KONTROVERSI BUKU GURITA CIKEAS

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Desember 30, 2009 | 12/30/2009

GURITA CIKEAS
Buku Membongkar Gurita Cikeas ini sedang menjadi topik paling hangat dibicarakan orang saat ini, buku karangan dari George Junus Adijtondro menjadi fenomena tersendiri karena memang buku ini membahas tentang keluarga cikeas dan jaringanya, meskipun kebenaran dari buku ini juga masih dipertanyakan, buku yang berisi 183 halaman ini sedikit banyak membahas tentang silang pendapat dugaan kasus Bank century

'Gurita Cikeas' Menggurita di Facebook
Buku 'Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century' turut menyita perhatian pengguna Facebook Tanah Air. Kini, sejumlah grup terkait karya George Aditjondro itu pun langsung menggurita di situs jejaring sosial tersebut.

'Membongkar Gurita Cikeas' akan dilaunching di Doekoen Cafe, Jakarta, Rabu (30/12/2009) hari ini. Sebelumnya buku telah dilaunching di Yogyakarta pada Rabu (23/12/2009) lalu. Dalam salah satu bab, Aditjondro menyebutkan keterlibatan SBY dan keluarganya dalam kasus Century.

Beberapa komentar tentang Peredaran Buku ini :

Presiden SBY menyatakan prihatin atas terbitnya buku "Membongkar Gurita Cikeas" yang banyak berisi ketidakbenaran dan fitnah. Ia juga membantah menunjuk Marsilam Simanjuntak dalam rapat KSSK yang memutuskan pencairan dana talangan Century.

Amien Rais menilai isi buku 'Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century' karangan George Aditjondro, mengungkap hal-hal yang sensitif. Meski demikian, Amien meminta agar buku tersebut tidak dilarang untuk beredar di pasaran ...

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah institusi yang disebut-sebut menerima dana talangan Bank Century tidak perlu merespon. "Justru jangan ada respon apa-apa. Artinya biarkan saja, jangan ambil langkah-langkah khusus termasuk institusi jangan bergerak," ujar pengamat politik Anies Baswedan

Tokoh senior Muhammadiyah, Amien Rais, mengaku telah melahap habis buku Membongkar Gurita Cikeas dalam hitungan jam. Lantas, bagaimana pendapatnya setelah membaca habis buku karya George Aditjondro tersebut?

"Saya mendapat info yang masih sepihak. Buku ini merupakan gabungan dari berbagai sumber sekunder, seperti internet, jurnal, dan koran. Data-data ini kemudian digabung-gabungkan. Tidak ada hasil penelitian sendiri,"

AKIBAT buku “Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century”.yang ditulisnya, George Junus Aditjondro menggegerkan konstelasi politik nasional. Pasalnya, buku yang diterbitkan Galang Press Jogjakarta ini, sengaja mengungkap borok ‘Kerajaan’ Ciekas, tempat Presiden SBY.

Buku Membongkar Gurita Cikeas ini didahului dengan kata pengantar yang menyatakan bahwa penulis tidak bermaksud menyerang lingkaran keluarga Cikeas. Meski demikian, ini sebagai bentuk kepedulian penulis terhadap kinerja pemerintah SBY agar memberantas KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) tanpa tebang pilih. Dimulai dari keluarga besarnya yang banyak menguasai pos-pos strategis yang rentan terhadap peluang-peluang KKN.

Sebanyak 10 bab yang ada dalam buku dibuka dengan foto bergambar keluarga SBY di rumah sakit saat menantu SBY, Anissa Pohan, melahirkan anak pertamanya. Ke-10 bab tersebut adalah Membongkar Gurita Cikeas: di Balik Skandal Bank Century, Bantuan Grup Sampoerna untuk Harian Jurnas, Pemanfaatan PSO LKBN Antara untuk Bravo Media Center, Yayasan-Yayasan yang berafiliasi dengan SBY, Kaitan dengan Bisnis Keluarga Cikeas, Yayasan-yayasan yang Berafiliasi dengan Ny. Ani Yudhoyono, Pelanggaran-pelanggaran UU Pemilu oleh Caleg-Caleg Partai Demokrat, Kesimpulan, Lampiran, dan Referensi penulis.

Terus terang saya belum baca buku ini jadi gak bisa bicara banyak. Uraian di atas hanya potongan beberapa tulisan di internet. Dan saya juga tidak menjamin semua yang saya tuliskan di atas benar adanya.

Salah satu Link download Buku Membongkar Gurita Cikeas yang sempat saya baca adalah :

http://v3bernardia.files.wordpress.com/2009/12/gurita-cikeas.pdf

Yang saya herankan, mengapa Buku Membongkar Gurita Cikeas ini hilang dari peredaran, sedangan perintah penarikan belum ada ?....

Mungkin sahabat semua ada link dowload yang lain? silahkan di share di kotak komentar dibawah.



Share this article :

61 comments:

  1. Masih Pro dan kontra yah kebenaran dari isi buku ini. memangnya apa yah isi buku itu, phonank belum tahu...

    klo gtu phonank mampir dulu deh ke link yg mas kasih,, ke TKp dolo yah

    BalasHapus
  2. Eeeh... kirain Link.. alamat blog, ternyata link download PDF yah,, okela klo begtu.. baca yoo baca

    BalasHapus
  3. Semula agak gak ngeh sie dgn buku ini...lantaran beberapa hari ini selalu berita yang sama di tv,radio,inet apalagi....

    Thanks ya...sedikit negrti sekarang isi dari buku tsbt

    BalasHapus
  4. x-change link with my PR3 blog plz :). ur link already on my blogroll, please link back. thanks :)

    BalasHapus
  5. Wah... akhirnya nemu juga edisi pdfnya...

    ijin dondot juragan...

    BalasHapus
  6. penulisnya aja juga sering kontroversial, mp d buang k ostrali segala "lihat berita kemaren"

    BalasHapus
  7. ina kmaren jg dah download bang...
    penasaran sih xixixixixixi...

    BalasHapus
  8. Pro-kontra mah biasa. Tapi kebebasan bicara tidak perlu diberangus. Kalau yang dikatakan seseorang dalam suatu media, ternyata salah, 'khan ada resiko dan konsekuensinya sendiri!

    Oh, yess!. Nice info!
    Yesterday has gone...
    With guidance of Allah
    Tomorow .. the beautiful days will comming soon ...
    day by day ...
    With Love, Whienda

    BalasHapus
  9. Saya jadi penasaran mau download.

    BalasHapus
  10. aku cuma salut dengan keberaniannya, bahkan terlalu berani iihh.. soalnya katanya itu kan baru hasil asumsi dan pemikiran satu pihak aja,, tapi udah diterbitkan dan disebarluaskan dalam bentuk buku seperti itu... kalo ada bukti yang bener2 jelas sih mungkin...

    BalasHapus
  11. salam perdana mas.
    wah bener bukunya memang ada beberapa yg kontroversial bgt. saya juga sudah baca bukunya dan 1 kata :
    beraniiii

    BalasHapus
  12. bisa jadi biar pada orang mencari om.....so...biar laris.........

    BalasHapus
  13. menurut ane masih syukur deh bukunya aja yang diilangin. Daripada pengarangnya juga ikut-ikutan diilangin*kata lain dilenyapkan. Ntar kan bisa bertambah heboh.

    BalasHapus
  14. kayaknya bukan menghilang dari peredaran deh mas, dari berita yang henny tonton kemarin katanya sudah habis terjual, bahkan udah ada yang pesan langsung ke penerbitnya segala.

    BalasHapus
  15. Aq belum baca nih buku, tapi aq sudah nonton di acara debat dan diskusi di TV sebagai rakyat saya mendukung buku itu terbit, memang kasus2 yg terjadi tidak pernah ada endingnya, seperti sinetron berseri dan yang berkasus masih tetap mejabat dan bahkan naek jabatan, saya aneh mendengar prilaku pejabat sekarang.selain itu wajar saja buku ini keluar hasil audit partai tidak dipublikasikan darimana sumber keuangannya. semoga aja dengan buku itu dapat menyadarkan pejabat kita.

    BalasHapus
  16. Kebetulan salah seorang senior saya, wartawan Tribun Timur Makassar pernah pinjamkan buku itu selama 5 jam. Sayang sekali belum sempat saya bikin link downloadnya, eeh keburu diambil lagi. Isinya, sebenarnya tidak lebih lengkap dari data dan fakta dalam orasi-orasi aktivis KOMPAK, juga yg diungkap oleh media selama ini. Menurut saya, buku itu hanya sebagai semacam pressure untuk 'membuka mata' masyarakat bahwa istana memang adalah pihak pertama yang harus dipanggil ke hadapan Pansus.

    BalasHapus
  17. Iya kang...
    Lagi heboh-hebohnya tuh.
    Barusan aku lihat di TV ada keributan saat lounching di Jakarta

    BalasHapus
  18. iya,,,tiap detik beritanya tuh,,,kyaknya heboh banget ni ini buku.........

    BalasHapus
  19. saya sependapat dengan pak amin rais. jangan tergesa-gesa dulu menilai

    BalasHapus
  20. HELLO MAS...MAAF KALAU PERIHAL POLITIK SAYA KURANG PAHAM....TAPI SAYA TETAP TIDAK PERNAH SETUJU DENGAN SEGALA JENIS PELARANGAN YANG MELANGGAR HAK BEREXPRESSI SETIAP ORANG!

    MET MENYAMBUT DATANGNYA TAHUN BARU MAS, SEMOGA ADA HARAPAN DAN MIMPI-MIMPI BARU YANG LEBIH DINAMIS!

    BalasHapus
  21. link lainnya ini om... http://bit.ly/8DYxC9
    menggemparkan memang

    BalasHapus
  22. dicekal karena ga mau malu, dikritik, digugat
    ntar terbuka kebobrokan walau sekecil biji bayam

    BalasHapus
  23. dunlod deh, lom bisa komen banyak soalnya blum baca juga :D

    tadi pagi ibuku nelpon minta dibelikan itu buku, hihi... tapi gimana ya kalo bener ditarik dari peredaran?

    BalasHapus
  24. Baru denger ada judul bukunya tuh Mas..
    ck ck ck ck..
    Gurita Cikeas itu apa sihh???
    *bingung...

    BalasHapus
  25. alhamdulillah udah download
    baca belum selesai hehehe

    BalasHapus
  26. buku yg penuh kontarversi .....

    BalasHapus
  27. kalo pendapat slam sendiri nih :
    belum pernah baca bukunya
    tapi dari bbeberapa berita di tipi
    terlihat bahwa SBY sangat tersinggung, penulisnya sante sante aja

    tapi seharusnya janganlah dilarang penerbitan buku ini, setidaknya setelah slam beli hehehehe

    BalasHapus
  28. Iya bang, buku ini sekarang jd kontroversi baru, dan banyak sekali yg mencarinya, td saya baca di koran lokal kepri , di batam garamedia kebingungan dan kualahan karena banyaknya masyarakat memesan buku itu ..

    BalasHapus
  29. Ini sy dapet link juga dari temen:
    http://www.ziddu.com/download/7937624/gurita-cikeas.pdf.html

    BalasHapus
  30. Tadi siang baru download, tapi belum sempat baca sampai sekarang. Setuju dengan comment P Amin!

    BalasHapus
  31. Tambah Melebar aja Kasus Century... Saya juga penasaran, kalau ada yang ada mempunya link download nya, Tolong kasih tahu kesaya.. THanks

    BalasHapus
  32. Kang saya dah dapat nih Link downloadnya.. Langsung aja ke TKP : http://www.solusidigitalku.com/2009/12/download-ebook-membongkar-gurita-cikeas.html

    BalasHapus
  33. *Alhamdulillah terimakasih banyak atas doanya,sekarang udah baikkan mba.

    BalasHapus
  34. kalo ada yg kebakaran jenggot, apa perlu mobil pemadam nich...

    BalasHapus
  35. nanti juga ketahuan siapa yg salah dan siapa yg benar, alam akan menyeleksi itu, kita tunggu aja..

    BalasHapus
  36. bikin penasaran nihh, bukunya dicari dah ngilang duluan tuh, jadi rame yaaa... kasus yang ini belum selesai eee ada lagi kasus yang lain timbul.
    trims nih atas infonya, sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  37. konstelasi politik negara kita memang terus saja menghangat. mudah-mudahan ini pertanda baik, bahwa suara rakyat semakin punya kekuatan. sudah bukan zamannya berpendapat itu dianggap makar tho?

    memang informasi buku gurita ini sendiri pun masih sangat perlu ditinjau ulang. masalahnya seperti kata pak amien, informasinya masih sepihak dan semuanya bersumber dari data sekunder.

    terima kasih untuk kunjungannya ke blog saya, mas.

    salam.

    BalasHapus
  38. nyari dimana yah? belum nemu juga

    BalasHapus
  39. saya ingin sekali membaca buku ini....meskipun banyak di nilai kontroversial.....tapi justru di situlah nilai jual dari buku tersebut...salam.

    BalasHapus
  40. setelah bolak balik kesana kemari
    akhirnya dikasih juga gratis ama mbah google

    BalasHapus
  41. bang tukeran link nya donk hehehehe

    BalasHapus
  42. kalo menurut aku menanggapi soal ginian gimana yah?? ngga ada asap kalo ngga ada api dan buat para pejabat yang disebut2 dalam buku itu mudah2an yang di hidangkan di meja makan sesuai dengan apa yang ada di dapur,, jadi ngga membuat bingung rakyat ,,

    keep posting mas,

    BalasHapus
  43. bergerilya tengah malam ..menunggu serangan fajar...

    BalasHapus
  44. met pagi..sudah sarapan, pak?

    BalasHapus
  45. cari uang untuk membangun negara itu sangat baik, tapi cobalah grakakkannya yang positif jangan ngumpulkan kliping anak sekolahan lalu dibuat buku dan dijual,itu namanya mancing di air keruh. Bersyukurlah masih ada orang yang dipilih rakyat langsung jadi president dan mendukung pemberantasan korupsi, dan tentunya orang yang memberantas kejahatan selalu dimusuhi contohnya Nabi Muhammad.George itu orang mana ya?

    BalasHapus
  46. Rame bukunya, sampai sempat esmosi George waktu bedah buku. Selamat Tahun Baru...

    BalasHapus
  47. salam sejahtera
    kebenaran membongkar Gurita Cikeas
    masih perlu dipertanyakan
    postingan yang mantap

    BalasHapus
  48. mengenai hubungan Naruto~Ungu~koruptor:
    saya menonton Naruto yang menceritakan tentang kelompok Naruto sedang mencari tempat persembunyian Akatsuki,2 orang akatsuki sedang pergi menukar buronan dengan uang yang akan disalahgunakan.jadi kata kuncinya
    tempat sembunyi
    disalahgunakan=koruptor
    dan lagu yang paling cocok dengan itu ya lagunya Ungu cari tempat sembunyi
    makanya saya mendapat inspirasi dari situ
    demikianlah jawaban saya

    BalasHapus
  49. Wah...sip sip sip...
    Langsung didonlot nih, pak..
    Thanks infonya ^^

    BalasHapus
  50. Selamat meninggalkan Tahun 2009, Jumpa lagi di Tahun 2010!

    BalasHapus
  51. Selamat meninggalkan Tahun 2009, Jumpa lagi di Tahun 2010!

    BalasHapus
  52. Kabarnya sih para kolektor buku takut kalao bukunya dilarang beredar jadi di borong deh :D

    BalasHapus
  53. gimana yah isinya jadi bertanya-tanya mending sedot ah kalau bisa

    BalasHapus
  54. Ikut Om... aku juga mau baca...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger