembar seperti di foto ini.

    trims ya atas tambahan puisinya yang sangat bagus.

    BalasHapus
  11. wen punya sepupu kembar tapi gak identik jadi masih cukup lumayan bisa ngebedain hehehe suka gemez kalo liat anak kembar, suka syirik:p
    wooo ternyata ada juga yak desa kembar tu..

    BalasHapus
  12. saya juga mau anak kembar, hihi....

    kakak sepupu saya kembar...
    tapi lumayan bisa membedakan lah, coz dah pada kawin ,hehehe

    BalasHapus
  13. asik juga kalo punya anak kembar. jadi sekali melhrkan udah dpt 2. memang repot wkt ngurusnya tapi gak usah melahirkan lagi. begitu tau kembar mestinya stop ya, pak. he hehe

    BalasHapus
  14. Wah kalau anak saya kembar gimana yaa
    bisa-bisa saya punya anak 14
    tapi apapun setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan


    bang iwan, saya komen di sini emang agak susah, mungkin banyaknya asesoris blog jadi "agak berat"

    BalasHapus
  15. jiyaaahhhh emang kalau ngeliat anak kembar nyenengin dech, aq suka ketawa2 sendiri liat temenku yg kembar.... kok bisa kembar identik dan sampe sekarang aq belum bisa bedain.

    Ada lagi, aq juga jadi guru les private bagi anak kembar..... kalau dirumahnya suka salah manggil nama..... hahahahahaha malah diketawain aq kalau salah manggil nama..... hehehehehe

    BalasHapus
  16. punya anak kembar... wah terus terang itu salah satu obsesi saya... kayaknya asyik dan menyenangkan...

    BalasHapus
  17. gimana ya rasanya punya kembaran...

    BalasHapus
  18. berarti mas, yg kemungkinan kembar siam dan kembar nempel itu lahir dri bayi kembar identik ya.

    hii.. aku suka fenomena anak kembar, punya beberapa pasang teman kembar yang ga identik. apalagi setelah bertahun2 bsa bedain tanpa membandingkan dulu.

    BalasHapus
  19. Anak kembar selalu menarik perhatian mas
    apapun itu orang gak bisa kalo engga membanding2kan

    BalasHapus
  20. Hallow....Met ciang!

    Tetangga saya di Madiun dulu juga ada yang kembar. Waktu kecil tampan-tampan. Sayang mereka nakal-nakal setelah besar. Sering terlibat perkelahian, juga kekerasan. Bahkan pernak dikeluarkan dari sekolah beberapa kali. Pindah keluar, pindah keluar. Juga pernah tidak naik kelas. Main perempuan, suka mabuk dan menggelapkan barang milik temanya. Pokoknya berkesan anak badung. Dan selalu dijauhi teman-temannya, kecuali geng dan anak buah-nya.

    Ketika masih duduk di bangku SMP, dia pernah berselisih memperebutkan cewe' gara-gara cewe' adiknya diapeli kaka'nya dan si-cewek tidak menyadari. Nah ketika kepergok, jadi ribut sampai berkelahi ha...hah..hah...

    Pernah juga suatu pagi, sang kakak mandi dan berseragan sekolah lebih pagi dari biasanya, dan kemudian segera bersepeda mendatangi neneknya untuk minta uang saku. Nah, setelah mendapat uang saku, bergegas kembali pulang dan berganti mengenakan baju biasa, seolah baru bagun tidur karena masuk sekolah siang, kemudian mendatangi lagi rumah neneknya untuk minta uang saku lagi, dengan mangaku kalau dia adiknya he...eh..eh..sehingga dapat uang saku double. Sementara adiknya ketika datang hanya mendapat 'semprot' dari neneknya, dan tidak dipercaya ketika bilang kalau dia belum ambil jatah uang saku. Karena neneknya juga gak bisa membedakan keduanya he...he..he...

    Nah, kini setelah saya belajar lebih banyak tentang pendidikan anak usia dini, saya baru bisa menyimpulkan bahwa ada yang salah dengan metode pendidikan keluarga yang orang-tuanya telah terapkan pada masa tumbuh-kembangnya. Orang tua mereka suka menggunakan kekerasan dalam kehidupan sehari-hari. Kebetulan Ibunya seorang guru matematika, sedangnya ayahnya seorang tentara. Mereka sering terlibat pertenkaran dalam keluarga, seperti broken home begitu. Sang anak seperti tidak pernah diperlakukan dengan halus, selalu kasar dan dibentak-bentak. Sering dituduh dan tidak dipercaya, dilabeli dengan sebutan "Cah Ora Genah", singkatnya selalu perlakuan negatif dari orang tuanya dan tidak pernah ada penghargaan sedikitpun sepertinya.

    Begitu dulu dech, ntar malah kemana-mana. Trims so much!

    BalasHapus
  21. Wah....kembar seiras..susah untuk membezakan mereka...

    BalasHapus
  22. kembar pasti seru deh murid saya juga ada yang kembar bang, yang serunya mereka itu culas karena guru nggak bisa ngebedain nama mereka, akhirnya mereka sering tukaran kalau ulangan karena pelajaran favorit dan yang mereka bisa beda, ayo gimana nanganinya kalau mukanya sama persis

    BalasHapus
  23. bagus bgt infonya pak.. menarik... :)

    BalasHapus
  24. iiiih pengen punya anak kembar,
    tapi kayanya si utun single deh ga kembar hehe

    mungkin akan saya coba di program anak ke 2 nanti hehe

    BalasHapus
  25. dulu, saya juga pengin bngt dapet anak kembar...gak maksut apa2..cuma biar sekali capenya tp dpt anak lebih dr satu..hehehe..

    tp yaa...tetep aja gak bisa, wong gak punya riwayat keluarga kembar kok..hehehe...

    *sore, Bang..

    BalasHapus
  26. aku pengen punya anak kembar...!!! lucuuu rasanya,, hehehe...

    dulu sih aku pernah punya temen yang kembar,, awal2 agak susah bedainnya,, tapi setelah bertemen akrab jadi lebih mudah bedainnya...

    BalasHapus
  27. bang iwan.. ao pa kbr.. saya sibuuukk berattz minggu2 ini... hehe kaget sebenernya baca judulnya... karena saya kembar, jadi ngerasa special banget bacanya...

    pengalaman paling tidak menyenangkan (mungkin sampe sekarang) adalah ORANG TUA, TEMAN, SAHABAT, KELUARGA, REKAN... yang SELALU MEMBANDING-BANDINGKAN KAMIIIII.... saya sampe nulis pake kapital tuh bang,,,sakinng semangaattnyaa haha..

    BalasHapus
  28. hehehe,

    di pesantren gw ada anak kembar juga.........

    BalasHapus
  29. Mantap neh postingannya bang. Benar-benar info siip seputar fenomena anak kembar.

    BalasHapus
  30. wah, kalo sepupuku itu kembar identik ....
    kadang - kadang aku salah manggilnya .... n sekarang kalo aku manggil itu asal aja .....

    wkwkwk

    BalasHapus
  31. salam
    kebetulan saya ngajar di sekolah, hampir tiap tahun ada yang kembar, tahun ini juga ada sepasang lelaki yang kembar..di kampungku ada kembar perempuan, uniknya mereka menikah dengan suami yang sama namanya:-)

    BalasHapus
  32. klo pacaran ma orang kembar rasanya gimana ya..

    BalasHapus
  33. Wah, berarti saya perlu nyari suplemen penyubur sebelum nyari istri. Siapa tahu anak kembar bisa dihasilkan?! hehe.
    Teknologi ilmiah yang tak terbendung menyingkap misteri Tuhan, meski teori tdk selalu benar. Toh, tetap Ia tetap Kuasa atas segala sesuatu yang Ia ciptakan. hehehe.
    Singgah setelah naik kereta senja bang.

    BalasHapus
  34. Yang dulu kerja di rumahku punya anak kembar, tapi tidak identik... jadi aku gampang banget membedakannya. Yang satu mirip ibunya (pendek, gemuk dan sawo matang) dan yang satu mirip bapaknya (tinggi, kurus dan hitam). Lucu deh... kembar tapi gak ada mirip-2nya sama sekali hehehe...

    BalasHapus
  35. hohoho... bisa ajah bikin kaosnya.. kopi paste..xixixi

    BalasHapus
  36. jalan2 pagi setelah subuh...

    boleh bang, scriptnya saya kirim ke email aja ya..
    trus, emailnya bang iwan apaan??.

    maaf tulis pesannya disini, soalnya kotak pesa yg diatas gak kebuka2...

    satu lagi bang, saya juga mo minta tolong...
    itu ttg postingan saya, kok bisa berantakan begitu ya..pshal kalo aku liat di dasboard, tulisan rapi..eh, pas dipublish kok tulisannya gak lengkap dan berantakan...apa yg salah ya...apa kena virus...bisa bantu gak, bang?..

    makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  37. itu si pelangi anak lebih lucu lagi ceritanya heuahuauhhaua malah posting di sini tapi bagus hauhauahuahau

    BalasHapus
  38. xixixi.... punya anak kembar emang menyenangkan kayaknya, tp buat saya, laki2 atau perempuan, kembar atau ndak, sama aja yg penting sehat dan normal

    BalasHapus
  39. Hmmm, kebetulan kakak kandung saya ada yang kembar mas, hehehehe...
    Mudah2'an saja ntar saya bisa punya anak kembar juga, xixxiix...

    BalasHapus
  40. hehe, bang,, kami dipanggil dinul_1 dan dinul_2... gara2 fenomena inul si goyang ngebor tuh tenar deh tu nama... tante saya kembar 3 malah, cuma yang tengah udah meninggal. sepupu saya kembar emas (cwe cwo) yang cwo agak ke ke-cwe-an lucu deh suka masak2...

    senengnya itu, temen dia temenku juga, temenku ya teman dia juga, jadi banyak perbendaharaan teman deh...:)))

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger